Connect with us

Daerah

Aksi Heroik Prajurit TNI Evakuasi Dua Jenazah Teroris MIT di Poso

Published

on

Sulteng, Hariansentana.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) tetap menghormati lawan atau musuh negara dengan mengevakuasi jenazah dan diperlakukan dengan humanis. Hal ini dibuktikan oleh aksi heroik Prajurit TNI yang tergabung dalam Koospsgabsus Tricakti dengan melakukan evakuasi dua jenazah kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah.

Setelah berjibaku melewati lebatnya hutan dan merubah rencana evakuasi dengan membuat rakit menyusuri beberapa arus sungai deras dan rangkaian air terjun di sekitar Pegunungan Tokasa, Desa Tanalanto, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi, Tim Evakuasi Koopsgabsus Tricakti pada pukul 14.30 WITA akhirnya berhasil membawa jenazah dua teroris Poso keluar dari Tempat Kejadian Perkara (TKP), Rabu (14/7/2021).

Tim evakuasi di lapangan yang dipimpin langsung Wapangkoopsgabsus Brigjen TNI Rafael Granada Baay menyebutkan bahwa hari keempat evakuasi jenazah, tim di lapangan diberikan kelancaran. “Tiga hari sebelumnya tim evakuasi menghadapi banyak rintangan alam, medan dan cuaca yang sering berubah-ubah mulai dari TKP dan di sepanjang rute evakuasi,” ungkapnya.

Koopsgabsus TNI menurunkan 2 Tim Tricakti dan 1 Tim Chandraca, sejak hari Minggu (11/7/2021) terus berupaya mengevakuasi jenazah. Informasi di lapangan hari pertama, tim evakuasi hanya dapat bergerak sekitar 600 meter dari TKP menuju titik penjemputan landing zone darurat yang telah disiapkan.

“Kesulitan utama adalah beratnya medan karena vegetasi tumbuhan yang rapat serta banyaknya bebatuan besar di tebing sisi kiri dan kanan sungai, sehingga menyulitkan pasukan menembus rute yang dilewati,” kata Brigjen TNI Rafael.

Tim evakuasi hari kedua pada hari Senin pagi (12/7/2021) dari pukul 06:00 WITA kembali dilanjutkan setelah sempat istirahat tadi malam karena terkendala cuaca hujan deras dan tidak ada jalan sehingga harus merintis rute baru keluar TKP.

Hari ketiga evakuasi pada Selasa pagi (13/7/2021) pukul 07.00 WITA, tim evakuasi hampir berhasil mengangkat jenazah menggunakan Heli Caracal TNI AU, namun karena sempitnya medan serta lebatnya hutan menyulitkan manuver heli untuk hover, dengan aman, bila dipaksakan akan sangat beresiko untuk keamanan alutsista.

Brigjen TNI Rafael yang mengkoordinir pergerakan evakuasi siang ini, pukul 12:20 WITA di Poskout Tricakti, menginformasikan evakuasi yang melibatkan masyarakat kembali menemui kendala setelah sempat menggunakan rakit menyusuri sungai sepanjang hampir 500 meter dari posisi sebelumnya, ternyata di depan terdapat air terjun lebih 75 meter yang memaksa tim evakuasi menurunkan jenazah menggunakan tali.

Rabu (14/7/2021), pukul 13:30 WITA, tim evakuasi berhasil menjangkau landing zone darurat yang aman untuk dilakukan pengangkatan jenazah menggunakah hoist dan basket stretcher dari pesawat Heli Super Puma dukungan operasi Koopsau II Makassar, yang diterbangkan oleh Pilot Mayor Pnb Budiyono dari Lanud Hasanudin Makassar.

Siang ini juga pukul 14:30 WITA, dua jenazah teroris Poso, segera diberangkatkan dari Mayonif 714/SM ke RS. Bhayangkara Polda Sulteng, langsung dipimpin Brigjen TNI Rafael.

Menurut Brigjen TNI Rafael keberhasilan evakuasi jenazah teroris Poso tidak terlepas dari kerja sama semua pihak yang telah mencurahkan semua tenaga dan pemikiran pasca penyergapan  serta penghormatan terhadap nilai kemanusiaan. “Setelah melalui semua perjuangan berat tersebut kedua jenazah teroris berhasil di evakuasi, langsung diberangkatkan ke RS. Bhayangkara Polda Sulteng untuk dilaksanakan autopsi dan identifikasi lebih lanjut oleh Tim Inafis Satgas Madago Raya,” katanya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Mikhael Sinaga Komitmen Wujudkan Aspirasi Pemotor Kota Medan

Published

on

By

Medan, Hariansentana.com – Juru Bicara Timnas Anies – Muhaimin, Mikhael Benyamin Sinaga, Minggu (28/1) menghadiri acara silaturahmi dengan Komunitas Motor Kota Medan yang berjumlah ratusan orang.

Pada acara tersebut, Mikhael yang juga maju sebagai Caleg DPR RI dari Dapil Sumut 1, menangkap aspirasi para pengendara motor mengenai kesulitan yang mereka temui, mulai dari pengurusan surat-surat, pajak kendaraan bermotor, hingga harga bensin yang semakin mahal.

“Jika saya diberi kepercayaan dari bapak ibu semua, saya akan memperjuangkan masyarakat yang terlupakan seperti pengendara motor. Sekarang pajak mobil listrik yang penggunanya orang kaya disubsidi, tapi harga Pertalite malah naik terus, ini salah arah dan harus dihentikan,” ujar Mikhael.

Para pengendara motor juga mengeluhkan bahwa motor yang dirakit sendiri dan bukan pabrikan selama ini selalu dianggap ilegal.

“Seharusnya pemerintah memberi ruang untuk hobi seperti merakit motor dan bukan malah mempersulit, biarkan anak muda berkreasi karena tidak ada yang dirugikan,” tutup Mikhael mengakhiri sambutannya.(s)

Continue Reading

Daerah

Peresmian Gedung Yayasan Ikhrom Hasana Center Demak Untuk Kegiatan Positif

Published

on

By

PERESMIAN-Gedung Yayasan Ikhrom Hasana Centre Demak yang baru Diresmikan untuk kegiatan Positif. (Foto Ist).

Demak, Hariansentana.com — Pada hari Minggu (29 Oktober 2023), sebuah peristiwa bersejarah terjadi dengan peresmian Gedung Yayasan Ikhrom Hasana Center.

Acara peresmian ini dihadiri oleh para pembina Ikhrom, termasuk Kh. Abdullah Syifa yang juga menjabat sebagai Ketua Takmir Masjid Agung Demak.

Acara diawali dengan khataman qur’an pada pukul 7.30 – 12.00 yang dipimpin Ustadzah Masfiyah AH. Dan dirangkai acara puncak selepas sholat ashar yaitu Pembacaan istighosah dzikir tahlil, tausiyah dan Do’a.

Gedung Yayasan Ikhrom Hasana Center yang terletak di Kalikondang, Kecamatan Demak, resmi dibuka sebagai pusat kegiatan sosial dan pendidikan bagi masyarakat.

Dalam acara peresmian ini, pembina IKHROM, H. Nurussholichin, A.Ptnh, MM, C.Med menyampaikan pidato inspiratif tentang pentingnya berkontribusi untuk kebaikan masyarakat dan merawat ikatan sosial di tengah perkembangan zaman.

“Gedung ini akan digunakan untuk berbagai kegiatan ibadah seperti istighosah Ahad pon pembacaan qur’ an dan kegiatan positif yang lain. Sarana kegunaan gedung ini dipersembahkan pahala bagi kedua orang tua,” ungkap H. Nurussholichin, A.Ptnh, MM, C.Med, Pembina Yayasan IKHROM Hasana center yang juga menjabat Kepala Kantor ATR/ BPN Kabupaten Karawang melalui keterangannya, Sabtu (29/10).

Sementara itu, KH. Fahrurozi dalam tausiyahnya menyampaikan, untuk mencapai derajat mulia menuju surga Allah harus dicapai dengan silaturrahmi, menjalin persaudaraan, berbuat baik kepada sesama juga rajin beribadah dan amal soleh.

Acara dihadiri sekitar 300 ibu- ibu ini berakhir jam 17.15 berlangsung khidmat, dan menjadi momen penting bagi warga Kalikondang dengan diresmikannya gedung Ikhrom Hasana center ini. (Red).

Continue Reading

Daerah

Kapolda Jatim Lakukan Pengecekan  Sarana Pelayanan di Mapolresta Malang Kota

Published

on

By

Jakarta, Hariansentana.com – Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Dr.Toni Harmanto melakukan pengecekan sejumlah sarana pelayanan yang ada di Mapolresta Malang Kota, Rabu (11/10 /2023).

Jendral  polisi bintang dua jebolan Akpol Tahun 88 yang humanis dan religius ini bersama rombongan ditemani Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto,Sik MSi didampingi  Wakapolresta Malang Kota, Akbp Apip Ginanjar Sik MSi serta sejumlah Pejabat Utama Polresta Malang Kota meninjau langsung layanan terpadu SKCK dan lainnya.

“Saat peresmian, belum bisa ke sini. Jadi hari ini sekaligus melihat secara langsung layanan yang ada. Karena layanan yang baik, menjadi kebutuhan dasar masyarakat,” terang Kapolda Jatim Irjen Pol Dr Toni Harmanto MH ditemui di sela kunjungan di Polresta Malang Kota.

Ia menambahkan, inovasi layanan menjadi prioritas untuk masyarakat. Karena itu, pihaknya mengapresiasi inovasi yang dimiliki dan dikembangkan Polresta Malang Kota.

Selain ke sejumlah pelayanan yang ada, Kapolda Jatim juga meninjau pengerjaan proyek 3 gedung baru. Tiga gedung itu, merupakan hibah pembiayaan dari Pemerintah Kota Malang.

“Tiga proyek pekerjaan gedung ini, akan semakin melengkapi pelayanan. Apalagi Polresta Malang Kota sudah mendapat penghargaan dari Kemenpan RB. Dan juga  persiapan menerima kunjungan Tribrata 1 (Kapolri) ke polres Malang kota  20 Oktober nanti,” tukasnya.

Sementara Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto Sik MSi yang terkenal dengan jargon aplilikasi Jogo Malang presisi itu  menyampaikan, bahwa Kapolda Jatim mengapresiasi sejumlah inovasi baru pelayanan di Malang Kota.

“Termasuk apresiasi atas hibah dari Pemkot Malang untuk pembangunan 3 gedung baru. Sekaligus karena wilayah Polresta Malang Kota tidak terlalu luas. Jadi  sejumlah gedung baru harus konstruksinya model bertingkat,” ujarnya.(tbas)

Continue Reading
Advertisement

Trending