Connect with us

Bodetabek

Penyaluran BPNT Diduga Langgar Permensos dan Abaikan Protokol Kesehatan

Published

on

Bogor,HarianSentana.com – Belum selesai polemilk Elemen Masyarakat Ciampea yang baru-baru ini diberitakan akan menolak penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) karena dianggap tidak sesuai dengan pedoman umum program sembako tahun 2020 dan sarat Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN).

Kini perluasan penyaluran BPNT di Kabupaten Bogor lagi-lagi masih ditemukan pelanggaran pada E-Warung sehingga menimbulkan kekisruhan saat proses penyaluran bantuan seperti yang berlangsung di RT 001/003 Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Minggu (14/6/2020) lalu.

E-Warung atau agen tunggal yang ditunjuk menjadi penyalur bantuan diduga melanggar Peraturan Menteri Sosial Republik indonesia (Permensos RI) Nomor 20 Tahun 2019 Tentang Penyaluran BPNT dan terkesan mengabaikan protokol kesehatan. Pasalnya, proses pembagian Penerima Keluarga Manfaat (PKM) terlihat sangat membludak sehingga diprotes warga setempat, yang akhirnya dibubarkan Babinsa Kelurahan Pabuaran dan memindahkan lokasi penyaluran ke Gor Kelurahan Pabuaran.

Lurah Pabuaran Suradi saat dikonfirmasi awak media menjelaskan, bahwa E-Warung yang ada menjadi satu-satunya penyalur bantuan untuk masyarakat yang menjadi PKM di Kelurahan Pabuaran. “Terjadi kisruh penyaluran BPNT di RT 001/003 Kelurahan Pabuaran pada minggu malam itu akibat kesalahan dari vendor tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu dengan mengirim barang sekaligus per dua bulan, ditambah dengan kondisi E-Warung yang tidak memadai untuk menampung jumlah PKM sehingga membludak dan sempat diprotes warga setempat,” jelasnya.

Suradi berjanji akan memanggil pemilik E-Warung dan Vendor. “Saya akan segera berkomunikasi dengan pemilik E-Warung, Vendor dan berkoordinasi dengan tim TKSK untuk menjadi bahan evaluasi ke depan,” janjinya.

Menyoroti hal ini, Ketua Umum Lembaga Perlindungan Konsumen Masyarakat (LPKSM) Bhayangkara Utama, Haidy mengatakan, bahwa kejadian ini harus menjadi bahan evaluasi oleh pemangku kebijakan baik pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah.

“Seyogyanya mekanisme penunjukan toko atau warung untuk menjadi E-Warung harus melewati verifikasi dari Bank Penyalur dan Tim Koordinasi Bansos Pangan Kabupaten Bogor, diantaranya agar memastikan kecukupan jumlah dan sebaran E-Warung untuk menghindari antrian dan permainan harga bahan pangan diatas harga wajar. Nah ini yang terjadi malah kebalikannya, terjadi antrian panjang. Kan itu sama saja mengabaikan protokol kesehatan yang sampai saat ini masih diterapkan oleh pemerintah PSBB Proporsional dalam proses transisi new normal,” paparnya.

Haidi menjelaskan, dalam aturannya sudah jelas bahwa E-Warung yang ditunjuk harus memiliki komitmen dalam menyediakan layanan bagi KPM lanjut usia dan KPM penyandang disabilitas. “Bangku buat duduk saja tidak disediakan bagi KPM lanjut usia, apalagi KPM penyandang disabilitas,” tukasnya.

Setiap E-Warung, lanjut Haidy, seharusnya mencetak dan memasang penanda E-Warung minimal berukuran 50cm × 50cm. “Tapi ini tidak ada, kenapa bisa Bank penyalur bersama pemerintah Kabupaten meloloskan identifikasi E-Warung tersebut, ada apa ini Bapak Kadinsos Kabupaten Bogor?” Tanya dia.

“Semestinya agen penyalur yang ditunjuk itu membuat banner untuk menandakan bahwa tokonya adalah E-Warung. Kalau seperti ini kira-kira sudah beberapa banyak yang di langgar, ya kalau tidak memenuhi ketentuan yang berlaku, ya dicabut aja izin penyaluran BPNT pada E-Warung tersebut dari pada menjadi polemik terus setiap penyaluran bantuan, kan kasihan masyarakat yang menjadi penerima bantuan,” tutupnya.

Di tempat terpisah salah satu Humas Kemensos RI, Ida ketika dikonfirmasi wartawan melalui pesan WhatsApp nya, Selasa (16/06/20) menyampaikan, akan meneruskan ke Direktorat Fakir Miskin. “Jika masyarakat ada yang menemukan masalah seperti salah sasaran, penyelewengan, pungli, dan sebagainya agar menghubungi Layanan Pengaduan Bansos Kemensos melalui e-mail bansoscovid19@kemensos,” katanya.
Penulis: Dedy Firdaus/Roni

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bodetabek

Pimpin Apel Perdana Pasca Lebaran, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang Berikan Penghargaan dan Gelar Halal Bi Halal

Published

on

HALAL BI HALAL- Pimpin Apel, Tampak H. Nurus Sholihin, A.Ptnh, MM, Kapala Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang bersalaman dalam acara Halal Bi Halal usai Pimpin Apel. (Foto Ist).

Karawang, Hariansentana.com – H. Nurus Sholichin, A.Ptnh, MM, selaku Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang, bertindak sebagai Pembina memimpin Apel perdana pasca libur lebaran, Selasa (16 April 2024).

Dalam amanatnya, Nurus menyampaikan bahwa, Kantor Pertanahan wajib melaksanakan Work From Office 100% sesuai arahan dari Sekjen Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

“Juga mengingatkan
bahwa, Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang termasuk ke dalam Kantor Prioritas yang harus meraih Zona Integritas, Kabupaten Lengkap dan Kabupaten Elektronik,” tandasnya melalui keterangan, Selasa (16/4).

Pada kesempatan ini juga, H. Nurus Sholichin, A.Ptnh, MM memberikan penghargaan dengan kategori Pengumpul Data Yuridis dan Pengumpul Data Fisik Pemberkasan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kabupaten Karawang tertinggi selama libur lebaran.

“Untuk meningkatkan kinerja dalam pelayanan dilakukan penyerahan mobil operasional Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap guna mendukung pelaksanaan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap untuk
masing-masing Tim siang nanti,” pungkasnya.

Selesai apel dilanjutkan dengan acara halal bi halal. (Red).

Continue Reading

Bodetabek

Indocement Menyelenggarakan Kegiatan Momen Ramadhan 1445 Hijriah

Published

on

By

Bogor, Hariansentana.com — PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (Indocement), salah satu produsen semen terkemuka di Indonesia,mendistribusikan bantuan beras zakat seberat 27 ton, dan 635 paket sembako .

Bantuan tersebut,disalurkan pada sejumlah desa, yang berada dikawasan tersebut, seperti desa Hambalang, Tajur, Tarikolot, Pasir Mukti, Lulur, Leuwikaret dan Nambo.
Demikian diungkap Sekretaris Perusahaan Indocement, Dani Handajani kepada wartawan,Rabu (2/4).

Kegiatan sosial dan keagamaan pada bulan Ramadan 1445 H, dilakukan di tiga kompleks pabrik Indocement dan melibatkan masyarakat desa mitra yang berada di sekitar daerah operasional Indocement .

Selain di kawasan pabrik Citereup ,lanjut Dani, kegiatan juga dilakukan di Kompleks Pabrik Cirebon, Indocement dengan menyalurkan sebanyak 10.110 paket sedekah Ramadan kepada masyarakat desa mitra serta mengadakan buka puasa bersama dan tawarih keliling di empat puluh lokasi masjid dan musala di desa mitra.

Tak hanya itu, serikat pekerja unit Palimanan Cirebon juga turut berperan dengan memberikan santunan kepada 400 anak yatim dari desa mitra serta anak yatim piatu dari beberapa yayasan di Cirebon.

Di Kompleks Pabrik Tarjun, karyawan Indocement juga tidak ketinggalan memberikan donasi kepada anak yatim piatu dari Desa Tarjun dan Desa Langadai.

Selain itu, mereka juga mengadakan kegiatan media gathering bersama jurnalis Kabupaten Kotabaru serta menyerahkan bantuan kepada anak yatim piatu di Panti Asuhan Al-Istiqomah, Kotabaru, ujar Dani.

Dani Handajani, mengungkapkan bahwa semua kegiatan ini merupakan wujud komitmen Indocement untuk memberikan kontribusi positif pada bulan suci Ramadan.

“Kami berharap masyarakat desa mitra Indocement dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh masyarakat Indonesia, semoga ibadah puasa dan mudik lebaran berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar,” papar nya.

Sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, Indocement terus berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Dengan berbagai program CSR dan kegiatan sosial lainnya, Indocement berupaya menjadi mitra yang berkelanjutan bagi pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia…..( Tabrani/ Dedy F )

Continue Reading

Bodetabek

Selama Libur Panjang Tirta Kahuripan Tetap Layani 225.134 Pelanggan

Published

on

By

Bogor, Hariansentana.com — Direksi Air Minum Tirta Kahuripan beserja jajaran manajemen melaksanakan rapat koordinasi untuk memastikan pelayanan selama libur Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Didalam rapat tersebut membahas berbagai strategi teknis maupun non teknis demi mengamankan kelancaran pasokan air bersih kepada pelanggan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan.

Direktur Umum Abdul Somad, menyampaikan untuk pelayanan loket pembayaran diseluruh kantor cabang akan menyesuaikan tanggal pada hari libur nasional dan cuti bersama yaitu tutup mulai hari Senin, tanggal 8 April dan buka kembali hari Selasa tanggal 16 April 2024, namun bagi pelanggan yang akan melakukan pembayaran tagihan rekening air diarahkan melalui fasilitas channel bank dan PPOB.

“Untuk pelanggan yang ingin membayar tagihan air selama libur panjang tidak usah khawatir, karena Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah menyediakan berbagai channel bank dan PPOB seperti Bank Mandiri, Bank BJB, Bank BNI, Bank BTN, Bank BSI, PT. POS, Indomaret, Alfamart dan Alfamidi. Sedangkan bagi pelanggan yang akan membayar tagihan penyambungan kembali selama libur nasional dan cuti bersama dapat membayar melalui transfer ke Bank Mandiri Cabang Cibinong atas nama Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor ke nomor rekening 157000007060681 dengan mengirimkan bukti transfer, no sambungan langganan, nama dan alamat ke nomor whatsapp admin masing-masing cabang.” papar nya.

Sedangkan untuk mengantisipasi gangguan pengaliran ratusan personel baik teknik maupun non teknik disiagakan 24 jam secara bergantian dengan didukung peralatan penunjang seperti stok pompa, bahan kimia, genset serta perpipaan sebagai antisipasi apabila ada gangguan kerusakan atau kebocoran pipa. Selain itu, 13 armada mobil tangki berkapasitas 4000 liter disiagakan diseluruh wilayah pelayanan untuk menjamin ketersediaan air bersih pelanggan.

Apabila terjadi gangguan atau menemukan kebocoran pipa, pelanggan dapat menghubungi cabang terdekat yaitu cabang Leuwiliang (08111173605), cabang Ciomas (081119155072), cabang Kemang (08111173606), cabang Parung Panjang (08111173609), cabang Cileungsi (08118862427), cabang Ciawi (08111173610), cabang Cibinong (081112111726), cabang Jonggol (081330513525) dan cabang Babakan Madang (082125986268).

“Kepada pelanggan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan yang melakukan mudik dan kondisi pagar rumahnya terkunci dihimbau untuk menggunakan papan pencatat meter air yang ditempatkan di lokasi yang mudah dilihat oleh petugas pembaca meter dan jangan lupa untuk mematikan air dari stop kran dekat meter air agar tidak terjadi kebocoran di instalasi pipa di dalam rumah yang menyebabkan lonjakan tagihan air. Selain itu dihimbau untuk menggunakan toren dan bak penampungan air sebagai langkah antisipasi apabila terjadi gangguan sambil menunggu perbaikan selesai dan pengaliran normal kembali.” tambah Abdul Somad.

Ramadhan kali ini Perumda Air Minum Tirta Kahuripan menyalurkan 1330 paket Bantuan Hari Raya berupa bahan pokok untuk masyarakat yang membutuhkan di sekitar cabang pelayanan maupun Instalasi Pengolahan Air. Dalam kesempatan ini juga, Direksi beserta seluruh pegawai Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor mengucapkan Taqabbalallahu minna wa minkum, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin….( Tabrani / Dedy F )

Continue Reading
Advertisement

Trending