Connect with us

Polhukam

Semarak Dirgantara 2023, Gemuruh Jet Tempur Guncang Banyuwangi, Tari Kolosal Gandrung Sewu dipadu Tarian Dirgantara

Published

on

Banyuwangi, Hariansentana.com — Sebuah pertunjukan apik, hasil kolaborasi atraksi dirgantara TNI AU dengan kearifan lokal tarian kolosal Gandrung Sewu, Banyuwangi, mengguncang kota Banyuwangi Jawa Timur yang merupakan kota kelahiran Bapak AURI (R. Suryadharma).

Kehadiran flight pesawat tempur TNI AU jenis T50i Golden Eagle dari Lanud Iswahjudi dan flight pesawat tempur taktis Super Tucano dari Lanud Abdulrahman Saleh, melintas cepat di langit cerah sore hari Pantai Boom Marina, Banyuwangi, Sabtu (16/9/2023). Sesaat kemudian, disambung atraksi terjun payung oleh lima belas peterjun Kopasgat, termasuk didalamnya empat peterjun wanita TNI AU (Wara), yang diantaranya menggunakan kostum penari gandrung. Mereka loncat dari pesawat CN-295 dari Lanud Halim PK.

Sebelumnya saat menjelang acara ada enam paramotor terbang melintas bolak-balik sepanjang pantai Boom Marina Banyuwangi, semuanya diterbangkan pilot airsport TNI AU yg tergabung di Federasi Aero Sport Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan gemulai rancak tarian kolosal Gandrung Sewu, di pinggiran pantai oleh seribu lebih putri dan putra Banyuwangi. Kemegahan dan indahnya koreografi tari dan dentuman musik telah menghentak ribuan masyarakat yang menyaksikan gelaran “Gandrung Sewu 2023” Fest “Semarak Dirgantara 2023”.

Penonton yang telah memadati pantai begitu antusias dengan demo udara berupa pesawat tempur TNI AU, dan aksi olahraga dirgantara atlet-atlet FASI. Sambaran pesawat menggelegar yang melintas di lokasi pantai disambutan tepuk tangan meriah ribuan penonton.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., dan Ketum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo, yang juga hadir dalam acara tersebut, terlihat bangga atas penampilan kolaborasi dari atraksi pesawat TNI AU, atlet FASI dengan acara Gandrung Sewu yang merupakan kerjasama TNI AU dan pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Kehadiran TNI AU dalam gelaran budaya yang dikolaborasikan dengan kedirgantaraan ini semakin mempertegas kedekatan TNI AU dengan masyarakat dimana TNI selalu ada di hati rakyatnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Pangkoopsudnas Marsdya TNI Tonni Harjono S.E., M.M., Pangkoopsud II Marsda TNI M. Kustoro S.E., Danlanud Abdulrachman Saleh, Marsma TNI Fairlyanto, S.T., M.A.P., Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani beserta para pejabat TNI – Polri dan Forkompimda Banyuwangi.

Polhukam

Pushidrosal Gelar Latopssurta Hidros TA 2024.

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menggelar Latihan Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-seanografi (Latopssurta Hidros) TA 2024.

Latihan tersebut dibuka oleh Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) selaku Direktur Latihan (Dirlat) bertempat di Ruang Serba Guna Mako Pushidrosal, Ancol Timur Jakarta Utara, Senin (26/02/2024).

Hadir Dalam kegiatan tersebut Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Rony Saleh, para Pejabat Utama, Kasatker serta peserta latihan.

Dalam amanatnya, Danpushidrosal antara lain menyampaikan bahwa dinamika perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan implementasinya dalam bidang hidrografi telah berkembang dengan sangat pesat dan dinamis yang berdampak pada tuntutan kemampuan personel KRI, Unit Survei dan pengawak Pushidrosal. Selaras dengan hal itu, untuk melatih dan meningkatkan kemampuan, pemahaman dan penguasaan dalam PPKM setingkat Kogasgab, serta mempertahankan dan meningkatkan kesiapan operasional unsur KRI, KAL dan Unit Survei Pushidrosal dalam mendukung Operasi Militer Perang (OMP), maka Pushidrosal menyelenggarakan Latopssurta Hidros.

“Latihan ini merupakan tolok ukur penilaian kompetensi pelaksanaan tugas sesuai dengan peran, kewenangan dan fungsi Satker pelaksana maupun pendukung di jajaran Pushidrosal dalam proses penyelenggaraan surta hidros” kata Danpushidrosal.

Danpushidrosal menambahkan, latihan yang akan dikembangkan dalam Latopssurta hidros TA 2024 ini meliputi proses pengambilan keputusan dalam perencanaan operasi surta hidros dalam rangka Satgasduk Survei dan Pemetaan, akuisisi dan pengolahan data hidrografi, geofisika, oseanografi, meteorology, dan geografi maritim, serta penyajian informasi lingkungan medan tempur dalam format peta militer kertas, Additional Military layer (AML) dan analisa lingkungan medan tempur untuk kepentingan OMP.

Di Akhir amanatnya, orang nomor satu di jajaran Pushidrosal tersebut berpesan kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan waktu latihan dengan baik.

“Berlatihlah dengan bersungguh-sungguh, pahami mekanisme dan laksanakan sesuai prosedur, jaga keselamatan personel dan materiil agar semua dapat berjalan aman, lancar dan Zero accident” Pungkasnya.

Latopssurta Hidros TA 2024 dilaksanakan selama 14 hari dengan jumlah peserta 174 orang. Latihan bertema “Satgas BHARATA-24 melaksanakan Operasi Survei Pemetaan Hidro-Oseanografi di Perairan Kepulauan Seribu dan Teluk Jakarta guna mendukung tugas TNI Angkatan Laut dalam OMP” ini dibagi menjadi dua, yaitu Geladi Posko dan Geladi Lapangan. Geladi Posko bertempat di Mako Pushidrosal, sedangkan Geladi Lapangan mengambil lokasi di perairan Kepulauan Seribu dan Teluk Jakarta dengan melibatkan KRI Dewa Kembar-932, Unit Survei, KAL Vega, serta KAL Kobra dari Lantamal III Jakarta.(Red)

Continue Reading

Polhukam

Munas MPI : Gubernur AAU Terpilih Sebagai Ketua Umum Masa Bakti 2024 — 2028

Published

on

Yogyakarta, Hariansentana.com — Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsekal Muda TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., MDS., terpilih sebagai Ketua Umum Modern Pentathlon Indonesia (MPI) masa bakti 2024-2028 pada kegiatan Kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Royal Ambarukmo, Sabtu (24/2/2024).

Terpilihnya Gubernur AAU sebagai Ketua Umum MPI hasil dari pemilihan seluruh pengurus provinsi (Pengprov) MPI yang hadir di acara Munas MPI.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur AAU menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan untuk mempimpin organisasi Modern Pentathlon Indonesia.

“Ini merupakan amanah untuk menjalankan roda organisasi dan saya mohon bantuan dan dukungannya agar MPI dapat meraih prestasi lebih baik lagi baik di tingkat nasional maupun internasional”, tegas Marsma TNI Purwoko Aji.

Kegiatan Munas MPI dihadiri langsung oleh Staf Ahli Bidang Inovasi Kemenpora RI Bapak Dr. Drs. Yohan, M.Si., Wakil Ketua Umum II KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Eko Budi Supriyanto, Komite Eksekutif KOI Bapak Zainal Arifin, Pejabat Ketua Umum PP. MPI 2024 Bapak Hifni Hasan, S.H., Ketua Organizing Komitte Bapak Antoni Maruli Purba, Wakil Ketua Umum MPI Bapak Brigjen TNI (Purn) Siswanto, Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Hendro Arief H, S.Sos., M.Han., dan perwakilan Pengprov MPI. (penaau-2024)

Continue Reading

Polhukam

Bossman Bantah Tuduhan Penggerebekan: Penyebar Fitnah Telah Penjarakan

Published

on

By

Sidang hari pertama, Hanif Wicaksono orang yang memfitnah Bossman.

Hariansentana.com, Februari 2024 — Beredarnya di media sosial atas berita penggerebekan dibantah oleh Bossman Mardigu dan mengatakan bahwa Hanif Wicaksono telah menjalani penahanan.

Bossman menjelaskan bahwa foto yang disebarkan bukanlah ditempat yang dituduhkan. Bossman menegaskan bahwa berita yang disebar merupakan fitnahan yang ditujukan kepadanya, bahkan Bossman tidak berada di tempat seperti berita yang tersebar di media sosial hasil fitnahannya

Selain itu Bossman juga menjelaskan bahwa fitnah itu dirangkai lalu dikirimkan ke media sosial untuk di sebar.

Bossman juga menyampaikan foto dari pihak yang menyebar fitnah terhadapnya yang disebutkan bernama Hanif Wicaksono.
“Sidang hari pertama, inilah Hanif Wicaksono orang yang memfitnah Bossman seakan adanya penggerebekan dengan merekayasa guntingan informasi yang disebarkan ke media sosial,” ucapnya.

Bossman menjelaskan jika saat ini Hanif posisinya ditahan pihak berwajib.Tampak dalam foto saat dia hadir dalam sidang pertama Rabu pada tanggal 7 Februari 2024 yang kemudian ditunda ke hari senin tanggal 19 Februari 2024.

“Terlampir juga foto dari hape yang merupakan alat bukti bahwa Bossman tidak berada di tempat seperti berita yang tersebar di media sosial hasil fitnahannya,” tambah Bossman.

Foto itu yang bertuliskan ‘barusan orang nya jalan pulang’ di hapus dalam informasi yang di sebar oleh Hanif sehingga memberikan kesan keberadaan Bossman di lokasi.

Boosman dalam pesan itu juga mengatakan bahwa foto yang disebarkan bukalah penggerebekan, namun saat itu dirinya tengah melakukan diskusi diluar ruangan.
“Adapun foto yang berdebar seakan Bossman digrebek padahal sedang berdiskusi di luar ruangan adalah bukan di masa yang sama dengan yang diberitakan,” tulis Bossman. 

“Semuanya fitnah itu dirangkai lalu dikirimkan ke media sosial untuk di sebar,” tegasnya.

Continue Reading
Advertisement

Trending