Connect with us

Bodetabek

Panitia HPN 2023 & HUT PWI ke-77 Tingkat Kabupaten Bogor Gelar Rakor

Published

on

Bogor, Hariansentana.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor melalui panitia Hari Pers Nasional 2023 & HUT PWI ke-77 , menggelar rapat koordinasi pertama usai dilakukan pembentukan pada Rabu 16 Januari 2023 lalu.

Melalui hasil musyawarah, pengurus dan para anggota PWI Kabupaten Bogor memilih ketua panitia HPN 2023 & HUT PWI ke-77 diketuai Effendi Tobing, Tabrani alias Roni Sentana, dan Nay Nur’ain yang merupakan Kabiro Bogor Timur Jurnal Bogor.

Dalam rakor perdananya itu, Effendi Tobing selaku ketua panitia penyelenggara bermaksud ingin meminta masukan kepada setiap pengurus dan anggota PWI Kabupaten Bogor yang tergabung dalam kepanitiaan perhelatan acara tersebut.

Iebig lanjut, hasil dalam rakor tersebut menghasilkan sebuah usulan mulai dari rangkaian berupa berbagai perlombaan yakni lomba Badminton ,Gaple, Catur, Tenis Meja, dan lomba mancing sebagai rangkaian menuju puncak peringatan HPN 2023 & HUT PWI ke-77 pada 9 februari 2023 yang berlangsung di Medan Sumatera Utara di tingkat nasional.

“Alhamdulillah saya ucapkan sebagai ketua panitia HPN 2023 dan HUT PWI ke-77 tingkat kabupaten Bogor ini bisa mendapatkan masukan dari masing rekan-rekan yang hadir dalam rakor perdana pada hari ini,” kata pria yang kerap disapa Tobing di gedung Graha Wartawan di jalan raya Tegar Beriman, Sukahati, Cibinong, pada (19/1/23).

Tobing menambahkan, selain berbagai perlombaan dan rangkaian HPN 2023 serta HUT PWI ke-77 ini, ada juga kegiatan sosial yaitu santunan anak yatim sebanyak 40 anak yang notabanenya merupakan asuhan PWI Kabupaten Bogor, serta kegiatan tabur bunga ke taman makam pahlawan Pondok Rajeg yang akan dilaksanakan saat puncak acara pada 9 Februari 2023.

Tobing menambahkan untuk membedakan HPN 2023 & HUT PWI ke-77 tahun ini, panitia juga sepakat akan membuat sebuah diskusi publik yang akan dilaksanakan pada 20 Februari 2023 bertempat di Ballroom M-One Resto, Cimandala, Sukaraja, Bogor.

“Semoga apa yang telah kita rencanakan dalam memeriahkan HPN 2023 & HUT PWI ke-77 tahun ini, dapat terlaksana dengan semestinya dan hal itu tidak terlepas dari kerjasama yang baik dari rekan-rekan anggota PWI Kabupaten Bogor khususnya,” jelas Tobing.

Masih ditempat sama, Ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Subagiyo mengharapkan apa yang telah direncakan melalui rakor yang dilakukan panitia HPN 2023 & HUT PWI ke-77 tingkat Kabupaten Bogor ini, bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Saya do’akan agar yang telah diwacanakan dalam memperingati HPN 2023 & HUT PWI ke-77 ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan kita bersama,” papar Subagiyo.

( Tabrani / Dedy F/ Subur )

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bodetabek

Jelang HPN / HUT PWI ke 77 Tetap Jaga Kualitas dan Jangan Tergerus Integritas

Published

on

Bogor, Hariansentana.com – Menjelang Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke 77 tanggal 9 Februari mendatang yang mengusung tema Pers Bebas Demokrasi bermartabat ,Radio Tegar Beriman 95.3 FM melalui Program Bicara dari Bogor menggelar Dialog Masa Depan Dunia Jurnalisme

Yang dipandu (Host) Mey Cresentya menghadirkan Ketua PWI Kabupaten Bogor dan Kamaludin Insan Anggota Dewan Pers Indonesia.

Dalam Dialog tersebut Subagiyo mengatakan dengan HPN dan HUT PWI ke 77 sudah barang tentu sejarah panjang disertai berbagai masa rejim. Seperti di Indonesia mengalami tiga rejim, Orla, Orba, dan Reformasi.

“Sebelum era pers juga pada era penjajahan Belanda dengan pertama kali sebuah koran diterbitkan oleh kolonial Belanda.
Seiring perjalanan tersebut, tokoh pergerakan ikut di dunia jurnalistik dengan membawa pergerakan kemerdekaan.

Kini era digital terjadi pertumbuhan luar biasa dengan era digital, sejak 2013 – sampai sekarang munculah digitalisasi semakin menjamur, Seperti di Bogor hampir tiap hari bermunculan webside atau media daring.

Sudah barang tentu kebebasan, dan tidak ada lagi Surat Usaha Izin Penerbitan (SIUP) dengan terbit UU No. 40 Tahun 1999 tentang kemerdekaan Pers .

Lebih lanjut era Reformasi inilah, terjadi pergeseran cukup kuat media massa cetak/ koran mulai tumbang satu persatu. Seperti Sinar Harapan tutup secara resni pada tahun 2015 dan berlanjut hingga kini terakhir di penghujung 2022 koran harian Republika tutup secara permanen.

Bertumbangan sejumlah media cetak/koran, majalah,seperti poskota, Hai, Soccer, dan lainnya. Semakin semarak menjamur media daring di Indonesia.

Namun, berbagai media daring dan ditambah dengan jurnalis citizen, media sosial bertebaran dalam setiap hari menghiasi digital Indonesia.
Fenomena ini, menambah semakin eufura di era Reformasi tersebut. Sehingga masyarakat menerima berbagai informasi telanjang sebagian hoax.
Belum lagi jurnalis dadakan bermunculan, akibat mulai menggusur citra wartawan intelek berjalan bergeser kepada nilai jurnalistik tak mengindahkan rambu-rambu UU No. 40 tahun 1999 dengan kode etik wartawan,”jelas Bagiyo.

Sementara itu , anggota Dewan Pers Indonesia, kamaluldin insan mengatakan ia berpesan kepada jurnalis agar dalam karya jurnalistik memperhatikan aturan UU No. 40 tahun 1999 dan kode etik,” ujar nya.

Lebih lanjut Kamaludin Insan menjelaskan dari tahun ke tahun konflik pers ke Dewan Pers semakin meningkat untuk tahun 2022 lebih dari 600 orang melakukan somasi ke Dewan Pers. Belum lagi jumlah konflik pers dengan nara sumber semakin meningkat.

Hal ini menandakan, masyakarat mulai cerdas dan para jurnalis harus berhati-hati dalam setiap karya jurnalistik menganut aturan minimal kode etik jurnalistik,” Papar nya.

( Tabrani / Dedy F / Subur )

Continue Reading

Bodetabek

Ketua dan Anggota Seketariat PWI Botim Audiensi Bersama Apdesi Gunung Putri

Published

on

Bogor, Hariansentana.com – Sekretariat PWI Bogor Timur ( Botim ) adakan audiensi serta ngobrol santai bersama Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) Kecamatan Gunung PutriKabupaten Bogor.

kegiatan ngobrol santai berlangsung di Aula Kantor Desa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor , Acara ini berlangsung hangat, Kamis (2/2/23).

Terlihat hadir dalam acara ngobrol santai tersebut, Ketua Apdesi Gunung Putri yang juga Kepala Desa Ciangsana Udin Saputra, Sekjen Apdesi Gunung Putri juga Kepala Desa Bojong Nangka H.Amir Arsyad, Kepala Desa Gunung Putri Damanhuri, Kepala Desa Wanaherang Heri Sadewo, Penasehat Sekretariat PWI Bogor Timur Piyarso Hadi SIP. Ketua Sekretariat PWI Bogor Timur Nay Nur’ain beserta pengurus dan anggota Sekretariat PWI Bogor Timur.

Lebih lanjut dalam kesempatan itu ,Ketua Apdesi Gunung Putri Udin Saputra mengapresiasi akan keberadaan Sekretariat PWI Bogor Timur. Menurutnya, memang sangat diperlukan adanya wadah untuk wartawan yang ada diwilayah Bogor Timur khususnya, apalagi kini Botim akan menghadapi pemekaran.

“Begitu adanya permintaan audiensi dari Sekretariat PWI Bogor Timur, kami langsung merespon dan memang ini pertama kalinya ada wartawan yang mengajak audiensi dan ngobrol santai,” papar Udin kepada wartawan Kamis (02’02/23).

Menurutnya, audiensi ini bisa menimbulkan nilai positif dan bersinergi antara PWI Bogor Timur dengan Apdesi Gunung Putri.

“Intinya kami akan selalu mendukung dan support penuh, setiap kegiatan yang akan dilakukan oleh PWI Bogor Timur, semoga setelah audiensi ini ada kerjasama berkepanjangan dengan Apdesi Gunung Putri, saya berharap Sekretariat PWI Bogor Timur yang dikomandoi Nay Nur’ain serta kawan-kawan bisa memberikan informasi yang positif dan berimbang kepada masyarakat ditengah maraknya pemberitaan hoax,” jelas Udin.

Sementara itu Ketua Sekretariat PWI Bogor Timur Nay Nur’ain mengatakan kegiatan ini adalah audiensi untuk memperkenalkan anggota PWI yang ada diwilayah Bogor Timur, sekaligus memaparkan program-program Sekret PWI Botim yang mungkin bisa dikerjasamakan dengan Apdesi Gunung Putri.

“Saya ucapkan terimakasih atas respon baik Apdesi Gunung Putri yang sudah menerima Sekretariat PWI Bogor Timur, semoga pertemuan kali ini menjadi awal sinergi antara PWI Sekret Botim dengan Pemerintahan yang ada di Bogor Timur, “jelas nya.

Di tempat yang sama Penasehat PWI Kabupaten Bogor Sekretariat Bogor Timur, Piyarso Hadi, SIP, mengatakan Pers sangat penting bagi seluruh ruang lingkup kehidupan di dunia, pers merupakan pilar keempat demokrasi, melengkapi eksekutif, legeslatif, dan yudikatif,diera digital ini wartawan yang bertugas di Pedesaan khususnya, harus terus bersemangat membantu masyarakat memberitakan kondisi ekonomi dan sosial.

“Oleh karena itu penting artinya kerjasama yang baik dan saling terbuka antara perangkat Desa dan awak media, jurnalis, maupun wartawan. Sehingga sudah tidak zamannya lagi aparatur Desa bermain kucing-kucingan ketika para awak media membutuhkan informasi dan transparansi,” papar nya.

( Tabrani / Dedy F / Subur )

Continue Reading

Bodetabek

Apdesi Gunung Putri Apresiasi Keberadaan Sekretariat PWI Wilayah Bogor Timur

Published

on

Bogor, Hariansentana.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor, Sekretariat PWI Bogor Timur adakan audiensi serta ngobrol santai bersama Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) Kecamatan Gunung PutriKabupaten Bogor.

Dalam kegiatan ngobrol santai berlangsung di Aula Kantor Desa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor ini berlangsung hangat, Kamis (2/2/23).

Tampak hadir dalam kegiatan bgobrol santai tersebut, Ketua Apdesi Gunung Putri yang juga Kepala Desa Ciangsana Udin Saputra, Sekjen Apdesi Gunung Putri juga Kepala Desa Bojong Nangka H.Amir Arsyad, Kepala Desa Gunung Putri Damanhuri, Kepala Desa Wanaherang Heri Sadewo, Penasehat Sekretariat PWI Bogor Timur Piyarso Hadi S.i.P , Ketua Sekretariat PWI Bogor Timur Nay Nur’ain beserta pengurus dan anggota Sekretariat PWI Bogor Timur.

Lebih lanjut dalam kesempatan itu ,Ketua Apdesi Gunung Putri Udin Saputra mengapresiasi akan keberadaan Sekretariat PWI Bogor Timur. Menurutnya, memang sangat diperlukan adanya wadah untuk wartawan yang ada diwilayah Bogor Timur khususnya, apalagi kini Botim akan menghadapi pemekaran.

“Begitu adanya permintaan audiensi dari Sekretariat PWI Bogor Timur, kami langsung merespon dan memang ini pertama kalinya ada wartawan yang mengajak audiensi dan ngobrol santai,” papar Udin kepada wartawan Kamis (02’02/23).

Menurutnya, audiensi ini bisa menimbulkan nilai positif dan bersinergi antara PWI Bogor Timur dengan Apdesi Gunung Putri. Karena pada dasarnya, kami memang sangat membutuhkan peran pers dalam setiap program pemerintahan yang kami jalankan, apalagi adanya keterbukaan publik peran pers sangatlah penting.

“Intinya kami akan selalu mendukung dan support penuh, setiap kegiatan yang akan dilakukan oleh PWI Bogor Timur, semoga setelah audiensi ini ada kerjasama berkepanjangan dengan Apdesi Gunung Putri, saya berharap Sekretariat PWI Bogor Timur yang dikomandoi Nay Nur’ain serta kawan-kawan bisa memberikan informasi yang positif dan berimbang kepada masyarakat ditengah maraknya pemberitaan hoax,” jelas Udin.

Sementara itu Ketua Sekretariat PWI Bogor Timur Nay Nur’ain mengatakan jika kegiatan hari ini adalah audiensi untuk memperkenalkan anggota PWI yang ada diwilayah Bogor Timur, sekaligus memaparkan program-program Sekret PWI Botim yang mungkin bisa dikerjasamakan dengan Apdesi Gunung Putri.

“Saya ucapkan terimakasih atas respon baik Apdesi Gunung Putri yang sudah menerima Sekretariat PWI Bogor Timur, semoga pertemuan kali ini menjadi awal sinergi antara PWI Sekret Botim dengan Pemerintahan yang ada di Bogor Timur, “papar nya

Lebih lanjut Nay mengakan , untuk saat ini anggota PWI Kabupaten Bogor yang ada di Bogor Timur hanya ada 7 orang, dan tidak menutup kemungkinan dengan Sekretariat PWI Botim bisa menambah anggota untuk PWI Kabupaten Bogor.

“Ada syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menjadi anggota PWI Kabupaten Bogor dan itu bersifat mutlak, adanya mandat dari Ketua PWI Kabupaten Bogor H.Subagiyo untuk menggaungkan PWI diwilayah Bogor Timur, maka kami membuka pintu untuk rekan-rekan yang ingin bergabung menjadi anggota PWI Kabupaten Bogor. Harapan saya anggota PWI Kabupaten Bogor yang ada di Bogor Timur selalu kompak,” jelas nya.

( Tabrani / Dedy F / Subur )

Continue Reading
Advertisement

Trending