Connect with us

Olahraga

Kejuaraan Taekwondo E – Poomsae 2020 Sukses di Gelar

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – Pandemic Virus corona (Covid – 19) yang mewabah hampir keseluruh dunia memang sempat membuat seluruh aktivitas, termasuk kegiatan olahraga terganggu. Demi faktor keselamatan dan kesehatan, semua aktivitas tersebut untuk sementara terhenti sementara atau ditunda.

Banyak kasus mereka yang teridentifikasi positif covid – 19 juga menimpa para pegiat olahraga. Terutama para atlet dan pelatih. Akibatnya, untuk menjaga dan menyelamatkan mereka, kegiatan latihan dan terutama berbagai agenda turnamen atau pertandingan yang telah disiapkan, dari level lokal, nasional hingga internasional dibatalkan atau ditunda. Termasuk kegiatan olahraga taekwondo di Indonesia.

Namun semua aktivitas yang terhenti atau tertunda tersebut hanya berlaku sementara. Era digital saat ini membuat semua orang kemudian melakukan kreativitas agar semua aktivitas tersebut tetap berlangsung tanpa mengurangi semangat dan esensi dan terutama kualitasnya. Termasuk dalam hal ini para praktisi taekwondo Indonesia. Bukan saja kegiatan kepelatihan (e-traning), turnamen juga digelar dengan format online (e – Tournament).

Seperti belum lama ini, Indonesia Youth & Sports Festival (IYOS), bekerjasama dengan Kemenpora RI menggelar e – tournament (kejuaraan taekwondo secara online) kategori poomsae (recognize dan freestyle) nasional 5 – 6 Juli 2020. Kejuaraan tersebut diperuntukkan untuk kelas prestasi dan Festival yang diikuti dari berbagai kategori usia.

Menurut Ketua Penyelenggara Tri Nurjanah, Kejuaraan bertajuk “1st Indonesia Taekwondo E – Poomsae Tournament Battle 2020” yang disertifikasi resmi kemenpora ini diikuti oleh 324 atlet dari 58 tim yang tersebar di 16 provinsi.

Kejuaraan ini mempertandingkan kelas pemula dan prestasi dengan pembagian kategori umur yakni, pra kadet (maks : 11 tahun), kadet (maks : 14 tahun), Junior (maks : 17 tahun), senior (maks : 30 tahun), master (under 40, 50, 60 tahun) dan Freestyle. Menurutnya, kejuaraan ini dilaksanakan dalam upaya untuk terus menjaga semangat berlatih dan mendorong kreatifitas para atlet, pelatih dan seluruh praktisi taekwondo yang terlibat agar terus adaptif pada perkembangan teknologi.

“Wabah covid – 19 ini harus dijadikan pemicu sekaligus tantangan untuk tetap berprestasi dimasa yang akan datang. Walaupun sesuai dengan standard protokol kesehatan yang baru bisa diakomodir adalah kategori poomsae.” Ujar Tri Nurjanah yang juga merupakan salah satu wasit internasional (International referee) yang dimiliki Indonesia.

Ditambahkan Tri Nurjanah, kejuaraan di masa pandemi Covid – 19 ini dimungkinkan dilaksanakan dan disetujui oleh pemerintah dan pihak berwenang, dengan pelaksanaan tetap mengacu kepada prinsip protokol kesehatan. Oleh karenanya, yang bisa dipertandingkan adalah kategori poomsae (jurus). Ana (panggilan Tri Nurjanah) juga menjelaskan bahwa teknis dan aturan penyelenggaraan turnamen mengacu kepada pola yang disesuaikan dengan kondisi saat ini, namun sebenarnya secara substansi tidak mengurangi kualitas dari sisi penilaian.

“Kita mengacu kepada aturan protokol kesehatan dan penilaian kepada peserta berbasis online atau video yang disaksikan oleh para wasit.” Jelasnya.

Kejuaraan ini disupervisi langsung oleh Bidang Pertandingan PBTI dan komisi perwasitan PBTI dengan mengadaptasi pertandingan internasional seperti Daedo Open 2019 lalu di Malaysia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBTI, Yefi Triaji mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kejuaraan ini. Untuk pertama kalinya kejuaraan bisa berlangsung di tengah wabah covid – 19.

Dirinya berharap walaupun banyak kekurangan dan keterbatasan, kejuaraan ini secara empiris dapat dijadikan sebagai sarana edukasi dan pengalaman berharga bagi atlet, pelatih dan wasit. Khusus bagi para praktisi taekwondo di daerah, event ini bisa dijadikan barometer untuk bisa menggelar event-event serupa.

Hal ini menurut Yefi penting untuk dilaksanakan agar para atlet tetap terus semangat berlatih. Sebab turnamen adalah salah satu indikator bagi atlet untuk terus berlatih menjaga kebugaran, tetap menajamkan skill dan performa untuk menghadapi masa-masa di era new normal nanti.

Selain itu, menurut Yefi, kejuaraan ini juga menjadi stimulus bagi para peserta karena dalam waktu dekat WT dan World Taekwondo Asia akan menggelar kejuaraan serupa. “Dengan adanya kejuaraan ini, paling tidak para peserta sudah memiliki pengalaman dan terbiasa dengan pola penilaian dan penggunaan teknologi yang digunakan.” Ujar Yefi.

Berikut adalah hasil kejuaraan :

Kategori Kadet Putra Prestasi :

Emas : BTJ Poomsae Team (Muhanmad Nadin Fathurrahnan.H)
Perak : BTJ Poomsae Team (Bagas Hardi Putra)
Perunggu : Kabupaten Tanggerang (Muammad Iqbal)
Perunggu : PPLP Kab. Katingan (M Habbil Fathi Farhat)

Kategori Kadet Putri Prestasi :

Emas : Acebon Kota Bandung (Jingga Joelanda Sukoco)
Perak : BTJ Poomsae Team (Zahra Ainun Shafira)
Perunggu : BTJ Poomsae Team (Keisha Aurelua Putri Amin)
Perunggu : BTJ Poomsae Team (Indhira Pradnya Wedasweri)

Kategori Junior Putra Prestasi :

Emas : SKO Ragunan Kemenpora (Johansen Vicenzo Angtolis)
Perak : SKO Ragunan Kemenpora (Muhammad Rizal)
Perunggu : BTJ Poomsae Team (Izzat Mohammad)
Perunggu : Sorowako Taekwondo Club/STC (Ahmad Atsqal Asqalani).

Kategori Junior Putri Prestasi :

Emas : BTJ Poomsae Team (Maheswari Enesia Irianto)
Perak : SKO Ragunan Kemenpora (Avisha Nabilla Shaman)
Perunggu : Kabupaten Tanggerang (Zahra Insani)
Perunggu : Kavuoaten Ranggerang (Novia Azzahra)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Olahraga

Hari Kedua Turnamen Porau 2024, Kontingen Koopsud I Raih Kemenangan di Semua Cabang Olahraga.

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Hari kedua berlangsungnya turnamen Pekan Olahraga TNI Angkatan Udara (Porau) tahun 2024, Kontingen Koopsud I meraih kemenangan di semua cabang olahraga yang dipertandingkan. (Selasa, 23-7-2024).

Diantaranya Tim Tenis Lapangan Koopsud I meraih kemenangan 4-1 saat melawan Tim Tenis Lapangan Koopsudnas. Selain pertandingan Tenis Lapangan cabang olahraga lainnya yaitu Tim Sepakbola Koopsud I yang melaksanakan dua kali pertandingan dalam satu hari ini (Selasa, 23/7) yaitu Tim Sepakbola Koopsud I melawan Tim Sepakbola Koopsud II yang dimenangkan Koopsud I dengan skor 2-0. Dan pertandingan kedua sepakbola antara Koopsud I melawan Koharmatau, yang dimenangkan Koopsud I dengan skor 1-0.

Selanjutnya Tim Badminton Koopsud I melawan Tim Badminton Seskoau, yang dimenangkan Tim Badminton Koopsud I dengan skor 4-1. Kemudian Tim Bola Voli Putra dan Putri Koopsud I melawan Tim Bola Voli Putra dan Putri Kodiklatau, yang dimenangkan Tim Bola Voli Putra Koopsud I dengan skor 2-0, dan dimenangkan juga oleh Tim Voli Putri Koopsud I dengan skor 2-1.

Kemenangan di semua cabang olahraga yang dilakoni Koopsud I tidak terlepas dari dukungan suporter gabungan dari jajaran Koopsud I yang bernyanyi dengan kompak serta penuh semangat.

Selain itu sebelum memulai kegiatan ditekankan oleh Aspers Kaskoopsud I Kolonel Pnb Sugeng Sugiharto, S.Sos., selaku Ketua Kontingen Atlet Koopsud I dalam Porau Tahun 2024, “Dengan bermodalkan semangat juang yang pantang menyerah disertai keyakinan, insyaallah Koopsud I dapat meraih juara di Porau Tahun 2024” tegas Ketua Kontingen.

Dalam setiap pertandingan yang dilaksanakan disaksikan secara langsung oleh Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, Kaskoopsud I Marsma TNI Daan Sulfi, S.Sos., M.Si., M.Han., dan Para Pejabat Utama Koopsud I.

Continue Reading

Olahraga

Kasau Buka Pekan Olahraga TNI Angkatan Udara 2024

Published

on

Cilangkap, Hariansentana.com — Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., membuka Pekan Olahraga TNI Angkatan Udara (Porau) 2024, di Auditorium Denma Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/7/2024).

Dalam sambutannya, Kasau mengatakan kegiatan Porau ini merupakan ajang olahraga tahunan tertinggi TNI Angkatan Udara yang sekaligus menjadi tolak ukur keberhasilan pembinaan di satuan, khususnya empat cabang olahraga yang dipertandingkan seperti Sepak Bola, Bola Voli, Tenis Lapangan dan Bulu Tangkis.

Kegiatan ini merupakan momentum untuk mengembangkan semangat sportivitas, sekaligus membentuk prajurit yang tangkas, tangguh dan memiliki integritas tinggi. Meski kemenangan adalah tujuan utama dalam setiap pertandingan, namun sportivitas dari seluruh ofisial dan peserta yang berlaga adalah yang paling utama.

Lebih lanjut, Kasau berharap melalui ajang TNI AU ini dapat ditemukan atlet-atlet baru yang berbakat serta memiliki potensi olahraga, sehingga dapat menjamin regenerasi atlet TNI AU, sekaligus dapat memperkuat tim TNI AU dalam perhelatan Piala Panglima TNI yang akan datang.

Turut hadir Pangkoopsudnas Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., Dankodiklatau Marsdya TNI Dr. Arif Mustofa, M.M., CGRE., Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau dan para pejabat TNI AU lainnya.

Continue Reading

Olahraga

Hari Pertama Turnamen Porau 2024, Tim Sepakbola Koopsud I Raih Kemenangan 7-0 Melawan Tim Sepakbola Seskoau.

Published

on

JAKARTA, HARIANSENTANA.COM — Hari pertama berlangsungnya turnamen Pekan Olahraga TNI Angkatan Udara (Porau) tahun 2024, Tim Sepakbola Koopsud I raih kemenangan 7-0 saat melawan Tim Sepakbola Seskoau. Bertempat di Lapangan Galaxy Makoopsud I. (Senin, 22-7-2024).

Selain pertandingan sepakbola, dilaksanakan juga pertandingan cabang olahraga lainnya yaitu Tim Tenis Lapangan Koopsud I melawan Tim Tenis Lapangan AAU yang dimenangkan oleh Koopsud I dengan skor 4-1. Kemudian Koopsud I melawan Mabesau, yang dimenangkan Tim Tenis Lapangan Mabesau dengan skor 2-3.

Lalu Tim Badminton Koopsud I melawan Tim Badminton Koharmatau, yang dimenangkan Koharmatau dengan skor 2-3.

Kemudian Tim Bola Voli Putra Koopsud I melawan Tim Bola Voli Putra Koharmatau, yang dimenangkan oleh Tim Koharmatau dengan skor 1-2. Dan Tim Bola Voli Putri Koopsud I melawan Tim Bola Voli Putri yang dimenangkan oleh Koopsud I dengan skor 2-0.

Dalam setiap pertandingan yang dilaksanakan disaksikan secara langsung oleh Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, Kaskoopsud I Marsma TNI Daan Sulfi, S.Sos., M.Si., M.Han., dan Para Pejabat Utama Koopsud I beserta para Suporter gabungan dari jajaran Koopsud I yang memeriahkan setiap pertandingan.

Continue Reading
Advertisement

Trending