Connect with us

Nasional

37.000 TAGANA Bantu Tanggulangi Penyebaran Covid-19

Published

on

Jakarta, HarianSentana.com – Di tengah upaya bangsa Indonesia memerangi penyebaran Covid 19, Taruna Siaga Bencana (Tagana) turut serta terjun melaksanakan aksi menanggulangi virus ini di berbagai pelosok daerah.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara berharap, di hari ulang tahunnya yang ke16 pada hari ini Selasa (24/3), Tagana semakin memperkuat tekad untuk membantu pemerintah mencegah penyebaran melalui berbagai kegiatan kemanusiaan.

“Tagana secara proaktif melalui dinas sosial setempat melakukan aksi nyata kampanye pencegahan penyebaran virus corona hingga ke pelosok desa, bakti sosial penyemprotan disinfektan di berbagai fasilitas publik, dan terlibat dalam Gugus Tugas Covid-19 bertanggung jawab dalam pengelolaan Dapur Umum,” ujarnya di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Bagi Mensos, Tagana memiliki makna tersendiri. Sejak memimpin Kementerian Sosial pada Oktober 2019 hingga sekarang, pria yang gemar blusukan ke berbagai pelosok wilayah bencana ini melihat kerja keras Tagana di berbagai daerah sangat nyata dan dirasakan dampaknya oleh masyarakat. “Tagana adalah relawan sejati yang bekerja tanpa pamrih,” kata Mensos.

Mensos mengungkapkan ia selalu memantau aktivitas sosial dan kemanusiaan yang dilakukan Tagana di seluruh Indonesia melalui grup whatsapp “Tanggap Darurat” dan “Tagana Indonesia”. Dari aplikasi pesan tersebut setiap harinya ia menerima laporan secara langsung dan real time dari anggota Tagana di berbagai wilayah di Indonesia.

Tak jarang ia langsung memberikan komentar dan menyemangati relawan yang tengah bertugas. Hubungan Mensos dan Tagana seperti Bapak dengan Anak-anaknya yang akrab dan hangat.

Ia menjelaskan sejak ditemukan adanya penderita Covid-19 di beberapa daerah di Indonesia, Tagana bersama unsur relawan lainnya bergerak cepat dengan melakukan sosialisasi maupun edukasi kepada warga, serta melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah-rumah ibadah, sekolah, pasar, panti sosial, dll.

“Saya memantau langsung pergerakan para relawan Tagana di berbagai daerah dalam pencegahan penyebaran virus yang mematikan ini dan Tagana dengan cepat melakukan upaya antisipasi dengan tetap berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait,” paparnya.

Mensos menyontohkan Tagana Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dans Sehat (PHBS), kemudian Tagana Kotamobagu yang melakukan Patroli Gabungan Pencegahan Penyebaran Covid-19, juga aksi nyata Tagana Provinsi Jawa Timur yang melakukan penyemprotan disinfektan di 38 kabupaten/kota se-Jatim.

“Hari ini Tagana berulang tahun yang ke-16, saya menaruh harapan yang besar atas kiprah Tagana yang berjuang untuk kemanusiaan. Tanpa kalian, Menteri Sosial tidak bisa berbuat apa-apa pada saat bencana, apalagi saat ini kita sedang perang melawan Covid-19,” kata Mensos.

Tagana, bagi Mensos, adalah pasukan yang berada di garda terdepan dalam penanggulangan bencana. Ia berpesan selama bertugas membantu pemerintah dalam mencegah peenyebaran Covid-19 ini untuk senantiasa menjaga kesehatan dan mengutamakan keselamatan.
“Gunakan Alat Pelindung Diri yang memadai ketika di lapangan,” pesan bapak dua anak ini.

Tagana adalah relawan kemanusiaan/tenaga kesejahteraan sosial yang berasal dari unsur masyarakat. Mereka memiliki kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana di bidang perlindungan sosial.

Sementara, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazarudin menjelaskan bahwa Tagana memiliki kemampuan dan keterampilan dalam penyelamatan korban bencana, psikososial, shelter, dapur umum, logistik, advokasi sosial, evakuasi, pendamping sosial, DVI, dan komunikasi. “Saat ini jumlah personil Tagana lebih dari 37 ribu orang dan tersebar di seluruh pelosok Indonesia”, kata Pepen.

Seiring berjalannya waktu, lanjutnya Tagana terus berkembang hingga saat ini telah memiliki Sahabat TAGANA sebanyak 63.140 orang. Mereka berasal dari berbagai profesi di antaranya jurnalis, artis dan pekerja seni, organisasi masyarakat, dan sebagainya.

Kedudukan Tagana berada di bawah Kementerian Sosial dan bertanggung jawab kepada Menteri Sosial melalui Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial dan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam. Kedudukan Tagana di provinsi berada di bawah pembinaan di nas sosial provinsi, kabupaten/kota.(sl)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibukota

Pleno Musrenbang Tingkat Kecamatan di Jakarta Utara Dimulai, RKPD 2025 Dukung Prioritas Pembangunan Kota Global

Published

on

By

Jakarta,Hariansentana.com – Sidang Pleno Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Terintegrasi Musrenbang Kelurahan Tahun 2024 se-Jakarta Utara serentak dimulai pada hari ini, Senin (26/2). Hasil Musrenbang akan menjadi bahan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang mendukung prioritas pembangunan Jakarta sebagai Kota Global Tahun 2025.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengungkapkan Jakarta kedepan setelah tak lagi menjadi Ibukota Negara akan berperan sebagai Kota Global, dengan visi Pembangunan sebagai Pusat Perekonomian Nasional dan Kota Global yang berfungsi sebagai pusat perdagangan, pusat kegiatan layanan jasa dan jasa keuangan, serta kegiatan bisnis nasional dan global.

Oleh karenanya, Pembangunan DKI Jakarta diarahkan pada Penguatan Ketahanan melalui tema ‘Penguatan Ketahanan Kota melalui Pembangunan yang Merata, Inklusif, dan Berkelanjutan’.

“Untuk itu, perencanaan kita pada level kota haruslah mendukung pada prioritas Pembangunan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2025, yaitu peningkatan kualitas lingkungan dan infrastruktur kota, akselerasi pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan Masyarakat, dan tata Kelola pemerintahan yang adaptif,” ungkap Ali Maulana Hakim dalam sambutan Sidang Pleno Pembukaan Musrenbang Kecamatan Terintegrasi Musrenbang Kelurahan Tahun 2024 Kota Administrasi Jakarta Utara Dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2025, di Kantor Kecamatan Kelapa Gading, Senin (26/2).

Dalam pembahasan Musrenbang ini, Ali mengajak seluruh elemen pentahelix (Pemerintah, Pemangku Kepentingan, Akademisi, Warga, dan Media) di Jakarta Utara aktif berpartisipasi memverifikasi 1.893 usulan untuk selanjutnya divalidasi dengan tetap mempertimbangkan rekomendasi dari tim teknis Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD).

“Musrenbang merupakan wadah Bersama untuk saling bersinergi dalam Menyusun rencana Pembangunan di Jakarta Utara yang efektif dan efisien, serta sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat,” ajaknya.

Menanggapi Pleno Musrenbang ini, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Tina Agustina Hermanto berharap usulan masyarakat bisa dipertimbangkan dan ditindaklanjuti sehingga tidak mengulang pembahasan di Tingkat Provinsi DKI Jakarta bersama DPRD Provinsi DKI Jakarta. Usulan yang dikemukakan warga dalam wadah Musrenbang ini juga diharapkan terus berkembang bukan hanya soal fisik tapi juga Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Usulan setiap tahunnya pasti berkembang karena permasalahan di lapangan juga berkembang, bukan hanya fisik tapi ada juga Pembangunan SDM,” tutup Tina Agustina Hermanto.

Diketahui, Sidang Pleno Musrenbang Kecamatan Terintegrasi Musrenbang Kelurahan Tahun 2024 se-Jakarta Utara berlangsung hingga Kamis (7/3) mendatang. Usulan yang telah divalidasi akan kembali dibahas dalam Musrenbang Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara dan Tingkat Provinsi DKI Jakarta.(Sutarno)

Continue Reading

Polhukam

Pushidrosal Gelar Latopssurta Hidros TA 2024.

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menggelar Latihan Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-seanografi (Latopssurta Hidros) TA 2024.

Latihan tersebut dibuka oleh Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) selaku Direktur Latihan (Dirlat) bertempat di Ruang Serba Guna Mako Pushidrosal, Ancol Timur Jakarta Utara, Senin (26/02/2024).

Hadir Dalam kegiatan tersebut Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Rony Saleh, para Pejabat Utama, Kasatker serta peserta latihan.

Dalam amanatnya, Danpushidrosal antara lain menyampaikan bahwa dinamika perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan implementasinya dalam bidang hidrografi telah berkembang dengan sangat pesat dan dinamis yang berdampak pada tuntutan kemampuan personel KRI, Unit Survei dan pengawak Pushidrosal. Selaras dengan hal itu, untuk melatih dan meningkatkan kemampuan, pemahaman dan penguasaan dalam PPKM setingkat Kogasgab, serta mempertahankan dan meningkatkan kesiapan operasional unsur KRI, KAL dan Unit Survei Pushidrosal dalam mendukung Operasi Militer Perang (OMP), maka Pushidrosal menyelenggarakan Latopssurta Hidros.

“Latihan ini merupakan tolok ukur penilaian kompetensi pelaksanaan tugas sesuai dengan peran, kewenangan dan fungsi Satker pelaksana maupun pendukung di jajaran Pushidrosal dalam proses penyelenggaraan surta hidros” kata Danpushidrosal.

Danpushidrosal menambahkan, latihan yang akan dikembangkan dalam Latopssurta hidros TA 2024 ini meliputi proses pengambilan keputusan dalam perencanaan operasi surta hidros dalam rangka Satgasduk Survei dan Pemetaan, akuisisi dan pengolahan data hidrografi, geofisika, oseanografi, meteorology, dan geografi maritim, serta penyajian informasi lingkungan medan tempur dalam format peta militer kertas, Additional Military layer (AML) dan analisa lingkungan medan tempur untuk kepentingan OMP.

Di Akhir amanatnya, orang nomor satu di jajaran Pushidrosal tersebut berpesan kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan waktu latihan dengan baik.

“Berlatihlah dengan bersungguh-sungguh, pahami mekanisme dan laksanakan sesuai prosedur, jaga keselamatan personel dan materiil agar semua dapat berjalan aman, lancar dan Zero accident” Pungkasnya.

Latopssurta Hidros TA 2024 dilaksanakan selama 14 hari dengan jumlah peserta 174 orang. Latihan bertema “Satgas BHARATA-24 melaksanakan Operasi Survei Pemetaan Hidro-Oseanografi di Perairan Kepulauan Seribu dan Teluk Jakarta guna mendukung tugas TNI Angkatan Laut dalam OMP” ini dibagi menjadi dua, yaitu Geladi Posko dan Geladi Lapangan. Geladi Posko bertempat di Mako Pushidrosal, sedangkan Geladi Lapangan mengambil lokasi di perairan Kepulauan Seribu dan Teluk Jakarta dengan melibatkan KRI Dewa Kembar-932, Unit Survei, KAL Vega, serta KAL Kobra dari Lantamal III Jakarta.(Red)

Continue Reading

Polhukam

Munas MPI : Gubernur AAU Terpilih Sebagai Ketua Umum Masa Bakti 2024 — 2028

Published

on

Yogyakarta, Hariansentana.com — Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsekal Muda TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., MDS., terpilih sebagai Ketua Umum Modern Pentathlon Indonesia (MPI) masa bakti 2024-2028 pada kegiatan Kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Royal Ambarukmo, Sabtu (24/2/2024).

Terpilihnya Gubernur AAU sebagai Ketua Umum MPI hasil dari pemilihan seluruh pengurus provinsi (Pengprov) MPI yang hadir di acara Munas MPI.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur AAU menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan untuk mempimpin organisasi Modern Pentathlon Indonesia.

“Ini merupakan amanah untuk menjalankan roda organisasi dan saya mohon bantuan dan dukungannya agar MPI dapat meraih prestasi lebih baik lagi baik di tingkat nasional maupun internasional”, tegas Marsma TNI Purwoko Aji.

Kegiatan Munas MPI dihadiri langsung oleh Staf Ahli Bidang Inovasi Kemenpora RI Bapak Dr. Drs. Yohan, M.Si., Wakil Ketua Umum II KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Eko Budi Supriyanto, Komite Eksekutif KOI Bapak Zainal Arifin, Pejabat Ketua Umum PP. MPI 2024 Bapak Hifni Hasan, S.H., Ketua Organizing Komitte Bapak Antoni Maruli Purba, Wakil Ketua Umum MPI Bapak Brigjen TNI (Purn) Siswanto, Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Hendro Arief H, S.Sos., M.Han., dan perwakilan Pengprov MPI. (penaau-2024)

Continue Reading
Advertisement

Trending