Connect with us

Polhukam

Kapushidrosal Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan TNI AL

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Agung Prasetiawan, M.A.P., menghadiri apel gelar pasukan kesiapsiagaan TNI Angkatan Laut T.A 2020 yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. di Lapangan Dermaga Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) II, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Senin (23/11).

Pada rangkaian kegiatan, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) III Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M selaku Komandan Apel melaporkan jumlah personel dan alutsista yang digelar saat Apel kepada Kasal. Selanjutnya Kasal melaksanakan pemeriksaan pasukan dilanjutkan pengucapan sapta marga dan dilanjutkan pembacaan amanat.

Dalam amanatnya Kasal mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini memiliki makna sangat penting bagi TNI Angkatan Laut sebagai bentuk paling sederhana untuk mengukur kesiapsiagaan satuan TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai bagian integral dari TNI yang merupakan komponen utama pertahanan negara.

Sebagai prajurit yang memiliki naluri yang tajam, harus mampu mencermati situasi perkembangan lingkungan strategis yang tengah terjadi saat ini, baik yang terjadi di luar negeri maupun di dalam negeri. Dengan demikian akan mampu memperhitungkan apa yang tengah dan apa terjadi serta dampak apa yang akan dihadapi. Dampak pandemic Covid-19 yang masih terus berlangsung yang diikuti dengan maraknya pemberitaan hoax berupa disinformasi dan miss integrasi yang dapat merusak kepercayaan masyarakat kepada pemerintah maupun munculnya kelompok-kelompok yang memprovokasi serta dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa masih juga harus diperhitungkan.

Sebelum mengakhiri amanatnya Kasal juga menginstruksikan sepada seluruh jajaran TNI Angkatan Laut agar bertanggung jawab penuh atas jajaran masing-masing untuk mampu melaksanakan tugas, mempersiapkan diri baik materiil maupun personel untuk, bersama-sama dalam komponen pertahanan negara lainnya, melaksanakan tugas pertahanan negara maupun memberikan perbantuan kepada Polri dalam intensif pemerintah bila dibutuhkan, melaksanakan semua tindakan didasari perintah yang berpedoman dan aturan yang berlaku.

Pahami aturan perlibatan sehingga tidak akan ragu dan tetap tegas dalam bertindak namun tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia serta berlaku humanis namun tetap tegas terhadap siapapun yang mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

Agar setiap prajurit juga mematuhi protokol kesehatan, yang berlaku dan terus mendukung pemerintah dalam upaya penegakan disiplin protokol Covid-19 yang tetap harus dijalankan serta mampu menjadi contoh teladan bagi masyarakat luas.

Sejumlah Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) jenis Multi Role Light Frigate (MRLF), Parchim, Landing Platform Dock (LPD) serta kendaraan-kendaraan tempur Marinir disiagakan.

Sedangkan ratusan prajurit TNI AL yang disiagakan berasal dari Satuan-Satuan TNI AL seperti Koarmada I, Komando Lintas Laut Militer (kolinlamil), Korps Marinir (Kormar), Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), Pusat Hidrografi Oseanografi TNI AL (Pushidrosal), Pusat Polisi MIliter Angkatan Laut (Puspomal), Lantamal III Jakarta serta pasukan khusus dari Detasemen Jala Mangkara (Denjaka), Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Penerbang.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Polhukam

Panglima TNI Terjun Langsung Tinjau Banjir Kalsel dan Serahkan Bantuan Presiden Jokowi serta 34 Perahu Karet

Published

on

Kalsel, Hariansentana.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., meninjau langsung lokasi bencana banjir di Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan, Sabtu (16/01/21).

Sebelumnya Panglima TNI telah telah menginstruksikan jajaran TNI untuk terjun di lokasi tersebut. Tak hanya mengirimkan Prajurit namun Panglima TNI juga mengirimkan bantuan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista).

Kegiatan diawali dengan Paparan yang disampaikan Komandan Korem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah terkait situasi dan kondisi umum di wilayah Kalimantan Selatan terkait musibah Banjir kali ini.

“Pastikan setiap permasalahan yang ada segera dilaporkan dan dicari solusinya. Tujuannya untuk melayani masyarakat yang terkena musibah. Koordinasi dengan pihak terkait dan harus terus di evaluasi,” Tegas Panglima TNI menyambut Paparan dari Danrem 101/Antasari.

“Saat ini TNI telah mendirikan Posko Bencana dan dapur lapangan, Menampung dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat. Mendatangkan alat berat untuk membuka akses jalan yang terputus dan mendatangkan air bersih dari wilayah yang tidak terdampak,” Terang Panglima TNI.

Panglima TNI juga menyampaikan bahwa TNI akan terus melanjutkan evakuasi warga dan pencarian terhadap korban hilang bersama Basarnas, Polri, BPBD dan relawan serta Melaksanakan koordinasi secara intens dengan instansi terkait dalam penanganan bencana banjir di Tanah Laut.”Jika diperlukan helikopter sampaikan, akan kita siapkan.” Ungkap Panglima TNI.

Prajurit yang diterjunkan sejumlah 1.053 Prajurit gabungan yang terdiri dari Prajurit Kodam VI/Mulawarman, Yon Ang Air TNI AD, Korps Marinir TNI AL, Korps Paskhas TNI AU dan Prajurit TNI AU, hal ini merupakan bentuk kepedulian TNI dalam misi kemanusiaan dan juga merupakan bagian dari tugas pokok TNI sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia Pasal 7 Ayat 2, diantaranya melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Adapun bantuan yang diserahkan Panglima TNI, berupa 34 Perahu Karet berikut dengan motor tempel dan selimut serta 10.000 paket sembako dari Presiden Republik Indonesia yang diangkut menggunakan Pesawat Heculles A-1327.

Continue Reading

Polhukam

Sidang Perdana Perkara Pidana Perusakan Polsek Ciracas

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – Kasus perusakan Polsek Ciracas beberapa waktu lalu, mulai disidangkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, bertempat di Pengadilan Militer II-08 Jakarta Timur, Kamis (14/1/2021) dengan terdakwa Prada Muharman Ilham.

Sidang perdana dipimpin Majelis Hakim Ketua Kolonel Chk (K) Prastiti Siswayani S.H. didampingi Mayor Sus Fachrudin S.H., dan Mayor Chk (K) Feri Budi Setyanti S.H. Sedangkan pembacaan dakwaan oleh Kepala Oditur Militer II-07 Jakarta Kolonel Sus Feriyanto Situmorang, S.H., M.H., didampingi Letkol Chk Salmon Balubun, S.H. dan Mayor Chk (K) Siska, S.H. serta disaksikan Penasehat Hukum Terdakwa Letkol Chk Heru Purnomo didampingi Kapten Chk H.P Daulay dan Kapten Chk Rinto Pardosi

 

Autentikasi:

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel La

Continue Reading

Polhukam

Kasau : Di Era Disruptif, Pendidikan Adalah Fondasi Esensial

Published

on

Bandung, Hariansentana.con – “Di era disruptif seperti sekarang ini, pendidikan adalah fondasi esensial yang akan menentukan baik buruk kualitas SDM Angkatan Udara, di mana setiap lembaga pendidikan di Angkatan Udara harus dapat menyesuaikan diri dengan paradigma pendidikan dan laju perkembangan zaman,” ujar Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., dalam sambutannya yang dibacakan Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., saat membuka pendidikan Seskoau Angkatan ke-58 dan Sesau Angkatan ke-15 TP 2021 di Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang, Kamis (14/01/2021).

Selain lembaga pendidikan, lanjutnya, tentunya peserta didik juga dituntut untuk mampu berpikir kritis dan memiliki mindset belajar tanpa henti. “Tugas mulia tersebut juga diemban oleh Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) yang terhormat ini,” ujar Kasau yang selangkah lebih maju dengan diresmikannya Politeknik Angkatan Udara sekaligus program studi (Prodi) Magister Terapan Strategi Operasi Udara di Seskoau pada September 2020 lalu.

Kasau optimis Seskoau dapat berinovasi untuk mewujudkan prodi unggulan dan terdepan bidang strategi operasi udara yang memiliki standar global dan kelak akan menjadi center of excellence on air and space science sesuai harapan bersama.

Seskoau Angkatan ke-58 merupakan angkatan pertama yang melaksanakan program pascasarjana ini, sehingga harapan Kasau keberhasilan Perwira Siswa (Pasis) mengikuti program ini akan menjadi parameter keberhasilan prodi Magister Terapan Strategi Operasi Udara dan ini menjadi tantangan, ujian, serta tanggung jawab besar bagi sivitas akademika Seskoau mewujudkan kurikulum pendidikan berbasis kompetensi lulusan sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Mewujudkan hasil didik yang unggul, Kasau meminta lembaga Seskoau untuk benar-benar memperhatikan proses pendidikan yang berorientasi pada kualitas. “Saat ini kita sedang menghadapi dunia penuh dinamika dan ketidakpastian,” jelasnya yang menuntut prajurit TNI Angkatan Udara untuk mengembangkan pikiran dan kemampuan untuk menganalisa situasi secara kritis guna memberikan competitive advantage bagi organisasi.

Melaksanakan pendidikan di Seskoau ini, tambahnya, menjadikan kesempatan bagi Pasis untuk mendapatkan waktu yang cukup untuk membaca, meningkatkan literasi, dan kemampuan academic writing, tentunya dengan diberikan pembelajaran yang mendorong tumbuhnya kemampuan untuk berpikir kritis. “Dengan demikian, Pasis akan dapat menganalisa permasalahan secara tajam serta mampu mengambil keputusan yang tepat dengan penuh kebijaksanaan,” ujarnya.

Tidak lupa, Kasau mengingatkan untuk tetap waspada dan berhati-hati dengan menerapkan protokol kesehatan karena wabah Covid-19 belum usai serta mengajak para Pasis untuk melaksanakan pendidikan dengan penuh tanggung jawab, kesungguhan, serta senantiasa memperhatikan keamanan dan keselamatan.

Kedua pendidikan ini diikuti 177 Pasis berpangkat Mayor dan Letkol, antara lain Seskoau Angkatan ke-58 diikuti sebanyak 128 Pasis yang terdiri dari 113 TNI AU, 2 TNI AD, 2 TNI AL, 6 Polri dan 5 Negara Sahabat yaitu Korea Selatan, Thailand, Pakistan, Singapura dan Malaysia. Sedangkan Sesau Angkatan ke-15 diikuti 49 Pasis TNI Angkatan Udara. Pelaksanaan upacara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dibatasi jumlah peserta upacara, dan dihadiri secara daring oleh Dansesko TNI, Danseskoad, Danseskoal, Kasespimmen Lemdiklat Polri, para pejabat di lingkungan Mabesau, para pejabat perwakilan Kementerian dan Lembaga, para Rektor dan Dekan perguruan tinggi, serta para Atase Pertahanan negara sahabat.

Continue Reading
Advertisement

Trending

Copyright © 2019 HarianSentana.com. Theme by PT. Ciptamedia Kreasi.