Connect with us

Olahraga

Kejuaraan Taekwondo E – Poomsae 2020 Sukses di Gelar

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – Pandemic Virus corona (Covid – 19) yang mewabah hampir keseluruh dunia memang sempat membuat seluruh aktivitas, termasuk kegiatan olahraga terganggu. Demi faktor keselamatan dan kesehatan, semua aktivitas tersebut untuk sementara terhenti sementara atau ditunda.

Banyak kasus mereka yang teridentifikasi positif covid – 19 juga menimpa para pegiat olahraga. Terutama para atlet dan pelatih. Akibatnya, untuk menjaga dan menyelamatkan mereka, kegiatan latihan dan terutama berbagai agenda turnamen atau pertandingan yang telah disiapkan, dari level lokal, nasional hingga internasional dibatalkan atau ditunda. Termasuk kegiatan olahraga taekwondo di Indonesia.

Namun semua aktivitas yang terhenti atau tertunda tersebut hanya berlaku sementara. Era digital saat ini membuat semua orang kemudian melakukan kreativitas agar semua aktivitas tersebut tetap berlangsung tanpa mengurangi semangat dan esensi dan terutama kualitasnya. Termasuk dalam hal ini para praktisi taekwondo Indonesia. Bukan saja kegiatan kepelatihan (e-traning), turnamen juga digelar dengan format online (e – Tournament).

Seperti belum lama ini, Indonesia Youth & Sports Festival (IYOS), bekerjasama dengan Kemenpora RI menggelar e – tournament (kejuaraan taekwondo secara online) kategori poomsae (recognize dan freestyle) nasional 5 – 6 Juli 2020. Kejuaraan tersebut diperuntukkan untuk kelas prestasi dan Festival yang diikuti dari berbagai kategori usia.

Menurut Ketua Penyelenggara Tri Nurjanah, Kejuaraan bertajuk “1st Indonesia Taekwondo E – Poomsae Tournament Battle 2020” yang disertifikasi resmi kemenpora ini diikuti oleh 324 atlet dari 58 tim yang tersebar di 16 provinsi.

Kejuaraan ini mempertandingkan kelas pemula dan prestasi dengan pembagian kategori umur yakni, pra kadet (maks : 11 tahun), kadet (maks : 14 tahun), Junior (maks : 17 tahun), senior (maks : 30 tahun), master (under 40, 50, 60 tahun) dan Freestyle. Menurutnya, kejuaraan ini dilaksanakan dalam upaya untuk terus menjaga semangat berlatih dan mendorong kreatifitas para atlet, pelatih dan seluruh praktisi taekwondo yang terlibat agar terus adaptif pada perkembangan teknologi.

“Wabah covid – 19 ini harus dijadikan pemicu sekaligus tantangan untuk tetap berprestasi dimasa yang akan datang. Walaupun sesuai dengan standard protokol kesehatan yang baru bisa diakomodir adalah kategori poomsae.” Ujar Tri Nurjanah yang juga merupakan salah satu wasit internasional (International referee) yang dimiliki Indonesia.

Ditambahkan Tri Nurjanah, kejuaraan di masa pandemi Covid – 19 ini dimungkinkan dilaksanakan dan disetujui oleh pemerintah dan pihak berwenang, dengan pelaksanaan tetap mengacu kepada prinsip protokol kesehatan. Oleh karenanya, yang bisa dipertandingkan adalah kategori poomsae (jurus). Ana (panggilan Tri Nurjanah) juga menjelaskan bahwa teknis dan aturan penyelenggaraan turnamen mengacu kepada pola yang disesuaikan dengan kondisi saat ini, namun sebenarnya secara substansi tidak mengurangi kualitas dari sisi penilaian.

“Kita mengacu kepada aturan protokol kesehatan dan penilaian kepada peserta berbasis online atau video yang disaksikan oleh para wasit.” Jelasnya.

Kejuaraan ini disupervisi langsung oleh Bidang Pertandingan PBTI dan komisi perwasitan PBTI dengan mengadaptasi pertandingan internasional seperti Daedo Open 2019 lalu di Malaysia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBTI, Yefi Triaji mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kejuaraan ini. Untuk pertama kalinya kejuaraan bisa berlangsung di tengah wabah covid – 19.

Dirinya berharap walaupun banyak kekurangan dan keterbatasan, kejuaraan ini secara empiris dapat dijadikan sebagai sarana edukasi dan pengalaman berharga bagi atlet, pelatih dan wasit. Khusus bagi para praktisi taekwondo di daerah, event ini bisa dijadikan barometer untuk bisa menggelar event-event serupa.

Hal ini menurut Yefi penting untuk dilaksanakan agar para atlet tetap terus semangat berlatih. Sebab turnamen adalah salah satu indikator bagi atlet untuk terus berlatih menjaga kebugaran, tetap menajamkan skill dan performa untuk menghadapi masa-masa di era new normal nanti.

Selain itu, menurut Yefi, kejuaraan ini juga menjadi stimulus bagi para peserta karena dalam waktu dekat WT dan World Taekwondo Asia akan menggelar kejuaraan serupa. “Dengan adanya kejuaraan ini, paling tidak para peserta sudah memiliki pengalaman dan terbiasa dengan pola penilaian dan penggunaan teknologi yang digunakan.” Ujar Yefi.

Berikut adalah hasil kejuaraan :

Kategori Kadet Putra Prestasi :

Emas : BTJ Poomsae Team (Muhanmad Nadin Fathurrahnan.H)
Perak : BTJ Poomsae Team (Bagas Hardi Putra)
Perunggu : Kabupaten Tanggerang (Muammad Iqbal)
Perunggu : PPLP Kab. Katingan (M Habbil Fathi Farhat)

Kategori Kadet Putri Prestasi :

Emas : Acebon Kota Bandung (Jingga Joelanda Sukoco)
Perak : BTJ Poomsae Team (Zahra Ainun Shafira)
Perunggu : BTJ Poomsae Team (Keisha Aurelua Putri Amin)
Perunggu : BTJ Poomsae Team (Indhira Pradnya Wedasweri)

Kategori Junior Putra Prestasi :

Emas : SKO Ragunan Kemenpora (Johansen Vicenzo Angtolis)
Perak : SKO Ragunan Kemenpora (Muhammad Rizal)
Perunggu : BTJ Poomsae Team (Izzat Mohammad)
Perunggu : Sorowako Taekwondo Club/STC (Ahmad Atsqal Asqalani).

Kategori Junior Putri Prestasi :

Emas : BTJ Poomsae Team (Maheswari Enesia Irianto)
Perak : SKO Ragunan Kemenpora (Avisha Nabilla Shaman)
Perunggu : Kabupaten Tanggerang (Zahra Insani)
Perunggu : Kavuoaten Ranggerang (Novia Azzahra)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Olahraga

Perkuat Sinergitas Tni-Polri, Pangkoopsud I Ikuti Olahraga Bersama

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Memiliki tugas yang berbeda, TNI-Polri wilayah DKI Jakarta hari ini menggelar olahraga bersama dalam permainan Sepak Bola Gembira bertempat di Kodam Jaya, Jakarta, Selasa (23/1/2024).

Olahraga bersama ini merupakan salah satu kolaborasi antara TNI dan POLRI menjadi pijakan penting dalam mencapai tujuan yang sama, yaitu kesejahteraan dan keamanan bagi masyarakat . Karenanya TNI dan POLRI harus saling mendukung satu sama lain dengan menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing secara efektif.

Olahraga Sepak Bola yang dilaksanakan di lapangan Kodam Jaya ini sebagai sarana mempererat silaturahmi dan memperkuat sinergitas, diikuti Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, S.IK, MH, Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, Ir Kostrad Mayjen TNI Mochamad Reza Utama serta pejabat utama dari kedua instansi tersebut, digelar dalam 4 babak dengan rentang waktu tiap babak adalah 25 menit .

Pada kesempatan itu, dibabak ketiga Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin berhasil membobol gawang lawan dan menyumbangkan 1 gol. Permainan diakhiri dengan skor 8-3.

Setelah melaksanakan olahraga bersama dalam perbincangan hangat penuh keakraban antara Pangkostrad , Pangdam Jaya, Kapolda Metro Jaya, Pangkoopsud I, Ir Kostrad, Irdam Jaya, serta para pejabat utama dari kedua instansi yang hadir sepakat untuk bersama-sama mewujudkan serta menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Ibukota Jakarta dan sekitarnya.

Continue Reading

Olahraga

Tingkatkan Sinergitas, Kodam Jaya Olahraga Bersama Polda Metro Jaya Serta Berikan Bantuan Warga

Published

on

Foto ; Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto saat olah raga bersama

Bogor, Hariansentana.com –– Tingkatkan Sinergitas TNI – Polri, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan olah raga Hiking bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto di Situ Telaga Saat Cisarua, Bogor, Rabu ( 10/1/2024).

Dalam rangkaian olah raga kali ini Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya berikan bantuan berupa alat untuk membakar sampah yang dapat meresikle sampah plastik, serta pemberian sembako kepada warga sekitar Situ Telaga Saat. Ini merupakan wujud kepedulian Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya kepada warga masyarakat yang diharapkan dapat bermanfaat serta membantu meringankan kebutuhan warga.

Sebelum mengawali kegiatan hiking dan bantuan, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto beserta jajarannya mengikuti peregangan serta pemanasan, agar dapat dipastikan selutuh peserta dalam kondisi sehat dan prima untuk mengikuti kegiatan olahraga bersama tersebut.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan mengajak Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto beserta jajarannya berjalan kaki sepanjang 4.7 km menelusuri kawasan kebun teh yang ada dilokasi tersebut.

“Olah raga ini saya mengajak Kapolda Metro Jaya karena Jakarta saat ini aman. Ini untuk menguji kaki kita yang biasa berjalan di aspal. Kali ini kita berjalan ditengah alam kebun teh,” ujar Pangdam.

Kawasan Situ Telaga Saat Cisarua ini merupakan sejarah kenangan saat dirinya masih menjabat sebagai Danrem 061 Bogor yang pada saat itu masih berpangkat kolonel pada tahun 2018 silam. Sebelumnya kawasan ini tertutup dan hanya dihuni oleh warga yang bekerja sebagai pemetik daun teh. kemudian atas prakarsanya kawasan ini diubah menjadi kawasan wisata yang dapat memajukan perekonomian warga sekitarnya.

“Jadi masyarakat disini itu masyarakat yang pekerjaannya memetik teh semua. Kita sering memberikan bantuan disini. Lalu saya memprakarsai untuk mengubah dan membuka kawasan ini menjadi kawasan wisata, agar masyarakat disini dapat meningkat perekonomiannya tidak hanya memetik teh saja namun bisa mendapatkan penghasilan lain,” jelas Pangdam.

Benih benih ikanpun ditebar dikawasan ini guna menjaga ekosistim air dikawasan. Tidak hanya itu beliau juga telah membangun beberapa Mushola dan Majelis Taklim yang sampai saat ini masih diberikan perhatian bantuan bulanan kepada para guru – guru ngaji.

“Alhamdulillah kepada bapak Pangdam dan bapak Kapolda telah hadir dikampung Cibulao ini. Trimakasih telah mmberikan bantuan sembako sebanyak 160 KK dan juga bantuan berupa tungku pembakaran sampah. Kami sangat berterimakasih telah peduli kepada warga kami. Semoga Bapak Pangdam selalu sehat dan lebih sukses lagi,” ucap perwakilan masyarakat Cibulao.

Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon penghijauan serta hiburan dan ramah tamah

Hadir dalam kegiatan Hiking TNI-Polri diantaranya, Pangdam Jaya, Kapolda Metro Jaya beserta PJU Polda Metro Jaya, Kasdam Jaya, Kapoksahli Pangdam Jaya, Danrem 051/Wkt, Danrem 052/Wkr, para Asisten Kasdam Jaya, para Dansat/Kabalakdam Jaya, para Dandim dan Danyon jajaran Kodam Jaya. (Red).

Continue Reading

Olahraga

Perkuat Sinergitas, Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya Gelar Olahraga Bersama

Published

on

Kodam Jaya, Hariansentana.com — Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Mohamad Hasan menggelar kegiatan olahraga bersama dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto beserta pejabat Kodam Jaya dan Jajaran Polda Metro Jaya, dilapangan Sepakbola Makodam Jaya, Cililitan, Jakarta Timur, Rabu (27/12/2023).

Olahraga bersama kali ini adalah pertandingan sepakbola yang dilaksanakan di lapangan Makodam Jaya, merupakan untuk yang kesekian kalinya digelar dalam upaya meningkatkan kebugaran dan menjaga stamina agar tetap sehat. Dimana dalam satu tim terdiri dari gabungan TNI dan Polri.

Sebelum pelaksanaan olahraga bersama diadakan pemeriksaan kesehatan dan pemanasan, guna mengetahui kondisi kesehatan serta fisik para peserta, kegiatan olahraga bersama ini dalam rangka untuk mewujudkan sinergitas TNI – Polri dalam menjaga kondusifitas Keamanan mengawal tahun politik 2024 di wilayah Ibukota Jakarta.

Mayjen TNI Mohamad Hasan menempati posisi sebagai striker (pemain depan). Akselerasi kerjasama permainan yang cantik ditunjukan oleh Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya, Sampai berakhirnya waktu pertandingan tim yang diperkuat Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya menang dengan skor 5 – 0.

Tujuan kegiatan olahraga bersama ini digelar selain upaya untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, juga sebagai sarana untuk meningkatkan komunikasi, menjaga silaturahmi, memperkuat soliditas dan memperkokoh kebersamaan serta mempererat kerjasama antar kedua institusi dalam pengabdian terbaik terhadap NKRI dan Masyarakat DKI Jakarta pada khususnya.

Turut hadir dalam kegiatan olahraga tersebut di antaranya Kapolda Metro Jaya, Kasdam Jaya, Koorsahli Pangdam, Irdam Jaya, Danrem 051/Wkt, Danrem 052/Wkr, Para Asisten, Para Kabalak dan Komandan Satuan Jajaran Kodam Jaya serta Pejabat utama Polda Metro Jaya.

Continue Reading
Advertisement

Trending