Connect with us

Olahraga

Komunitas Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Indonesia Dideklarasi

Published

on

Jakarta, HarianSentana.com – Deklator Komunitas Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Indonesia, Ishak Tan menyebutkan, bahwa pembentukan komunitas tersebut berawal dari rasa keprihatinan, keterpanggilan sekaligus tanggungjawab dan partisipasi untuk membantu mendorong percepatan pembangunan persepakbolaan Indonesia.

“Kami yang terdiri dari berbagai latar belakang profesi dan keilmuan, atas berkat rahmat Allah Tuhan Yang Maha Esa mendeklarasikan pembentukan Komunitas Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Indonesia,” ujar Ishak Tan di Jakarta, Senin (3/2/2020).

Menurut Ishak, tercetusnya ide untuk mendirikan Komunitas Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Indonesia yang disponsori PT Antam Tbk ini didasari oleh dua hal. “Pertama sebagai masyarakat sepak bola, kami miris melihat kondisi persepakbolaan di Indonesia. Padahal pada tahun 80-an dan 90-an timnas kita pernah berjaya. Yang kedua, kepedulin Presiden Jokowi terhadap sepak bola dengan mengeluarkan Inpres No 3/2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional harus kita respon,” paparnya.

Dalam Inpres tersebut, Presiden menginstruksikan 14 pihak, yakni 11 Kementerian, 2 Pimpinan Lembaga serta Gubernur dan Bupati/Wali Kota di seluruh Indonesia untuk melakukan peningkatan prestasi sepak bola nasional dan internasional sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing.

“Bentuk dari peningkatan prestasi persepakbolaan tersebut, diantaranya: pengembangan bakat, pembenahan sistem dan tata kelola sepak bola serta mobilisasi pendanaan untuk pengembangan sepak bola nasional,” tukasnya.

Ia menegaskan, komunitas Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Indonesia ini akan fokus bekerja untuk pengembangan inovasi, kreasi dan kolaborasi berbasis independensi, transparansi dan akuntabilitas untuk percepatan pembangunan dan kemajuan persepakbolaan Indonesia.

“Capaian-capaian komunitas ini akan didedikasikan guna mendukung pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya bagi upaya percepatan pembangunan dan kemajuan prestasi persepakbolaan Indonesia,” tukasnya.

Lebih jauh Ishak menambahkan program jangka pendek yang sudah dirancang adalah dengan melakukan tur ke 10 Provinsi terutama daerah- daerah yang punya potensi pemain seperti Maluku, Papua, Sulsel, Kaltim, Bali, Sumut, Sumsel, Jabar, DKI dan Jatim.

Kegiatan itu juga akan diisi dialog dengan masyarakat sepakbola setempat, Coaching Clinic yang akan menjadi bagian paling penting dalam tur tersebut serta pertandingan eksebisi antara mantan para pemain timnas dengan para pemainn All Star setempat.

Sedangkan program jangka panjangnya adalah membangun dan mengembangkan “Center of Excellence sepakbola Indonesia”. “Kami juga punya visi, misi dan program jangka pendek serta jangka panjang,” tambahnya.

Ishak juga menegaskan bahwa komunitas ini tidak berafiliasi ke manapun termasuk partai politik. “Kami independen tidak berafiliasi kemanapun,” ucapnya.

Sementara pelatih sepak bola sekaligus mantan kapten timnas Indonesia Herry Kriswanto mengaku, sangat prihatin dengan sepak bola Indonesia yang sejak 1991 belum mendapatkan emas di SEA Games.

Sementara Rully Nere mengatakan, dengan adanya Inpres No 3 Tahun 2019 ada sekitar 11 kementerian yang terlibat. “Ini menjadi harapan semua. Apalagi pembinaan sangat penting dalam mencetak sepak bola Indonesia. Tanpa kompetisi pemain usia muda kita tidak akan berprestasi,” kata bintang sepak bola era 80-an ini.(sl)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Olahraga

Hari Kedua Turnamen Porau 2024, Kontingen Koopsud I Raih Kemenangan di Semua Cabang Olahraga.

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Hari kedua berlangsungnya turnamen Pekan Olahraga TNI Angkatan Udara (Porau) tahun 2024, Kontingen Koopsud I meraih kemenangan di semua cabang olahraga yang dipertandingkan. (Selasa, 23-7-2024).

Diantaranya Tim Tenis Lapangan Koopsud I meraih kemenangan 4-1 saat melawan Tim Tenis Lapangan Koopsudnas. Selain pertandingan Tenis Lapangan cabang olahraga lainnya yaitu Tim Sepakbola Koopsud I yang melaksanakan dua kali pertandingan dalam satu hari ini (Selasa, 23/7) yaitu Tim Sepakbola Koopsud I melawan Tim Sepakbola Koopsud II yang dimenangkan Koopsud I dengan skor 2-0. Dan pertandingan kedua sepakbola antara Koopsud I melawan Koharmatau, yang dimenangkan Koopsud I dengan skor 1-0.

Selanjutnya Tim Badminton Koopsud I melawan Tim Badminton Seskoau, yang dimenangkan Tim Badminton Koopsud I dengan skor 4-1. Kemudian Tim Bola Voli Putra dan Putri Koopsud I melawan Tim Bola Voli Putra dan Putri Kodiklatau, yang dimenangkan Tim Bola Voli Putra Koopsud I dengan skor 2-0, dan dimenangkan juga oleh Tim Voli Putri Koopsud I dengan skor 2-1.

Kemenangan di semua cabang olahraga yang dilakoni Koopsud I tidak terlepas dari dukungan suporter gabungan dari jajaran Koopsud I yang bernyanyi dengan kompak serta penuh semangat.

Selain itu sebelum memulai kegiatan ditekankan oleh Aspers Kaskoopsud I Kolonel Pnb Sugeng Sugiharto, S.Sos., selaku Ketua Kontingen Atlet Koopsud I dalam Porau Tahun 2024, “Dengan bermodalkan semangat juang yang pantang menyerah disertai keyakinan, insyaallah Koopsud I dapat meraih juara di Porau Tahun 2024” tegas Ketua Kontingen.

Dalam setiap pertandingan yang dilaksanakan disaksikan secara langsung oleh Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, Kaskoopsud I Marsma TNI Daan Sulfi, S.Sos., M.Si., M.Han., dan Para Pejabat Utama Koopsud I.

Continue Reading

Olahraga

Kasau Buka Pekan Olahraga TNI Angkatan Udara 2024

Published

on

Cilangkap, Hariansentana.com — Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., membuka Pekan Olahraga TNI Angkatan Udara (Porau) 2024, di Auditorium Denma Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/7/2024).

Dalam sambutannya, Kasau mengatakan kegiatan Porau ini merupakan ajang olahraga tahunan tertinggi TNI Angkatan Udara yang sekaligus menjadi tolak ukur keberhasilan pembinaan di satuan, khususnya empat cabang olahraga yang dipertandingkan seperti Sepak Bola, Bola Voli, Tenis Lapangan dan Bulu Tangkis.

Kegiatan ini merupakan momentum untuk mengembangkan semangat sportivitas, sekaligus membentuk prajurit yang tangkas, tangguh dan memiliki integritas tinggi. Meski kemenangan adalah tujuan utama dalam setiap pertandingan, namun sportivitas dari seluruh ofisial dan peserta yang berlaga adalah yang paling utama.

Lebih lanjut, Kasau berharap melalui ajang TNI AU ini dapat ditemukan atlet-atlet baru yang berbakat serta memiliki potensi olahraga, sehingga dapat menjamin regenerasi atlet TNI AU, sekaligus dapat memperkuat tim TNI AU dalam perhelatan Piala Panglima TNI yang akan datang.

Turut hadir Pangkoopsudnas Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., Dankodiklatau Marsdya TNI Dr. Arif Mustofa, M.M., CGRE., Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau dan para pejabat TNI AU lainnya.

Continue Reading

Olahraga

Hari Pertama Turnamen Porau 2024, Tim Sepakbola Koopsud I Raih Kemenangan 7-0 Melawan Tim Sepakbola Seskoau.

Published

on

JAKARTA, HARIANSENTANA.COM — Hari pertama berlangsungnya turnamen Pekan Olahraga TNI Angkatan Udara (Porau) tahun 2024, Tim Sepakbola Koopsud I raih kemenangan 7-0 saat melawan Tim Sepakbola Seskoau. Bertempat di Lapangan Galaxy Makoopsud I. (Senin, 22-7-2024).

Selain pertandingan sepakbola, dilaksanakan juga pertandingan cabang olahraga lainnya yaitu Tim Tenis Lapangan Koopsud I melawan Tim Tenis Lapangan AAU yang dimenangkan oleh Koopsud I dengan skor 4-1. Kemudian Koopsud I melawan Mabesau, yang dimenangkan Tim Tenis Lapangan Mabesau dengan skor 2-3.

Lalu Tim Badminton Koopsud I melawan Tim Badminton Koharmatau, yang dimenangkan Koharmatau dengan skor 2-3.

Kemudian Tim Bola Voli Putra Koopsud I melawan Tim Bola Voli Putra Koharmatau, yang dimenangkan oleh Tim Koharmatau dengan skor 1-2. Dan Tim Bola Voli Putri Koopsud I melawan Tim Bola Voli Putri yang dimenangkan oleh Koopsud I dengan skor 2-0.

Dalam setiap pertandingan yang dilaksanakan disaksikan secara langsung oleh Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, Kaskoopsud I Marsma TNI Daan Sulfi, S.Sos., M.Si., M.Han., dan Para Pejabat Utama Koopsud I beserta para Suporter gabungan dari jajaran Koopsud I yang memeriahkan setiap pertandingan.

Continue Reading
Advertisement

Trending