Connect with us

MotoGP

Pertamina Grand Prix of Indonesia Siap Digelar, Warga Antusias

Published

on

Lombok, HarianSentana.com – Pagelaran balapan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) siap digelar. Para pembalap siap beradu cepat di ajang balap sepeda motor terbesar di dunia ini.

Berbagai persiapan dilakukan Pertamina jelang perlombaan yang akan dimulai pada 19-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satunya yakni menghadirkan beberapa gerai merchandise resmi untuk menggairahkan perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Terpantau pada Jumat (18/3) sekitar pukul 11.00 WITA, jelang perhelatan MotoGP akhir pekan ini, penjualan merchandise Pertamina Grand Prix of Indonesia di Bandara Internasional Lombok terlihat ludes dibeli oleh masyarakat. Antusias pembeli didominasi oleh penumpang pesawat yang baru saja mendarat di Lombok. Merchandise yang dibeli berupa baju kaus bergambar Pertamina Mandalika International Circuit.

“Pertamina berupaya maksimal untuk memberikan suasana kegembiraan dan keseruan dalam perhelatan MotoGP yang baru kembali dilaksanakan di Indonesia sejak 25 tahun lalu ini,” kata VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman.

Pertamina juga membuka gerai khusus di sekitar kawasan sirkuit yang menjual merchandise resmi Pertamina Grand Prix of Indonesia dan menyajikan informasi terkait dengan produk-produk Pertamina seperti Pertamax Turbo, pelumas Enduro dan aplikasi MyPertamina. Terdapat juga gerai Bright Store yang menyediakan berbagai kebutuhan harian dan juga pernak-pernik event MotoGP 2022.

Salah satu persiapan yang juga dilakukan PT Pertamina (Persero) sebagai sponsor utama perhelatan ini yakni menghadirkan mural di lorong jalan sisi utara dan selatan sirkuit ini. Ini merupakan hasil kolaborasi Pertamina dengan 50 seniman baik dari NTB maupun kota lainnya di Indonesia yang dikerjakan selama 14 hari sebelum perhelatan MotoGP. Seniman tersebut tergabung dalam komunitas graffiti terbesar di Asia yakni Gardu House, Darbotz dan Stereoflow.

“Kita ingin membangun nuansa yang meriah di sirkuit. Dan juga ini sebagai bentuk dukungan dan kolaborasi dengan seniman baik dari NTB maupun dari kota lainnya di Indonesia di perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia,” ujar VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman.

Sementara itu, di hari ini semua pembalap mulai dari kelas Moto3, Moto2 dan MotoGP sudah melakukan latihan bebas (free practice) di Sirkuit Mandalika. Suasana ramai sudah mulai terlihat. Bahkan sudah banyak warga melakukan penukaran tiket untuk menyaksikan balapan di hari Sabtu dan Minggu mendatang.

Pertamina sendiri merupakan sponsor utama dalam ajang MotoGP 2022 ini. Ini dilakukan dalam upaya mendukung Instruksi Presiden Joko Widodo pada pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas. “Pertamina bersinergi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang merupakan sesama BUMN untuk mendukung pengembangan Sirkuit Internasional Mandalika,” kata Fajriyah.

Tak hanya terlibat dalam penyelenggaraan event Pertamina Grand Prix of Indonesia dan kerja sama penamaan sirkuit menjadi ‘Pertamina International Street Circuit’, Pertamina sebelumnya juga telah menyalurkan bantuan modal bergulir kepada UMKM di kawasan Mandalika. Program-program ini bertujuan untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan.()

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MotoGP

MotoGP Mandalika Berlangsung Sukses, Dirut Pertamina Bangga dan Sampaikan Terima Kasih

Published

on

By

Jakarta, HarianSentana.com – Ajang balapan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah selesai. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengapresiasi semua pihak yang telah menyusekseskan perhelatan balapan motor terbesar di dunia itu.

Meski dilaksanakan dalam kondisi hujan, Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 terlaksana dengan lancar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Miguel Oliveira keluar sebagai pemenang, disusul oleh Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha di urutan kedua dan Johann Zarco dari Pramac Racing Ducati di posisi ketiga.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dia mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terutama pada masyarakat NTB, masyarakat Lombok yang telah memberikan dukungan penuh, dan juga seluruh pihak baik penyenggara maupun seluruh pekerja yang siang malam menyiapkan kegiatan ini,” kata Presiden Jokowi.

Sementara Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati juga mengapresiasi terlaksananya MotoGP Mandalika 2022 yang berjalan dengan baik. Terlebih antusias masyarakat tinggi dalam acara balapan ini, meski cuaca hujan deras sebelum pertandingan berlangsung.

“Terima kasih kepada semua pihak yang membantu perhelatan akbar ini. Tentunya kami merasa bangga dan senang sekali bisa terlibat dalam kegiatan yang berjalan dengan baik dan sukses ini, meski tadi balapannya dalam cuaca hujan,” ujar Nicke.

Nicke mengatakan, event Pertamina Grand Prix of Indonesia tentu berdampak pada kebangkitan ekonomi, khususnya untuk kawasan NTB. Salah satunya kebangkitan para pegiat usaha UMKM.

“Tentu dengan adanya kegiatan ini membuka peluang untuk para pegiat UMKM di NTB untuk bisa memasarkan produk mereka, bahkan bisa mendunia, dan tentu berdampak pada kebangkitan ekonomi kita,” kata Nicke.

Ia menambahkankan, sejak 3 bulan lalu Pertamina sudah menyiapkan UMKM binaan Pertamina untuk hadir dalam event MotoGP Mandalika. Bahkan, Pertamina telah mengkurasi dan memilih sebanyak 50 UMKM untuk menyediakan kebutuhan pengunjung MotoGP Mandalika, terutama aneka makanan dan minuman.

“UMKM kita menyediakan aneka makanan dan minuman siap saji. Tak hanya itu, ada juga berbagai produk lokal seperti kopi, madu, kerajinan tangan dan juga tentunya souvenir khas Lombok yakni mutiara. Tentu ini jadi momen untuk UMKM di NTB bisa bangkit dan mendunia,” kata Nicke.

Untuk diketahui, Pertamina menjadi sponsor utama dalam MotoGP Mandalika 2022, baik dalam penamaan sirkuit yakni ‘Pertamina Mandalika International Street Circuit’ maupun dalam pelaksanaan event yakni ‘Pertamina Grand Prix of Indonesia’. Keterlibatan Pertamina ini dilakukan dalam upaya mendukung Instruksi Presiden Joko Widodo pada pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas.()

Continue Reading

MotoGP

Presiden Jokowi Lepas Parade Pembalap Pertamina Grand Prix of Indonesia

Published

on

By

Jakarta, HarianSentana.com – Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN, Erick Thohir dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, melepas 20 pembalap Moto GP pada acara Pertamina Grand Prix of Indonesia : Energy to Speed Up Parade yang akan melakukan konvoi dari Istana Negara ke Bundaran HI, Jakarta, Rabu (16/3).

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman menjelaskan kegiatan ini menjadi rangkaian awal untuk menyemarakkan perhelatan “Pertamina Grand Prix of Indonesia – MotoGP Mandalika 2022” yang akan diselenggarakan di Sirkuit Pertamina Mandalika pada tanggal 18-20 Maret 2022 mendatang.

“Parade Ini adalah suatu bentuk penghormatan dan penghargaan para pembalap dunia kepada Presiden RI Joko Widodo dan juga seluruh rakyat Indonesia yang diikuti oleh 20 riders, di antaranya adalah pembalap juara dunia seperti Marc Marques dan Pol Espargaro, Pembalap Pertamina Mandalika SAG Team, Bo Bendsneyder dan Gabriel Rodrigo, serta pembalap Indonesia Veda Ega Pratama,” terang Fajriyah

CEO Dorna Sport Carlos Ezpelata menyampaikan apresiasinya terhadap masyarakat Indonesia, terlebih lagi terhadap penerimaan MotoGP di Istana Negara secara langsung oleh Presiden Negara Republik Indonesia.

“Presiden Joko Widodo adalah penggemar berat MotoGP dan beliau berkali-kali berkeliling sirkuit dengan sepeda motornya. Jadi saya pikir itu adalah kebahagiaan besar bagi Presiden dan para pembalap serta suatu kehormatan yang luar biasa. Jadi kami sangat berterima kasih kepada negara Indonesia,” ungkap Carlos.

Lebih lanjut Carlos mengucapkan terima kasih kepada Pertamina sebagai sponsor MotoGP di Indonesia. Dan upaya banyak pihak termasuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir atas sehingga MotoGP dapat kembali hadir di Indonesia.

“Saya pikir semua warga Indonesia adalah tuan rumah MotoGP setelah sekian lama. Dan (acara) ini adalah cara terbaik untuk membuat semua orang sadar bahwa MotoGP telah kembali ke Indonesia,” tutur Carlos.

Terkait kehadiran Pertamina pada MotoGP 2022 di Indonesia ini, Fajriyah menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan upaya Pertamina dalam mendukung Nation Branding yang dapat memberikan kebanggaan tidak hanya untuk Pertamina, tapi juga untuk seluruh masyarakat Indonesia karena setelah 25 tahun akhirnya MotoGP kembali diselenggarakan di Indonesia. Ini menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia merupakan negara dengan resilience yang tangguh.

“Kita bisa segera bangkit dari pandemi dan event Motorsport yang berskala Internasional di Mandalika ini adalah buktinya. Dan ini merupakan suatu kesempatan bagi produk-produk Pertamina serta UMKM sekitar Mandalika untuk go global dan mendapatkan Internasional exposure,” tegas Fajriyah.()

Continue Reading

MotoGP

Moto GP Marino : Marquez Kalahkan Quartararo di Lap Terakhir

Published

on

Jakarta, Sentana – Marc Marquez berhasil mengalahkan Fabio Quartararo pada lap terakhir balapan MotoGP San Marino 2019 di Sirkuit Misano, Minggu (15/9).

Fabio Quartararo kalah di lap terakhir dari Marc Marquez. Sebelumnya Quartararo lenggang menempati posisi pertama. Memasuki lap ketujuh, Quartararo dan Marquez sudah mulai meninggalkan Vinales.

Persaingan menarik antara Quartararo dan Marquez mulai terjadi di lap sembilan. Marquez terus memberikan penekanan seolah tidak membiarkan pebalap 20 tahun itu memimpin dengan nyaman setelah hanya terpaut 0,2 detik.

Memasuki lap ke-17, Rossi akhirnya berhasil menyalip Morbidelli untuk menempati posisi keeempat. Sayang, The Doctor harus mengejar Vinales yang unggul hampir enam detik di depannya untuk bisa mendapatkan finis podium.

Hingga balapan menyisakan lima lap, Quartararo berhasil mempertahankan posisi terdepan dan tidak melakukan kesalahan. Meski begitu Marquez tidak membiarkan Quartararo sendirian di depan. Marquez tetap berambisi membatalkan kemenangan pertama Quartararo pada ajang MotoGP.

Memasuki lap terakhir Marquez berhasil melewati Quartararo di jalur lurus. Quartararo kemudian berhasil menyalip di tikungan keempat. Namun, Marquez sukses melewati Quartararo di tikungan enam. Peluang terakhir Quartararo untuk melewati Marquez adalah di tikungan ke-14, tapi El Diablo melakukan kesalahan.

Marquez kemudian memenangi balapan MotoGP San Marino 2019 dengan mengalahkan Quartararo dan Vinales. Sementara Valentino Rossi berhasil memasuki posisi ke empat setelah menyalip F. Morbidelli, dan dilanjutkan dengan Dovizioso.

Continue Reading
Advertisement

Trending

Copyright © 2019 HarianSentana.com. Theme by PT. Ciptamedia Kreasi.