Connect with us

Olahraga

Usai Rangkaian HUT Koops Udara ke-73, Koopsud I Gelar Psikologi Lapangan.

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com –– Usai melaksanakan berbagai rangkaian HUT Koops Udara ke-73, Koopsud I menggelar Psikologi Lapangan yang dipimpin oleh Aspers Kaskoopsud I Kolonel Pnb Sugeng Sugiharto, S.Sos., didampingi Kasibinjas Kes Koopsud I Letkol Kes Petrus S., S.Pd., dan Pabanda Psi Mayor Kes Herfiana Damayanti, S.Psi. Bertempat di Lapangan Upacara Makoopsud I. (Kamis, 27-6-2024).

Kegiatan Psikologi Lapangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan semangat, moril dan kebersamaan personel Makoopsud I. Selain itu, untuk meningkatkan kedisiplinan serta profesionalisme anggota sehingga mampu melaksanakan tugas sehari-hari dengan baik sesuai dengan tugas pokoknya masing-masing.

Kegiatan Psikologi Lapangan tersebut disaksikan langsung oleh Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin. Dalam pelaksanaannya Psikologi Lapangan tersebut menggunakan media terpal yang ditengahnya diberi botol aqua. Dengan cara menjaga botol aqua tetap kokoh berdiri diantara landasan terpal yang dipegang dan diangkat oleh delapan personel dari titik start hingga garis finish yang sudah ditentukan. Untuk mencapai garis finish dibutuhkan kekompakan, kekuatan dan ketahanan yang sama dari delapan personel untuk menjaga botol aqua tetap berdiri diatas alas terpal.

Giat Psikologi Lapangan dibagi dalam enam kelompok yaitu Kelompok Kolonel, Kelompok Pamen (Letkol-Mayor), Kelompok Pama, Kelompok Bintara, Kelompok Tamtama, dan Kelompok PNS Koopsud I.
Selaku juara 1 yaitu Tim dari Tamtama, juara 2 Tim dari Bintara, dan juara 3 Tim dari Kolonel.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Olahraga

Fun Bike ke- 2 Pokja PWI Jakarta Utara Diundur 1 September 2024.

Published

on

By

Jakarta, Hariansentana.com — Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 79, Fun Bike Siwo Jaya dan Pokja PWI Walikota administrasi Jakarta Utara akan menggelar Fun Bike yang semula akan diselenggarakan pada 25 Agustus 2024 diundur menjadi 1 September 2024 mendatang.

“Kita mengantisipasi banyaknya para peserta, mengingat tingginya antusiasme dari komunitas gowes di Jakarta dan sekitarnya untuk mengikuti kegiatan ini,” ujar Rahmat Mulyadi, ketua panitia Fun Bike PWI Pokja Kantor Walikota administrasi Jakarta Utara dan Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Jaya, Jumat (12/7/2024).

Seperti diberitakan sebelumnya, Fun Bike kolaborasi Kelompok Kerja (Pokja) Kantor Walikota administrasi Jakarta Utara dan Siwo PWI Jaya ini semula direncanakan digelar Minggu (25/8/2024). Panitia yang di bentuk hasil rapat pada minggu (7/7/2024) lalu di hadiri Sutarno sekretaris, Cardi santoso Bendahara dan Sutarno ( Bang Tarno Pitung) Penasehat.dengan Ketua panitia Rahmat Mulyadi. Namun, mengingat ada beberapa even yang hampir bersamaan, pelaksanaannya diundur selama sepekan.

“Teman-teman dari Siwo Jaya sendiri masih fokus menghadapi Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Banjarmasin,” kata Rahmat Mulyadi.

Fun Bike ini diselenggarakan guna memeriahkan perayaan Proklamasi Kemerdekaan dengan peserta masyarakat umum dan komunitas gowes di Jakarta, khususnya Jakarta Utara. Fun Bike ini akan menempuh jarak sekitar tujuh km, dengan start di Pintu Tenggara Monumen Nasional(Monas), Jakarta Pusat, dan finis di Pantai Karnaval, Ancol, Jakarta Utara.

Rahmat Mulyadi mengajak masyarakat pencinta balap sepeda, terutama komunitas gowes di lima wilayah DKI Jakarta dan stakeholder, bisa bergabung dalam kegiatan gowes bersama ini.

“Panitia bersama sudah terbentuk dan para stakeholder sudah banyak juga yang akan membantu kegiatan ini. Cuma hanya tinggal koordinasi dengsn beberapa stakeholdet lainnya, seperti PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono diharapkan mendukung kegiatan ini,” kata Rahmat Mulyadi.

Rahmat Mulyadi bersama tim dari Pokja PWI Kantor Walikota administrasi Jakarta Utara menggelar rapat dengan pengurus Siwo PWI Jaya, di Sekretariat PWI Jaya, Gedung Prasada Sasana Karya, jalan Suryopranoto 8, Jakarta Pusat.

Menurut rencana, nantinya peserta Fun Bike. Ke 2.(Dua) akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp.50 ribu rupiah sudah termasuk kaos, tiket masuk Ancol, dan makan siang.

“Karena khawatir jumlah peserta membludak, maka akan kami batasi hingga 500 peserta dan untuk memudahkan juga dari sisi pengawalan para peserta,” ungkap Rahmat Mulyadi.

Ketua Siwo Jaya, Rialini Rering EMN, mengatakan pihaknya mendukung penuh kegiatan ini dan siap untuk menggelorakannya.

Fun Bike 2024 ini menyediakan hadiah doorprize yang menarik diantaranya, sepeda motor listrik lengkap dengan STNK dan plat nomor, lemari es, televisi, handphone, serta hadiah menarik lainnya.

Bagi para peserta yang berminat untuk ambil bagian dalam Fun Bike 2024 dapat menghubungi Rahmat Mulyadi di nomor 081389136332. (Sutarno)

Continue Reading

Olahraga

Tingkatkan Kemampuan Fisik, Personel Koopsud I Laksanakan Tes Kesegaran Jasmani

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Guna meningkatkan kemampuan fisik personel Koopsud I, Pembinaan Jasmani Koopsud I menggelar Tes Kesegaran Jasmani (Samapta) yang berlangsung di Lapangan Galaxy Makoopsud I. Selasa (2 Juli 2024).

Tes Kesegaran Jasmani personel Koopsud I dilaksanakan 2 kali dalam setahun, dimana semester I dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni, sedangkan di semester II digelar pada bulan November sampai dengan Desember.

Menurut Kasi Binjas Kes Koopsud I Letkol Kes Petrus S., S.Pd., tes kesegaran jasmani bagi personel militer baik pria maupun wanita dengan melaksanakan tes Garjas A yaitu lari selama 12 menit, sedangkan Garjas B, antara militer pria dan wanita terdapat perbedaan materi. Bagi personel militer pria melaksanakan Garjas B1 yaitu Pull Up, B2 yaitu Sit Up, B3 Push Up serta B4 dengan melaksanakan Shuttle Run yaitu lari dengan jarak tempuh 10 meter kali 3 putaran. Secara keseluruhan setiap materi diambil waktu tercepat dari peserta, semakin cepat semakin tinggi penilaiannya.

Sedangkan militer wanita melaksanakan B1 berupa Chinning yaitu berupa kegiatan fisik yang melibatkan angkat tubuh dengan menggunakan kekuatan lengan dan punggung, B2 yaitu Sit Up, B3 modifikasi Push Up dan B4 Shuttle Run.

Lebih lanjut Letkol Kes Petrus menambahkan bahwa dengan dilaksanakannya tes Garjas A untuk bertujuan untuk mengetahui tingkas kesegaran aerobik, sedangkan Garjas B bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan anaerobik (kesamaptaan otot).

Tes Garjas selain dilaksanakan untuk personel militer, juga berlaku bagi personel Pegawai Negeri Sipil Koopsud I yaitu melakukan lari dengan jarak tempuh 2400 meter, sesuai dengan Permenhan nomor 2 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan tes kesegaran jasmani bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Pertahanan.

Sebelum melaksanakan tes Garjas, personel Koopsud I terlebih dahulu melakukan cek tensi darah dan dilanjutkan dengan pemanasan, hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi awal personel, sehingga dokter yang menangani bisa menyatakan aman atau tidaknya personel untuk mengikuti tes.

Continue Reading

Olahraga

Mancing Gembira dan Lomba E-Sport Mobile Legend Akhiri Rangkaian HUT ke-73 Koopsud di Makoopsud I.

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Mengakhiri rangkaian dalam rangka memeriahkan HUT ke-73 Koops Udara, Koopsud I menggelar kegiatan Mancing Gembira bertempat di Danau Makoopsud I dan Lomba E-Sport Mobile Legend bertempat di Gedung Roesmin Nurjadin Makoopsud I. (Rabu, 26-6-2024).

Kegiatan Mancing Gembira diawali dengan pelepasan ikan berpita oleh Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin dilanjutkan pelemparan joran pertama sebagai tanda dimulainya mancing bersama.

Antusiasme dan gelora penuh semangat tampak terlihat dari para pemancing, yang baru saja dimulai, tiga pemancing yang diantaranya termasuk Pangkoopsud I, Kapten Tek Harjanto dan Serda Ridla Bayu langsung mendapatkan ikan berpita, selanjutnya mendapatkan hadiah hiburan yang diberikan oleh Kaskoopsud I.

Setelah usai kegiatan Mancing Gembira dilanjutkan Lomba E-Sport Mobile Legend. E-Sport Mobile Legend tersebut merupakan pelibatan kompetisi antara pemain atau tim dalam permainan video, dengan latihan, strategi dan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan yang membutuhkan ketepatan dan kekompakan di dalamnya. Peserta yang terlibat seluruhnya dari para personel Koopsud I dibagi menjadi 6 Tim (1 Tim berjumlah 5 orang) dengan skema pertandingan sistem gugur. Mengawali turnamen mobil legend tersebut Kaskoopsud I secara simbolis membuka lomba dengan menekan tombol start dimulainya kegiatan tersebut.

Hadir dalam kegiatan Mancing Bersama dan Lomba E-Sport Mobile Legend tersebut, Kaskoopsud I, Irkoopsud I, Para Asisten, Danpom, Para Sahli serta Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Koopsud I.

Continue Reading
Advertisement

Trending