Connect with us

Ekonomi

PLN Siap Mendukung Deklarasi Komitmen Core Value Berakhlk

Published

on

Jakarta, HarianSentana.com – PT PLN (Persero) UP3 Ciputat melaksanakan Pemasangan PESTA (Pasang Sambung Sementara) di Gedung Pusat Arsip Kementrian ESDM. Layanan PESTA ini merupkan bentuk kesiapan PLN untuk mendukung salah satu kegiatan Kementerian BUMN yakni “Komitmen Core Value BerAKHLAK” yang dilaksanakan pada Minggu, 24 Juli 2022 lalu.

Sebagai salah satu BUMN yang berAKHLAK, PLN siap mendukung acara Deklarasi “Komitmen Core Value BerAKHLAK”  dengan memastikan ketersedian listrik di Gedung Pusat Arsip milik Kementerian ESDM yang berlokasi di Pondok Ranji Tangerang Selatan ini aman, handal dan terkendali.

PT PLN (Persero) UP3 Ciputat menyiapkan PowerBank dengan kapasitas 400kVA untuk membackup suplai daya dan kebutuhan listrik untuk kegiatan tersebut.()

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Buktikan Kinerja Unggul, Pertamina Hulu Energi Optimalkan Kapabilitas Perusahaan

Published

on

By

Jakarta, Hariansentana.com – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina terus membuktikan kinerja cemerlang hingga saat ini. PHE mencatatkan produksi minyak sebesar 548 ribu barel per hari (MBOPD) & produksi gas 2,86 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) sehingga produksi migas sebesar 1,04 juta barel setara minyak per hari (MBOEPD) hingga trimester 1 tahun 2024 yang merupakan konsolidasi dari seluruh anak usaha PHE.

Menurut Direktur Utama PHE, Chalid Said Salim, hingga Maret 2024 PHE juga mencatatkan kinerja penyelesaian pengeboran 3 sumur eksplorasi, 163 sumur pengembangan, 219 workover dan 8.323 well services. Selain itu, PHE juga mencatatkan survei Seismik 2D sepanjang 12 km dan 3D sepanjang 2.602 km2. Dalam bidang eksplorasi, PHE mencapai total temuan sumber daya 2C sebesar 140 Juta Barel Minyak Ekuivalen/Setara Minyak (MMBOE).

“PHE akan terus melaksanakan kinerja unggul dengan mengedepankan aspek safety di setiap lini Pekerjaan yang sesuai dengan good corporate governance,’’ kata Chalid dalam keterangannya yang diterima hari ini.

Menurutnya, dengan mengedepankan aspek safety, PHE juga mencatatkan 80.472.121 jam selamat hingga trimester 1 tahun 2024. PHE, kata dia, akan terus berkomitmen untuk berkontribusi pada pemenuhan energi nasional. Guna memenuhi target dan dengan mitigasi tantangan yang ada, PHE menerapkan Transformasi strategi perusahan yang akan dijalankan sepanjang tahun 2024 ini. Dalam hal ini perlu dilakukan upaya-upaya khusus untuk peningkatan produksi minyak dengan berbagai macam recovery plan yang sudah disiapkan serta inisiatif baru.

“Kami bersyukur dengan seluruh pencapaian tersebut, kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pemangku kepentingan yang senantiasa mendukung kegiatan operasional perusahaan sehingga dapat berjalan dengan lancar, ” ujar Chalid.

Lebih jauh ia mengatakan, PHE akan terus berinvestasi dalam pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). Saat ini PHE telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (“UNGC”) sebagai member sejak Juni 2022.

“PHE berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi dan operasionalnya, sebagai bagian penerapan aspek ESG. Mendukung aspek Governance, PHE juga senantiasa berkomitmen Zero Tolerance on Bribery dengan memastikan pencegahan atas fraud dilakukan dan memastikan perusahaan bersih dari penyuapan. Salah satunya dengan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah terstandar ISO 37001:2016,” papar Chalid.

“PHE juga terus mengembangkan pengelolaan operasi yang prudent dan excellent di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang Environmental Friendly, Socially Responsible dan Good Governance,” tutup Chalid.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyampaikan bahwa kinerja positif PHE dari sisi upstream menjadi salah satu pilar untuk menjaga ketahanan energi nasional.

“Peningkatan produksi dari sektor hulu menjadi salah satu upaya Pertamina mencapai energy security yaitu untuk menjaga atau meningkatkan ketahanan energi nasional,” jelas Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.(s)

Continue Reading

Ekonomi

Sukses Kelola Penyediaan Energi, PLN EPI Raih Penghargaan Listrik Indonesia 2024

Published

on

By

Jakarta, Hariansentana.com – Transformasi dan inovasi bisnis PT PLN Energi Primer Indonesia (EPI) dalam pengelolaan energi primer PLN Group diganjar penghargaan bergengsi dalam Ajang Penghargaan Listrik Indonesia 2024. Keberhasilan perusahaan dalam menjaga security of supply menjadi kunci dari capaian prestasi PLN EPI.

Penghargaan Listrik Indonesia 2024 merupakan ajang yang digelar oleh Majalah Listrik Indonesia sebagai bentuk apresiasi kepada badan usaha sektor ketenagalistrikan. Dalam ajang ini, terdapat 15 kategori penghargaan yang diberikan kepada 45 Perusahaan.

Dalam Awarding Night Penghargaan Listrik Indonesia 2024 yang berlangsung pada Kamis (2/5) di Jakarta, PLN EPI memperoleh penghargaan sebagai “The Most Favorite Company in Primary Energy Supply“.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara mengatakan, penghargaan yang diperoleh PLN EPI merupakan buah transformasi dan inovasi bisnis yang dilakukan selama ini dalam pengelolaan energi primer.

“Penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi atas upaya perbaikan tata kelola dan layanan bisnis yang dilakukan selama ini. Tentu saja, ini juga menjadi pendorong untuk terus mengoptimalkan kinerja yang sudah ada selama ini,” ujar Iwan.

Iwan menjelaskan, berbagai langkah konkret perbaikan tata kelola penyediaan energi primer telah dilakukan PLN EPI pasca restrukturisasi dilakukan. Proses bisnis kini menjadi lebih terfokus.

Iwan menegaskan, dalam memastikan rantai pasok energi primer ke pembangkit, PLN EPI memastikan setiap proses bisnis dapat memberikan multiplier effect.(s)

Continue Reading

Ekonomi

KSP Apresiasi PLN EPI Libatkan Masyarakat Kembangkan Biomassa Untuk Kurangi Emisi

Published

on

By

Gunungkidul, Hariansentana.com – Kantor Staff Presiden (KSP) mengapresiasi langkah Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) dalam pengembangan biomassa. Tak hanya mampu mengurangi emisi karbon tetapi juga menjadi katalis pendorong perekonomian rakyat.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian I Kantor Staf Presiden (KSP) Trijoko M. Soleh Oedin mengapresiasi keberhasilan pelaksanaan program cofiring oleh PLN yang tidak berbasis Hutan Tanaman Energi (HTE), melainkan memanfaatkan bahan baku dari limbah pertanian, perkebunan dan perhutanan serta penanaman di lahan kritis.

Sebab, dengan memanfaatkan limbah maka akan terjadi penurunan emisi dari limbah yang membusuk atau dibakar. Sedangkan dari penanaman di lahan kritis maka akan ada penyerapan karbon di tanah dan di batang tanaman.

“Dan yang menarik adalah, ekosistem biomassa ini akan menurunkan emisi dari sisi FOLU (Forestry and Other Land Use) dan Agriculture. Setidaknya sekarang itu bahasanya sedekah oksigen,” ujarnya

Dia menegaskan, program Cofiring Biomassa oleh PLN ini sangat membantu komitmen pemerintah dalam upaya menurunkan emisi karbon.

“Di PLTU mengurangi porsi batu bara dengan biomassa akan terjadi penurunan emisi karbon. Sedangkan di hulunya, ada pengurangan emisi karbon dari pemanfaatan limbah serta peningkatan karbon stok dari penanaman.

Trijoko menambahkan, untuk mencapai Net Zero Emission (NZE), perlu dilakukan Life Cycle Assesment, dari hulu sampai hilir. Oleh karena itu, ia mendukung penuh program serupa untuk direplikasi dengan melibatkan para pemangku kepentingan terkait.

Sementara itu, Lurah Gombang, Supriyanto menerangkan, program tersebut merupakan solusi bagi masyarakatnya. Menurutnya, warga di wilayahnya sangat senang dengan adanya program tersebut. Ia berharap, program PLN EPI jadi salah satu solusi kurangnya pakan di musim kemarau.

“Kami dan warga sangat senang dengan program ini karena memang warga sangat membutuhkan pakan. Terlebih, rantingnya juga bisa punya nilai ekonomi karena untuk cofiring,” jelas dia.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara mengatakan, pengembangan energi biomassa menjadi salah satu komitmen perusahaan dalam pencapaian Net Zero Emission melalui penyediaan pasokan energi alternatif untuk mengurangi batubara.

“Pengembangan energi biomassa sejalan dengan komitmen PLN untuk mngurangi emisi karbon melalui program penyediaan dan pengembangan ekosistem biomassa untuk cofiring PLTU,” kata Iwan di Jakarta

Iwan menjelaskan, komitmen pengembangan biomassa terus dijalankan perusahaan. Ada tiga inisiatif strategis yang telah dilakukan oleh PLN EPI, yaitu Program STAB (Socio Tropical Agriculture-waste Biomass) memanfaatkan limbah pertanian/limbah pangan seperti sekam, jerami, bonggol jagung, serbuk aren, batang singkong dll; Program PERTIWI (Primary Energy Renewable & Territorial Integrated Wisdom of Indonesia) memanfaatkan limbah perkebunan/perhutanan seperti limbah replanting karet, kulit dan limbah sagu, limbah sawit, dll; dan optimalisasi lahan kritis/non produktif melalui program Green Economy Village yang telah dimulai sejak Februari 2023 bersama Pemda DIY dan Keraton Yogyakarta dengan melakukan penanaman tanaman pakan ternak dan biomassa di Gunung Kidul, DIY.

Iwan menerangkan, keterlibatan masyarakat sangat diperlukan untuk memastikan program ini berjalan dengan lancar, dimana PLN EPI menggandeng stakeholder terkait dalam menjamin kehandalan pasokan biomassa.(s)

Continue Reading
Advertisement

Trending