Connect with us

Daerah

Para Kepala Suku di Penggunungan Tengah Papua Dukung Otsus Diperpanjang

Published

on

Papua, Hariansentana.com – Para Kepala suku yang tergabung dalam RKPT (Rukun Keluarga Pegunungan Tengah) Kabupaten Keerom, Papua menyatakan dukungan untuk keberlangsungan Otsus bagi tanah Papua terkait Undang-Undang Nomor 21 tahun 2001 tentang Otsus Papua.

Para kepala suku yang hadir menyatakan dukungannya agar program Otsus di Papua harus tetap dilanjutkan, karena sangat berdampak positif bagi masyarakat Papua baik dibidang pendidikan, kesehatan, pembangunan dan kesejahteraan.

Hal ini ditegaskan Simon Kossay salah seorang kepala suku yang menjadi Ketua RKPT. “Pada hari ini tanggal 20 Februari 2021, kami 13 orang kepala suku di Pegunungan tengah duduk bersama ingin menyampaikan dukungan kepada pemerintah tentang kelanjutan Otsus jilid II,” tegasnya.

“Hanya saja ada beberapa poin kami minta untuk dirubah agar kedepannya kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah lebih tepat sasaran untuk orang asli Papua,” ujarnya.

Menurut Simon percepatan pembangunan yang dilakukan pemerintah sudah bagus tetapi belum merata hingga wilayah pedalaman.

“Kami mengapresiasi sikap dari Presiden Joko Widodo yang sering hadir di Papua, dan kami berharap agar warga kami yang berada di pedalaman dan daerah terpencil tak luput dari perhatian,” harapnya.

Vincentius Himan selaku sekretaris RKPT juga mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat yang telah melayani orang Papua lebih dari 21 tahun.

Ia berharap kedepan kalau bisa seluruh jabatan di pemerintahan Papua hingga Kelurahan diisi oleh orang asli Papua. “Keterlibatan tokoh masyarakat adat dan agama juga penting dilibatkan dalam penerapan Otus kedepannya agar pelaksanaan lebih transpararan,” jelasnya.

“Kami mendorong pemerintah untuk mengaudit program Otsus agar masayarkat lega dan tidak hanya dirasakan oleh orang-orang tertentu,” harap Vincentius.

Para Kepala Suku yang tergabung dalam FKPT Keerom hadir dalam kesempatan itu antara lain, Simon Kossay ketua RKPT, Vincentius Himan sekretaris RKPT, Kepala suku Mee Piet Giay, Kepala suku Membramo tengah dan Keerom Pius Wanimbo, Kepala Suku Yahukimo Markus Asso, Kepala Suku Tolikora Paleli Enembe, Sekretaris II RKPT Wim Mabel dan Wakil RKPT Y. Riantus.W.

Daerah

Masyarakat Apresiasi TNI Manunggal Membangun Desa Kodim 1711/Boven Digoel

Published

on

Boven Digoel, Hariansentana.com – TNI Manunggal Membangun Desa merupakan salah satu program Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang digelar setiap tahun dan memiliki tujuan untuk membantu serta bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Pada tahun 2021 ini, Kodim 1711/Boven Digoel masih dipercaya oleh Komando Atas untuk menyelenggarakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Dan untuk lokasinya sendiri bertempat di Distrik Kawagit, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua.

Pada pelaksanaannya sendiri, para personel Satgas TMMD Reguler ke-110 Kodim Boven Digoel kembali mendapat apresiasi dari berbagai pihak, terutama dari warga sekitar lokasi TMMD. Bagaimana tidak, dengan adanya program ini khususnya masyarakat yang kurang mampu merasa terbantu untuk mewujudkan keinginannya mempunyai rumah layak huni.

Salah satu warga Distrik Kawagit Bapak Welhelmus Yaluwo, Senin (8/3/2021) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 1711/Boven Digoel karena sudah berkenan membantu kesulitan masyarakat melalui pembangunan rumah layak huni kepada dirinya dan warga di Distrik Kawagit.

Menurut Bapak Welhelmus Yaluwo, TMMD ke-110 Kodim 1711/Boven Digoel bukan hanya membangun rumah layak huni, akan tetapi juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Distrik Kawagit.

“Saya sangat bangga kepada bapak-bapak TNI dan kami akan selalu ingat kerja kerasnya membangun di tanah kelahiran kami,” ucapnya.

(Penrem 174 Merauke).

Continue Reading

Daerah

Anggota TMMD ke-110 Kodim Boven Digoel Ibadah Bersama Masyarakat Kampung Kawagit

Published

on

Boven Digoel, Hariansentana.com – Tingkatkan iman dan ketaqwaan, anggota Satgas TMMD Reguler ke-110 Tahun 2021 Kodim 1711/Boven Digoel mengikuti ibadah hari minggu, yang dipimpin oleh Penatua Gereja Imanuel Bapak Ferdinan Kuruve di Gereja Kampung Kawagit, Distrik Kawagit, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua, Minggu (7/3/2021).

Saat ditemui diakhir kegiatan, Bapak Ferdinan Kuruve selaku Penatua Gereja Imanuel menyampaikan bahwa kami selaku warga masyarakat sangat senang dan berterima kasih kepada program TMMD ini yang sudah masuk ke Distrik Kawagit. “Kami berharap untuk kedepannya, pembangunan bukan hanya rumah tapi juga yang lainnya,” katanya.

“Kami selaku jemaat dan semua majelis gereja sangat senang karena anggota satgas TMMD bisa berkumpul di gereja ini melaksanakan ibadah bersama sehingga tercipta kebersamaan dengan penuh suka cita,” Ujar Bapak Ferdinan Kuruve.

Pada kesempatan yang sama, Serka Apollo salah satu anggota Satgas TMMD mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu sarana sebagai ajang silaturahmi kepada masyarakat serta sebagai sarana mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Selain itu juga untuk menangkal hal-hal negatif seperti minuman keras dan narkoba,” ucapnya.

(Penrem 174 Merauke).

Continue Reading

Daerah

Satgas TMMD Bersama Masyarakat Semangat Gotong Royong Selesaikan Sasaran Fisik

Published

on

Wamena-Papua, Hariansebtana.com – Saat ini TMMD 110 Kodim 1702/Jayawijaya telah memasuki hari kelima. Satgas TMMD bersama dengan masyarakat Kampung Ibele bahu membahu mengerjakan sasaran fisik dan non fisik yang telah ditentukan.

Pasiter Kodim 1702/Jayawijaya Kapten Inf Aprin P. selaku Koordinator Lapangan Minggu (07/03/2021) mengatakan bahwa proses pengerjaan di “H+5” ini, dilakukan pada sore hari, dikarenakan hari ini adalah hari Minggu bertepatan dengan pelaksanaan ibadah bagi umat Nasrani.

“Walaupun hari ini hari Minggu, kita tetap bekerja setelah selesai kegiatan ibadah bagi umat Nasrani. Meskipun waktu pengerjaan hanya beberapa jam, namun tetap akan kita maksimalkan,” jelas Kapten Aprin.

Hal tersebut senada dengan apa yang dijelaskan Serma Marlin yang bertugas sebagai kepala tukang, bahwa meskipun hari Minggu, Satgas TMMD tetap bekerja guna menyelesaikan sasaran fisik sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Kami tetap semangat bergotong royong bekerja dihari libur walaupun dimulai pada sore hari. Kita tidak bekerja pada pagi hari, karena di saat itu ada saudara-saudara kita yang melaksanakan ibadah,” kata Serma Marlin.

(Pendam XVII/Cenderawasih)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Copyright © 2019 HarianSentana.com. Theme by PT. Ciptamedia Kreasi.