Connect with us

Ibukota

Pelaksanaan HBKB Jakarta Barat Di Dua Lokasi

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – Hari Bebas Kendaraan Bermotor(HBKB) yang  digelar Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat akan dilaksanakan di dua lokasi pada hari Minggu (28/6).Hal tersebut diungkapkan Asisten Prekonomian Pembangunan Jakarta Barat,Fredy Setiawan dikantornya.

“Untuk Jakarta Barat ada dua titik pelaksanaan HBKB, dengan delapan ruas jalan, yakni Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk dan kawasan SPB Kembangan yang meliputi Jl Puri Elok, Jl Puri Ayu 1, Jl Puri Molek 1, Jl Puri Molek, Jl Puri Harum dan Jl Puri Ayu,” kata Fredy.

Dijelaskan, HBKB dimulai pukul 06.00 hingga 09.00. Pada saat pelaksaanan HBKB tidak ada aktifitas ekonomi seperti berjualan makanan dan minuman. “HBKB akan digelar setiap Minggu. Petugas akan mengawasi pedagang. Jadi, hanya untuk berolahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, harus menggunakan masker, jaga jarak dan sebagainya,” jelasnya.

Menurut Fredy , dua lokasi tersebut dipilih karena Jalan Hayam Wuruk-Gajah Mada sebelumnya sudah pernah digelar HBKB. Sedang kawasan SPB Kembangan dinilai kawasan yang telah tertata, rapi dan terus berkembang. “Kawasan SPB ini pergerakan orang dan kendaraan tidak terlalu banyak, sehingga yang berolahraga nyaman,” ujarnya.

Fredy menambahkan,bahwa pelaksanaan HBKB tindaklanjut dari tingkat provinsi, terkait HBKB di Sudirman-Thamrin pekan lalu. Selanjutnya HBKB digelar serentak di lima wilayah kota.

Penulis : Jaya Hidayat

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibukota

1200 Warga Penjaringan Ikuti Rapid Test

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – Sebanyak 1200 warga Kecamatan Penjaringan Ikuti test cepat massal (Rapid Test) di Waduk Pluit, Minggu (12/7). Kegiatan ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan menciptakan Jakarta Utara merdeka dari Covid-19.

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan sangat berterimakasih atas layanan rapid test Relawan Indonesia Bersatu di Kecamatan Penjaringan.

“Terimakasih kepada Bapak Sandiaga Uno dan Relawan Indonesia Bersatu lawan Covid-19 atas pemeriksaan rapid test atau PCR yang dilakukan buat warga kami,” katanya.

Ditambahkan Sigit dengan target sebanyak 1200 ini menjadi penting untuk menciptakan Jakarta Utara bisa merdeka dari Covid-19. “Setiap waktu kami terus melebarkan akses untuk mendapatkan pemeriksaan, baik yg dikerjakan jajaran Sudin Kesehatan ataupun relawan seperti RIB,” tambahnya.

Dengan kegiatan yang dilakukan ini, Sigit berharap seluruh anggota RIB diberikan kesehatan dan kekuatan agar terus dapat melaksanakan, memberikan baktinya kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Untuk menghentikan pandemi Covid-19, harapannya kegiatan serupa juga bisa dilakukan kembali di wilayah Jakarta Utara lainnya,” tuturnya.

Sementara Ketua Relawan Indonesia Bersatu Sandiaga Uno mengatakan jika kegiatan yang dilakukan ini bertujuan untuk memutus mata rantai covid-19.

“Dan meringankan beban biaya masyarakat yang harus melakukan rapid test dengan biaya yang tinggi hari ini kami Relawan Indonesia Bersatu Melawan Covid-19 menyelenggarakan rapid test di Penjaringan di Kelurahan Pluit di wilayah Jakarta Utara,” katanya.

Untuk wilayah selanjutnya, Sandi menambahkan Relawan Indonesia Bersatu akan bergerak ke Kecamatan Tanjung Priok.

“Jadi insya Allah kami akan terus bergerak dan Pak Wali Kota sudah memberitahukan di daerah Tanjung Priuk akan menjadi sasaran berikutnya dalam test kesehatan memutus mata rantai COVID-19,” ucapnya.

Sementara Oman tokoh pemuda Kecamatan Penjaringan mengatakan pada Sentana.”kami sangat mengapresiasi kepada Pak Sigit yang menghadiri acara ini, semoga selalu sehat,” ungkapnya di lokasi.

Penulis : Sutarno

Continue Reading

Ibukota

Hasil Rapid Test Massal 647 ASN Jakut Non Reaktif

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – Sebanyak 647 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di lingkungan kantor Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara telah menjalani rapid test massal yang diadakan di Ruang Bahari, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara, dr. Yudi Dimyati menjelaskan, rapid test massal bagi ASN Jakarta Utara sudah dilaksanakan sejak Senin (6/7) hingga Kamis (9/7) sore.

“Alhamdulillah, hasil rapid test secara keseluruhannya adalah non reaktif. Sedangkan pelaksanaan rapid test massal di Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara bertujuan untuk memastikan bagaimana kondisi ASN Jakarta Utara hingga saat ini,” ungkapnya

Ia menegaskan, apabila ditemukan kasus positif akan langsung dilakukan isolasi untuk memutus mata rantai penularan dan terjadinya kluster penularan baru di lingkungan Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara. Langkah percepatan penanganan COVID-19 akan terus berjalan untuk mencegah penyebaran.

Saat pelaksanaan rapid test massal, Sudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara menerjunkan 15 petugas kesehatan di setiap sesinya. Dengan mengenakan kelengkapan alat pelindung diri (APD) dan menerapkan protokol kesehatan, belasan petugas kesehatan secara bergantian menjalankan kegiatan rapid test.

“Bukan hanya petugas kesehatannya saja tapi ASN yang terdata sebagai peserta rapid test massal juga harus menerapkan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, jaga jarak fisik dan rutin mencuci tangan pakai sabun. Langkah yang sederhana namun sebagai antisipasi untuk mencegah penularan COVID-19,” terangnya.

Sutarno

Continue Reading

Ibukota

PKK Jakut Kampanyekan Kantong Belanja Ramah Lingkungan

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Suni Sigit Wijatmoko mengajak masyarakat Jakarta Utara untuk segera beralih menggunakan kantong belanja ramah lingkungan. Hal itu sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 tentang kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan pada pusat perbelanjaan, toko swalayan,pasar jaya dan pasar tradisional

Larangan penggunaan kantong plastik sudah diberlakukan sejak 1 Juli 2020 di wilayah DKI Jakarta. “Jangan lagi memakai kantong kresek untuk belanja di pasar ataupun hal lainnya. Mulai dari sekarang biasakan membawa kantong belanja ramah lingkungan yang bisa digunakan berulang kali,” tegas Suni di Kantor Sekretariat PKK Kota Administrasi Jakarta Utara,

Ia menambahkan, bukan hanya kantong belanja tapi juga harus menggunakan peralatan makan dan minum yang bisa dipakai berulang kali. “Semuanya itu harus dimulai dari diri sendiri kemudian ditularkan ke orang sekitar kita. Kebiasaan itu juga harus ditanamkan ke anak-anak biar lebih membudaya sampai dewasa nanti,” ujarnya.

Dengan merubah kebiasaan ke arah yang lebih baik akan memberikan efek yang positif seperti jumlah sampah plastik akan berkurang, menekan tingkat pencemaran lingkungan, lebih sehat dan hemat. “Kita juga bisa berkreasi membuat kantong belanja sendiri dari bahan-bahan yang ramah lingkungan,” tutur Suni.

Sutarno

Continue Reading
Advertisement

Trending

Copyright © 2019 HarianSentana.com. Theme by PT. Ciptamedia Kreasi.