Connect with us

Olahraga

Silat Keris Indonesia Menuju Pemecahan Rekor MURI

Published

on

Jakarta, HarianaSentana.com – Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia (FPPSKI) dan tim Indonesia Keris Style (IKS) pada bulan Agustus 2020 akan melakukan pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia untuk penampilan gerak Silat Keris Indonesia. Karena itu pada hari Minggu 26 Januari 2020 lalu, diadakan latihan gabungan (latgab) di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia, Jakarta Timur.

Latgab pertama ini diikuti sekitar dua ratusan pesilat dari 17 perwakilan perguruan pencak silat di Jabodetabek. Para pesilat pada pagi itu menunjukkan keseriusan dalam melakukan gerak jurus-jurus keris secara serempak sesuai komando.

Pada latgab pertama itu dihadiri oleh Mayjen TNI (purn) Eddie M. Nalapraya, sebagai Dewan Pembina Tim Pencak Silat Keris Indonesia, yang tergabung FPPSKI dan Ketua Umum FPPSKI Anwar Al-Batawi.

Eddie menyambut gembira akan rencana pelaksanaan pemecahan rekor MURI. Karena itu, dia pun memberikan motivasi kepada seluruh peserta yang mengikuti latgab.
“Saya sampaikan salam semangat untuk semua peserta yang sudah melibatkan diri dalam kegiatan latihan gabungan hari ini. Setelah pencak silat diakui oleh UNESCO beberapa bulan yang lalu, maka kedepannya kita harus lebih signifikan dalam menjaga dan melestarikan pencak silat,” tegas Eddie.

Ia pun meminta kepada para pesilat untuk menjadikan silat sebagai ilmu kehidupan. “Jadikanlah pencak silat itu sendiri sebagai ilmu kehidupan, sehingga akan banyak nilai-nilai positif yang akan kalian dapatkan pada saat diri kalian mempelajari dan menekuni pencak silat itu sendiri,” kata Eddie.

Hal senada juga diungkapkan Anwar Al- Batawi kepada para pesilat agar selalu membangun kesadaran untuk terus menjaga dan melestarikannya. “Kita agar selalu membangun kesadaran untuk terus menjaga serta melestarikan seluruh aset budaya bangsa Indonesia terutama keris dan pencak silat,” imbau Anwar.

“Kita semua harus selalu menumbuhkan kesadaran dalam diri kita masing-masing untuk terus menjaga dan melestarikan aset-aset budaya di bangsa kita. Hal itu agar budaya bisa terus berkembang serta mampu mendorong kesejahteraan bagi para pelestari budaya itu sendiri,” tambah dia.

Anwar pun memaparkan ada banyak hal positif karena ikut melestarikan budaya bangsa. “Hal positif yang bisa kita dapat dari melestarikan budaya, salah satunya adalah untuk menambah saudara serta memperluas tali silaturahmi,” katanya.

Ia berharap program pelestarian pencak silat keris tidak hanya selesai setelah terlaksananya kegiatan pemecahan rekor MURI pencak silat keris Indonesia. “Tetapi saya berharap kalian mampu melanjutkan untuk mengadakan kegiatan kegiatan selanjutnya yang berhubungan dengan pelestarian pencak silat keris Indonesia seperti dengan cara mengadakan festival khusus seni pencak silat keris dan kegiatan-kegiatan lainnya yang mampu mendorong pengembangan dan pelestarian pencak silat itu sendiri,” paparnya.

Koordinator tim Indonesia Keris Style, Narwan Riyadi yang hadir di lokasi latgab kepada media juga mengungkapkan mengenai kegiatan pemecahan rekor MURI silat keris Indonesia ini.

“Kegiatan ini adalah bentuk upaya kita bersama untuk terus menyosialisasikan pencak silat keris Indonesia kepada semua kalangan masyarakat. Kegiatan akan kita laksanakan pada bulan Agustus 2020 dengan menargetkan 4000 peserta peraga pencak silat keris. Mereka akan melakukan gerakan secara serentak atau kolosal di waktu yang bersamaan,” bebernya.

Lebih lanjut Riyandi mengatakan, calon peserta yang hari ini mengikuti kegiatan latihan gabungan akan didata melalui koordinator perguruan masing-masing. Susunan data tersebut nantinya akan dikumpulkan agar jumlah peserta latgab ada kejelasan.

“Kami mengharapkan peserta tidak hanya kooperatif dalam mengikuti sesi latihan gabungan, tetapi kami juga berharap bahwa peserta harus tetap konsisten dan mematuhi seluruh prosedur yang berlaku. Hal itu agar terciptanya kerjasama yang baik antara peserta dan pihak perencana kegiatan. Ini adalah hajat kita bersama karya kita bersama yang harus kita jaga bersama-sama demi kesuksesan kita bersama-sama,” pungkasnya.(stn)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Olahraga

Perkuat Sinergitas Tni-Polri, Pangkoopsud I Ikuti Olahraga Bersama

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Memiliki tugas yang berbeda, TNI-Polri wilayah DKI Jakarta hari ini menggelar olahraga bersama dalam permainan Sepak Bola Gembira bertempat di Kodam Jaya, Jakarta, Selasa (23/1/2024).

Olahraga bersama ini merupakan salah satu kolaborasi antara TNI dan POLRI menjadi pijakan penting dalam mencapai tujuan yang sama, yaitu kesejahteraan dan keamanan bagi masyarakat . Karenanya TNI dan POLRI harus saling mendukung satu sama lain dengan menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing secara efektif.

Olahraga Sepak Bola yang dilaksanakan di lapangan Kodam Jaya ini sebagai sarana mempererat silaturahmi dan memperkuat sinergitas, diikuti Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, S.IK, MH, Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, Ir Kostrad Mayjen TNI Mochamad Reza Utama serta pejabat utama dari kedua instansi tersebut, digelar dalam 4 babak dengan rentang waktu tiap babak adalah 25 menit .

Pada kesempatan itu, dibabak ketiga Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin berhasil membobol gawang lawan dan menyumbangkan 1 gol. Permainan diakhiri dengan skor 8-3.

Setelah melaksanakan olahraga bersama dalam perbincangan hangat penuh keakraban antara Pangkostrad , Pangdam Jaya, Kapolda Metro Jaya, Pangkoopsud I, Ir Kostrad, Irdam Jaya, serta para pejabat utama dari kedua instansi yang hadir sepakat untuk bersama-sama mewujudkan serta menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Ibukota Jakarta dan sekitarnya.

Continue Reading

Olahraga

Tingkatkan Sinergitas, Kodam Jaya Olahraga Bersama Polda Metro Jaya Serta Berikan Bantuan Warga

Published

on

Foto ; Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto saat olah raga bersama

Bogor, Hariansentana.com –– Tingkatkan Sinergitas TNI – Polri, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan olah raga Hiking bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto di Situ Telaga Saat Cisarua, Bogor, Rabu ( 10/1/2024).

Dalam rangkaian olah raga kali ini Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya berikan bantuan berupa alat untuk membakar sampah yang dapat meresikle sampah plastik, serta pemberian sembako kepada warga sekitar Situ Telaga Saat. Ini merupakan wujud kepedulian Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya kepada warga masyarakat yang diharapkan dapat bermanfaat serta membantu meringankan kebutuhan warga.

Sebelum mengawali kegiatan hiking dan bantuan, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto beserta jajarannya mengikuti peregangan serta pemanasan, agar dapat dipastikan selutuh peserta dalam kondisi sehat dan prima untuk mengikuti kegiatan olahraga bersama tersebut.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan mengajak Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto beserta jajarannya berjalan kaki sepanjang 4.7 km menelusuri kawasan kebun teh yang ada dilokasi tersebut.

“Olah raga ini saya mengajak Kapolda Metro Jaya karena Jakarta saat ini aman. Ini untuk menguji kaki kita yang biasa berjalan di aspal. Kali ini kita berjalan ditengah alam kebun teh,” ujar Pangdam.

Kawasan Situ Telaga Saat Cisarua ini merupakan sejarah kenangan saat dirinya masih menjabat sebagai Danrem 061 Bogor yang pada saat itu masih berpangkat kolonel pada tahun 2018 silam. Sebelumnya kawasan ini tertutup dan hanya dihuni oleh warga yang bekerja sebagai pemetik daun teh. kemudian atas prakarsanya kawasan ini diubah menjadi kawasan wisata yang dapat memajukan perekonomian warga sekitarnya.

“Jadi masyarakat disini itu masyarakat yang pekerjaannya memetik teh semua. Kita sering memberikan bantuan disini. Lalu saya memprakarsai untuk mengubah dan membuka kawasan ini menjadi kawasan wisata, agar masyarakat disini dapat meningkat perekonomiannya tidak hanya memetik teh saja namun bisa mendapatkan penghasilan lain,” jelas Pangdam.

Benih benih ikanpun ditebar dikawasan ini guna menjaga ekosistim air dikawasan. Tidak hanya itu beliau juga telah membangun beberapa Mushola dan Majelis Taklim yang sampai saat ini masih diberikan perhatian bantuan bulanan kepada para guru – guru ngaji.

“Alhamdulillah kepada bapak Pangdam dan bapak Kapolda telah hadir dikampung Cibulao ini. Trimakasih telah mmberikan bantuan sembako sebanyak 160 KK dan juga bantuan berupa tungku pembakaran sampah. Kami sangat berterimakasih telah peduli kepada warga kami. Semoga Bapak Pangdam selalu sehat dan lebih sukses lagi,” ucap perwakilan masyarakat Cibulao.

Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon penghijauan serta hiburan dan ramah tamah

Hadir dalam kegiatan Hiking TNI-Polri diantaranya, Pangdam Jaya, Kapolda Metro Jaya beserta PJU Polda Metro Jaya, Kasdam Jaya, Kapoksahli Pangdam Jaya, Danrem 051/Wkt, Danrem 052/Wkr, para Asisten Kasdam Jaya, para Dansat/Kabalakdam Jaya, para Dandim dan Danyon jajaran Kodam Jaya. (Red).

Continue Reading

Olahraga

Perkuat Sinergitas, Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya Gelar Olahraga Bersama

Published

on

Kodam Jaya, Hariansentana.com — Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Mohamad Hasan menggelar kegiatan olahraga bersama dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto beserta pejabat Kodam Jaya dan Jajaran Polda Metro Jaya, dilapangan Sepakbola Makodam Jaya, Cililitan, Jakarta Timur, Rabu (27/12/2023).

Olahraga bersama kali ini adalah pertandingan sepakbola yang dilaksanakan di lapangan Makodam Jaya, merupakan untuk yang kesekian kalinya digelar dalam upaya meningkatkan kebugaran dan menjaga stamina agar tetap sehat. Dimana dalam satu tim terdiri dari gabungan TNI dan Polri.

Sebelum pelaksanaan olahraga bersama diadakan pemeriksaan kesehatan dan pemanasan, guna mengetahui kondisi kesehatan serta fisik para peserta, kegiatan olahraga bersama ini dalam rangka untuk mewujudkan sinergitas TNI – Polri dalam menjaga kondusifitas Keamanan mengawal tahun politik 2024 di wilayah Ibukota Jakarta.

Mayjen TNI Mohamad Hasan menempati posisi sebagai striker (pemain depan). Akselerasi kerjasama permainan yang cantik ditunjukan oleh Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya, Sampai berakhirnya waktu pertandingan tim yang diperkuat Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya menang dengan skor 5 – 0.

Tujuan kegiatan olahraga bersama ini digelar selain upaya untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, juga sebagai sarana untuk meningkatkan komunikasi, menjaga silaturahmi, memperkuat soliditas dan memperkokoh kebersamaan serta mempererat kerjasama antar kedua institusi dalam pengabdian terbaik terhadap NKRI dan Masyarakat DKI Jakarta pada khususnya.

Turut hadir dalam kegiatan olahraga tersebut di antaranya Kapolda Metro Jaya, Kasdam Jaya, Koorsahli Pangdam, Irdam Jaya, Danrem 051/Wkt, Danrem 052/Wkr, Para Asisten, Para Kabalak dan Komandan Satuan Jajaran Kodam Jaya serta Pejabat utama Polda Metro Jaya.

Continue Reading
Advertisement

Trending