Connect with us

Ibukota

Pemkot Jakut Gelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Festival Pesisir 2022

Published

on

Jakarta,Hariansentana.com – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan Festival Pesisir 2022 di Ruang Fatahillah, Lantai 2 Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Selasa (13/9).

Kegiatan Pesona Wisata (Pesta) Pesisir 2022 ini rencananya akan dilaksanakan di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.
“Setelah beberapa tahun belakangan vakum, mari kita kita gelorakan lagi, meriahkan lagi Festival Pesisir tahun 2022 ini,” kata Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Abdul Khalit.

Abdul Khalit sangat mengapresiasi kegiatan Festival Pesisir yang diselenggarakan oleh Sudin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Utara.
“Dengan dihidupkannya kembali Festival Pesisir ini tentunya dapat membantu warga Jakarta Utara, khususnya dalam upaya mengeksplore wisata dan pertumbuhan ekonomi rakyat. Kami (Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara) menyambut baik dan menyampaikan apresiasi dengan diselenggarakannya kegiatan ini. Kami (Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara) juga sangat butuh dukungan semua pihak, karena kegiatan ini adalah pematik, langkah awal buat kita semua menampilkan, memperkenalkan Jakarta Utara kepada masyarakat di luar sana,” ungkapnya.

Sementara Kasudin Parekraf Jakarta Utara, Wiwik Satriani mengatakan Pesona Wisata (Pesta) Pesisir 2022 adalah gabungan dari dua kegiatan.
“Kegiatan festival pesisir dan layang-layang, yang kita gabung menjadi satu. Setelah vakum dan pandemi, kami menganggap ini adalah Kick Off atau tendangan awal lagi, supaya kedepannya Festival Pesisir lebih menggema lagi dan dapat meningkatkan sektor pariwisata di Jakarta Utara khususnya untuk pelaku ekonomi kreatif dan UMKMnya,” katanya.

Wiwik menambahkan Festival Pesisir akan didukung oleh UKPD, kecamatan, ataupun komunitas yang ada di Jakarta Utara
“Melibatkan seluruh potensi yang ada karena kegiatan ini adalah rumah untuk kita semua (warga Jakarta Utara). Baik UKPD, kecamatan, ataupun komunitas nantinya akan diberikan ruang atau booth untuk menampilkan sektor unggulan, program unggulan, ataupun kreatifitas unggulannya. Para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif juga mendapatkan kesempatan untuk memamerkan produk-produk unggulannya. Panitia sudah memfasilitasi dengan menyediakan sebanyak 80 booth untuk semua,” ungkapnya.

Menurut rencana, kegiatan Festival Pesisir ini akan diselenggarakan pada hari minggu, tanggal 25 September 2022. Kegiatan ini akan dibuka dengan kolaborasi Sudin LH Jakarta Utara, TNI-Polri, dan stakeholders (pemangku kepentingan) membersihkan Waduk Pluit dalam menyambut datangnya musim hujan.

(Sutarno).

Ibukota

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Adakan Acara Halalbihalal Dengan Forkopimko Jakut

Published

on

By

JAKARTA, Hariansentana.com — Jajaran Forkopimko(Forum komunikasi pimpinan kota) Jakarta Utara menghadiri kegiatan halalbihalal yang diselenggarakan oleh PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk di Ecovention Hall Ancol, Jumat (19/4).
Momentum silaturahmi tersebut mengangkat tema kebersamaan dalam keberkahan Idul Fitri 1445 H./2024.

Ini adalah momen yang luar biasa dimana kita bisa bersilaturahmi dengan jajaran PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Disini, saya mewakili Forkopimko Jakarta Utara menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk yang selalu bersinergi dalam memajukan Jakarta Utara,” tutur Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Winarto menuturkan bahwa acara halalbihalal internal kali ini diadakan bersama unsur Muspiko Jakarta Utara, pemegang saham, pengurus, dan seluruh karyawan. “Insya Allah, hari ini kita bisa memaafkan satu sama lain. Mensucikan hati, pikiran, dan perasaan kita sepanjang tahun,” ucapnya.

Pertemuan silaturahmi tersebut juga diisi dengan tausiyah agama dengan materi halalbihalal oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar.(Sutarno)

Continue Reading

Ibukota

Sampaikan LKPJ 2023, Pj. Gubernur Heru Sebut IPM Jakarta Tertinggi di Indonesia dan Indikator Ekonomi-Sosial Membaik.

Published

on

By

Jakarta, Hariansentana.com
Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran (TA) 2023 kepada pimpinan dan anggota legislatif dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, pada Kamis (18/4/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Heru memaparkan laporan berbagai hasil pembangunan yang telah dikerjakan Pemprov DKI Jakarta selama satu tahun terakhir melalui indikator makro yang meliputi Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indikator Ekonomi, dan Indikator Sosial.

Khusus untuk IPM, kinerja pembangunan manusia di Jakarta pada tahun 2023 tercatat sebesar 83,55 meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 81,65 dan merupakan yang tertinggi di Indonesia. Seluruh dimensi pembentuk IPM DKI Jakarta mengalami peningkatan, dimensi Umur Panjang dan Hidup Sehat yang diukur dengan indikator Umur Angka Harapan Hidup (AHH) mencapai 75,81 tahun.

“Sementara itu, dimensi Pendidikan yang diukur melalui indikator Rata-rata Lama Sekolah, meningkat menjadi 11,45 tahun atau setara kelas XII dan indikator Harapan Lama Sekolah mencapai 13,33 tahun. Adapun dimensi Standar Hidup Layak yang diukur berdasarkan rata-rata pengeluaran riil per kapita per tahun yang disesuaikan mencapai Rp 19,37 juta per tahun, meningkat Rp 446.000 (2,36 persen) dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Pj. Gubernur Heru.

Kemudian, Pj. Gubernur Heru juga menerangkan bahwa untuk pertumbuhan perekonomian Jakarta pada tahun 2023 didasari melalui besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp 3.443 triliun, serta atas dasar harga konstan mencapai Rp 2.050 triliun. “Kinerja ekonomi Jakarta sejalan dengan perkembangan ekonomi nasional di tengah ketidakpastian ekonomi global. Perekonomian Jakarta tetap tumbuh tinggi, yaitu sebesar 4,96 persen,” ungkap Pj. Gubernur Heru.

Pj. Gubernur Heru menambahkan, pada tahun 2023, inflasi bulanan Jakarta secara year on year menunjukkan fluktuasi dengan tren menurun. Adapun inflasi pada Desember 2023 year on year tercatat sebesar 2,28 persen yang merupakan inflasi terendah se-Jawa Bali. Komoditas utama penyumbang inflasi, di antaranya beras, cabai merah, daging ayam ras, dan angkutan udara.

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Heru memaparkan indikator sosial, yaitu pada periode Maret 2023, tingkat kemiskinan Jakarta tercatat sebesar 4,44 persen. Angka ini menurun 0,17 persen dibandingkan periode September 2022 dan turun 0,25 persen dibandingkan periode Maret 2022. “Hal ini didorong oleh membaiknya beberapa indikator makro ekonomi, di antaranya pertumbuhan ekonomi serta berkurangnya pengangguran,” pungkas Pj. Gubernur Heru.

Perlu diketahui, Pendapatan Daerah tahun 2023 terealisasi sebesar Rp 71,06 triliun (100,57 persen) melebihi rencana sebesar Rp 70,66 triliun. Terdiri dari realisasi Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp 49,13 triliun (101,44 persen), realisasi Pendapatan Transfer sebesar Rp 20,15 triliun (99,68 persen), serta realisasi Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah sebesar Rp 1,76 triliun (88,46 persen).

Untuk Belanja Daerah pada akhir tahun 2023 telah terealisasi sebesar Rp 66,77 triliun atau mencapai 92,55 persen dari target yang direncanakan sebesar Rp 72,14 triliun. Selanjutnya, untuk Pembiayaan Daerah terbagi atas realisasi Penerimaan Pembiayaan sebesar Rp 8,88 triliun atau 99,90 persen dari target sebesar Rp 8,89 triliun dan realisasi Pengeluaran Pembiayaan sebesar Rp 6,63 triliun atau 89,56 persen dari rencana Rp 7,41 triliun. Dengan realisasi pendapatan daerah, belanja daerah, dan pembiayaan daerah tersebut, terdapat Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) pada akhir tahun 2023 sebesar Rp 6,54 triliun.(Sutarno)

Continue Reading

Ibukota

Pemkot Jakut Terima Kewajiban Revitalisasi Stadion Tugu Tahap Pertama

Published

on

By

Jakarta, Hariansentana.com — PT Asya Mandira Land menyerahkan kewajiban berupa revitalisasi Stadion Tugu tahap pendahuluan dan tahap pertama senilai Rp 79.944.532.000 kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Proses penyerahan kewajiban dari PT Asya Mandira Land kepada Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Dr.Ali Maulana Hakim diperkuat dengan pelaksanaan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) yang berlangsung di Ruang VIP, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (18/4/2024).

“Alhamdulillah, ini sudah kita tunggu-tunggu untuk direalisasikan penyerahannya.

Terima kasih kepada semua pihak. Mudah-mudahan menjadi berkah dan mendapat ridho dari Allah SWT,” ungkap Ali Maulana Hakim didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekko Administrasi Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman, Kepala Bagian PLH Setko Administrasi Jakarta Utara, Ardan Solihin, dan jajaran terkait.

Ali menyampaikan bahwa keberadaan Stadion Tugu memang dibutuhkan oleh masyarakat Jakarta Utara. “Sebelumnya, Stadion Tugu ini kondisinya sudah tidak layak sehingga perlu direvitalisasi. Walaupun masih tahap pertama tapi tampilannya sudah keren,” ujarnya

Pada kesempatan itu, ia juga berharap pekerjaan fisik tahap kedua di Stadion Tugu bisa secepatnya terlaksana. “Kita harap ini bisa tuntas karena akan menambah fasilitas olahraga untuk masyarakat Jakarta Utara. Selain itu, stadion ini juga bisa menjadi home base bagi klub sepak bola Persitara,” pungkasnya. (sutarno)

Continue Reading
Advertisement

Trending