Connect with us

Olahraga

Bungkam Vietnam Di Final, Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022

Published

on

Bogor, Hariansentana .com – Timnas Indonesia U-16 keluar menjadi juara Piala AFF U-16 2022. Di final, Garuda Asia membungkam Timnas Vietnam U-16 dengan skor 1-0.

Bertanding di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/22), Indonesia tampil apik sepanjang 90 menit. Di babak pertama, gol bisa didapat jelang turun minum, lewat sepakan Kafiatur Rizky.

Di babak kedua, dominasi Indonesia masih berlanjut atas Vietnam. Keunggulan bisa dipertahankan sampai laga tuntas. Kemenangan 1-0 memastikan Indonesia juara Piala AFF U-16 2022.

Bagi Indonesia, ini gelar keduanya di ajang Piala AFF U-16. Trofi pertama diraih empat tahun lalu, saat juga berstatus tuan rumah. Sementara Vietnam gagal membuat sejarah, dengan masih bertahan dengan tiga gelar, sama dengan Thailand.

Jalannya pertandingan indonesia, yang banyak mengandalkan serangan balik, terlihat cukup merepotkan barisan belakang Vietnam. Kiper Pham Dinh Hai juga beberapa kali protes karena coba diganggu, khususnya saat mengamankan bola-bola atas.

Pada menit ke-28, Indonesia mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti. Namun, sepakan Riski Afrisal, yang bisa bikin gol tendangan bebas di semifinal, masih bisa diamankan kiper Vietnam.

Sebaliknya, Vietnam terlihat cukup kesulitan memasuki wilayah belakang Indonesia. Anak asuh Nguyen Quoc Tuan kesulitan mengalirkan bola ke depan, sehingga hampir tak membuat ancaman berarti ke gawang Andrika Fathir.

Pada menit ke-40, Kaka punya kans bikin gol usai menerima umpan lambung Habil ke kotak penalti. Namun, Kaka gagal menceploskan bola karena mendapat gangguan dari pemain Vietnam.

Jelang istirahat, Indonesia akhirnya bisa mencuri gol! Rizdjar Nurviat melepaskan umpan tarik, dan diterima Kafiatur Rizky. Dengan sekali gocekan, Kafiatur bisa melepaskan sepakan kaki kiri, dan mengirim bola masuk ke gawang Vietnam. Indonesia unggul 1-0 saat jeda.

Kafiatur Rizky Bawa Indonesia Ungguli Vietnam 1-0 di Babak Pertama
Pada babak kedua, Indonesia masih menyulitkan Vietnam. Kaka dkk bisa bertahan dengan tangguh, sambil melancarkan serangan balik yang cukup efektif.

Pada menit ke-50, Vietnam, yang kesulitan menembus kotak penalti Indonesia, mencoba peruntungan dari jauh. Kapten Nguyen Cong Phuong melepaskan tembakan dari luar kotak, yang masih bisa diredam Andrika.

Dua menit berselang, gantian Indonesia menekan. Rizdjar kembali melepaskan umpan tarik ke tengah, namun dua pemain Indonesia yang bebas gagal menyambutnya di depan gawang Vietnam.

Di menit ke-60, Indonesia banyak menekan Vietnam lewat permainan di depan kotak penalti. Umpan-umpan terobosan coba dilakukan, namun beberapa kali bisa dimentahkan barisan belakang Vietnam.

Memasuki menit ke-70, Indonesia masih bisa menjaga konsentrasi dengan tampil disiplin saat bertahan, dan tak berhenti menekan Vietnam di depan. Sebaliknya, kesalahan-kesalahan mulai terlihat dari pemain Vietnam.

Memasuki menit ke-80, Indonesia mulai mengganti beberapa pemainnya. Nabil Asyura digantikan Waliy Marifat, dan Figo Dennis diganti Narendra Tegar. Kaka bermain sedikit turun, untuk membantu pertahanan. Terlihat Indonesia mulai banyak menahan bola berlama-lama guna melambatkan permainan.

Di menit-menit akhir, tekanan bertubi-tubi dilancarkan Vietnam, yang memburu gol. Namun, barisan belakang Indonesia juga masih bisa memetahkannya, termasuk aksi Andrika, yang bisa menangkap sepakan Phan Thanh Duc Thien di depan gawang pada menit ke-89.

Drama sempat terjadi di pinggir lapangan, ketika staf pelatih Vietnam ada yang protes keras. Wasit Xaypaseth Phongsanit asal Laos tak segan langsung memberinya kartu merah.

Tensi panas juga merembet ke lapangan, di masa injury time. Pemain kedua tim sempat ribut, menyusul dorongan pemain Vietnam. Namun, keributan bisa segera dilerai.

Hingga laga bubar, tak ada gol tambahan tercipta. Indonesia menang 1-0 atas Vietnam, dan keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022. Selamat!

“Sementara Muhammad Sultan Akbar dengan nomor punggung 15 merupakan salah satu pemain muda asal Cibinong, saat ini tidak di turunkan coach Bima Sakti karena mengalami cedera betis

Saya merasa senang dengan perjuangan kawan -kawan walaupun malam ini saya tidak bisa tampil menjadi juara Piala AFF U-16 2022. saya tak hanya sampai pada Timnas U-16 saja. Saya juga bertekad untuk bisa masuk dalam skuad Timnas U-19, U-23 dan Senior. Semua itu akan buktikan dengan kerja keras, rajin berlatih, banyak berdoa dan disiplin setiap saat,” beber Sultan Akbar

“Sementara itu, Encep Heri, orang tua dari Muhammad Sultan Akbar mengaku merasa bangga bisa hadir menyaksikan langsung pertandingan final Piala U-16 di stadion Maguwoharjo, Sleman, dan bersyukur bisa mendampingi anaknya .

“Saya hanya berpesan kepada Sultan agar tidak sombong dan tidak boleh cepat berpuas diri. Karena perjalanannya masih panjang,” beber Encep Heri yang juga sebagai anggota Awapsi Kabupaten Bogor.

Makanya, tambah Encep, ia minta kepada Sultan untuk mengutamakan disiplin dalam segala hal.“

Karena dengan disiplin akan jadi kunci kesuksesan dalam meniti karir dalam sepakbola ataupun dalam bidang lainnya,” ujar Encep.

Encep juga menekankan, agar Sultan Akbar harus rajin berlatih dan yang utama harus banyak berdoa dan tak boleh meninggalkan sholat lima waktu saat berada dimanapun.

Lebih lanjut, tambah Encep, Sultan meniti karir sepakbola saat masih duduk di kelas 2 SD dan jadi bagian dari SSB Kabomania, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Sejak tahun 2019 lalu, Sultan Akbar masuk dalam bagian klub sepakbola ASIOP Jakarta, Saat ini Sultan Akbar juga jadi bagian dalam skuad muda Persija Jakarta. Mudah mudahan Sultan bisa jadi bagian dalam skuad Timnas ,” paparnya.

( Subur ,Tabrani ,Dedy )

Olahraga

Pangkoops Udara I Hadiri Olahraga Bersama Sinergitas TNI-Polri DKI Jakarta.

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Panglima Komando Operasi Udara I Marsda TNI Mohammad Nurdin hadiri kegiatan olahraga bersama untuk mengeratkan tali silaturahmi dalam sinergitas TNI-Polri jajaran Forkopimda DKI Jakarta di bulan Ramadhan 1445 H.

Dalam bulan Ramadhan tahun 2024 ini menjadikan momentum Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan Koops Udara I untuk meningkatkan Sinergitas TNI-Polri melalui kegiatan Sepak Bola gembira, sambil “ngabuburit” menunggu Buka Puasa bersama, bertempat di Lapangan Bola Mini Soccer Polda Metro Jaya. (Kamis, 14-3-2024).

Hadir di kegiatan tersebut Kapolda Metro Jaya beserta jajaran dibawahnya, Pangdam Jaya beserta jajaran dibawahnya, beserta jajaran Makoops Udara I.(***)

Continue Reading

Olahraga

Kabasarnas Marsdya TNI Kusworo Raih Juara Pertama dalam Ajang Lomba Tembak Kasau Cup 2024

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com –– Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan ( Basarnas) Marsdya TNI Kusworo, S.E., M.M., raih juara pertama dalam ajang lomba tembak Kasau Cup 2024 kategori pistol Eksekutif 20 meter Pati kelas A optik, di Lapangan Tembak Djamsuri Wingko I Kopasgat, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (1/3/2024).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. mengatakan kejuaraan menembak Kasau Cup 2024 digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 TNI Angkatan Udara. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dalam rangka meningkatkan prestasi menembak dan juga untuk mencari bibit-bibit baru para petembak khususnya diinternal TNI Angkatan Udara,” ujar Kasau saat membuka kejuaraan menembak Kasau Cup 2024.

Kegiatan yang digelar selama dua hari mulai Jumat 1 Maret sampai dengan Sabtu 2 Maret 2024 memperlombakan menembak diantaranya pistol kelas Eksekutif diikuti oleh 137 Perwira Tinggi (Pati) TNI AU dan kelas antar satuan diikuti sebanyak 186 orang baik Eksekutif Pamen, Pama, Bintara dan Tamtama dengan mengangkat tema “Terbaik, Terhormat, dan Berprestasi”.

Beberapa kategori dilombakan diantaranya, kategori pistol Eksekutif 20 meter Pati kelas A optik, tampil sebagai juara satu Ka BNPP Marsdya TNI Kusworo, S.E., M.M., dengan nilai Slow Fire 91,03 Rapid Fire 98,03 total nilai 189,06, juara dua diraih oleh Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., dengan nilai Slow Fire 81,00 Rapid Fire 97,01 total nilai 178,01, juara tiga Dankodiklatau Marsdya TNI Dr. Arief Mustofa, M.M. dengan nilai Slow Fire 81,00 Rapid Fire 85,02 total nilai 166,02 dan Pati kelas A non optik dimenangkan oleh juara satu Pangkoopsudnas Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S, M.M., dengan nilai Slow Fire 91,02, Rapid Fire 94,02 total nilai 185,04, juara dua Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., M.S.P., dengan nilai Slow Fire 89,00 Rapid Fire 95,02 total nilai 184,02, juara tiga Kepala BNPP Marsdya TNI Kusworo, S.E., M.M. dengan nilai Slow Fire 86,00 Rapid Fire 90,01 total nilai 176,01.

Selanjutnya kategori pistol Eksekutif Pati 20 meter prestasi optik tampil sebagai pemenang juara satu adalah Kadisbintalidau Marsma TNI Wisnu Saputro, S.Pd., M.Pd., dengan nilai Slow Fire 96,02 Rapid Fire 100,03 total nilai 196,05, juara dua Kas Kogabwilhan III Marsda TNI Deni Haseloan S, Slow Fire 93,02 Rapid Fire 97,03 total nilai 190,05, juara tiga Wadankodiklatau Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc. dengan nilai Slow Fire 90,00 Rapid Fire 100,03 total nilai 190,03 dan pistol Eksekutif Pati 20 meter prestasi non optik dimenangkan oleh juara satu Pati Sahli Kasau Bid. Iptek Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan, S.T.,M, Hum., M.Han., dengan nilai Slow Fire 89,00 Rapid Fire 100,04 total nilai 189,04, juara dua Dirdok Kodiklatau Marsma TNI Yuniarsa Aditya Permana, S.E., M.M., dengan nilai Slow Fire 92,00 Rapid Fire 96,04 total nilai 188,04, juara tiga Wadankopasgat Marsma TNI Deny Muis, S.E., M.M. dengan nilai Slow Fire 87,00 Rapid Fire 99,04 total nilai 186,04.

Kategori pistol Eksekutif Pati 20 meter kelas B optik tampil sebagai juara satu Kadisopslatau Marsma TNI Adrian P. Damanik, S.T., M.M., dengan nilai Slow Fire 90,01 Rapid Fire 95,01 total nilai 185,02, juara dua Kadisaeroau Marsma TNI Iwan Agung Djumaeri, S.I.P., dengan nilai Slow Fire 87,01 Rapid Fire 98,00 total nilai 185,01, juara tiga Kaskoopsudnas Marsda TNI Donald Kasenda, S.T., S.I.P., M.M. dengan nilai Slow Fire 87,01 Rapid Fire 96,01 total nilai 183,02 dan Pati kelas B Non Optic dimenangkan oleh juara satu Ta Ahli Pengajar Bid. Hankam Lemhannas Marsda TNI Joseph Rizki P., S.T., S.I.P., M.I.Pol., dengan nilai Slow Fire 87,01 Rapid Fire 98,05 total nilai 185,06, juara dua Staf Khusus Kasau Marsma TNI Jajang Setiawan S.M., PSC(J). dengan nilai Slow Fire 87,02 Rapid Fire 98,02 total nilai 185,04, juara tiga Irjenau Marsda TNI Jemi Trisonjaya, S.M., M.Tr. (Han)., M.I.Pol. dengan nilai Slow Fire 84,01 Rapid Fire 97,02 total nilai 181,03.

Selain itu, kategori pistol Eksekutif Pati 20 meter antar matra non optik juara satu diraih oleh Brigjend TNI Edi Nur Habat dengan nilai Slow Fire 94,02 Rapid Fire 99,05 total nilai 193,07, juara dua Pati Sahli Kasau Bid. Iptek Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan, S.T.,M, Hum., M.Han., dengan nilai Slow Fire 89,00 Rapid Fire 100,04 total nilai 189,04, juara tiga Dirdok Kodiklatau Marsma TNI Yuniarsa Aditya Permana, S.E., M.M. dengan nilai Slow Fire 92,00 Rapid Fire 96,04 total nilai 188,04.

Tampil membanggakan pada materi Falling Plate Optic Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. meraih juara satu dengan total waktu 14.61 detik, juara dua Wakasau Marsdya TNI Andyawan Martono P., S.I.P., dengan total waktu 17.19 detik, juara tiga Dankodiklatau Marsdya TNI Dr. Arief Mustofa, M.M. dengan total waktu 19.32 detik dan materi Falling Plate Non Optic juara satu diraih oleh Kapusjianstralitbang TNI Marsda TNI Jorry S. Koloay S.I.P., M.Han. dengan total waktu 11.79 detik, juara dua Pangkoopsudnas Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S. M.M. dengan total waktu 15.63 detik, serta juara tiga Koorsahli Kasau Marsda TNI M. Fadjar Sumarijadji, M.Sc. dengan total waktu 21.38 detik.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Sekjen Kemhan RI) Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto., M.D.S., M.S.P., Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Ka BNPP) Marsdya TNI Kusworo, S.E., M.M., Wakasau Marsdya TNI Andyawan Martono Putra, S.I.P., M.Tr.(Han)., Pangkoopsudnas Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S, M.M., Dankodiklatau Marsdya TNI Dr. Arif Mustofa, M.M., dan para pejabat di lingkungan Mabesau.

Continue Reading

Olahraga

Airmen Harus Ahli Menembak: Kejuaraan Menembak Kasau Cup 2024 Resmi Digelar

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. Secara resmi membuka kejuaraan menembak Kasau Cup 2024 dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 TNI Angkatan Udara, di Lapangan Tembak Djamsuri Wingko I Kopasgat, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (1/3/2024).

Dalam kesempatan tersebut Kasau mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dalam rangka meningkatkan prestasi menembak dan juga untuk mencari bibit-bibit baru para petembak khususnya diinternal TNI Angkatan Udara.

Kegiatan yang digelar selama dua hari mulai Jumat 1 Maret sampai dengan Sabtu 2 Maret 2024 memperlombakan menembak diantaranya pistol kelas Eksekutif diikuti oleh 137 Perwira Tinggi (Pati) TNI AU dan kelas antar satuan diikuti sebanyak 186 orang baik Eksekutif Pamen, Pama, Bintara dan Tamtama dengan mengangkat tema “Terbaik, Terhormat, dan Berprestasi”.

Beberapa kategori dilombakan diantaranya, kategori pistol Eksekutif 20 meter Pati kelas A optik, tampil sebagai juara satu Ka BNPP Marsdya TNI Kusworo, S.E., M.M., dengan nilai Slow Fire 91,03 Rapid Fire 98,03 total nilai 189,06, juara dua diraih oleh Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., dengan nilai Slow Fire 81,00 Rapid Fire 97,01 total nilai 178,01, juara tiga Dankodiklatau Marsdya TNI Dr. Arief Mustofa, M.M. dengan nilai Slow Fire 81,00 Rapid Fire 85,02 total nilai 166,02 dan Pati kelas A non optik dimenangkan oleh juara satu Pangkoopsudnas Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S, M.M., dengan nilai Slow Fire 91,02, Rapid Fire 94,02 total nilai 185,04, juara dua Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., M.S.P., dengan nilai Slow Fire 89,00 Rapid Fire 95,02 total nilai 184,02, juara tiga Kepala BNPP Marsdya TNI Kusworo, S.E., M.M. dengan nilai Slow Fire 86,00 Rapid Fire 90,01 total nilai 176,01.

Selanjutnya kategori pistol Eksekutif Pati 20 meter prestasi optik tampil sebagai pemenang juara satu adalah Kadisbintalidau Marsma TNI Wisnu Saputro, S.Pd., M.Pd., dengan nilai Slow Fire 96,02 Rapid Fire 100,03 total nilai 196,05, juara dua Kas Kogabwilhan III Marsda TNI Deni Haseloan S, Slow Fire 93,02 Rapid Fire 97,03 total nilai 190,05, juara tiga Wadankodiklatau Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc. dengan nilai Slow Fire 90,00 Rapid Fire 100,03 total nilai 190,03 dan pistol Eksekutif Pati 20 meter prestasi non optik dimenangkan oleh juara satu Pati Sahli Kasau Bid. Iptek Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan, S.T.,M, Hum., M.Han., dengan nilai Slow Fire 89,00 Rapid Fire 100,04 total nilai 189,04, juara dua Dirdok Kodiklatau Marsma TNI Yuniarsa Aditya Permana, S.E., M.M., dengan nilai Slow Fire 92,00 Rapid Fire 96,04 total nilai 188,04, juara tiga Wadankopasgat Marsma TNI Deny Muis, S.E., M.M. dengan nilai Slow Fire 87,00 Rapid Fire 99,04 total nilai 186,04.

Kategori pistol Eksekutif Pati 20 meter kelas B optik tampil sebagai juara satu Kadisopslatau Marsma TNI Adrian P. Damanik, S.T., M.M., dengan nilai Slow Fire 90,01 Rapid Fire 95,01 total nilai 185,02, juara dua Kadisaeroau Marsma TNI Iwan Agung Djumaeri, S.I.P., dengan nilai Slow Fire 87,01 Rapid Fire 98,00 total nilai 185,01, juara tiga Kaskoopsudnas Marsda TNI Donald Kasenda, S.T., S.I.P., M.M. dengan nilai Slow Fire 87,01 Rapid Fire 96,01 total nilai 183,02 dan Pati kelas B Non Optic dimenangkan oleh juara satu Ta Ahli Pengajar Bid. Hankam Lemhannas Marsda TNI Joseph Rizki P., S.T., S.I.P., M.I.Pol., dengan nilai Slow Fire 87,01 Rapid Fire 98,05 total nilai 185,06, juara dua Staf Khusus Kasau Marsma TNI Jajang Setiawan S.M., PSC(J). dengan nilai Slow Fire 87,02 Rapid Fire 98,02 total nilai 185,04, juara tiga Irjenau Marsda TNI Jemi Trisonjaya, S.M., M.Tr. (Han)., M.I.Pol. dengan nilai Slow Fire 84,01 Rapid Fire 97,02 total nilai 181,03.

Selain itu, kategori pistol Eksekutif Pati 20 meter antar matra non optik juara satu diraih oleh Brigjend TNI Edi Nur Habat dengan nilai Slow Fire 94,02 Rapid Fire 99,05 total nilai 193,07, juara dua Pati Sahli Kasau Bid. Iptek Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan, S.T.,M, Hum., M.Han., dengan nilai Slow Fire 89,00 Rapid Fire 100,04 total nilai 189,04, juara tiga Dirdok Kodiklatau Marsma TNI Yuniarsa Aditya Permana, S.E., M.M. dengan nilai Slow Fire 92,00 Rapid Fire 96,04 total nilai 188,04.

Tampil membanggakan pada materi Falling Plate Optic Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. meraih juara satu dengan total waktu 14.61 detik, juara dua Wakasau Marsdya TNI Andyawan Martono P., S.I.P., dengan total waktu 17.19 detik, juara tiga Dankodiklatau Marsdya TNI Dr. Arief Mustofa, M.M. dengan total waktu 19.32 detik dan materi Falling Plate Non Optic juara satu diraih oleh Kapusjianstralitbang TNI Marsda TNI Jorry S. Koloay S.I.P., M.Han. dengan total waktu 11.79 detik, juara dua Pangkoopsudnas Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S. M.M. dengan total waktu 15.63 detik, serta juara tiga Koorsahli Kasau Marsda TNI M. Fadjar Sumarijadji, M.Sc. dengan total waktu 21.38 detik.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Sekjen Kemhan RI) Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto., M.D.S., M.S.P., Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Ka BNPP) Marsdya TNI Kusworo, S.E., M.M., Wakasau Marsdya TNI Andyawan Martono Putra, S.I.P., M.Tr.(Han)., Pangkoopsudnas Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S, M.M., Dankodiklatau Marsdya TNI Dr. Arif Mustofa, M.M., dan para pejabat di lingkungan Mabesau.

Continue Reading
Advertisement

Trending