Connect with us

Kesehatan

Peringati Harganas ke-27, Kodim 0502 dan BKKBN Jakut Layani 2548 Akseptor KB Gratis

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 diwarnai dengan pelayanan KB gratis bagi 1 juta Akseptor.

Auditor Utama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Agus Sukiswo menjelaskan, dengan mengutamakan protokol kesehatan sejuta Akseptor KB akan dilayani secara gratis.

“Hari ini, tantangan dari BKKBN di masa pandemi COVID-19 bisa melaksanakan kegiatan pelayanan ke masyarakat di tempat praktek mandiri bidan dan puskesmas. Data pelayanan KB yang dilakukan hari ini akan disampaikan se-Indonesia. Kita gerakan semua untuk melayani kebutuhan masyarakat di masa pandemi COVID-19,” jelasnya saat monitoring pelayanan KB di lokasi praktek mandiri Bidan Wia Sriwiati, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Senin (29/6).

Dalam kunjungan tersebut juga dilakukan pemberian bantuan alat pelindung diri berupa Hazmat, Face Shield dan Face Mask kepada Bidan Wia Sriwiati. “Disini pelayanannya bagus, kader-kadernya aktif dan mematuhi protokol kesehatan. Setelah ini, kita akan tinjau pelayanan KB di Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok,” ujar Agus.

Dalam puncak peringatan Harganas, sebanyak 2548 akseptor yang tersebar di wilayah Jakarta Utara akan mendapatkan pelayanan KB gratis. Setiap kelurahan ditargetkan melayani 83 akseptor KB.

“Warga Jakarta Utara bisa memanfaatkan kegiatan ini karena keluarga yang sehat harus direncanakan melalui program KB,” ungkap Ali Maulana Hakim Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Utara,

Ia juga mengapresiasi semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaan Harganas ke-27 di wilayah Jakarta Utara. “Tadi juga dibagikan paket sembako kepada akseptor KB dari jajaran Kodim 0502/JU. Kami ucapkan terima kasih atas kolaborasinya untuk mendukung kegiatan ini,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Suni Sigit Wijatmoko mengatakan, antusias masyarakat untuk ikut program KB sudah cukup baik. “Peringatan Harganas ini sebagai momentum untuk mengingatkan kembali bahwa pondasi yang kuat adalah keluarga maka dari itu program KB sangat penting untuk mewujudkan keluarga yang terencana, sehat dan bahagia,” tuturnya.

Adanya layanan KB gratis langsung dimanfaatkan sejumlah warga Kelurahan Semper Barat. “Biasanya saya rutin periksa KB di Puskesmas Kelurahan Semper Barat. Sampai sekarang saya gunakan alat kontrasepsi berupa pil KB untuk mencegah kehamilan soalnya saya sudah punya 2 anak dan itu sudah cukup sesuai program pemerintah,” ucap Lia, warga RW 08 Semper Barat.

Sutarno

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

RS Siloam Hospitals Bekasi Timur Sediakan Pelayanan Cepat Atasi Stroke

Published

on

Bekasi, Hariansentana.com – Kejadian Stroke ditengah-tengah masyarakat merupakan suatu kejadian yang harus diberikan tindakan secepat mungkin, dikarenakan serangan Stroke merupakan salah satu penyakit yang paling sering menjadi penyebab kematian, khususnnya di Indonesia.

Kesadaran akan penyelamatan akan penyakit ini harus ditanamkan seefektif mungkin bagi para medis, terutama rekan-rekan yang berpraktek lebih dekat dengan masyarakat.

Terkait dengan permasalahan tersebut RS Siloam Bekasi Timur memberikan pelayanan ambulan 24 jam, serta Emergency Cal pelayanan Stroke dan sudah bekerjasama dengan hampir semua Privat Insurance dan Government Insurance dan peserta BPJS Kesehatan.

Demikian hal tersebut disampaikan Direktur RS. Siloam Bekasi Timur dr. Ervina, MM, MMRS dalam acara Media Gathering,” Tatalaksana Stroke yang cepat dan akurat” di RS Siloam Hospitals Bekasi Timur Kamis (13/2/2020).

Rumah Sakit Siloam Bekasi Timur memiliki layanan ambulan 24 jam yang dapat digunakan secara gratis untuk warga Bekasi. Disamping itu RS. Siloam Bekasi Timur juga mempunyai Team Emergency dan ambulance service yang memberikan respond dengan cepat sesuai dengan standart Ambulance Siloam dan didukung oleh Tim dokter dan perawat yang selalu siaga untuk bisa menolong Pasien,” tambah dr. Ervina.

Penyakit stroke tak hanya menyerang orang lanjut usia, namun mereka yang di usia muda juga bisa mengalaminya.

Kondisi pecahnya salah satu arteri dalam otak yang memicu perdarahan di sekitar organ tersebut sehingga aliran darah pada sebagian otak berkurang atau terputus. “Ini merupakan Stroke hemoragik. Tanpa pasokan oksigen yang dibawa sel darah, sel otak dapat cepat mati sehingga fungsi otak dapat terganggu secara permanen,” kata, dr. Alvin Abrar Harahap dari RS. Siloam Bekasi Timur.

Dalam paparannya dr. Alvin mengungkapkan, Stroke hemoragik merupakan gangguan peredaran darah otak yang bersifat fokal atau global, yang berlangsung cepat, lebih dari 24 jam, dan dapat menyebabkan kematian disebabkan gangguan vaskular.

Untuk mengetahui gejala yang dialami dalam kondisi tersebut bisa dilihat dari 50 persen perdarahan, 70 persen kejang, 15 persen migran dan tidak respon dengan pemberian terapi, defisit neurologik dan gangguan perilaku serta psikiatri.

Berdasarkan informasi pasien terkena penyakit stroke lebih dominan laki-laki dibandingkan perempuan. Prosentasenya, yakni 3:1. Pasalnya, perempuan yang mengalami stroke resiko terjadi pada ibu hamil,” ujarnya.

Untuk pencegahan yang dapat dilakukan oleh pasien yang terkena stroke diantaranya, berhenti merokok, diet sehat, kontrol kadar kolesterol, meningkatkan aktivitas fisik, kontrol tekanan darah hindari alkohol, kontrol kadar gula darah, dan konsumsi obat-obatan yang sesuai untuk mengontrol penyakit yang menjadi faktor resiko,” jelas dr Alvin.

Gejala yang muncul karena serangan stroke hemoragik dapat berbeda-beda, tergantung seberapa besar jaringan yang terganggu, lokasi, serta tingkat keparahan perdarahan yang terjadi.

Untuk mencegah perkembangan perdarahan yang lebih parah, dokter dapat memberi obat seperti antagonis kalsium. Pengobatan ini bertujuan untuk menjaga tekanan darah tetap rendah agar tidak terjadi perdarahan kembali. Jika pasien mengalami kejang, maka obat antikonvulsan akan diberikan.

Pada penderita perdarahan subarachnoid, dapat dilakukan pemasangan selang dalam otak untuk mengeluarkan cairan serebrospinal. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada otak dan mencegah hidrosefalus.

Untuk kasus stroke hemoragik yang sangat parah, dibutuhkan tindakan operasi guna memperbaiki pembuluh darah dan menghentikan perdarahan, terutama jika stroke terjadi karena malformasi (kelainan) arteri-vena. Namun demikian, tindakan ini perlu diperhitungkan baik-baik karena operasi sendiri dapat menyebabkan kerusakan otak lebih lanjut,” papar dr. Alvin.

Sementara dr. Rezy Sesareza., Sp.N, menjelaskan bahwa, Stroke adalah “Keadaan Darurat yang butuh Tindakan Cepat”. Apabila Pasien yang terserang Stroke bisa mendapatkan bantuan Medis dalam Golden Period untuk mengevaluasi dan mengobati stroke akut, maka diharapkan Pasien akan punya harapan pulih yang lebih tinggi,” tegasnya.

Dikatakannya, salah satu terapi yang bisa membatu menyelamatkan Pasien dari serangan Stroke adalah Terapi Trombolitik. Terapi trombolitik adalah satu-satunya pengobatan darurat untuk melarutkan gumpalan darah yang terbentuk di arteri yang memberi makan jantung dan otak, yang merupakan penyebab utama serangan jantung dan stroke iskemik.

Terapi ini sering digunakan sebagai pengobatan darurat untuk melarutkan gumpalan darah yang terbentuk di arteri yang memberi makan jantung dan otak, yang merupakan penyebab utama serangan jantung dan stroke iskemik.

Maka dari itu dr. Rezy berharap bagi semua orang yang menyadari adanya Serangan Stroke pada orang sekitar, harap kiranya bisa membantu secepat mungkin Pasien menerima bantuan Medis dengan harapan pemulihan yang lebih cepat,” harapnya.

Continue Reading

Kesehatan

RS Siloam Bekasi Gelar Gathering PPKT I Mandiri Inhealth

Published

on

Bekasi, Hariansentana.com – RS Siloam Area Bekasi gelar Gathering Pusat Pelayanan Kesehatan Tingkat I Mandiri Inhealth. Bertempat di Aula RS Siloam Sepanjang Jaya Bekasi, Kamis (30/1/2020).

Dengan mengusung tema ‘Komplikasi Penyakit Diabetes terhadap Serangan Jantung dan Stroke’ kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber diantaranya adalah, dr. Rezy Sesareza, SpN. Spesialis Neurologi RS Siloam Bekasi Timur, yang akan memaparkan tentang pentingnya waktu (Golden Periode Hour) untuk penanganan pada kasus stroke.

Sementara, dr. Hasjim Hasbullah SpJP, Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, RS Siloam Bekasi Sepanjang Jaya, memaparkan tentang Kenali gejala dan cara penanganan pada serangan jantung. Sedangkan, dr. Reinaldo Alexander SpPD, Spesialis penyakit dalam RS Siloam Bekasi Sepanjang Jaya memaparkan tentang, Komplikasi diabetes terhadap serangan jantung dan stroke.

Head Business Development RS. Siloam Area Bekasi, drg. Tina Esadiarti, MARS, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan gabungan dari tiga RS Siloam Bekasi Area, yaitu RS Siloam Bekasi Timur, RS Siloam Sentosa Bekasi, dan RS Siloam Bekasi Sepanjang Jaya. “Ini adalah salah satu Rumah Sakit Siloam yang ada di area bekasi,” ujarnya.

RS Siloam area Bekasi sudah dipercayakan oleh Mandiri untuk melayani peserta jaminan dengan produk-produk Mandiri Inhealth mulai dari Inhealth Gold, Inhealth Platinum, Inhealth Diamond, dan Inhealth Indemnity,” tambah drg. Tina.

RS Siloam Bekasi lanjutnya, merupakan bagian dari Siloam Hospital Group yang mempunyai 37 rumah sakit yang tersebar di Indonesia.

Rumah Sakit Siloam Bekasi Sepanjang Jaya (SHBS) menyediakan berbagai layanan medis yang didukung penuh dengan peralatan medis berkualitas dan dokter berpengalaman, dengan tujuan untuk memberikan layanan kesehatan kepada lebih banyak orang.

Rumah Sakit Siloam Bekasi Sepanjang Jaya merupakan rumah sakit tipe C dengan fasilitas, Rawat jalan, Medical Cek-up, dan memiliki CT scan, UGD 24 jam, farmasi, Hemodialisa, Laboratorium, radiologi, Panoramic serta digital X-ray yang dibangun di atas lahan seluas 9.746 m2 dengan total luas bangunan 6.900 m2 yang siap mendukung kebutuhan medis di sekitar wilayah Bekasi,” ungkapnya.

RS Siloam Sepanjang Jaya adalah akuisisi adalah RS Hosana Medika Bekasi sejak Juli 2017. RS Siloam Sepanjang Jaya terus berkomitmen untuk menyediakan layanan yang komprehensif khususnya di kota Bekasi.

Sedangkan RS Siloam Sentosa adalah akuisisi dari RS Sentosa Bekasi sejak Februari 2017, RS Sentosa terus berkomitmen untuk mengembangkan layanan yang diberikan, mulai dari pemeriksaan kesehatan, pelayanan diagnostik hingga perawatan,” pungkasnya

Continue Reading

Kesehatan

ISWAM ke-10 Ajang Pameran dan Seminar Penunjang Program Health Tourism

Published

on

Teguh Tanuwidjaya (tiga dari kanan) bersama perwaklian Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Indonesia pada acara ISWAN Ke 10 di ICE BSD

Tangsel, HarianSentana. com

International SWAM (ISWAM) merupakan suatu seminar dan workshop yang diselenggrakan satu tahun sekali oleh PERDAWERI.  Tahun ini adalah penyelenggaraan untuk ke-10. ISWAM merupakan ajang seminar dan workshop bertaraf internasional dan bersertifikat IDI, diperuntukan khusus untuk para dokter yang ingin meningkatkan kemampuan, serta pengetahuannya dalam bidang anti aging estetika, wellness dan regenerative.

ISWAM secara kontinyu menghadirkan para ahli di bidagnya, baik yang berasal dari dalam negeri, maupun mencanagera, sehinga tidak heran jika ISWAM ini menduduki posisi seminar terbesar di Asia Pasific, dan ke-3 terbesar di dunia, sekaligus  juga menjadi barometer dunia estetika, karena selalu mengetengahkan materi-materi scientific terkini.

“ISWAM merupakan sebuah pameran kecantikan dan estetika International yang dihadiri oleh dokter-dokter Estetika ternama dari seluruh dunia, sekaligus menunjang program Kementrian Pariwisata yaitu Health Tourism sebagai salah satu pintu masuk wisatawan ke Indonesia,” ujar Chief Advisory Board of Double Fix Dr. Teguh Tanuwidjaya M Biomed, kepada wartawan di ICE BSD Tanggerang Selatan, Minggu (8/12/2019).

Sebagai wadah ilmiah kedokteran ISWAM turut memberikan kontribusi kepada tgeman sejawat yang bekerja di bidang estetika medik untuk berkarya dan mengembangkan ilmunya di era millenial ini yang penuh tantangan yang berasal dari dalam dan luar negeri.

“Seperti yang kita ketahui era sekarang telah terjadi globalisai ekonomi yang dampaknya juga menyentuh di bidang edtetika medik. Karena bidang estetika erat kaitannya, dengan perkembangan ekonomi. Dan ISWAM ke-10, kali ini tidak hanya mengupas tentang ilmiah, tetapi juga tentang hal-hal yang bersifat menunjang keberhasilan pelayanan dan ekonomu bisnis di bidang estetika medik. Sebagai pertemuan ilmiah internasional terbesar di Asia Pasifik dan dunia, diharapkan dapat memperkuat posisi ISWAM,” terang Teguh.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Anti Penuaan, Wellness, Estetik & Regeneratif Indonesia (Perdaweri), Prof DR. Dr. Abdul Razak Thaha mengatakan, di dalam ISWAM kali ini juga diselenggarakan penendatangan kerjasama antra PT Perdesti Global Nedicom (PT PGM), sebagai organizer ISWAM dengan Reed Exhibitions Indonesia (REI).

“Reed Exhibitions Indonesia sebuah company besar dunia yang memfokuskan diri dalam bidang penyelenggaraaan pameran. Dan kerjasama ini bertujuan untuk menyelenggarakan pemeran Internasional Fair For Aesthetic Medicine (IFAN) pada tahun 2020, untuk menghadirkan peserta pemeran dan suppliert dari berbagai negara dan regional, serta para buyer dan professional di industry estetika medis,” papar Abdul Razak.

Presiden Direktur PT REI Michelle Lim mengatakan, kolaborasi antara PT REI dengan PT PGM untuk saling melengkapi dan memperkuat penyelenggaraan IFAN 2020.

“Kerjasama ini untuk saling melengkapi dan memperkuat penyelenggaraan IFAN 2020, mengingat PT PGM memiliki pengalaman yang luar biasa selama 10 tahun dalam penyelnggaraaan ISWAM ini,,” ungkap Michelle Lim.

Selain penyelenggaran seminar pada ISWAM ke-10, ini juga gelaran EXPO untuk memperkenalkan produk kosmetika, kosmosetika, serta alat kedokteran untuk estetika yang terbaru dari dalam dan luar negeri.

Editor: Pangihutan S

Continue Reading
Advertisement

Trending

Copyright © 2019 HarianSentana.com. Theme by PT. Ciptamedia Kreasi.