Connect with us

Pilkada

Bawaslu: Ada 24 Daerah yang Rawan Konflik di Pilkada 2020

Published

on

Jakarta, HarianSentana.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyebutkan bahwa 24 dari 270 daerah dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 rawan terjadi konflik dan persoalan menyangkut penyelenggaraan pemilu.

Menurut Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin hal ini terungkap dari hasil penelitian berupa Indeks Kerawanan Pemilu (IKP). Ia mengatakan, definisi indeks kerawanan dalam laporan tersebut merujuk pada semua hal yang dapat mengganggu dan menghambat pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020.

“Itu kami pakai untuk mengetahui dan mengidentifikasi, sebagai alat pemetaan dan deteksi dini. Jadi ini bagian dari upaya kami untuk mencegah kerawanan pilkada. Ada empat dimensi yang kami ukur dalam IKP Pilkada 2020 ini,” kata Afifuddin di Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Lebih jauh ia mengungkapkan, empat ukuran yang digunakan Bawaslu dalam memprediksi potensi kerawanan Pilkada Serentak 2020 adalah dimensi sosial dan politik, konteks pemilu yang bebas dan adil, kontestasi, serta partisipasi pemilih.

IKP untuk Pilkada Serentak 2020 tersebut secara garis besar disusun berdasarkan praktik-praktik pelanggaran pemilu sebelumnya, baik Pilkada Serentak 2018 maupun Pemilu 2019, kata Afifuddin.

“Jadi kami antisipasi agar kalau satu daerah kerawanannya adalah isu SARA, misalnya, maka kami tekankan antisipasinya dengan menggandeng tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh adat, dan seterusnya,” ujar Afif.

Dalam studi tersebut, Bawaslu mengkategorikan level kerawanan 270 daerah peserta Pilkada Serentak 2020 menjadi tiga kategori, yaitu rendah, sedang dan tinggi. Dari empat ukuran penelitian, Bawaslu menemukan angka rata-rata prediksi kerawanan sebesar 51,65.

Sembilan provinsi dari 270 daerah tersebut masuk dalam kategori tinggi atau rawan konflik; yakni Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau dan Kalimantan Utara.

Sementara dari 261 kabupaten dan kota yang akan digelar Pilkada 2020, Bawaslu menemukan hanya delapan daerah yang masuk dalam kategori rendah dari kerawanan atau dengan nilai di bawah 43,07; yaitu Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Pulau Taliabu, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Sumbawa Barat, Kota Bontang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Kabupaten Barru.

Selain itu, 205 kabupaten dan kota lain masuk dalam kategori sedang atau dengan nilai 43,07-56,94. Sedangkan 48 kabupaten dan kota lainnya berada dalam kategori tinggi atau rawan terhadap konflik. Dari 48 kabupaten dan kota rawan konflik Pilkada 2020 tersebut, 15 di antaranya tercatat berpotensi sangat tinggi konflik, dengan skor di atas 63,88.

Ke-15 kabupaten-kota itu adalah Kabupaten Manokwari
Kabupaten Mamuju, Kota Makassar, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Kabupaten Mamuju Tengah, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Pasangkayu, Kota Tomohon, Kota Ternate, Kabupaten Serang, Kabupaten Kendal dsn Kabupaten Sambas.(stn)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pilkada

Irjenpol (Purn) Drs. Syafrizal Ahiar S.H., M.M.,Caleg DPR RI Dapil Jakarta I bersama Lestari Manurung S.H., Caleg DPRD dapil IV Jakarta Timur Mendulang Simpatisan Warga

Published

on

Photo Irjenpol (Purn)Drs. Syafrizal Ahiar S.H., M.M., Caleg DPR RI dapil Jakarta I, bersama Lestari Menurung S.H., Caleg DPRD dapil IV dalam Silaturahmi

Jakarta, Hariansentana.com  –– Calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI dapil Jakarta I Irjenpol (Purn) Drs Syafrizal Ahiar S.H., M.M., bersama Lestari Manurung S.H., Calon Anggoda DPRD dapil IV Jakarta Timur dari partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) memanfaatkan momen kampanye menjelang pesta demokrasi 2024 yang akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang dengan bersilaturahmi bersama warga Pulo Mas, Kayu Putih Jakarta Timur.

Hal ini dilakukan guna mendulang suara serta simpati warga masyarakat di daerah yang menjadi daerah pemilihan (Dapil) kedua calon Legislatif tersebut.

Kegiatan yang disaksikan oleh pejabat Bawaslu tersebut dilaksanakan secara sederhana dan hikmat. Syafrizal dan Lestari turun menyapa warga masyarakat yang begitu antusias hadir guna mendukung caleg DPR RI maupun DPRD yang ada di wilayahnya tersebut.

Irjenpol (Purn) Drs Syafrizal Ahiar S.H.,M.M yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Hanura dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para warga.
“Saya hanya menyampaikan bahwa pertemuan pada malam hari ini adalah pertemuan yang sangat terhormat buat saya, dan saya sangat bahagia. Saya benar-benar berbahagia mendapatkan nikmat yang luar biasa,” ucap Syafrizal. Senin (11/12/2023).

Ketika ditanya warga mengenai visi dan misinya Syahrizal menjelaskan bahwa dirinya mempunyai visi dan misi menjadi seorang anggota DPR dan DPRD yang bermartabat dan amanah. Misinya akan menjadi anggota DPR dan DPRD yang menjadi pesuruh dan penyambung lidah masyatakat yang memilihnya.

“Saya akan menjadi pesuruh dan penyambung lidah dari bapak ibu sekalian,” pungkasnya.

Continue Reading

Pilkada

Mengenal Lebih Dekat Bakal Calon Legislatif DPR RI Dapil DKI Jakarta I, Jakarta Timur Irjenpol. (Purn) Drs. Syafrizal Ahiar SH. M.M., dari Partai Hanura

Published

on

Irjenpol. (Purn) Drs. Syafrizal Ahiar SH.M.M.,(photo doc)

Jakarta, Hariansentana.com –– Provinsi DKI Jakarta terbagi dalam tiga daerah pemilihan (dapil) pada Pemilu 2024 mendatang. Dapil DKI Jakarta 1 (Jakarta Timur) akan memperebutkan enam kursi DPR RI yang akan mewakili aspirasi masyarakat Jakarta Timur, salah satunya adalah Calon Legislatif DPR RI Dapil DKI Jakarta I, Jakarta Timur Irjenpol. (Purn) Drs. Syafrizal Ahiar SH. M.M., dari Partai Hanura.

Irjenpol. (Purn) Drs. Syafrizal Ahiar SH.M.M.,.yang akrab dipanggil Bang Syafrizal, putra minang, merupakan tokoh masyarakat yang dapat diandalkan sebagai penyambung lidah aspirasi masyarakat khususnya dapil Jakarta I jakarta timur.

Saat ini Syafrizal tinggal diseputaran Pulo Mas Rawa Mangun jakarta timur. Segudang pengalaman pernah diembannya, mulai dari Kalimantan Barat, Nangro Aceh Darussalam, Nabire Papua, Jambi dan Magelang. Dirinya sudah terbiasa ditugaskan sebagai pelayan masyarakat yang dikenal sangat ramah dan selalu menerima apa yang dikeluhkan oleh masyarakat.

Selain itu berbagai kegiatan sosial dan keagamaanpun ditekuninya. Sosok jenderal berbintang dua ini kerap dimintai sebagai penceramah di Masjid – masjid, bahkan beliau juga pernah menjadi imam yang dimakmumi oleh Presiden RI yang pada saat itu dijabat oleh Bapak Susilo Bambang Yudoyono.

Sosok yang sangat kental dengan agama ini sangat yakin bahwa
“Orang baik dimata Alloh adalah orang yang bermanfaat” maka Ia menyadari bahwa dirinya harus berkiprah mengikuti panggilan hati nuraninya.

“Kalau saya masih dibutuhkan kenapa saya tidak mencoba”, ungkapnya kepada media saat ditemui di Jakarta Jumat sore (9/12/2023).

Calon Legislatif DPR RI 2024 – 2029 Irjenpol Purn Drs Syafrizal Ahiar terkenal sangat merakyat serta mau berkenalan dengan siapapun dan siap untuk menerima inspirasi serta kritikan dari warga yang ada di DKI jakarta khususnya.

“Jadikan saya sebagai pesuruh kalian untuk menyampaikan aspirasi, saya akan melakukan yang terbaik,” ujarnya

Syafrizal mengajak bersama rekan – rekan partai untuk bersama sama bergandengan tangan. Sama – sama bersanding, tapi bukan bertanding,” pungkasnya.

Continue Reading

Pilkada

Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu 2024, Polres Bogor dan Forkopimda Gelar Deklarasi Damai

Published

on

By

Bogor, Hariansentana.com – Pihak Kepolisian Polres Bogor bersama Forkopimda Kabupaten Bogor gelar deklarasi damai jelang pemilu 2024 di Aula Sanika Satyawada Polres Bogor. Pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Dalam kegiatan deklarasi damai pemilu 2024 tersebut secara langsung di hadiri seluruh pimpinan Forkopimda, mulai PLT Bupati Bogor H. Iwan Setiawan, Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro S.H..S.I.K., Sekda Kab.Bogor, Drs. H. Burhanudin, Msi., Dandim 0621/Kab. Bogor Letkol. Kav Gan Gan Rusgandara, S.Hub.Int., Kajari Kab. Bogor, Sri Kuncoro, S.H., M.H.’ Wakil Ketua PN Cibinong Kelas I A, Hasanudin, S.H., M.H., Kakesbangpol Kab. Bogor, Sdr. H. Bambang Widodo Tawekal, M.Si., Kasat Pol PP, Sdr. Cecep Imam Nagarasid, S. E., M.Si., Kadishub Kab. Bogor, H. Agus Ridallah, SH., MH., M. Pd., Ketua KPU Kab. Bogor, Ummi Wahyuni, S.Pt, M.M., Kepala Sekertariat Bawaslu Kab. Bogor, R. Monang Silalahi., Kepala Sub Garnisun 0606/Bogor, Mayor Inf Irwan Suwarna, serta Para Ketua Partai ataupun Perwakilan partai lainnya sekabupaten Bogor.

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro mengatakan, Kegiatan ini merupakan bentuk langkah preventif dan preventif pihak aparatur negara, yang didukung dengan pemerintahan daerah dalam menjaga kondusifitas wilayah kabupaten Bogor, mengingat Kabupaten Bogor ini sendiri memiliki jumlah penduduk yang cukup padat, bahkan salah satu yang terpadat di indonesia.

Dalam langkah awal guna menjaga Kondusifitas menjelang Pemilu 2024 ini, Kami juga memohon dukungan kepada seluruh elemen dan masyarakat kabupaten bogor semua untuk bersama-sama kita menjaga kedamaian ketentraman, dan Keamanan Kabupaten Bogor, salah satunya dengan cara stop pemberitaan Hoax dan jangan mudah terprovokasi dalam hal pemberitaan apapun yang kiranya dapat mengganggu keamanan dan ketertiban Wilayah Kabupaten Bogor ini.

Kita jaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia ini jangan sampai terpecah belah oleh tindakan-tidakan oknum yang tidak bertanggung jawab demi kepentingan ataupun tujuan pribadi, ungkap Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro…( Tabrani / Subur / Dedi F )

Continue Reading
Advertisement

Trending