Connect with us

Ibukota

Jelang HUT DKI, Lintas Agama Jakarta Utara Gelar Doa Bersama

Published

on

Jakarta,HarianSentana.Com – Lintas agama Jakarta Utara menggelar doa bersama secara dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring) di Ruang Fatahillah, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Sabtu (12/6).

Doa bersama digelar sebagai rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-494 DKI Jakarta.

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan doa bersama lintas agama dalam rangka menyambut HUT ke-494 DKI Jakarta.

Doa bersama juga ditujukan agar ibu Pertiwi terbebas dari pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Kami (Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara) tentunya mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih bukan hanya kepada FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) saja tapi juga seluruh majelis agama yang menyempatkan di hari libur ini yang sudah meluangkan waktu untuk mengikuti doa bersama ini,” ujar Ali dalam sambutannya di Ruang Fatahillah, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Sabtu (12/6).

Dengan digelarnya doa bersama lintas agama ini, Ali meyakini tingginya toleransi umat beragama di Jakarta Utara.

Toleransi ini menjadi modal utama dalam kemajemukan masyarakat yang dapat saling berkolaborasi termasuk dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

“Terlepas dari upaya atau ikhtiar yang telah kita lakukan untuk menanggulangi Covid-19, doa membuat kita merasa tenang. Untuk itu saya minta komitmen bersama kita untuk senantiasa menjaga persatuan hingga tolong menolong menanggulangi dampak Covid-19,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Administrasi Jakarta Utara Wirta Amin Assalaf menerangkan, doa bersama yang dilakukan dalam waktu bersamaan tetap dilakukan pada majelis agama masing-masing.

Semoga melalui semangat HUT DKI Jakarta, keprihatinan masyarakat terhadap pandemi Covid-19 segera berlalu dengan masifnya ikhtiar dan doa bersama seperti ini.

“Semoga diulang tahun ini, Jakarta bebas Corona dan Indonesia menjadi negara Baldatun Toyyibatun Wa Rabbun Ghafur,” harap Wirta.

Penulis : Sutarno

Ibukota

Pleno Musrenbang Tingkat Kecamatan di Jakarta Utara Dimulai, RKPD 2025 Dukung Prioritas Pembangunan Kota Global

Published

on

By

Jakarta,Hariansentana.com – Sidang Pleno Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Terintegrasi Musrenbang Kelurahan Tahun 2024 se-Jakarta Utara serentak dimulai pada hari ini, Senin (26/2). Hasil Musrenbang akan menjadi bahan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang mendukung prioritas pembangunan Jakarta sebagai Kota Global Tahun 2025.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengungkapkan Jakarta kedepan setelah tak lagi menjadi Ibukota Negara akan berperan sebagai Kota Global, dengan visi Pembangunan sebagai Pusat Perekonomian Nasional dan Kota Global yang berfungsi sebagai pusat perdagangan, pusat kegiatan layanan jasa dan jasa keuangan, serta kegiatan bisnis nasional dan global.

Oleh karenanya, Pembangunan DKI Jakarta diarahkan pada Penguatan Ketahanan melalui tema ‘Penguatan Ketahanan Kota melalui Pembangunan yang Merata, Inklusif, dan Berkelanjutan’.

“Untuk itu, perencanaan kita pada level kota haruslah mendukung pada prioritas Pembangunan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2025, yaitu peningkatan kualitas lingkungan dan infrastruktur kota, akselerasi pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan Masyarakat, dan tata Kelola pemerintahan yang adaptif,” ungkap Ali Maulana Hakim dalam sambutan Sidang Pleno Pembukaan Musrenbang Kecamatan Terintegrasi Musrenbang Kelurahan Tahun 2024 Kota Administrasi Jakarta Utara Dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2025, di Kantor Kecamatan Kelapa Gading, Senin (26/2).

Dalam pembahasan Musrenbang ini, Ali mengajak seluruh elemen pentahelix (Pemerintah, Pemangku Kepentingan, Akademisi, Warga, dan Media) di Jakarta Utara aktif berpartisipasi memverifikasi 1.893 usulan untuk selanjutnya divalidasi dengan tetap mempertimbangkan rekomendasi dari tim teknis Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD).

“Musrenbang merupakan wadah Bersama untuk saling bersinergi dalam Menyusun rencana Pembangunan di Jakarta Utara yang efektif dan efisien, serta sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat,” ajaknya.

Menanggapi Pleno Musrenbang ini, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Tina Agustina Hermanto berharap usulan masyarakat bisa dipertimbangkan dan ditindaklanjuti sehingga tidak mengulang pembahasan di Tingkat Provinsi DKI Jakarta bersama DPRD Provinsi DKI Jakarta. Usulan yang dikemukakan warga dalam wadah Musrenbang ini juga diharapkan terus berkembang bukan hanya soal fisik tapi juga Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Usulan setiap tahunnya pasti berkembang karena permasalahan di lapangan juga berkembang, bukan hanya fisik tapi ada juga Pembangunan SDM,” tutup Tina Agustina Hermanto.

Diketahui, Sidang Pleno Musrenbang Kecamatan Terintegrasi Musrenbang Kelurahan Tahun 2024 se-Jakarta Utara berlangsung hingga Kamis (7/3) mendatang. Usulan yang telah divalidasi akan kembali dibahas dalam Musrenbang Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara dan Tingkat Provinsi DKI Jakarta.(Sutarno)

Continue Reading

Ibukota

Koops Udara I Gelar Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Koops Udara I menggelar peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah/2024 Masehi. Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Pangkoops Udara I Marsda TNI Mohammad Nurdin, Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Koops Udara I Ny. Erin Nurdin beserta pengurus serta Kas Koops Udara I, Ir Koops Udara I, Para Pejabat Utama dan umat muslimin Makoops Udara I. Bertempat di Mesjid Darussalam Makoops Udara I. (Rabu, 21-2-2024).

Dalam peringatan Isra Mikraj tahun 2024 ini mengangkat tema “Aktualisasi nilai-nilai memperingati Isra Mikraj dab pengamalan ibadah di tengah terpaan digitalisasi”.

Kegiatan memperingati Isra Mikraj tersebut diisi dengan penceramah Ustadz Dr. KH. Ridwan M. Yusuf, M.A., yang menjelaskan bahwa, “Peristiwa Isra Mikraj sangat berarti bagi umat Islam, karena didalam peristiwa tersebut perintah shalat pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana shalat yang menjadi tiga tingkatan. Tingkatkan pertama ada shalat lima waktu yang kita kerjakan. Tingkatan kedua, shalat yang sejatinya selalu mengingatkan kita sehingga kita jauh dari perbuatan keji dan mungkar. Tingkatan ketiga yaitu dalam setiap hembusan nafas kita adalah shalat, sehingga aktualisasi karakter melalui Isra Mikraj ini dapat terbentuk sesuai dengan makna shalat yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada kita” jelasnya.

Lebih lanjut Ustadz Dr. KH. Ridwan M. Yusuf, M.A. menyampaikan tentang hikmah yang terkandung dalam Isra Mikraj bahwa, “Allah SWT akan menggantikan kesedihan dengan kebahagiaan. Selain itu mengajarkan kita untuk selalu tabah dan gigih dalam menghadapi tantangan hidup yang ada” ujar Ustadz Dr. KH. Ridwan M. Yusuf, M.A.

Continue Reading

Ibukota

Gandeng Tokoh Masyarakat, PPSU Kelurahan Ancol Kembali Bekerja

Published

on

By

Jakarta, Hariansentana.com — Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Ancol dipastikan sudah kembali bekerja, Selasa (20/2/2024). Hal ini menyusul adanya titik terang penyelesaian masalah usai pertemuan forum bersama tokoh masyarakat.

Camat Pademangan, Didit Mulyadi mengatakan forum pertemuan digelar mempertemukan jajaran aparatur Kelurahan Ancol, petugas PPSU Kelurahan Ancol,Sahrizal Dewan Kota perwakilan Kecamatan Pademangan, Asep Ketua Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Kelurahan Ancol, dan pengurus Rukun Warga (RW) di Ruang Pola Kantor Kelurahan Ancol pada Selasa (20/2/2024) pukul 09.00 WIB.

Bertemunya solusi bersama dalam forum ini memastikan seluruh PPSU Kelurahan Ancol kembali bekerja seperti sediakala.

“Pagi tadi kami mengadakan pertemuan forum bersama mencari solusi terbaik bersama. Dipastikan aktivitas seluruh petugas PPSU Kelurahan Ancol sudah mulai berjalan normal,” kata Didit Mulyadi saat dikonfirmasi, Selasa (20/2).

Dalam forum tersebut, dipastikannya Lurah Ancol, Saud Maruli Manik meminta maaf kepada petugas PPSU atas ucapan yang menyinggung hati. Lurah pun telah menjelaskan kronologi pemberian sanksi pemberhentian kerja petugas PPSU Kelurahan Ancol berinisial MH yang sesuai dengan aturan dalam kontrak kerja.

“Kami semua mengajak semua anggota PPSU untuk bersama-sama memperbaiki hubungan dan pola komunikasi demi perbaikan kinerja ke arah yang lebih baik lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Dewan Kota Jakarta Utara perwakilan Kecamatan Pademangan, Sahrizal memastikan permasalah tersebut telah tuntas di musyawarahkan bersama.

Pihaknya bersama membuka forum komunikasi apabila terdapat permasalahan lainnya terhadap petugas PPSU di kemudian hari.

“Masalah ini sudah clear (tuntas). Semuanya sudah saling memaafkan dan akan saling memperbaiki diri. Ke depannya, kami selalu terbuka untuk membuka forum komunikasi apabila ada permasalahan PPSU lainnya,” tutup Rijal.(Sutarno)

Continue Reading
Advertisement

Trending