Connect with us

Polhukam

Masyarakat Baturaja Antusias Mengnyaksikan Jalannya LatAncab TNI AD Kartika Yudha TA 2020

Published

on

Baturaja, Hariansentana.com – Tidak kurang dari 1500 Masyarakat Baturaja antusias menyaksikan jalannya puncak kegiatan Latihan Antar Kecabangan TNI AD Kartika Yudha TA 2020 di Puslatpur TNI AD Martapura Kab Oku Timur Sumatra Selatan Kamis (26/11/2020).

Sejak pukul 7.00 pagi masyarakat telah memadati lokasi jalannya latihan yang memang dibuka untuk masyarakat umum.

KASAD, Jenderal TNI Andika Perkasa rencananya akan menghadiri acara latihan puncak, dengan didampingi oleh Komandan Kodiklat TNI AD selaku Komandan Latihan, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos, serta Asisten Latihan KASAD, Mayjen TNI Harianto.

LatAncab 2020 ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan interoperabilitas satuan kecabangan TNI AD, dengan materi pertahanan dan serangan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD untuk menjaga kedaulatan wilayah NKRI.

Latihan tempur TNI AD ini dilaksanakan di 2 tempat terpisah diantaranya di Mako Brigif R-9 untuk Latihan Posko 1 dan Latihan simulasi tempur komputer, serta latihan taktis di Pusat Latihan Tempur Kodiklatad, Baturaja.

Personel yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 3.123 orang Prajurit dari Brigif R-9/2 Kostrad yang disebut sebagai Satgasrat R-9/2 Kostrad serta 1.872 orang pelatih dan pendukung.

Sedangkan Alutsista yang digunakan oleh pasukan Brigif R-9 dan satuan perkuatannya adalah dari Satuan Kavaleri : Tank Leopard 2A4 dan Leopard 2 RI,Tank Leopard ARV, Marder, Panser Anoa, Panser APR .

Dari Satuan Infanteri : Ranpur M 113, SMB SM-5, Senapan Serbu SS-2, Mortir 81, Mortir 60 LR, Mo 60 Commando, SLT C-90-CR, SPR-2, SO Minimi. Dari Satuan Artileri Medan : Meriam Caesar, Comodo BCV, Comodo Meteo, Astros AV LMU, Astros AV RMD, AV Meteo, AV OFVE, AV UCF, Komodo Bacara, unit AV PCC, Meriam 76 mm. Satuan Artileri Pertahanan Udara : Mistral Atlas, MPCV, MCP. Satuan Zeni: Ransus Nubika, Ransus Jihandak, Ransus RO dan Bomb trailer. Satuan Perhubungan : Kendaraan Direction Finder. Satuan Penerbad : Bell 412, Fennec, Apache. Satuan Polisi Militer : Rantis Anoa, Rantis APR. dan Satuan Kesehatan : Ranpur M 113 Ambulance.

Latihan Ancab 2020 kali ini meliputi 3 kegiatan diantaranya yaitu, latihan posko 1 materi serangan yang akan dilaksanakan 5 hari di Mabrigrif Raider 9 Jember, materi posko menggunakan dengan alat pendukung simulasi tempur dengan materi pertahanan, dan Latihan taktis dengan pasukan di Puslatpur Baturaja dengan waktu total 33 hari.

Polhukam

Pangkoopsud I Hadiri Hari Terakhir Paparan Satgas Pengadaan TNI AU di Cilangkap.

Published

on

JAKARTA, HARIANSENTANA.COM –Panglima Komando Operasi Udara I Marsekal Muda TNI Mohammad Nurdin mengikuti Rapat Terakhir Perkembangan Satgas Pengadaan TNI AU di Ruang Rapat Kasau Basement Gd. Pimpinan Rd. Suryadi Suryadarma, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (22-5-2024).

Berlangsung selama 3 hari sejak dibuka hari Senin lalu, rapat tersebut membahas tentang perkembangan proses pengadaan alutsista beberapa jenis pesawat beserta infrastukturnya yang disampaikan dalam paparan Satgas Pengadaan TNI Angkatan Udara, dan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M.

Pada kesempatan ini, paparan sesi pertama disampaikan oleh Kapus Alpahan Kemhan RI Marsma TNI Yusran Lubis, S.E., M.M., dilanjutkan paparan berikutnya oleh Kasatgas UCAV CH-4 Marsma TNI Dedy Ilham S., Salam, S.Sos., M.M., dan Kasatgas UCAV ANKA Kolonel Pnb Gogot Winardi, S.T., sebagai pemapar ketiga, dengan sesi tanya jawab di setiap usai paparan.

Ikut serta dalam rapat penyampaian perkembangan dalam paparan dari Satgas Pengadaan TNI Angkatan Udara ini adalah Wakasau, Pangkoopsudnas, Dirlat Kodiklatau, Irops Itjenau, Koorsahli Kasau, Irjenau, para Asisten Kasau, serta para pejabat utama di lingkungan Mabesau serta para pejabat jajaran TNI AU di wilayah Jakarta, serta beberapa pejabat TNI Angkatan Udara lainnya yang mengikuti secara daring.

Continue Reading

Polhukam

Pangkoopsud I Hadiri Paparan Satgas Pengadaan TNI AU.

Published

on

JAKARTA, HARIANSENTANA.COM — Panglima Komando Operasi Udara I Marsekal Muda TNI Mohammad Nurdin menghadiri rapat penyampaian perkembangan Satuan Tugas Pengadaan TNI AU yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M., berlangsung di Ruang Rapat Kasau, Basement Gd. Pimpinan Rd. Suryadi Suryadarma, Cilangkap, Jakarta Timur. (Senin, 20-5-2024).

Pada rapat tersebut menghadirkan beberapa pejabat yang menyampaikan paparan sesuai bidangnya yaitu Kapus Alpalhan Baranahan Kemhan RI Marsma TNI Yusran Lubis, S.E., M.M., beserta pejabat terkait lainnya.

Rapat yang akan berlangsung sampai tanggal 22 Mei 2024 ini membahas tentang pengadaan alutsista beberapa jenis pesawat beserta infrastukturnya untuk menambah kekuatan TNI Angkatan Udara, dan rapat hari pertama ini dihadiri oleh Wakasau, Pangkoopsudnas, Dankodiklatau, Koorsahli Kasau, Irjenau, Para Asisten Kasau, serta para pejabat utama di lingkungan Mabesau dan para pejabat jajaran TNI AU di wilayah Jakarta.

Continue Reading

Polhukam

Pangkoopsud I Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas ke-116 di Makoopsud I.

Published

on

JAKARTA, HARIANSENTANA.COM –Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin pimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 yang digelar di Lapangan Upacara Makoopsud I. Hadir dalam upacara tersebut, Kaskoopsud I, Irkoopsud I beserta Para Asisten, Kepala Satuan Kerja, serta Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Koopsud I. (Senin, 20-5-2024).

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi yang dibacakan oleh Pangkoopsud I menjelaskan bahwa diperlukan refleksi ke belakang untuk mengingatkan kembali tujuan dibentuknya sebuah bangsa. Lebih lanjut beliau menyampaikan, “Lahirnya Boedi Oetomo di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia”.

Menkominfo juga mengingatkan bahwa terdapat tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional saat didirikannnya organisasi Boedi Oetomo, yaitu memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Selanjutnya Menkominfo berpesan agar kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. “Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas!” tegas Menkominfo dalam sambutannya.

Upacara ditutup dengan menyanyikan lagu “Bagimu Negeri” dan “Satu Nusa Satu Bangsa” oleh seluruh peserta upacara.

Continue Reading
Advertisement

Trending