Connect with us

Bodetabek

PWI Kab.Bogor – Disaster Academy Jajaki Kerjasama Sosialisasi Resiko Kebencanaan

Published

on

Bogor, Hariansentana.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor dan Disaster Academy mencoba menjajaki kerjasama dalam hal pendidikan dan sosialisasi resiko kebencanaan. Wartawan yang setiap hari bekerja di lapangan, tidak akan terlepas dari musibah yang mengancam setiap harinya.

Disaster Academy sendiri merupakan lembaga non profit yang memfokuskan pada pendidikan dan sosialisasi pengurangan resiko bencana, dan pertolongan pertama pada kecekakaan di masyarakat. Karena itulah, menjadi penting untuk menjalin kerjasama dengan PWI Kabupaten Bogor, sehingga perannya memberikan sosialisasi kepada masyarakat ini bisa menjadi maksimal.

“Jika selama ini teman-teman relawan yang berpengalaman langsung terjun ke lapangan secara pribadi pribadi, maka semenjak 2018 mereka berkumpual di Disaster Academy,” kata Hari Priyatna, pendiri Disaster Academy, di kantor PWI Kabupaten Bogor, Hari Priyatna.

Lebih lanjut Hari menambahkan, kehadiran PWI Kabupaten Bogor merupakan salah satu bentuk program kerjasama dalam rangka menyosialisasikan tentang pengurangan resiko bencana. Apalagi temen-teman wartawan sendiri menurutnya sangat rentan berhubungan dengan hal ini, ketika terjun ke lokasi bencana dan lainnya untuk meliput berita.

“Makanya dalam waktu dekat ini, kami sudah berbicara dengan pengurus PWI Kabupaten Bogor untuk memberikan pelatikan management resiko dan pertolongan pertama, serta pengurangan resiko bencana untuk teman-teman wartawan di Kabupaten Bogor,” papar Hari

Sementara Sekretaris PWI Kabupaten Bogor,  M. Nurofik mengatakan, bahwa para anggota PWI Kabupaten Bogor dalam menjalankan tugas jurnalisnya membutuhkan pengetahuan terkait kebencanaan. “Kita cari waktu yang tepat untuk mengadakan pelatihan untuk anggota kami,” kata Nurofik, saat menerima delegasi Disaster Academy di Kantor PWI Kabupaten Bogor, Kamis (10/6/2021).

Nurofik mengatakan, kehadiran Disaster Academy ini cukup penting, walaupun pada unsur pemerintahan sudah tersedia, seperti BPPD, Dinas Sosial dan lainnya. “Tetapi ketika lebih banyak unsur yang terlibat, sepertinya akan lebih maksimal mengenai penanganan kebencanaan ini. Apalagi Disaster Academy memberikan sosialisasi langsung pada masyarakat umum,” ujarnya.

Lebih lanjut Nurofik mengatakan, dengan adanya pengetahuan tentang kebencanaan ini, jurnalis yang sedang bekerja di lapangan bisa mengantisipasi berbagai bahaya yang mungkin datang. “Musibah atau bencana bisa terjadi pada siapa saja, termasuk jurnalis. Karena itulah, rekan-rekan jurnalis perlu juga mendapatkan pengetahuan bagaimana mengurangi resiko bencana ini. Jangan sampai rekan jurnalis yang hendak meliput, malah menjadi korban. Itu yang tidak kita inginkan, sehingga menjadi penting saat wartawan meliput di lapangan mendapatkan bekal pengetahuan ini,” paparnya.

Sementara itu, pada kesempatan audiensi Disaster Academy ke kantor PWI Kabupaten Bogor, H. Unang Rusnadi selaku Ketua Disaster Academy menyampaikan bahwa pada dasarnya banyak sekali program sosialisasi yang bisa dikerjasamakan dengan teman-teman wartawan. Karena menurutnya, semakin banyak masyarakat tahu mengenai sosialisasi kebencaaan ini, maka akan lebih bagus.

“Jangan langsung dikecilkan, jika bencana itu hanya longsor, banjir, kebakaran dan lainnya, tetapi banyak sekali spesifikasinya. Seperti misalnya, penanganan luka bakar dan lainnya. Bahkan dalam keadaan pendemik Covid-19 saat ini, peran serta teman-teman wartawan sangat besar untuk mensosialisasikan tentang pandemik ini melalui media yang dikelolanya,” ujarnya.

Penulis: Dedy firdaus/Subur

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bodetabek

PWI Kabupaten Bogor Apresiasi Dishub Kabupaten Bogor Pasang Satu Unit Jalan Penerangan Umum (JPU)

Published

on

By

Bogor, Hariansentana.com –– Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor, mengucapkan terima kasih kepada UPT Perhubungan 1 Cibinong, pada Dishub Kabupaten Bogor, yang telah mengadakan pemasangan satu unit tiang Jalan Penerangan Umum (JPU) kepada organisasi keprofesian tersebut.

Hal itu disampaikan ketua PWI Kabupaten Bogor, Subagiyo saat memperoleh informasi bahwa Gedung Graha Wartawan yang dikomandoinya itu.

“Terima kasih saya sampaikan kepada jajaran Dishub Kabupaten Bogor atas pengadaan satu tiang JPU di gedung Graha Wartawan dari kami pengurus beserta anggota PWI Bumi Tegar Beriman,” ungkap Subagiyo, Selasa (21/5/2024).

Sementara itu, Wakil Ketua I Bidang Organisasi Keprofesian Kewartawan (OKK) pada PWI Kabupaten Bogor, Dedy Firdaus mengaku sangat mengapresiasi atas respone cepat yang diajukan PWI Kabupaten Bogor melalui sekretariat dalam mengajukan pengadaan penerangan di area gedung graha Wartawan Cibinong, pada hari ini.

“Saya sampaikan juga terima kasih kepada pak Kadishub Kabupaten Bogor, bapak Agus Ridho beserta kepala UPT Perhubungan 1 Cibinong yang dikepalai Sujana atas respone cepat dalam pemasangan JPU di Graha Wartawan Cibinong,” ungkapnya.

Diakuinya, bila selama keluarga besar PWI Kabupaten Bogor menempati gedung graha wartawan warisan dari eks Bupati Bogor Ade Yasin ini, kondisinya selalu gelap saat malam tiba. 

“Memang benar, selama ini gedung graha wartawan Cibinong ini selalu gelap jika malam datang. Namun insya Allah setelah dipasangkan tiang JPU oleh Dishub Kabupaten Bogor melalui UPT Perhubungan 1 Cibinong jadi lebih terang lagi. Terima kasih banyak saya sampaikan atas nama keluarga besar PWI Bumi Tegar Beriman,” imbuhnya.

Terpisah, Staf bagian pengawas pada UPT Perhubungan 1 Cibinong, Teko Santoso menyampaikan jika pengadaan JPU yang dilakukannya beserta ketiga staf UPT Perhubungan 1 Cibinong, ditugaskan untuk pemasangan yang dilakukan jajarannya itu sebanyak dua (2) unit.

“Untuk pemasangan tiang lampu penerangan sebanyak dua unit. Satu dibagian belakang gedung satu lainnya di halaman depan graha wartawan Cibinong,” bebernya.

Ia juga menjelaskan, pemasangan kedua unit JPU ini berdasarkan perintah dari kepala UPT Perhubungan 1 Cibinong melalui surat permohonan yang diajukan rekan-rekan jurnalis yang tergabung dalam PWI Kabupaten Bogor.

“Pemasangan ini atas Surat Perintah Kerja (SPK) dari kepala UPT Perhubungan 1 Cibinong yakni bapak Sujana kepada kami, pada hari ini. Yang insha Allah hari ini akan selesai dikerjakan untuk pemasangan 1 unit PJU pada bagian belakang. Satu unitnya lagi akan dipasangan dalam beberapa hari kedepan, intinya mudah-mudahan secepatnya,” papar nya…( Tabrani / Dedy F )

Continue Reading

Bodetabek

Pimpin Apel Perdana Pasca Lebaran, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang Berikan Penghargaan dan Gelar Halal Bi Halal

Published

on

HALAL BI HALAL- Pimpin Apel, Tampak H. Nurus Sholihin, A.Ptnh, MM, Kapala Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang bersalaman dalam acara Halal Bi Halal usai Pimpin Apel. (Foto Ist).

Karawang, Hariansentana.com – H. Nurus Sholichin, A.Ptnh, MM, selaku Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang, bertindak sebagai Pembina memimpin Apel perdana pasca libur lebaran, Selasa (16 April 2024).

Dalam amanatnya, Nurus menyampaikan bahwa, Kantor Pertanahan wajib melaksanakan Work From Office 100% sesuai arahan dari Sekjen Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

“Juga mengingatkan
bahwa, Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang termasuk ke dalam Kantor Prioritas yang harus meraih Zona Integritas, Kabupaten Lengkap dan Kabupaten Elektronik,” tandasnya melalui keterangan, Selasa (16/4).

Pada kesempatan ini juga, H. Nurus Sholichin, A.Ptnh, MM memberikan penghargaan dengan kategori Pengumpul Data Yuridis dan Pengumpul Data Fisik Pemberkasan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kabupaten Karawang tertinggi selama libur lebaran.

“Untuk meningkatkan kinerja dalam pelayanan dilakukan penyerahan mobil operasional Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap guna mendukung pelaksanaan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap untuk
masing-masing Tim siang nanti,” pungkasnya.

Selesai apel dilanjutkan dengan acara halal bi halal. (Red).

Continue Reading

Bodetabek

Indocement Menyelenggarakan Kegiatan Momen Ramadhan 1445 Hijriah

Published

on

By

Bogor, Hariansentana.com — PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (Indocement), salah satu produsen semen terkemuka di Indonesia,mendistribusikan bantuan beras zakat seberat 27 ton, dan 635 paket sembako .

Bantuan tersebut,disalurkan pada sejumlah desa, yang berada dikawasan tersebut, seperti desa Hambalang, Tajur, Tarikolot, Pasir Mukti, Lulur, Leuwikaret dan Nambo.
Demikian diungkap Sekretaris Perusahaan Indocement, Dani Handajani kepada wartawan,Rabu (2/4).

Kegiatan sosial dan keagamaan pada bulan Ramadan 1445 H, dilakukan di tiga kompleks pabrik Indocement dan melibatkan masyarakat desa mitra yang berada di sekitar daerah operasional Indocement .

Selain di kawasan pabrik Citereup ,lanjut Dani, kegiatan juga dilakukan di Kompleks Pabrik Cirebon, Indocement dengan menyalurkan sebanyak 10.110 paket sedekah Ramadan kepada masyarakat desa mitra serta mengadakan buka puasa bersama dan tawarih keliling di empat puluh lokasi masjid dan musala di desa mitra.

Tak hanya itu, serikat pekerja unit Palimanan Cirebon juga turut berperan dengan memberikan santunan kepada 400 anak yatim dari desa mitra serta anak yatim piatu dari beberapa yayasan di Cirebon.

Di Kompleks Pabrik Tarjun, karyawan Indocement juga tidak ketinggalan memberikan donasi kepada anak yatim piatu dari Desa Tarjun dan Desa Langadai.

Selain itu, mereka juga mengadakan kegiatan media gathering bersama jurnalis Kabupaten Kotabaru serta menyerahkan bantuan kepada anak yatim piatu di Panti Asuhan Al-Istiqomah, Kotabaru, ujar Dani.

Dani Handajani, mengungkapkan bahwa semua kegiatan ini merupakan wujud komitmen Indocement untuk memberikan kontribusi positif pada bulan suci Ramadan.

“Kami berharap masyarakat desa mitra Indocement dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh masyarakat Indonesia, semoga ibadah puasa dan mudik lebaran berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar,” papar nya.

Sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, Indocement terus berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Dengan berbagai program CSR dan kegiatan sosial lainnya, Indocement berupaya menjadi mitra yang berkelanjutan bagi pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia…..( Tabrani/ Dedy F )

Continue Reading
Advertisement

Trending