Connect with us

Nasional

Polres Kepulauan Seribu, Polair PMJ & Mabes Polri Bantu Basarnas Temukan Korban Pesawat SJ-182

Published

on

Jakarta.Hariansentana.com- Memasuki hari ke 3 pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182, jajaran Polres Kepulauan Seribu dibawah pimpinan Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Eko Wahyu Fredian bergabung dengan tim dari Ditpolair PMJ & Polair Baharkam Polri bersama-sama dengan Basarnas masih terus melakukan pencarian di perairan Kepulauan Seribu, Senin (11/01/2021).

“Kami bersama dengan tim gabungan Ditpolair Polda Metro Jaya, Polair Baharkam Polri dan Basarnas terus melakukan pencarian korban serta puing-puing kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182,” tutur AKBP Eko Wahyu.

AKBP Eko menambahkan, bahwa pagi tadi selesai melaksanakan apel konsolidasi pukul 06.00 WIB di Pulau Lancang timnya mulai bergerak menuju titik lokasi jatuhnya pesawat disekitaran antara Pulau Laki dan Pulau Lancang Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Masih kata AKBP Eko, dalam pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang dilakukan hari ini, selain turut membantu dan memback-up kegiatan Tim Basarnas, Tim Baharkam Polri dan Tim Ditpolair Polda Metro Jaya pihak Polres Kepulauan Seribu juga telah melibatkan nelayan untuk mencari pesawat yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu dimaksud.

“Kami sudah menyampaikan kepada para Babinkamtibmas jajaran untuk menggerakkan seluruh nelayan-nelayan di Kepulauan Seribu, karena angin barat ini kita tidak tahu kemana arahnya serpihan. Jadi seluruh masyarakat bersama Babinkamtibmas mencari dan membantu melakukan pencarian semaksimal mungkin,” jelasnya.

hasil penelusuran hari ini, tim gabungan berhasil menemukan beberapa puing-puing pesawat, bagian anggota tubuh korban. Temuan di maksud selanjutnya diangkat, dikumpulkan dan diserahkan kepada Tim Basarnas di KM Wisnu selanjutnya akan dikirim ke posko DVI dan Forensik Biddokes Polri yang berada di JICT Tanjung Priok.

“Mohon doa dan dukungan dari semuanya agar seluruh korban dapat segera ditemukan,” ujar Kapolres Eko.

Penulis : Tarno.

Ibukota

ASN Walikota Adminitrasi Jakarta Utara Dimotivasi Ciptakan Inovasi di Masa Pandemi

Published

on

Jakarta,Hariansentana.com – Silaturahmi pimpinan awal tahun 2021 terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai yang bertugas di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara kembali dilanjutkan. Kali ini, giliran Bagian Umum dan Protokol yang dimotivasi agar dapat bekerja masksimal meski tengah di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Rabu (13/1).

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara Desi Putra mengatakan, silaturahmi pimpinan ini merupakan upaya pimpinan Pemerintah Kota Administrasi Kota Jakarta Utara dalam meningkatkan kinerja ASN dan pegawai. Diisi dengan penyampaian motivasi agar ASN dan Pegawai tergerak untuk menciptakan motivasi dalam memberikan pelayanan masyarakat.

“Pagi hari ini kami unsur pimpinan Kota Administrasi Jakarta Utara, Wali Kota (Sigit Wijatmoko), Wakil Wali Kota (Ali Maulana Hakim), Sekretaris Kota (Desi Putra), didampingi Asisten Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Wawan Budi Rohman) dan Kepala Bagian Umum dan Protokol (Win Gayo) melaksanakan kegiatan silaturahmi dengan ASN dan Pegawai yang bertugas di Bagian Umum dan Protokol,” Ungkap Desi putra, saat ditemui di Ruang Rapat Bersama, Lantai 6 Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (13/1).

Dijelaskannyalebih lanjut,Bagian Umum dan Protokol merupakan penanggungjawab kegiatan.(leading sektor) dalam mempersiapkan pelayanan masyarakat terbaik di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara. Untuk itu, ASN dan pegawai harus mampu menunjukkan performasi terbaik agar pelayanan masyarakat dapat semakin baik dan menyenangkan pula.

“Motivasi-motivasi yang disampaikan terkait dengan persiapan kita menghadapi Covid-19 yang selalu berkembang dengan pesat dan apa yang harus kita lakukan. Ini semua demi menciptakan pelayanan masyarakat yang semakin baik,” tutupnya.

Dalam kegiatan ini, seluruh ASN dan pegawai Bagian Umum dan Protokol diajak berkenalan dan berdiskusi dengan pimpinan Kota Administrasi Jakarta Utara. Termasuk menuliskan harapan sepanjang 2021 ini pada selembar kertas.

Penulis : Tarno

Continue Reading

Daerah

Secara Resmi, Pangdam XVII/Cenderawasih Resmikan Kodim 1703/Deiyai

Published

on

Papua, Hariansentana.com – Setelah melaksanakan kunjungan kerja pertama ke Kabupaten Nabire, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Deiyai untuk meresmikan Kodim baru 1703/Deiyai yang berada di Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua, Selasa 12 Januari 2021.

Dalam acara peresmian tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih didampingi Ketua Persit KCK PD XVII/Cenderawasih Ny Natalia Yogo Triyono, Danrem 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., sejumlah pejabat Kodam Cenderawasih dan Korem 173 PVB, Bupati Deiyai serta Forkompimda Kabupaten Deiyai.

Dalam arahannya, Pangdam menegaskan bahwa TNI Angkatan Darat tidak pernah lelah untuk terus bersinergi dan melibatkan diri dalam membangun situasi yang aman dan kondusif serta mensejahterakan masyarakat di wilayahnya.

“Untuk itu, Kodam Cenderawasih senantiasa berkomitmen mendukung seluruh program yang dijalankan Pemerintah untuk selalu melayani, mengamankan dan menyejahterakan kehidupan rakyat di wilayah Papua,” ujarnya.

Menurut Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, pembentukan Kodim 1703/Deiyai diharapkan dapat mendorong Pemerintah Kabupaten Deiyai, dalam melakukan percepatan pembangunan dan perekonomian masyarakat.

“Terkait hal itu, saya berharap kepada Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat, serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Deiyai, agar dapat mendukung Tugas Pokok Kodim 1703/Deiyai,” ucapnya.

Pangdam XVII/Cenderawasih juga berpesan kepada para prajurit yang berdinas di Kodim 1703/Deiyai, agar senantiasa memelihara fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dan laksanakan tugas dengan semaksimal mungkin.

“Tumbuhkan sikap dan rasa tanggung jawab yang tinggi, sehingga bangunan tersebut memiliki masa pakai yang panjang dan indah dipandang, karena secanggih apapun fasilitas yang kita miliki, tidak akan memberikan nilai tambah kalau tidak dirawat dengan baik,” pesannya.

“Buatlah terobosan inovatif dan kreatif serta laksanakan koordinasi dan komunikasi yang baik dan perintahkan kepada para Prajurit Kodim 1703/Deiyai untuk melaksanakan Pembinaan Teritorial yang tepat dan efektif, dengan selalu melibatkan peran seluruh komponen masyarakat serta Jadilah Ksatria Pelindung Rakyat sejati, yang selalu menghormati adat istiadat dan kearifan lokal Papua,” tutup Pangdam.

Continue Reading

Polhukam

Panglima TNI : Lokasi Penemuan FDR Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Sesuai Perkiraan

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsdya TNI Bagus Puruhito dan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono, menggelar konferensi pers terkait ditemukannya Flight Data Recorder (FDR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182, bertempat di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (12/1/2021).

Terkait kronologis ditemukannya FDR oleh penyelam dari TNI Angkatan Laut, Panglima TNI menyampaikan bahwa pada hari ini, Selasa 12 Januari 2021, tepat pukul 14.00 WIB, Kasal menyampaikan informasi bahwa sesuai dengan perkiraan yang sudah ditentukan di wilayah yang sudah ditandai, telah ditemukan bagian dari FDR.

Selanjutnya Panglima TNI memerintahkan kepada Kasal agar terus mencari FDR yang kemungkinan besar masih berada di sekitar wilayah yang telah ditandai. “Kasal menyampaikan bahwa bagian yang ditemukan justru adalah pecahan dan Underwater Beacon yang berfungsi memberikan sinyal,” ungkapnya.

Sekitar pukul 16.40 WIB, Kasal kembali melaporkan bahwa FDR telah ditemukan setelah tim penyelam melakukan operasi pencarian di sekitar titik temuan awal pecahan Black Box. “Kasal melaporkan kembali bahwa FDR sudah ditemukan dan dilaporkan pula bahwa Underwater Locator Beacon ditemukan sebanyak dua buah” kata Panglima TNI.

Selain FDR,  untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 juga dibutuhkan Cockpit Voice Recorder (CVR) yang merekam pembicaraan pilot. Panglima TNI meyakini bahwa CVR bisa segera ditemukan di sekitar lokasi penemuan FDR Black Box Sriwijaya Air SJ-182. “Kami meyakini semua bahwa beacon yang ada di CVR juga ditemukan di sekitar itu, maka dengan keyakinan yang tinggi, Cockpit Voice Recorder akan segera ditemukan,” ucapnya.

Menurut Panglima TNI, pasca ditemukannya Flight Data Recorder, proses evakuasi korban dan badan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 akan tetap dilakukan. “Badan pesawat perlu diangkat guna proses penyelidikan penyebab jatuhnya pesawat dan dalam rangka melengkapi data yang diperlukan oleh KNKT,” ujarnya.

Usai ditemukannya Flight Data Recorder, Panglima TNI secara simbolis menyerahkan secara langsung temuan Black Box atau kotak hitam Sriwijaya Air SJ-182 dari penyelam kepada Kabasarnas, yang kemudian dari Kabasarnas diserahkan kepada Ketua KNKT.

“Saya mewakili seluruh prajurit TNI di lapangan, anggota Polri di lapangan, dan stakeholder terkait menyerahkan hasil temuannya FDR kepada penanggung jawab operasi evakuasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yakni Kabasarnas,” kata Panglima TNI.

 

Continue Reading
Advertisement

Trending

Copyright © 2019 HarianSentana.com. Theme by PT. Ciptamedia Kreasi.