Connect with us

Polhukam

Ribuan Putra-Putri Asli Papua Jalani Pendidikan Bintara TNI di Sejumlah Rindam

Published

on

Papua, Hariansentana.com – Sebanyak 1.000 calon Bintara TNI dari Putra dan Putri asal Papua disejumlah Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) di Pulau Jawa menjalani Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI yang merupakan program Otonomi Khusus di wilayah Kodam XVIII/Kasuari 2020.

“Jadi, sengaja kami sebar di Pulau Jawa. Pertama, saya selaku Pangdam, kami punya Rindam tapi belum sempurna. Jadi, ada berapa pembina pengasuh pelatih dan alat fasilitas sarana belum terpenuhi sehingga kami titipkan di luar Kodam XVIII/Kasuari,” kata Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, dalam tayangan Youtube TNI AD, Minggu (7/2/2021).

Lebih lanjut disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari, kedua tujuannya dalam rangka memberikan wawasan sehingga para siswa calon bintara mengetahui dan mengenal Indonesia secara utuh, bukan hanya Papua dan Papua Barat. Ketiga, jumlah siswa calon bintara yang lolos seleksi cukup banyak mencapai 1.000 orang, sehingga tidak mungkin bisa ditangani pendidikannya hanya oleh satu Rindam.

“Kebetulan yang kami lihat siap dan bagus itu sementara di daerah Jawa, dan kebetulan kosong pendidikan di sana sehingga kami titip pendidikan di daerah Jawa,” ujarnya.

Sebanyak 1.000 calon Bintara tersebut, terdiri atas 330 siswa dikirim ke Rindam III/Siliwangi Bandung, 240 siswa Bintara ke Rindam IV/Diponegoro Semarang, 260 siswa ke Rindam V/Brawijaya Surabaya dan 130 calon Bintara ke Rindam Jaya Jakarta.

Sebanyak 40 putri asli Papua mengikuti pendidikan di Pusat Pendidikan (Pusdik) Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad), Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Komandan Rindam IV/Diponegoro Kolonel Inf Tarsono menjelaskan, setiap prajurit siswa yang mengikuti pendidikan harus melewati tes diagnostik untuk mengetahui kemampuan masing-masing, baik kemampuan akademis, kesehatan, maupun jasmani.

Para calon Bintara Prajurit Karier (PK) Otsus Papua tersebut menempuh pendidikan selama 20 minggu, terhitung mulai 4 November 2020 hingga 23 Maret 2021, dengan materi pendidikan dasar keprajuritan.

Sementara itu, Komandan Rindam Jaya Jakarta Kolonel Inf Prasetyo menjelaskan materi pendidikan pertama Bintara PK dan umum adalah sama. “Hanya mereka ada perbedaan ketika mereka kejuruan, nanti di Puslatpur khusus cabang umum murni keinfanterian, sedangkan Otsus lebih banyak teritorial karena mereka lebih banyak diarahkan sebagai Babinsa (Bintara Pembina Desa) di satuannya kelak,” katanya.

Program Bintara Otsus tersebut memang membuka kesempatan sebanyak-banyaknya bagi putra dan putri asli Papua menjalani pendidikan militer, termasuk bagi mereka yang pernah gagal ikut seleksi terdahulu.

Seperti diungkapkan Jefri Wilson, salah satu siswa Secaba Otsus Papua yang sudah pernah mendaftar masuk TNI sebanyak empat kali sebelum mendaftar program Otsus. “Saya pernah ikut seleksi Secaba, mendaftar sekitar 4 kali, waktu itu mendaftar tidak lulus juga dan sekarang saya lulus seleksi Secaba,” katanya, seraya bersyukur akhirnya lolos program Otsus.

 

Polhukam

Kolonel Nav Sani Salman Nuryadin dan Kolonel Pnb Hantarno Edi Sasmoyo resmi jabat Danlanud SUT serta Danlanud SIM.

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Panglima Koops Udara I Marsda TNI Mohammad Nurdin pimpin upacara serah terima jabatan Komandan Lanud Sutan Sjahrir dan Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda. Bertempat di GOR Antarikshe Makoops Udara I. Dihadiri oleh Ir Koops Udara I Marsma TNI Arifaini Nur Dwiyanto, M.Han., Para Asisten, Sahli, Kasatker, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Koopsud I serta tamu undangan dari Alumni AAU 1996 “Parasena”, 1997 “Maguwo” dan 1998 “Pajero”. (Senin, 19-2-2024).

Serah terima jabatan Danlanud SUT dari Kolonel Nav Saeful Rakhmat yang selanjutnya menjabat Waaspers Kaskoopsudnas, diserahkan kepada Kolonel Nav Sani Salman Nuryadin yang sebelumnya menjabat Kasubdisintelud Dispamsanau. Kemudian jabatan Komandan Lanud SIM dari Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono, S.Sos., yang selanjutnya menjabat Danwingtar AAU, diserahkan kepada Kolonel Pnb Hantarno Edi Sasmoyo, M.Han., yang sebelumnya menjabat Waaspers Kaskoopsudnas.

Diwaktu dan tempat yang sama, dilaksanakan pula serah terima jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 14/Daerah I Lanud SUT dari Ny. Cicik Saeful kepada Ny. Nandya Sani Salman serta Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 20/Daerah I Lanud SIM dari Ny. Septi Yoyon Kuscahyono kepada Ny. Tasha Sasmoyo, yang dipimpin Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Koopsud I, Ny. Erin Mohammad Nurdin, disaksikan para pengurus PIA Ardhya Garini Lanud SUT, Lanud SIM dan pengurus PIA Ardhya Garini Koops Udara I.

Dalam sambutan saat refreshment, Pangkoops Udara I menyampaikan ucapan “Terima kasih dan penghargaan yang setingginya kepada Kolonel Nav Saeful Rakhmat dan Ny. Cicik Saeful serta Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono, S.Sos., dan Ny. Septi Yoyon Kuscahyon, atas dedikasi dan loyalitasnya selama menjabat sebagai Danlanud SUT dan Danlanud SIM serta Ketua PIA Ardhya Garini Lanud masing-masing” ujar Pangkoops Udara I.

Lebih lanjut Pangkoops Udara I menyampaikan, “Terimakasih juga atas prestasinya dalam menjaga kedisiplinan anggota, keharmonisan dengan Forkopimda setempat dan masyarakat sekitar, serta dapat menciptakan safety dalam setiap pelaksanaan tugas di Lanud SUT dan Lanud SIM” jelas Alumni AAU ’96.

Menutup amanatnya Pangkoops Udara I berpesan kepada para pejabat yang telah dilantik agar, “Laksanakan tugas dan tanggungjawab jabatan dengan sebaik-baiknya. Optimalkan kedisiplinan anggota agar terhindar dari hal-hal yang negatif. Bina hubungan yang harmonis dengan anggota dan keluarganya serta bijak dalam bermedsos. Kemudian selalu perkuat kerjasama dan sinergitas yang baik dalam menjalankan roda kehidupan kedinasan di wilayahnya dengan berbagai unsur terkait” tutup Marsda TNI Mohammad Nurdin.

Continue Reading

Polhukam

Jaga Netralitas TNI dan Stabilitas Keamanan Pasca Pemilu

Published

on

Koopsud I, Hariansentana.com — “Para Prajurit tetap menjaga netralitas TNI dan stabilitas keamanan pasca Pemilu, dengan menjaga diri agar tidak terpancing dengan provokasi atau isu-isu yang dapat memicu konflik,” demikian cuplikan amanat Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. yang dibacakan Panglima Komando Operasi Udara I Marsda TNI Mohammad Nurdin yang bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Bendera tujuh belasan di bulan Februari yang berlangsung di Lapangan Upacara Makoopsud I. Senin (17/2/2024).

Upacara bendera bulanan yang dilaksanakan setiap tanggal 17 ini diikuti seluruh pejabat dan anggota Makoopsud I berjalan dengan lancar dan khidmat, dengan Komandan Upacara Letkol Kes Aris Widiyono, A.Md. yang sehari-hari menjabat sebagai Kasidukkes Kes Koopsud I.

Pada kesempatan tersebut Kasau menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Pegawai Negeri Sipil dan seluruh keluarga prajurit TNI Angkatan Udara yang telah berpartisipasi dalam memberikan hak pilihnya di Pemilihan Umum beberapa hari yang lalu.

Lebih lanjut Kasau juga berharap kepada Komandan Satuan agar terus meningkatkan sinergitas antara TNI-Polri, dengan sinergitas yang baik di seluruh jajaran, maka stabilitas keamanan pasca pemilu akan dapat tercapai sesuai harapan kita bersama.

Mengakhiri amanatnya Kepala Staf Angkatan Udara menekankan kepada para personel TNI Angkatan Udara untuk tetap alert terhadap dampak perubahan iklim dan potensi cuaca ekstrem. Tingginya curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia sejak awal tahun 2024 hingga saat ini tentunya berdampak pada meningkatnya potensi kerawanan dan resiko keselamatan.

“Untuk itu, saya mengingatkan kembali akan pentingnya menempatkan aspek keselamatn sebagai prioritas utama dalam setiap pelaksanaan terbang dan kerja dengan tegas dan tanpa kompromi,” tegas Kasau.

Continue Reading

Polhukam

Tutup Kampanye Terakhir, H.Tri Waluyo Caleg DPRD DKI Partai PKB dihadiri Ribuan Simpatisan

Published

on

By

Jakarta, Hariansentana.com — Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil DKI Jakarta 3 (Penjaringan,Pademangan,Tanjung priok) dari Partai PKB dengan nomor urut 2 H. Tri Waluyo. SH, pengusaha perikanan di pelabuhan Muara Angke menutup kampanye terakhirnya di Halaman parkir Ruko Permata jalan Budi Mulia Raya Rw. 16. Kelurahan Pademangan Barat , Kecamatan Pademangan, Kota Administrasi Jakarta Utara Sabtu (10/2/2024) sore dihadiri ribuan warga sekecamatan pademangan.

Pada kesempatan tersebut, H. Tri Waluyo menjelaskan selama masa kampanye telah mendapatkan banyak masukan dan aspirasi dari masyarakat terutama di Dapil Jakarta 3 pada sektor Ketenagakerjaan dan masalah kenaikan harga sembako di pasar.

“Dari blusukan itu, saya paham betul kebutuhan mendesak dari masyarakat saat ini, yaitu harga-harga bahan pokok yang kian menjulang tinggi dan sulitnya mencari pekerjaan bagi masyarakat pademangan. Dua hal ini akan menjadi fokus perhatian saya bila saya diberi kepercayaan oleh warga untuk menjadi anggota DPRD DKI,” kata H. Tri Waluyo di lokasi Sabtu (10/2/2024).

Acara yang di hadiri oleh tokoh masyarakat Pademangan,Tri Waluyo mengatakan pada hari terakhir kampanye ini kegiatan kampanye dilakukan dengan lebih memperkuat doa langitan dengan memberikan bantuan bazar beras murah, bagi warga sekecamatan pademangan.

Lebih lanjut, Tri Waluyo memaparkan program Peduli Rakyat Kecil dan UMKM pemberian wireles speaker dan seragam bagi ibu-ibu pengajian majelis taklim guna memperkuat kekuatan langitan doa bersama warga kepada Allah SWT untuk meraih DKI Jakarta sejahtera.

Pemberian wireless speaker bagi RT dan RW guna memperkuat kegiatan warga dalam Kantimas, kerja bakti kekuatan doa bersama warga kepada Allah SWT untuk meraih DKI Jakarta sejahtera.

Sementara Hj. Ratih tokoh masyarakat wanita Kecamatan Pademangan, menggatakan, “Kami mengundang warga sekitar 1,8 ribu warga sekelurahan Pademangan (Ancol, Pademangan timur, pademangan barat) mengharapkan partisipasi warga karena kami ingin kecamatan pademangan ada yang memperhatikan,” ungkapnya. (Sutarno)

Continue Reading
Advertisement

Trending