Connect with us

Tekno

TNI AL ( Pushidrosal) Berkolaborasi Dengan BRIN Soal Riset dan Survei di Laut

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pusat Hidro-oseanografi TNI AL ( Pushidrosal) akan berkolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional ( BRIN) dalam bidang riset dan survei di laut.

Hal tersebut merupakan bahasan dalam kunjungan kerja Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat ke BRIN. Dalam kunjungan tersebut, Danpushidrosal diterima langsung oleh Kepala BRIN Dr. Laksana Tri Handoko di Kantor BRIN Jl. M.H. Thamrin No. 8, Jakarta Pusat, Senin (9/01/2023).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Danpushidrosal didampingi oleh Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin, M.Sc., Aspamkersamtas Danpushidrosal Kolonel Laut (E) Renny Lilik Asmoro, Dansatsurvei Pushidrosal Kolonel Laut (P) B. Dwiadji Gultom, serta Kadispen Kolonel Laut (KH) Heru Priyantara.

Pada kesempatan itu, Danpushidrosal menyampaikan bahwa sesuai dengan tugasnya, Pushidrosal harus mampu memenuhi tuntutan publik untuk menyiapkan data, informasi Hidro-Oseanografi di seluruh perairan NKRI dengan akurat, mutakhir dan terpercaya. Oleh sebab itu Pushidrosal harus berkolaborasi dengan instansi atau lembaga terkait.

Kolaborasi dengan BRIN dilakukan, karena kedua institusi mempunyai kesamaan dalam tugas di laut, utamanya dalam riset dan survei, sehingga diharapkan kolaborasi tersebut dapat menghasilkan data-data kelautan yang berguna dalam mendukung pembangunan nasional.

Sementara itu Kepala BRIN menyambut baik kolaborasi dengan Pushidrosal, dan akan mendukung Pushidrosal, baik dukungan sarananya maupun peneliti-peneliti yang akan terlibat dalam kegiatan ekspedisi yang dilaksanakan Pushidrosal, termasuk Ekspedisi Jala citra berikutnya yang rencananya akan mengambil lokasi di Laut Flores. (***)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tekno

Merayakan 1 Abad Harlah, NU Menciptakan Wadah Baru Bagi Generasi dan Inovasi Digital

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – Sebagai bagian dari rangkaian acara perayaan Harlah 1 Abad, Nahdlatul Ulama (NU) meluncurkan sebuah program “NU Tech”.

NU Tech merupakan bentuk
sinergi bersama dalam perayaan Harlah 1 Abad Nahdatul Ulama (NU) untuk mendorong terwujudnya masyarakat digital dan peningkatan teknologi inovasi bangsa.

NU Tech merupakan salah satu upaya dari Badan Inovasi PBNU mengawali proses transformasi digital NU di abad ke-2 dengan melibatkan lebih dari 1 juta warga NU se-Indonesia.

Dalam rangka menciptakan digital literacy di kalangan santri dan masyarakat pada umumnya, NU Tech memberikan exposure bagi para pemilik ide bisnis kepada dunia
startup dan digital guna terciptanya kesempatan kolaboratif bagi NU, BUMN dan private sektor di bidang inovasi digital.

Dalam opening speech NU Tech, Ketua PBNU, K.H. Yahya Cholil Staquf memaparkan “Teknologi adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan. Kita harus menjadikan
teknologi ini sebagai ruang hidup kita dan kepentingan untuk memiliki kapasitas, akses, dan bahkan untuk ikut menentukan orientasi dari perkembangan teknologi itu sendiri. Persoalan teknologi ini mau tidak mau akan sampai kepada titik yang kurang lebih kontroversial, atau setidaknya menimbulkan perhatian dan bahkan keprihatinan terkait dengan hal-hal yang jadi haluan dalam nilai-nilai agama.

Saya berharap bahwa pengembangan peran yang signifikan oleh NU merupakan gerbang pembuka NU menuju ke abad ke 2, ” ucapnya, Jumat (2/12/2022).

NU Tech mengajak pelajar, santri, mahasiswa, dan keluarga besar NU untuk bergabung mengembangkan diri dan memajukan kapabilitas digital melalui serangkaian kegiatan: Capture
The Flag Competition, Innovation Pitching Competition, Tech Seminar, Digital Learning by Narasi Academy, dan Digital Learning Scholarship.

Pada Capture The Flag Competition, setiap talenta dapat menunjukkan serta mengasah keterampilan digital Cybersecurity melalui penyelesaian challenge kasus di CTF Competition.

Pada Innovation Pitching Competition, talent yang memiliki ide inovasi juga akan memiliki tempat yang mendukung untuk menyampaikan dan melatih keterampilan pitching terhadap ide inovasinya.

Selain itu, talenta diberikan berbagai kesempatan belajar yang dibutuhkan, mulai dari seminar dan kelas di ranah teknologi dan digital hingga akses pada banyak topik digital di platform pembelajaran.

Ketua Organizing Committee, Yenny Wahid mengatakan “ Memasuki abad ke-2 NU, perlu ada hal yang berbeda. NU memutuskan untuk mengadakan selebrasi tentang kiprah selama ini
yang kami harapkan bisa mendapatkan dampak positif bagi masyarakat.

NU Tech ini merupakan sebuah terobosan, karena bahwa seperti yang teman-teman ketahui NU terikat
dalam sebuah tujuan – tujuan besar dan untuk dapat menyebarkan kesan pesan yang baik kepada masyarakat, NU harus menguasai alat yang dipakai, salah satunya teknologi, ” ucapnya.

Sementara Fajrin Rasyid, selaku Ketua PIC NU Tech Harlah I Abad NU menambahkan, “ Jika kita lihat, semakin kesini, nilai ekonomi digital Indonesia berada di 600 triliun rupiah, dan angka ini akan tumbuh lebih besar lagi di tahun 2045, saat yang bertepatan dengan 100 tahun Indonesia.

Mudah-mudahan kita semua bisa menjadi pelaku aktif, tidak hanya menjadi konsumen saja di digital ecosystem ini.

Hingga kini, talenta digital Indonesia masih berada di ranking 50-an, rangking yang masih perlu kita tingkatan bersama. Mudah – mudahan, dengan
adanya kegiatan – kegiatan di dalam NU Tech yang merupakan bagian kecil dari usaha kami untuk dapat membuat talenta Indonesia melek digital. Semua bisa go digital untuk talenta
indonesia!, ungkapnya.

NU Tech hadir pada 2 Desember 2022, di mana terdapat hari puncak kegiatannya di Malang, Jawa Timur pada 19 Desember 2022.

Bagi yang ingin ikut serta dalam Innovation Pitching Competition telah dibuka hari ini 2 Desember sampai dengan 9 Desember 2022. Serta, bagi
yang ingin mengikuti Capture The Flag Competition juga sudah dibuka hari ini 2 Desember hingga 15 Desember 2022.

Untuk informasi paling update dan rangkaian kegiatan NU Tech silahkan kunjungi tautan berikut: https://nu-tech.id/ INTILAND BUILDING
Jalan Jenderal Sudirman No. 32 Lantai 20, Jakarta 10220 (Red)

Continue Reading

Tekno

Honeywell Bersama PTDI Menyediakan Sistem Keselamatan Pesawat C130 TNI AU

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – Honeywell (NASDAQ: HON) dan PT Dirgantara Indonesia (PTDI), produsen pesawat terbang Indonesia, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di Indo Defence Expo & Forum 2022, untuk memasok produk Military Airborne Collision Avoidance System (MILACAS) Honeywell untuk Program Peningkatan Avionik Pesawat C130 TNI AU (Indonesian Air Force/IDAF).

MILACAS adalah sistem peringatan penghindaran tabrakan yang dirancang untuk jangkauan dan kualitas siaran pengawasan yang lebih baik pada pesawat militer. Ini memberikan jangkauan pengawasan hingga dua kali lebih baik dari Enhanced Traffic Alert Collision Avoidance System (ETCAS), secara signifikan mengurangi risiko tabrakan saat memenuhi mandat untuk akses wilayah udara sipil.

MILACAS terbaru Honeywell menggunakan metode interogasi yang ditingkatkan dan Pengawasan Hibrida (Automatic Dependant Surveillance Broadcast – ADS-B). Jangkauan pengawasan MILACAS adalah 100nm untuk azimut 360°. Sistem ini disetujui oleh organisasi manajemen frekuensi sipil dan militer, termasuk U.S. National Telecommunications and Information Administration untuk dipasang di semua pesawat militer.

Selain peningkatan jangkauan, MILACAS menyediakan fungsi yang sama yang menjadikan ETCAS sebagai produk TCAS militer dengan penjualan terbesar di dunia. MILACAS dirancang untuk menjadi pengganti langsung dari TPA-81A.

Berdasarkan TPA-100, lini TCAS generasi baru Honeywell, MILACAS menggunakan platform perangkat keras yang identik dan mempertahankan semua persyaratan kinerja ACAS II sipil serta fitur unik militer tambahan.
Honeywell bangga dapat memberikan solusi yang mengurangi biaya perawatan dan memungkinkan formasi penerbangan militer yang lebih aman, dengan MILACAS memungkinkan pemasangan plug-and-play tanpa perlu modifikasi besar pada pesawat, kata Sathesh Ramiah, Wakil Direktur Honeywell Aerospace, Defense & Space Asia Pasifik.

Kami sangat senang dapat kembali bermitra dengan PTDI, dan percaya bahwa kemitraan ini akan sangat bermanfaat bagi program peningkatan IDAF. Pengalaman luas Honeywell dengan avionik, ditambah dengan kehadiran regional PTDI, akan semakin memperkuat kesiapan dan kemampuan misi IDAF, imbuh Sathesh Ramiah, Wakil Direktur Honeywell Aerospace, Defense & Space Asia Pasifik.

Gita Amperiawan, Direktur Utama PTDI, mengatakan bahwa setelah enam dekade berproduksi, C130 masih menjadi andalan lebih dari 60 angkatan udara di seluruh dunia. Honeywell dan mitranya seperti PTDI telah menjaga agar pesawat lama tetap relevan dengan menambahkan kemampuan untuk meningkatkan keselamatan, efisiensi, dan efektivitas misi.

Kehadiran PTDI dan hubungan dekat yang telah berlangsung lama dengan Honeywell akan memastikan layanan dan dukungan kelas dunia untuk TNI AU.
Pada acara tersebut, Honeywell memberikan apresiasi kepada PTDI dalam memperingati kemitraan strategis dalam program NC212i TPE331. (Red)

Continue Reading

Tekno

SMKN 55 Jakarta Ciptakan Si-Moli 55, Sepeda Motor Listrik Berkecepatan Maksimum Lima Puluh Kilometer Per Jam

Published

on

Jakarta,Hariansentana.com – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 55 jalan Pademangan VI Kelurahan Pademangan Timur Kecamatsn Pademangan Kota Administrasi Jakarta Utara ciptakan sepeda motor listrik yang diberi nama Si-Moli 55. Sepeda motor listrik tersebut mampu dipacu dengan kecepatan maksimum hingga 50 kilometer per jam.

Kepala Sekolah SMKN 55 Jakarta, A. Djamilah mengatakan, terciptanya sepeda motor listrik berawal dari adanya tantangan inovasi dari PT. PLN melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Mulai dikerjakan pada 20 Juni 2022, tim telah merampungkan dua unit sepeda motor listrik yang saat ini tengah masuk dalam tahap uji coba.

“2018 lalu kami sudah buat sepeda listrik, dari sana, PT. PLN ‘menantang’ kami untuk menciptakan sepeda motor listrik. Saat ini sudah dua unit sepeda listrik yang kami rampungkan dengan target lima unit sepeda motor listrik hingga Oktober 2022 mendatang,” kata A. Djamilah saat dikonfirmasi, Senin (26/9).

Dia menjelaskan, sepeda motor listrik tersebut merupakan hasil kolaborasi tim yang terdiri dari guru maupun siswa seluruh jurusan di SMKN 55 Jakarta.

Secara detail, Si-Moli 55 memiliki daya kelistrikan 48 Volt 20Ah dan mampu dipacu kecepatannya hingga 50 kilometer per jam.

“Kekuatan baterai sepeda motor listrik ini mencapai satu jam pemakaian, sedangkan lama pengisian daya (cas) selama empat jam. Kecepatan maksimum sampai lima puluh kilometer per jam,” jelasnya.

Terpisah, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretaris Kota Kota Administrasi Jakarta Utara, Muhammad Andri bangga terhadap sepeda motor listrik karya SMKN yang berada di kawasan Pluit, Penjaringan tersebut.

Selain telah dipamerkan pada Festival Pesisir, Minggu (25/9) kemarin, sepeda motor listrik tersebut akan kembali dipamerkan dalam acara Senam Primadona di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, pada Jumat (30/9) mendatang.

“Walikota Administrasi Jakarta Utara sangat mendukung karya anak bangsa seperti Si-Moli 55 karya SMKN 55 Jakarta ini. Sepeda motor listrik ini akan kami pamerkan kembali pada acara Senam Primadona di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara,” tutup Muhammad Andri.

(Sutarno)

Continue Reading
Advertisement

Trending