Connect with us

Ibukota

Jadi Isu Prioritas, Pemkot Jakut Fokus Jalankan Program Pengangkutan Sampah Terjadwal

Published

on

Jakarta,Hariansentana.com – Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, memimpin rapat tindak lanjut arahan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta terkait pengangkutan sampah terjadwal di tingkat Rukun Warga (RW), Senin (27/12), di Ruang Bahari Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara.

Arahan mengenai pengangkutan sampah terjadwal di tingkat RW ini merupakan implementasi dari Pergub Nomor 77 Tahun 2020 yang merupakan salah satu isu prioritas yang harus segera diselesaikan.

Dalam rapat yang dihadiri oleh para Camat dan Lurah di wilayah Kota Admnistrasi Jakarta Utara ini, diimbau agar para Camat dan Lurah menjalankan amanah serta terus berkreasi dan berinovasi dalam melaksanakan program pemilahan dan pengelolaan bank sampah.

Ali mengungkapkan, untuk menjalankan amanah ini, semua sistem harus berjalan, mulai dari sistem pemilahan sampah di rumah, sistem pengangkutan gerobak sampah, hingga dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup. Ditargetkan, ada 50% dari jumlah RW di masing-masing kelurahan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara yang menjalankan program pilah sampah ini.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Achmad Hariyadi, menjelaskan bahwa yang menjadi poin penekanan adalah bagaimana memastikan 50% target RW yang menjalankan program ini 100% melaksanakan proses pemilahan sampah. “Artinya teridentifikasi sudah melakukan pemilahan, kemudian juga memastikan sudah semua tersosialisasi dan RW tersebut juga memastikan telah terjadi pemilahan dan pengangkutan sampah secara terjadwal. Jadi, petugas gerobak datang ke TPS atau depo ini sudah dalam keadaan terpilah. Ini target yang ingin kami lakukan”, pungkas Hariyadi.

Turut mendampingi Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara dalam rapat, Sekretaris Kota Kota Administrasi Jakarta Utara, Abdul Khalit, Plt. Asisten Perekenomian dan Pembangunan, Ardan Solihin, dan Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup, Achmad Hariyadi. (Sutarno).

Ibukota

Komisi A DPRD Gelar Kunker ke Dinas Dukcapil DKI Jakarta.

Published

on

By

Jakarta, Hariansentana.com — Komisi A DPRD DKI menggelar kunjungan kerja ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Jalan S Parman, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Senin (24/6).

Rombongan wakil rakyat diterima Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Budi Awaluddin bersama jajaran.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Budi Awaludin mengucapkan terima kasih atas kunjungan Komisi A DPRD DKI sebagai bentuk kepedulian terhadap layanan administrasi kependudukan.

“Komisi A DPRD DKI selama ini membantu pendampingan, support dan sinergisitas atas berbagai macam program kerja Dinas Dukcapil di antaranya penataan dan penertiban administrasi kependudukan di Jakarta,” ujar Budi Awaludin.

Ia mengungkapkan, layanan publik yang dilakukan Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta hingga saat ini terus bergerak secara dinamis mengikuti trend dan perkembangan kebutuhan masyarakat.

“Alhamdulillah, Dinas Dukcapil DKI Jakarta menjadi barometer serta rujukan atas kemajuan layanan dukcapil di beberapa daerah di Indonoesia, khususnya Jabodetabek,” ungkapnya.

Sementara Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Mujiono mengapresiasi atas layanan Dinas Dukcapil DKI Jakarta tetap berjalan baik di tengah kondisi gedung dan fasilitas yang terbatas.

“Dinas Dukcapil DKI yang mengalamj kekurangan pegawai mencapai 421 orang tidak boleh dibiarkan. Untuk pengadaan CPNS tahun 2025 perlu diakomodir berkoordinasi dengan BKD, terrmasuk layanan online saat ini perlu dibuat lebih ringkas,” paparnya.

Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Inggard Joshua menuturkan, data kependudukan perlu dimanfaatkan dengan baik. Program dan perencanaan pembangunan saat ini belum memanfaatkan dengan baik atas database kependudukan. APBD DKI sepatutnya hanya untuk pemanfaatan kepada warga Jakarta.

“Jangan lagi kita tidak memberikan yang menjadi haknya warga Jakarta. Komisi A DPRD mendukung penuh dalam program Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono untuk penataan dan penertiban sesuai domisili karena dana sosial DKI sebesar 30 persen jangan sampai salah sasaran karena ini amanah dari rakyat,” tandasnya.(Sutarno)

Continue Reading

Ibukota

Malam Puncak HUT ke-497 Kota Jakarta, Pj Gubernur Heru Pesankan Perkuat Sinergi Membangun Kota

Published

on

By

Jakarta, Hariansentana.com — Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Sekda DKI Jakarta Joko Agus Setyono dan jajarannya, menghadiri Malam Jaya Raya sebagai acara puncak HUT ke-497 Kota Jakarta. Kegiatan yang mengusung konsep pasar malam ini diadakan di Monas, Jakarta Pusat pada Sabtu (22/6/2024).

Pada kesempatan tersebut Pj Gubernur Heru mengatakan, acara puncak HUT ke-497 Kota Jakarta ini menjadi pengingat bahwa seiring bertambahnya usia, Jakarta diharapkan menjadi kota yang terus maju dan berkembang ke arah yang lebih baik.

“Selamat ulang tahun Kota Jakarta.yang ke. 497.Untuk seluruh warga yang hadir malam ini, selamat menikmati hiburan bersama keluarga. Tetap jaga kebersihan dan ketertiban selama acara berlangsung. Kita berdoa bersama, agar kota ini terus menjadi tempat yang nyaman, aman, dan semakin maju,” ujar Pj Gubernur Heru, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta.

Terdapat beragam keseruan acara yang bisa dinikmati warga, mulai dari panggung hiburan yang diisi oleh berbagai musisi ternama, parade Jakarnaval, serta video mapping di Monas.

Pj Gubernur Heru juga turut meninjau hiburan pasar malam dan menaiki kendaraan hias oplet bersama Keluarga Si Doel seperti Munaroh, Ipeh, dan Mastur untuk menghibur warga di area panggung utama.

“Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi warga di Jakarta. Semoga di usia yang ke-497 ini, Jakarta tetap menjadi kota yang dibanggakan dan dicintai warganya, dan selalu ada di hati kita bersama,” imbuh Pj Gubernur Heru.

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur Heru juga turut memberikan penghargaan juara Pekan Olahraga Warga Jakarta (PORWAJA) dari masing-masing cabang olahraga futsal dan badminton, serta tiga orang juara lomba fotografi ‘Cerita Bakti Jakarta’.

“Mari bersama-sama kita jaga kota ini, kita bangun sinergi untuk menjadikannya tempat yang lebih baik dan semakin maju. Selamat ulang tahun Kota Jakarta,” tandas Pj Gubernur Heru.

Di sela sela acara Pj. Gubernur DKI jakarta Heru Budi Hartono mengucapkan selamat dan menyerahkan tumpeng HUT Berita Jakarta.go.id.ke Plt.Kadis Kominfo DKI jakarta.Sigit Wijatmoko (asisten pemerintahan Sekda DKI jakarta).(Sutarno)

Continue Reading

Ibukota

Permata MHT Ziarah ke Makam MH. Husni Thamrin di TPU Karet Bivak

Published

on

By

Jakarta, Hariansentana.com — DPP Persatuan Masyarakat Jakarta Mohammad Husni Thamrin (Permata MHT) menggelar acara ziarah ke makam Mohammad Husni Thamrin di TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Sabtu (22/6/2024) pagi WIB.

Ketua Harian Permata MHT, HM Nuh mengatakan, agenda ini merupakan suatu rangkaian dari Permata MHT dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Permata MHT ke 48 yang juga bertepatan dengan HUT Kota Jakarta ke 497/2024.

“Kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka HUT Permata MHT ke 48 sekaligus HUT kota Jakarta yang ke 497 sebagaimana biasa kita lakukan di setiap tahunnya,” ujar HM Nuh didampingi Kohar Humas P MHT.

Acara dimulai dengan membacakan doa bersama yang dipimpin oleh KH Mar’ih, dilanjut dengan tabur bunga untuk menghormati almarhum Mohammad Husni Thamrin yang merupakan salah satu tokoh pahlawan nasional.

Dalam agenda tersebut, HM Nuh juga menyampaikan pesannya, bahwa Permata MHT harus terus mempunyai regenerasi. Jadi kalau dulu kita berjuang menghadapi musuh dengan bangsa lain, nah sekarang kita harus berjuang bagaimana bisa mempertahankan keutuhan bangsa ini, Permata MHT harus terus berperan,

“Kita membentuk Permata MHT pada tahun 1976 dengan tujuan untuk menyatukan masyarakat Jakarta pada waktu itu, nah sekarang mari kita jaga dan pelihara terus persatuan kerukunan kaum Betawi, agar bagaimana caranya jangan adalagi perselisihan satu sama lainnya, semoga saja apa yang kita niatkan pada hari ini Allah mendengar dan senantiasa memberi petunjuknya kepada kita semua,” harap HM Nuh.

Sementara itu H Beky Mardani dalam sambutannya menyampaikan beberapa sejarah singkat Mohammad Husni Thamrin, dan mengapa DPP Permata dalam memperingati hari ulang tahunnya mendatangi makam Mohammad Husni Thamrin, yang pertama karena nama Permata Mohammad Husni Thamrin itu berasal dari nama beliau, selain itu beliau merupakan pejuang awal bagi kaum Betawi dengan mendirikan pemuda kaum Betawi, sehingga pada kongres pemuda tahun 1928 ada perwakilan pemuda kaum Betawi disana. Perjuangan Mohammad Husni Thamrin bukan hanya untuk Jakarta saja, tetapi juga untuk republik Indonesia.

Beberapa contoh perjuangannya di Jakarta adalah perbaikan kampung-kampung, pembangunan kanal dan perbaikan ekonomi masyarakat. Disamping itu beliau juga banyak meninggalkan beberapa warisan kepada kaum Betawi, diantaranya rumah di jalan Kenari yang dihibahkan untuk perjuangan republik Indonesia, selain itu ada stadion VIJ (Voetbalbond Indonesische Jacatra).Di stadion inilah cikal bakal klub bola Persija Jakarta lahir.

“Jadi perjuangan Mohammad Husni Thamrin bagi Jakarta sangat luar biasa, khususnya bagi kaum Betawi, yang pada akhirnya Presiden Soekarno memberikan anugrah kepada beliau sebagai pahlawan nasional,” terang H Beky.

Mohammad Husni Thamrin juga dikenal mempunyai tekat yang sangat keras dalam memperjuangkan hak-hak warganya, konon katanya batu besar yang terletak di atas makamnya merupakan simbol kerasnya beliau punya tekat dan keinginan, batu tersebut diletakan langsung oleh presiden Soekarno.

“Maka dari itu sangatlah wajar apabila kita mengenang jasa-jasa beliau bahkan harus kita jadikan suri tauladan,dalam diri kita” tutup H Beky.

Turut hadir dalam kegiatan ini beberapa pengurus Permata MHT lainnya, diantaranya, H Supli Ali selaku Sekjen Permata MHT, Bang Syarif, Bang Dayat, Bang Syahril dan Bang Sayadi.(Sutarno)

Continue Reading
Advertisement

Trending