Connect with us

Ekonomi Makro

Ridwan Kamil Dampingi Wapres RI Resmikan BLK Komunitas dan Bank Wakaf Mikro

Published

on

TASIKMALAYA – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mendampingi Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin meresmikan 1.014 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas dan Bank Wakaf Mikro (BWM) di Pondok Pesantren Cipasung, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (8/6/2021).

Wapres RI mengatakan, tujuan dari pembentukan BLK Komunitas adalah mendekatkan akses pelatihan vokasi kepada masyarakat, mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, dan memberikan bekal keterampilan dan kompetensi kerja. Saat ini, sudah berdiri 2.127 BLK Komunitas di Indonesia.

“Saya merasa berbahagia karena pada hari ini  dapat hadir langsung di Pondok Pesantren Cipasung Tasikmalaya dalam rangka Rembug Nasional dan Kewirausahaan dan Peresmian BLK Komunitas Tahun 2020, serta Peresmian Bank Wakaf Mikro (BWM),” kata Wapres RI.

“Alhamdulillah, pada tahun 2020, Kementerian Ketenagakerjaan telah membangun 1.014 BLK Komunitas, sehingga sampai dengan akhir tahun 2020, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah berhasil mendirikan 2.127 BLK Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” imbuhnya.

Wapres RI menambahkan, pelatihan BLK Komunitas dapat mendorong minat masyarakat untuk berwirausaha dan membuka lapangan kerja baru. Dengan begitu, angka pengangguran dapat ditekan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2021, terdapat 19,1 juta penduduk usia tenaga kerja yang terdampak pandemi. Persoalan lainnya yakni pertumbuhan angkatan kerja baru yang cenderung meningkat setiap tahun, serta minimnya penduduk usia angkatan kerja yang siap pakai, atau pernah mengikuti pelatihan kerja. Sehingga menyebabkan terjadinya mismatched skill.

“Di tengah dinamika perkembangan dunia saat ini, peserta pelatihan di BLK Komunitas harus mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kecakapan akan hal ini nantinya akan berperan dalam menentukan kemajuan bangsa,” ucapnya.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, terdampak pandemi COVID-19. Oleh karena itu, butuh langkah extraordinary yang dilakukan oleh pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional. Salah satunya di sektor ketenagakerjaan.

Menurut Ida, berbagai langkah mitigasi yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka penanganan pandemi serta upaya pemulihan ekonomi nasional mulai mendapatkan hasil yang positif.

Kementerian Ketenagakerjaan pun terus bekerja keras memulihkan sektor ketenagakerjaan. Salah satu upayanya yakni mengembangkan kompetensi calon tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja melalui BLK Komunitas. Selain itu, Kementerian Ketenagakerjaan  mengembangkan program pelatihan vokasi menjadi 23 kejuruan.

“BLK Komunitas merupakan salah satu program terobosan pemerintah untuk memperluas akses pelatihan vokasi bagi masyarakat, khususnya di komunitas lembaga keagamaan, lembaga pendidikan agama, dan serikat pekerja,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, program BLK komunitas sangat penting. Karena lewat BLK Komunitas ini diharapkan bisa membuat SDM di Jabar berdaya saing.

“Inilah yang menunjukkan bahwa apa yang diacarakan oleh Ibu Menteri Ketenagakerjaan (Ida Fauziyah) sangat penting agar Jawa Barat selalu berdaya saing dalam SDM-nya sebagai kunci menyambut ekonomi yang luar biasa,” ucap Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil.

Kang Emil pun berharap dengan adanya BLK Komunitas, angka pengangguran di Jabar bisa terus berkurang.

“Semoga bertambahnya BLK Komunitas dapat mengurangi tingkat pengangguran,” ucapnya.

Sedangkan, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, pihaknya sangat mendukung program vokasi dan kewirausahaan dalam pengembangan kualitas pelatihan dan penyamaan standar pelatihan bagi generasi muda.

Wimboh menuturkan, pihaknya akan terus mendorong industri keuangan untuk dapat menjalin kerja sama dan bersinergi dengan program pelatihan yang dinaungi oleh BLK ini.

“Kami menyambut baik atas peresmian BLK ini tentunya adalah sinergi yang bagus antara program Bank Wakaf Mikro pembinaan umat dan juga nanti ini adalah pelatihan para generasi muda,” kata Wimboh.

Berikut ini 23 kejuruan program pelatihan vokasi yang dikembangkan Kementerian Ketenagakerjaan:

  1. Teknik Otomotif.
  2. Teknik Pendingin (Refrigerasi).
  3. Teknik Las (Welding).
  4. Teknik Konstruksi  Furniture dan Kriya Kayu (Woodworking).
  5. Teknik Perkapalan.
  6. Instalasi Infrastruktur Telekomunikasi.
  7. Elektronika.
  8. Teknik Informatika.
  9. Robotika.
  10. Multimedia.
  11. Desain Komunikasi Visual.
  12. Pengolahan Hasil Pertanian (Agroindustri).
  13. Pengolahan Hasil Perikanan (Fishery Industry).
  14. Kesenian.
  15. Seni Kriya (Kerajinan Tangan).
  16. Teknik Batik.
  17. Desain Mode dan Tekstil (Tata Busana).
  18. Tata Rias.
  19. Bahasa.
  20. Perhotelan.
  21. Kesehatan Tradisional.
  22. Seni Kuliner.
  23. Hubungan Industrial.

(Red)

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi Makro

Program TJSL Tepat Sasaran, PLN Sabet 28 Penghargaan Dalam ICA dan ISDA Awards 2023

Published

on

By

Jakarta, Hariansentana.com – PT PLN (Persero) berhasil memborong 28 penghargaan dalam ajang Indonesia CSR Award (ICA) 2023 & Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2023, yang diadakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD), di Jakarta (4/12).

Pada ajang ISDA 2023 program-program TJSL Unit Induk PLN berhasil menyabet 20 penghargaan yang masuk dalam 3 pilar yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan. Sementara untuk ajang ICA 2023 PLN berhasil mendapatkan 4 penghargaan atas komitmennya dalam menjalankan core subject ke-7 yaitu Community Involment and Development.

Atas keberhasilan menjalankan 24 program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan perusahaan tersebut, PLN juga dianugerahi penghargaan secara korporasi dalam 4 kategori yaitu The Top Leadership on SDGs, The Most Committed Corporate Community Involvement and Developmentl, The Most Committed Corporatĥe on Social Pillar dan _The Most Committed Corporate on Environment Pillar.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dalam sambutannya mengatakan Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan aspek penting sebagai bagian dari pertumbuhan ekonomi.

“Pembangunan berkelanjutan adalah aspek penting untuk pembangunan yang adil, inklusif dan memperhatikan aspek lingkungan. Pemerintah terus memprioritaskan sektor yang mengedepankan aspek berkelanjutan sebagai bagian dari upaya pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Selain itu, Airlangga menekankan bahwa Indonesia berkomitmen mewujudkan visi Indonesia emas untuk menjadi negara high income country.

“Yaitu negara berdaulat maju dan berkelanjutan guna mewujudkan transformasi ekonomi terutama menerapkan ekonomi hijau, inklusif, mendorong nilai tambah serta berinovasi,” kata Airlangga.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN tidak hanya melayani masyarakat lewat penyediaan listrik, PLN juga berkomitmen untuk berkontribusi kepada masyarakat melalui program TJSL yang mengacu pada pencapaian SDGs. Program TJSL PLN difokuskan untuk pendidikan, pemberdayaan UMK dan keberlanjutan lingkungan.

“Komitmen PLN untuk bermanfaat kepada masyarakat dan menjaga lingkungan dibuktikan dengan program-program TJSL kami. Karena PLN tidak hanya menjalankan bisnis kelistrikan semata tetapi juga berkontribusi bagi masyarakat dan lingkungannya,” ujar Darmawan.

Ia berharap setiap program TJSL PLN akan menciptakan Creating Share Value (CSV) yang memberi manfaat atau nilai tambah kepada perusahaan, masyarakat, dan lingkungan. Raihan ini kata Darmawan, juga akan menjadi motivasi perseroan untuk terus berkontribusi lebih kepada masyarakat dan lingkungan.

“Penghargaan ini akan menjadi energi baru bagi PLN untuk mempertahankan dan terus mencetak banyak prestasi sehingga kehadiran PLN benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tambah Darmawan.

Sementara itu Ketua Umum CFCD, Thendri Supriatno selaku penyelenggara acara mengapresiasi program corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan berbagai korporasi yang berdampak langsung kepada masyarakat sehingga layak mendapatkan penghargaan pada ajang ini.

“Berapa ribu masyarakat yang terberdayakan dari kegiatan ini dan lebih dari itu ternyata korporasi indonesia memiliki _performance_ yang lebih baik dalam mengadopsi CSR. Sehingga ini merupakan compliment dari program pemerintah dan sekali lagi selamat bagi para pemenang,” pungkasnya.()

Continue Reading

Ekonomi Makro

100% Listrik Pabrik Susu Frisian Flag Indonesia Bersertifikat Energi Hijau

Published

on

By

Jakarta, HarianSentana.com – PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menyerahkan sertifikat energi hijau atau Renewable Energy Certificate (REC) kepada pabrik susu kemasan, PT Frisian Flag Indonesia, sebesar 100% dari pemakaian listriknya di 2 lokasi yaitu Pasar Rebo dan Ciracas. Frisian Flag Indonesia menjadi pabrik susu pertama yang memiliki REC.

REC diserahkan oleh Manager PLN Kramatjati, Aditya Yoga Nugraha kepada Tri Sumaryanto sebagai Maintainance Manager Frisian Flag Indonesia site Pasar Rebo dan Manager PLN Ciracas, Arif Purnomo menyerahkan kepada Triyanto sebagai Plan Manager Frisian Flag Ciracas.

Menurut General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan, total REC yang diserahkan kepada Frisian Flag Indonesia sebanyak 4.461 unit dengan total daya langganan 15.697.000 KVA. Penyerahan dilakukan di kantor Frisian Flag Indonesia, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

“Frisian Flag menjadi pelanggan PLN UID Jakarta Raya ke-58 yang menikmati energi bersih melalui kepemilikan REC. Kami sangat apresiasi terhadap keseriusan Frisian Flag dalam bisnis yang mengedepankan sustainibility dengan kepedulian terhadap pemakaian energi hijau,” kata Doddy.

Lebih jauh ia mengatakan, PLN terus mengebut transisi energi untuk mencapai Net Zero Emission 2060. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkan cita-cita bersama Indonesia. Melalui REC, PLN menghadirkan opsi listrik Energi Baru Terbarukan (EBT) yang berstandar internasional.

“Bagi pelanggan korporat, tentunya REC ini bisa menjadi solusi cepat dan mudah untuk mendapatkan energi dari EBT yang dulunya sistem ini hanya ada di luar negeri, kini PLN bisa menyediakan REC berstandar internasional,” tambah Doddy.

Sementara itu President Director PT Frisian Flag Indonesia, Berend Van Wel menyambut dengan antusias sertifikat listrik hijau dari PLN. Menurutnya, REC yang dikeluarkan PLN sejalan dengan misi Net Zero Emission. Pelaku industri dan PLN bersama-sama dalam mendukung bisnis berkelanjutan dengan tetap memperhatikan lingkungan.

Sustainibility menjadi salah satu pilar bisnis Frisian Flag. Tidak hanya kesejahteraan bagi para pemangku kepentingan saja, tetapi juga tanggung jawab terhadap lingkungan.

Selama tahun 2022, penggunaan REC di Jakarta mencapai 137.439 unit, atau setara dengan 137.439 MWH energi hijau telah tersalurkan ke pelanggan.()

Continue Reading

Ekonomi Makro

Bertemu Airlangga Hartarto, Ridwan Kamil Sampaikan Aspirasi Pengelolaan Ladang Minyak

Published

on

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto di Kota Bandung, Sabtu (5/6/2021) pagi.

Dalam pertemuan tersebut, Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– yang juga Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) menyampaikan aspirasi terkait pemanfaatan ladang minyak marjinal yang tidak terurus Pertamina untuk dikelola daerah.

“Supaya menjadi nilai tambah kesejahteraan kepada masyarakat di daerah-daerah penghasil migas dan energi terbarukan,” kata Kang Emil.

Sebelumnya, ADPMET menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (3/6/2021). Agenda rakernas tersebut adalah merumuskan keterlibatan BUMD dalam mengakselerasi potensi migas dan energi daerah.

Selain menyampaikan aspirasi terkait pemanfaatan ladang minyak marjinal, kata Kang Emil, Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar berkomitmen mendukung program-program pembangunan Pemda Provinsi Jabar.

“Kami pun membahas dukungan terkait pengembangan pembangunan Pemda Provinsi Jabar melalui dukungan politik dari Partai Golkar sehingga Partai Golkar berkomitmen mendukung program Jabar Juara Lahir dan Batin,” ucapnya.

Kang Emil dan Airlangga pun membicarakan pembangunan Jabar dalam pertemuan tersebut. Salah satunya terkait pengembangan Bandara Internasional Kertajati. (Red)

Continue Reading
Advertisement

Trending