Connect with us

Bodetabek

Momen Jaga Silaturahmi, DKM Masjid Al-Muhajirin Santuni Anak Yatim dan Dhuafa

Published

on

Jakarta, HarianSentana.com – Bidang PHBI Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Muhajirin, Blok F Vila Mutiara Gading 2, Karang Satria, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Sabtu (26/2/2022) menyantuni 50 anak yatim dan dhuafa.

Pemberian santunan yang bertepatan dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan momen untuk menjaga silaturahmi antar sesama muslim sekaligus meningkatkan kualitas syiar masjid di lingkungan.

“Kegiatan ini sebagai momen untuk menjaga silaturahmi antar sesama muslim dan peningkatan kualitas syiar masjid di lingkungan. Sekaligus untuk membantu meringankan beban anak-anak yatim dan duafa di lingkungan Blok F dan Blok Y Vila Mutiara Gading 2. Ada sekitar 50 anak yatim dan dhuafa yang menerima santuan tersebut,” kata Ketua Panitia Akhmad Mukhsonudin.

Ia juga bersyukur karena di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat masih diberi nikmat sehat dan bisa berbuat baik untuk sesama. “Mudah-mudahan kita bisa menteladani apa yang menjadi tema pada perayaaan Isra Mi’raj yakni menjadikan moment Isra Mi’raj untuk menguatkan kecintaan dan meneladani akhlak nabi Muhammad SAW,” tukasnya.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mengsukseskan acara ini,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Masjid Al Muhajirin, H.Afif Suprayogi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada panitia yang sukses menyelenggarakan acara perayaan Isra Mi’raj sekaligus pemberian santunan kepada yatim piatu dan dhuafa.

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi teman-teman panitia yang sebenarnya hanya punya waktu cukup singkat tapi bisa menyelenggarakan acara ini dengan baik dan sukses. Kerja keras dari semua panitia ini semoga mendapat balasan dari Allah SWT,” katanya.

Afif juga menyebutkan, bahwa DKM selalu mendukung apapun kegiatan jamaah terutama untuk memakmurkan masjid Al Mujahirin.

“Tugas DKM sendiri paling tidak ada dua yakni pembangunan fisik masjid yang Alhamdulillah setelah kurang lebih 15 tahun keberadaan masjid Al Muhajirin saat ini sudah cukup nyaman dirasakan para jamaah untuk beribadah,” tukasnya.

Selain itu, kata dia, berbagai kegiatan jamaah untuk memakmurkan masjid juga selama ini sudah dilakukan seperti ceramah agama setiap Sabtu malam, TPQ untuk usia SD ke bawah, kegiatan tahsin bapak-bapak dan remaja masjid yang tergabung dalam IRMA Al-Muhajirin, kegiatan pengajian ibu-ibu serta acara Yasinan yang juga diisi dengan ceramah pada setiap Kamis malam.

“Kami juga sudah membentuk lembaga Janais yang beranggotakan jamaah dari Blok F dan Blok Y bernama Prisma Al-Muhajirin Pemberdayaan Infak Sosial Kematian,” pungkasnya.

Jadi Pembelajaran bagi Umat

Sementara Ustadz Firman Hamdani dalam ceramahnya mengatakan, peristiwa Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW yang setiap tahun diperingati kaum muslimin di seluruh dunia dilakukan agar peristiwa luar biasa ini selalu menjadi pembelajaran bagi umat muslim terutama para generasi berikutnya.

“Ini penting, jangan sampai generasi mendatang tidak mengetahui peristiwa besar yang dialami Nabi Muhammad SAW ini,” katanya.

Menurut Ustadz Firman, siapapun tidak akan mampu mengupas dan mengkaji peristiwa Isra Mi’raj ini secara mendalam.

“Pemberian yang Allah berikan kepada Nabi Muhammad SAW berupa peristiwa Isra Mi’raj ini tidak akan mampu dijabarkan oleh siapapun tentang apa yang terjadi pada malam tersebut,” katanya.

“Tidak akan ada yang mampu mengutarakan rahasia-rahasia yang terkandung di dalam peristiwa tersebut. Para ulama hanya bisa mengungkap beberapa hal yang terjadi itupun hanya dengan menerka-nerka saja, yang penting tidak mengurangi derajat nabi kita Muhammad SAW,” lanjut Ustadz Firman.

Ia berharap, umat dapat mengambil pembelajaran dari peristiwa Isra Mi’raj ini, dan yang terpenting adalah kemuliaan Nabi Muhammad SAW. Karena belum pernah ada satu nabi yang mengalami peristiwa Mi’raj seperti yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW. “Ada beberapa nabi yang pernah mengalami peristiwa Mi’raj juga tapi tidak seperti yang dialami oleh Nabi Muhammad,” tutup Ustadz Firman.

Hal senada juga disampaikan Ustadz Nachrowi yang hadir pula pada kesempatan tersebut. Menurutnya, peristiwa yang dialami oleh Nabi yang Mulia di bulan yang mulia itu merupakan peristiwa yang sangat luar biasa.

“Merayakan peristiwa Isra Mi’raj setiap tahun merupakan satu tarbiyah bagi anak-anak kita untuk lebih mengenal Rasulullah SAW,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan pesan Rasulullah kepada jamaah untuk mendidik anak-anak dengan tiga perkara. “Didiklah anak-anakmu dengan tiga perkara yakni cinta kepada Nabi Muhammad SAW, cinta kepada ahli bait dan ajarkan anak untuk cinta membaca Al Qur’an. Anak adalah ujian sekaligus titipan dari Allah SWT, untuk itu berilah pendidikan yang terbaik buat mereka,” tukasnya.

Pada kesempatan itu ia juga mengapresiasi para jamaah Masjid Al Muhajirin yang ikut menjadi donator pada acara pemberian santunan kepada para anak yatim dan dhuafa.

“Berbahagialah jamaah yang ikut menjadi donator pada kegiatan ini. Karena kata Nabi orang-orang yang santuni anak yatim kelak di Surga akan sangat dekat dengan Nabi. Mudah-mudahan Allah memberikan ganjaran Surga kepada para donatur,” pungkasnya.(s)

 

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bodetabek

PWI Kabupaten Bogor, Kembali Melaksanakan Kunjungannya ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Setempat.

Published

on

By

Bogor, Hariansentana.com — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor, kembali melaksanakan kunjungannya ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, di Jalan Raya Tegar Beriman, Selasa (04/6/2024).

Dalam kunjungan itu, dimana organisasi keprofesian kewartawanan tertua di Indonesia ini dimaksudkan untuk melakukan audiensi serta membangun sinergitas dan membangun kerjasama yang baik dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024 yang Jujur dan Adil (Jurdil).

Mewakili ketua PWI Kabupaten Bogor, Dedy Firdaus mengatakan, jika kehadirannya bersama wakil ketua Il (Waket) II bidang Kesejahteraan PWI Kabupaten Bogor dan beberapa pengurus lainnya, yang pertama-tama adalah perintah atas arahan ketua pimpinan organisasi yang dinaungi nya itu guna membangun sinergitas baik dengan jajaran KPU Kabupaten Bogor.

“Kehadiran saya bersama wakil ketua II PWI Kabupaten Bogor yakni Saiful Kurnia dan ketiga pengurus lainnya, sebagai perintah untuk mewakili ketua PWI Kabupaten Bogor dalam melakukan audiensi yang dilayangkan PWI belum lama ini,” ujar Dedy Firdaus yang merupakan waket I bidang Organisasi Keprofesian Kewartawan (OKK).

Ia menjelaskan, tujuannya sendiri yang utama adalah silaturahmi, kedua agar organisasi PWI bisa bersinergi sama KPU Kabupaten Bogor untuk lebih baik lagi kedepannya.

Lebih lanjut Dedy menambahkan , ada hal-hal yang positif bisa di bangun antara dua lembaga besar tersebut.

“Umumnya begitu saja, untuk membangun sinergitas yang baik antara PWI Kabupaten dan KPU tentunya,” papar nya.

Dedy berharap, dengan adanya audiensi yang telah dilakukan tersebut, antara PWI dengan KPU Kabupaten Bogor bisa menghasilkan terbangunnya jalinan komunikasi yang baik dengan organisasi yang diakui pemerintah.

“Dan juga, biar PWI sendiri bisa membangun sinergitas dalam mensukseskan Pilkada 2024 yang jujur dan adil (Jurdil). Misalnya, kita bersama KPU ada yang bisa dikerjasamakan dalam hal sosialisasi pemberitaan yang positif dan membangun .” Jelas Dedy.

Masih ditempat sama, Ketua KPU Kabupaten Bogor, Muhammad Adi Kurnia mengaku sangat menyambut baik atas ajakan audiensi yang dilakukan oleh jajaran PWI Kabupaten Bogor, pada hari ini.

“Saya sangat mengapresiasi terkait audiensi yang sudah dilaksanakan PWI ke lembaga kami yakni KPU Kabupaten Bogor. Insha Allah dengan audiensi pada hari ini, KPU Kabupaten Bogor bisa membangun bersinergi dengan teman-teman wartawan yang tergabung dalam PWI Kabupaten Bogor, serta demi mensukseskan Pemilukada 2024 melalui sosialisasi pemberitaan oleh rekan-rekan PWI itu sendiri,” terang Adi Kurnia yang didampingi Komisioner KPU divisi SDM, Aprian Wahyudi dan pejabat fungsional KPU Kabupaten Bogor, Septian Dwi Haryanto…..( Tabrani / Dedy F )

Continue Reading

Bodetabek

Tirta Kahuripan Semakin Dekat Dengan Pelanggan

Published

on

By

Bogor, Hariansentana.com — Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, Rabu (22/5/2024) resmi melakukan uji coba Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berlokasi di jantung pemerintahan Kabupaten Bogor, tepatnya di Gedung DPMPTSP, Jl. Tegar Beriman No.40, Kecamatan Cibinong. Dan sebagai wujud pelayanan prima bagi pelanggannya, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan ikut berpartisipasi membuka gerai pelayanan demi memudahkan masyarakat yang ingin mendaftar sambungan baru maupun pelanggan untuk melakukan pembayaran tagihan, melaporkan pengaduan hingga informasi lainnya.

Direktur Umum Abdul Somad, menyampaikan kehadiran gerai Perumda Air Minum Tirta Kahuripan di Mal Pelayanan Publik merupakan bukti perusahaan plat merah ini terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat Kabupaten Bogor dan pelayanan terbaik untuk pelanggannya dalam satu tempat.

“Berbagai gerai instansi pemerintah mulai dari pelayanan kependudukan, kesehatan hingga perbankan ada disini, tentunya bagi masyarakat akan sangat dimudahkan karena berbagai keperluan dapat diselesaikan di satu tempat saja. Dan begitupun dengan pelanggan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan, tinggal datang ke gerai No.8 petugas kami siap memberikan pelayanan terbaik.” ucap Abdul Somad.

Sebagai informasi tambahan bagi pelanggan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan, untuk memudahkan pelayanan aduan pelanggan maupun informasi lainnya, per tanggal 1 Juni 2024 nomor call center akan berubah menjadi 1500-862 dan nomor WA official akan terintegrasi disatu nomor yaitu 0821-1996-9008 untuk semua cabang pelayanan.

“Kini Perumda Air Minum Tirta Kahuripan sudah menerapkan saluran layanan pelanggan secara terintegrasi, pelanggan dapat menghubungi kami tanpa harus menyesuaikan tempat tinggal atau wilayah cabang pelayanan, cukup satu nomor untuk semua keperluan. Tentunya langkah ini kami ambil untuk meningkatkan pelayanan prima, baik melalui saluran online dan offline, seperti website, email maupun media sosial.” papar nya. …( Tabrani / Dedy F)

Continue Reading

Bodetabek

PWI Kabupaten Bogor Apresiasi Dishub Kabupaten Bogor Pasang Satu Unit Jalan Penerangan Umum (JPU)

Published

on

By

Bogor, Hariansentana.com –– Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor, mengucapkan terima kasih kepada UPT Perhubungan 1 Cibinong, pada Dishub Kabupaten Bogor, yang telah mengadakan pemasangan satu unit tiang Jalan Penerangan Umum (JPU) kepada organisasi keprofesian tersebut.

Hal itu disampaikan ketua PWI Kabupaten Bogor, Subagiyo saat memperoleh informasi bahwa Gedung Graha Wartawan yang dikomandoinya itu.

“Terima kasih saya sampaikan kepada jajaran Dishub Kabupaten Bogor atas pengadaan satu tiang JPU di gedung Graha Wartawan dari kami pengurus beserta anggota PWI Bumi Tegar Beriman,” ungkap Subagiyo, Selasa (21/5/2024).

Sementara itu, Wakil Ketua I Bidang Organisasi Keprofesian Kewartawan (OKK) pada PWI Kabupaten Bogor, Dedy Firdaus mengaku sangat mengapresiasi atas respone cepat yang diajukan PWI Kabupaten Bogor melalui sekretariat dalam mengajukan pengadaan penerangan di area gedung graha Wartawan Cibinong, pada hari ini.

“Saya sampaikan juga terima kasih kepada pak Kadishub Kabupaten Bogor, bapak Agus Ridho beserta kepala UPT Perhubungan 1 Cibinong yang dikepalai Sujana atas respone cepat dalam pemasangan JPU di Graha Wartawan Cibinong,” ungkapnya.

Diakuinya, bila selama keluarga besar PWI Kabupaten Bogor menempati gedung graha wartawan warisan dari eks Bupati Bogor Ade Yasin ini, kondisinya selalu gelap saat malam tiba. 

“Memang benar, selama ini gedung graha wartawan Cibinong ini selalu gelap jika malam datang. Namun insya Allah setelah dipasangkan tiang JPU oleh Dishub Kabupaten Bogor melalui UPT Perhubungan 1 Cibinong jadi lebih terang lagi. Terima kasih banyak saya sampaikan atas nama keluarga besar PWI Bumi Tegar Beriman,” imbuhnya.

Terpisah, Staf bagian pengawas pada UPT Perhubungan 1 Cibinong, Teko Santoso menyampaikan jika pengadaan JPU yang dilakukannya beserta ketiga staf UPT Perhubungan 1 Cibinong, ditugaskan untuk pemasangan yang dilakukan jajarannya itu sebanyak dua (2) unit.

“Untuk pemasangan tiang lampu penerangan sebanyak dua unit. Satu dibagian belakang gedung satu lainnya di halaman depan graha wartawan Cibinong,” bebernya.

Ia juga menjelaskan, pemasangan kedua unit JPU ini berdasarkan perintah dari kepala UPT Perhubungan 1 Cibinong melalui surat permohonan yang diajukan rekan-rekan jurnalis yang tergabung dalam PWI Kabupaten Bogor.

“Pemasangan ini atas Surat Perintah Kerja (SPK) dari kepala UPT Perhubungan 1 Cibinong yakni bapak Sujana kepada kami, pada hari ini. Yang insha Allah hari ini akan selesai dikerjakan untuk pemasangan 1 unit PJU pada bagian belakang. Satu unitnya lagi akan dipasangan dalam beberapa hari kedepan, intinya mudah-mudahan secepatnya,” papar nya…( Tabrani / Dedy F )

Continue Reading
Advertisement

Trending