Connect with us

Nasional

Segera Pensiun, Inikah Calon Kapolri Baru?

Published

on

Featured Video Play Icon

Jakarta, SENTANA – Sentana Reaction edisi kali ini mengupas mengenai semakin dekatnya masa pensiun Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis dan langkah institusi Polri selanjutnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peristiwa

Wagub Klemen Tinal : Pelaku Penembakan Guru di Papua, Biadab

Published

on

Jayapura, Hariansentana.com – Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, S.E., M.M. mengaku kesal terhadap para pelaku penembakan dua orang guru di Kampung Julukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Bahkan, Wagub Klemen menegaskan bahwa tindakan para pelaku sangat keji dan biadab karena tidak berprikemanusiaan dan tak bertanggung jawab.

“Penembakan itu kita kutuk, karena mereka biadab dan tidak pantas serta tidak layak mereka lakukan. Itu tindakan kriminal. Biadab, tak boleh seperti itu karena terjadi di kampung saya,” tegas Wagub Klemen Tinal usai memimpin rapat terbatas, Senin (12/4/2021).

Seperti diketahui, kasus penembakan dua orang guru diduga dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak dan korban diidentifikasi bernama Oktovianus Rayo (43) dan Yonatan Raden (28).

Masing-masing korban adalah guru yang selama ini bertugas di wilayah pedalaman Papua. Penembakan dua orang guru terjadi dalam dua hari dan lokasi yang berbeda.

Di hari pertama Kamis (8/4/2021), Oktovianus Rayo di Kampung Julukoma, Distrik Beoga. Sementara hari kedua Jumat (9/4/2021), Yonatan Raden di Kampung Ongolan, Distrik Beoga.

Wagub menyerukan kepada aparat TNI-Polri untuk terus mengejar para pelaku dan mempertanggung jawabkan perbuatan mereka.

Continue Reading

Daerah

Pangdam XVII/Cenderawasih Ikuti Rapat Koordinasi Virtual Sambut Bulan Suci Ramadhan dan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H

Published

on

Jayapura, Hariansentana.com  Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. mengikuti Rapat Koordinasi Virtual dalam rangka Sinergitas Keamanan dan Penegakan Hukum menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H yang dipimpin Mendagri RI Prof. Drs. H. Tito Karnavian, M.A., Ph.D dan Menkopolhukam RI Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P.,  di Ball Room Swiss-bell Hotel, Jayapura, Senin (12/4/2021).

Dalam sambutannya Menkopolhukam mengatakan bahwa Rapat Koordinasi Virtual yang dilaksanakan ini adalah memiliki nilai strategis dalam rangka Sinergitas Keamanan dan Penegakan Hukum di masing-masing Provinsi dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Mudi Hari Raya Idul Fitri 1442 H mengingat saat ini Indonesia masih berada di tengah-tengah Pandemi Covid-19.

“Rapat ini merupakan hal yang penting karena kita akan segera memasuki Bulan Ramadhan dan masih dalam situasi Pandemi Covid-19,” jelas Menkopolhukam.

Selanjutnya Pemerintah juga menyampaikan bahwa keadaan yang sudah mulai membaik dari pendemi Covid-19 perlu dijaga dengan mengeluarkan keputusan yang tepat terkait dengan pembatasan-pembatasan dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari.

“Dengan keadaan yang mulai membaik, pemerintah memutuskan melarang kegiatan mudik agar kondisi ini jangan sampai dirusak oleh kegiatan-kegiatan yang menghambat pemerintah dalam memerangi Pandemi Covid-19,” tambah Menkopolhukam.

Selain itu, ditambahkan bahwa bersama Kementerian Agama, Pemerintah sudah mengambil langkah untuk mengatur tata cara beribadah di wilayah masing-masing dan sudah disesuaikan dengan aturan yang berlaku.

“Pengawasan tersebut juga harus dipedomani oleh Pejabat daerah untuk mengawasi pergerakan masyarakat sehingga tidak keluar dari peraturan dan Protokol Kesehatan. Disamping itu kita juga harus selalu tanggap dan memperhatikan dinamika politik dalam negeri seperti isu politik dalam ceramah agama selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri, politisasi aksi terorisme dan politisasi kebijakan pemerintah terkait larangan mudik Lebaran tahun 2021,” tutup Menkopolhukam.

Sementara itu, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menambahkan bahwa akan mengeluarkan surat edaran dari Kementerian Agama dalam menjalankan Ibadah sejalan dengan hukum agama dan aturan Pemerintah.

“Untuk membantu Pemerintah dalam memutus penyebaran Covid-19, kami dari Kementerian Agama akan mengeluarkan surat edaran beserta himbauan dalam pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang sudah diberlakukan oleh Pemerintah,” jelas Menteri Agama.

Continue Reading

Daerah

TNI Bantu Masyarakat Skofro Hidupkan Kembali PLTS Yang Sudah Tiga Tahun Tidak Berfungsi

Published

on

Jauapura, Hariansentana.com – Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Braja Sakti berhasil menghidupkan kembali Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang sudah tiga tahun tidak berfungsi di Kampung Skofro, Distrik Asro Timur, Kab. Keerom, Papua.

Selama ini, sebanyak 30 KK (Kepala Keluarga) warga masyarakat Kampung Skofro yang berada di perbatasan RI-PNG, menggunakan penerangan seadanya, dikarenakan belum masuknya aliran listrik dari PLN. Sementara, PLTS yang ada di Kampung Skofro, mengalami kerusakan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Personel Satgas Yonif 131 Kipur A Pos Skofro Lama mencoba untuk membantu mengatasi kesulitan yang sedang dialami oleh masyarakat Kampung Skofro. Selanjutnya Danpos Skofro Lama Letda Inf D. Ibrani Ginting melaporkan hal tersebut kepada Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Braja Sakti.

Menerima laporan dari Danpos Skofro Lama, Dansatgas Yonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani S.H., M.Tr.(Han) memerintahkan Danton Kom beserta dua orang anggota menuju lokasi untuk memperbaikinya.

Selama dua minggu personel satgas memeriksa shelter PLTS dan instalasi listrik di rumah-rumah warga serta mengecek satu per satu komponen Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Dalam upaya perbaikan tersebut, ditemukan banyak komponen PLTS dan instalasi listrik rumah warga yang terbakar.

Namun demikian, dengan usaha yang keras dari personel Satgas Yonif 131/Braja Sakti, akhirnya komponen tersebut bisa diperbaiki. Saat ini, Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Kampung Skofro sudah bisa beroperasi kembali.

Bapak Yakub Kamar selaku Ondo Api Kampung Skofro mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif 131/Braja Sakti khususnya Pos Skofro Lama. “Setelah 3 tahun rusak akhirnya sekarang kami bisa kembali menikmati fasilitas listrik di Kampung Skofro Lama,” ungkapnya.

Sementara itu, Dansatgas Yonif 131/Braja Sakti Letkol Inf Muhammad Erfani S.H., M.Tr.(Han) menegaskan bahwa, “Kami selalu siap dan akan berusaha memberikan bantuan dan pelayanan terbaik guna meringankan beban warga masyarakat,” ucapnya.

Continue Reading
Advertisement

Trending

Copyright © 2019 HarianSentana.com. Theme by PT. Ciptamedia Kreasi.