Connect with us

Nasional

Menteri Erik Kunjungi RS Khusus Penanganan Virus Corona

Published

on

Jakarta, HarianSentana.com – Salah satu RS yang dikelola Pertamedika (anak usaha Pertamina) yaitu RS Pertamina Jaya dialihfungsikan menjadi salah satu RS Khusus Penanganan Virus Corona (COVID-19).

Untuk memastikan kesiapan tersebut, Menteri BUMN Erick Tohir melakukan kunjungan ke RS Pertamina Jaya (RSPJ) yang merupakan salah satu bagian dari holding rumah sakit BUMN yaitu Indonesia Healthcare Corporation (IHC) di Jakarta, Rabu (11/3).

Dalam kunjungannya tersebut, Erick didampingi oleh Wakil Menteri II Kartika Wirjoatmodjo, Direktur SDM Pertamina Koeshartanto, dan Direktur Utama Pertamedika Dr.dr.Fathema Djan Rachmat, SpB, SpBTKV (K), MPH.

Pada kesempatan itu, Erick meninjau sejumlah lokasi termasuk ruangan yang akan dialihfungsikan khusus untuk penanganan COVID-19. Ia pun mengapresiasi baik fasilitas maupun layanan yang telah dilakukan oleh RS Pertamina Jaya.

Menurutnya, RS Pertamina Jaya bukan hanya siap menangani Virus Corona namun juga telah melakukan edukasi untuk pencegahan penyebaran virus ini. “Pihak rumah sakit telah memberikan edukasi sehingga menenangkan. Karena rasa waswas berlebihan juga bisa menganggu kesehatan. Dan saya lihat RSPJ telah mengantisipasi fenomena itu,” puji Erick.

Erick juga menyatakan bahwa RSPJ maupun RS BUMN lainnya siap untuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19. “Kemarin saya telah sampaikan ke Presiden bahwa RS BUMN siap untuk membantu penanganan Covid-19, total RS BUMN ada 65 Rumah Sakit, dengan ruang perawatan khusus sebanyak 155 tempat tidur dan 66 ruang observasi atau safe house, jadi total 221 kapasitas yang dapat ditampung oleh RS BUMN.” tambah Erick.

Sementara Direktur SDM Pertamina Koeshartanto menambahkan, Pertamina siap mendukung upaya pemerintah untuk penanganan kasus Covid-19 baik secara internal maupun kepada eksternal melalui jaringan bisnis yang dimilikinya. “Seperti melalui RS milik Pertamina yang dikelola oleh anak usaha kami, yaitu Pertamedika IHC. Kami siap mengerahkan asset yang kami kelola untuk penangangan ini,” ujarnya.

Ditambahkan oleh Dirut Pertamedika IHC, Dr.dr.Fathema Djan Rachmat, SpB, SpBTKV (K), MPH, “Dengan merebaknya kasus Covid-19 di Indonesia, IHC menyiapkan seluruh lini pelayanan RSPJ dan seluruh RS milik BUMN, baik infra struktur dan sumber daya manusianya seperti dokter dan perawat terlatih untuk memberi pelayanan medis optimal kepada orang yang masih dalam tahap pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP) yang memerlukan pelayanan khusus di ruang bertekanan negatif di rumah sakit-rumah sakit kami,” paparnya.

RSPJ merupakan salah satu RS Pertamina yang telah berdiri sejak 1972. RSPJ selalu memberikan komitmen nyata dalam memberikan pelayanan optimal, baik kepada pekerja dan keluarga perusahaan plat merah tersebut juga kepada berbagai lapisan masyarakat di sekitar.

Pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh RSPJ kepada masyarakat selama ini cukup komprehensif, tidak hanya kegiatan pengobatan yang bersifat kuratif dan rehabilitatif namun baik RSPJ, semua RS Pertamina dan RS Milik BUMN juga aktif dan konsisten melakukan upaya-upaya preventif dan promotif, mengajak serta mengedukasi masyarakat untuk melaksanakan hidup sehat lewat berbagai informasi kesehatan yang dikemas secara menarik untuk masyarakat.(sl)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Polhukam

Tekankan Prajurit KRI Dewa Kembar-932 Pertahankan Kondisi Teknis Kapal agar selalu siap dukung Opssurta Hidros

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Budi Purwanto menekankan kepada seluruh prajurit pengawak KRI Dewa Kembar-932 agar mempertahankan kebersihan dan kondisi teknis kapal agar siap mendukung tugas-tugas Pushidrosal, utamanya dalam kegiatan Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-oseanografi (Opssurta Hidros).

Demikian disampaikan Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Budi Purwanto saat mengadakan kunjungan ke KRI Dewa Kembar-932 saat bersandar di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (18/4/2024).

Kunjungan yang didampingi Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Rony saleh, Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobarudin, Aslog Danpushidrosal Kolonel Laut (T) Sidyk Wahono, Dansatsurvei Kolonel Laut (P) Hendi Suhendi, Kadisharkap Pushidrosal Kolonel Laut (T) Cok Bagus Alit dan Kadisveranautikas Kolonel laut (E) Trijoko tersebut di terima langsung oleh Komandan KRI Dewa kembar-932 Letkol Laut (P) Mustika Ari Wibowo.

Dalam kunjungannya Komandan KRI Dewa Kembar memaparkan kepada Danpushidrosal beserta pejabat Pushidrosal yang mendampingi tentang pelaksanaan tugasnya dalam melaksanakan operasi survei dan pemetaan hidro-oseanografi (Opsurta Hidros) yang sedang dilaksanakan KRI Dewa Kembar-932 saat ini guna menjamin keselamatan pelayaran di perairan Indonesia.

Diakhir kunjungannya, Danpushidrosal beserta pejabat Pushidrosal mengecek secara langsung KRI Dewa Kembar-932 yang tengah melaksanakan Opssurta Hidros setelah selesai dalam masa pemeliharaan perbaikan tingkat depo diantaranya perbaikan pemeliharaan sistem bangun kapal, dan sistem pendorong kapal.

Continue Reading

Polhukam

Peringati HUT Ke-78 TNI AU, Koops Udara I Gelar Upacara Ziarah Rombongan di Taman Makam Tokoh Bangsa Karet Bivak.

Published

on

Jakarta,Hariansentana.com — Dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI Angkatan Udara 9 April 1946 – 9 April 2024, Komando Operasi Udara I sebagai penyelenggara menggelar Upacara Ziarah Rombongan di Taman Makam Tokoh Bangsa, Karet Bivak, Kec. Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang dipimpin oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AU (Dankodiklatau), Marsdya TNI Dr. Arif Mustofa, M.M. (Rabu, 17-4-2024).

Upacara ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, dilanjutkan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga oleh Pangkoops Udara I di Tugu Taman Makam Pahlawan. Kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga oleh pimpinan ziarah, didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Gabungan Kodiklatau Ny. Shirley Arif Mustofa yang ziarah ke pusara para Pahlawan, diikuti oleh para pejabat dan anggota peserta ziarah lainnya.

Ziarah yang dilaksanakan tersebut, selain sebagai bagian dari perayaan HUT ke-78 TNI AU yang mengangkat tema “TNI AU yang disegani di kawasan siaga senantiasa mengamankan kedaulatan wilayah udara nasional untuk Indonesia maju”, namun lebih dari pada itu adalah untuk mengenang kembali jasa-jasa para Pahlawan khususnya prajurit TNI AU yang telah gugur karena tugas negara, sekaligus mendoakan arwah para Pahlawan yang telah gugur bagi kepentingan negara Indonesia.

Turut hadir dalam pelaksanaan ziarah yang telah berjalan dengan khidmat dan lancar ini Pangkoops Udara I Marsda TNI Mohammad Nurdin beserta Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Koopsud I Ny. Erin Nurdin, Kapoksahli dan Para Asisten Koopsudnas, Irkodiklatau, Kapoksahli dan Para Pejabat Utama Kodiklatau, Kaskoops Udara I, Irkoops Udara I, Dansekkau, Dankosek IKN, Para Pejabat Utama Makoops Udara I, Perwakilan Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan PNS Koopsud I serta Para Anak, Menantu dan Cucu dari Bapak TNI Angkatan Udara Marsekal TNI (Purn). Rd. Soerjadi Soerjadarma.

Continue Reading

Nasional

Kasau Pimpin Sertijab Delapan Pejabat Utama TNI AU

Published

on

Cilangkap, Haeiansentana.com — Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M. memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) delapan Pejabat Utama TNI Angkatan Udara, di Auditorium IG. Dewanto Denmabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (17/4/2024).

Pejabat yang melaksanakan Sertijab yaitu, Marsda TNI Benedictus Benny K., S.H., Mav.Mgt., MAIR. Sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Kasau menggantikan Marsda TNI T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P., M.A., kemudian Marsma TNI Djohn Amarul, S.A.B., sebagai Asisten Personalia (Aspers) Kasau menggantikan Marsda TNI Mohammad Syafii, S.I.P., M.M., berikutnya Marsda TNI T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P., M.A., sebagai Asisten Logistik (Aslog) Kasau menggantikan Marsda TNI M. Khairil Lubis, selanjutnya Marsma TNI Danet Hendriyanto, S.Sos., sebagai Kepala Pusat Kelaikan Keselamatan Terbang dan Kerja TNI Angkatan Udara (Kapuslaiklambangjaau) menggantikan Marsda TNI Benedictus Benny K., S.H., Mav.Mgt., MAIR.

Selain itu, Marsma TNI Ridha Hermawan, S.H., M.Han., sebagai Kepala Dinas Pengamanan dan Sandi TNI Angkatan Udara (Kadispamsanau) menggantikan Marsma TNI Riva Yanto, S.T., M.Sc., kemudian Kolonel Nav Medi Rahman, S.E., MBA Avi, Mgt, MMOASC, MIR., PhD. sebagai Kepala Dinas Pendidikan TNI Angkatan Udara (Kadisdikau) menggantikan Marsma TNI Umar Fathurrohman, S.I.P., M.Si., M.Tr (Han), berikutnya Marsma TNI Yostariza, S.E., M.Tr.Opsla. sebagai Kepala Dinas Administrasi Personel TNI Angkatan Udara (Kadisminpersau) menggantikan Marsma TNI Danet Hendriyanto, S.Sos., serta Kolonel Pnb Ardi Syahri, S.T., M.M., M.MA., sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) menggantikan Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko, S.Sos., M.M. yang akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Lanud Adi Soemarmo, Solo.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum (Ketum) PIA Ardhya Garini Ny. Isa Tonny Harjono dan Waketum PIA Ardhya Garini Ny. Shinta Andyawan beserta Pengurus Pusat PIA Ardhya Garini turut hadir dalam Sertijab tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Ranting terkait.

Continue Reading
Advertisement

Trending