Connect with us

Polhukam

Kasau Tinjau Manlap Latihan Matra Udara II “Jalak Sakti”, “Hardha Marutha I” dan “Gwa Wijaya” di AWR Tulang Bawang Lampung

Published

on

Lampung, Hariansentana.com – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A meninjau manuver lapangan (Manlap) latihan Matra Udara II “Jalak Sakti” Koopsud I, Hardha Marutha I dan Gwa Wijaya Satuan Bravo 90 Pasgat, tahun 2022, di Air Weapon Range (AWR), Tulang Bawang Lanud M. Bun Yamin Lampung, Senin (29/8/2022).

Kasau dan rombongan menyaksikan babakan Operasi Udara Gabungan TNI AU, guna melihat langsung penggunaan kekuatan ke daerah operasi, baik yang bersifat taktis maupun strategis.

Operasi udara gabungan meliputi, operasi intelijen, operasi udara serangan strategis, operasi udara perlawanan, operasi mobilitas udara, operasi idara khusus, operasi Informasi, serta operasi teritorial.

Selain itu, Kasau juga menyaksikan latihan Harda Maruta Wing 1 Pasgat dan Gwa Wijaya sat Bravo Pasgat, tahun 2022.

Latihan Jalak Sakti, bertujuan meningkatkan kemampuan dan menguji satuan jajaran Koopsud I dalam melaksanakan tugas operasi udara di wilayah Koopsud I sehingga tercapai kesiapan operasional.

Latihan melibatkan seluruh satuan jajarannya dengan alutsista yang dimiliki Koopsud I, diantaranya pesawar tempur (F-16 & Hawk 100/200), pesawat angkut (C-130 Hercules & CN 295), Pesawat intai (Boeing B-737), dan Helikopter (SA-330 Puma, NAS 332 Super Puma dan EC 725 Caracal).

Babakan operasi udara gabungan, diawali dengan pelaksanaan operasi pengintaian udara oleh Boeing 737-200 dari ketinggian 15.000 kaki diatas permukaan laut di mandala operasi. Operasi intelijen juga menggunakan Mini UAV ORBITER milik Kopasgat yang terbang pada ketinggian 3000 feet dengan kecepatan 33 Kts.

Berdasarkan hasil pengintaian udara dan beberapa informasi intelijen oleh tim Dalpur yang berada di mandala operasi, satu pesawat tempur milik musuh memberikan ancaman di daerah operasi. Maka flight pesawat tempur Kogasudgab Jalak, dengan Call sign Excel Flight sebagai pesawat Sweeper, melaksanakan Operasi Udara Lawan Udara Ofensif dalam rangka merebut keunggulan udara. Pada saat itu Excel flight terlibat Dog Fight dengan pesawat tempur musuh.

Excel flight berhasil merebut keunggulan udara sehingga pengendalian udara dapat diwujudkan di mandala operasi.

Selanjutnya dua pesawat F-16 Fightning Falcon dari Skadron Udara 16 sebagai Striker, melaksanakan Operasi Udara Lawan Udara Ofensif, dengan tujuan menghacurkan pangkalan udara dan pesawat tempur musuh menggunakan 12 Bomb MK-82 High Explosive. Operasi ini
bertujuan menghancurkan kekuatan udara musuh di daerah operasi.

Operasi udara dilanjutkan dengan 2 pesawat F-16 Fighting Falcon callsign Rydder Flight melaksanankan Operasi Udara Serangan Strategis menggunakan Bomb MK-82 dengan misi menghancurkan Markas Komando dan Gudang Logistik milik musuh. Sasaran yang dihancurkan merupakan sasaran-sasaran bernilai strategis atau center of gravity musuh, guna menetralisir kemampuan dan membatalkan niat musuh untuk berperang.

Untuk memperbesar peluang keunggulan di Mandala Operasi, Kogasudgab menerbangkan dua pesawat F-16 Fighting Falcon dengan callsign Fslcin Flight melaksanankan Operasi Udara Lawan Darat. Dengan sasaran target yang berada dengan jarak jauh di mandala operasi (Air Interdiction).

Pesawat membawa Rocket FFAR 2.75 dan dipandu oleh team Ground Forward Air Control (G-FAC), yang berhasil menerobos wilayah pertahanan musuh, sehingga mampu memberikan koordinat target musuh di daerah operasi yang merupakan kekuatan darat musuh yang tersisa.

Kemudian dilanjutkan dengan tiga Pesawat F-16 Fighting Falcon dengan Callsign Excel Flight, yang melaksanakan misi khusus yakni operasi udara lawan udara berupa BDA (Bomb Damage Assagement) guna memastikan seluruh sasaran di mandala operasi telah dihancurkan setelah pelaksanaan Operasi Lawan Udara Ofensif dan Operasi Lawan Udara Darat Kogasudgab Jalak.

Kogasudgab kemudian melaksanakan Operasi Udara Khusus (OUK) menggunakan Helikopter NAS 332 Superpuma. Operasi ini melaksanakan manuver Air Landded dan teknik Fast Rope, yang berkolaborasi dengan Prajurit Sat Bravo dalam proses pembebasan tawanan.

Kemudian dilaksanakan Operasi SAR Tempur, dengan menerbangkan tiga Helikopter dengan callsign Helly Flight, terdiri satu EC-725 CARACAL dan dua helikopter Super Puma yang melaksanakan Misi Penyelamatan di daerah operasi.

Latihan ini juga bertujuan menguji kemampuan satuan jajaran Koopsud I dan Wing Komando I Pasgat dalam merencanakan dan melaksanakan strategi operasi udara menghadapi kemungkinan kontinjensi yang akan terjadi serta mewujudkan kesiapsiagaan operasional dan melatih interoperabilitas komando satuan tugas sesuai dengan Doktrin Swa Bhuwana Paksa.

Turut menyaksikan Manlap latihan tersebut Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, Pangkopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono Putro., S.I.P., Asops Kasau, Pangkoopsud I, Dankopasgat, Kadispenau, para Forkopimda Provinsi Lampung, dan para pejabat di lingkungan Koopsud I.(Red)

Polhukam

Kedudukan Lanud Atang Sendjaja Sangat Strategis sebagai Penyangga Pertahanan Ibukota.

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — “Sebagai salah satu Lanud yang berada di jajaran Koops Udara I, kedudukan Lanud Atang Sendjaja bagi kepentingan pertahanan negara memiliki nilai yang strategis sebagai penyangga Ibukota, dan juga salah satu pangkalan induk pesawat helikopter kebanggaan TNI AU”

Demikian ditegaskan oleh Pangkoops Udara I Marsda TNI Mohammad Nurdin, saat memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Lanud Atang Sendjaja dari Marsma TNI M. Taufiq Arasj, S.Sos., selanjutnya menjadi Waasops Panglima TNI kepada Kolonel Pnb Juli Heryanto Ginting, S.Sos., sebelumnya menjabat Paban II/Jianevallat Ditjian Kodiklatau. Bertempat di Lapangan Upacara Mako Lanud ATS. (Jumat, 19-4-2024).

Lebih lanjut dalam pelaksanaan upacara sertijab tersebut Pangkoops Udara I menjelaskan bahwa, “Setiap regenerasi kepemimpinan yang dilaksanakan melalui serah terima jabatan, harus dimaknai dengan sungguh-sungguh untuk mewujudkan satuan-satuan yang dinamis dan selalu siap menghadapi tantangan tugas. Kaderisasi yang baik merupakan ciri utama organisasi yang sehat” jelas Alumni AAU ’96.

Sebelum menutup amanatnya, Pangkoops Udara I menyampaikan ucapan, “Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Marsma TNI M. Taufiq Arasj, S.Sos., beserta Ny. Rosa Taufik Arasj yang telah memberikan pengabdian yang tulus selama menjabat Danlanud Atang Sendjaja dan Ketua PIA Ardhya Garini Cab.3/D.I Lanud ATS. Saya berharap, semoga dalam mengemban jabatan yang baru sebagai Waasops Panglima TNI, Bapak dan Ibu dapat mengukir prestasi lebih baik lagi”.

Kemudian kepada Kolonel Pnb Juli Heryanto Ginting, S.Sos., beserta Ny. Windi J.H. Ginting, saya menyampaikan ucapan “Selamat atas amanah jabatan baru sebagai Dan Lanud ATS dan Ketua PIA Ardhya Garini Cab.3/D.I Lanud ATS. Laksanakan amanah dan tugas tanggungjawab jabatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Teruskan tugas-tugas yang selama ini dilaksanakan oleh pejabat sebelumnya, selanjutnya kembangkan hal-hal positif untuk kemajuan Lanud Atang Sendjaja ke depan” tutup Pangkoops Udara I.

Ditempat dan waktu yang bersamaan dilaksanakan juga serah terima jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Cab.3/D.I Lanud ATS yang dipimpin oleh Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Koops Udara I Ny. Erin Mohammad Nurdin, yang dihadiri oleh Para Pengurus PIA Ardhya Garini Daerah I Koops Udara I dan Pengurus Cab.3 D.I Lanud ATS.

Hadir dalam pelaksanaan sertijab Danlanud ATS, Para Sesepuh dan Mantan Danlanud ATS, Kas Koops Udara I, Danlanud Halim Perdanakusuma, Danlanud Suryadarma, Dankosek IKN, Keluarga Besar Katga AAU 95, Parasena AAU 96, Para Pejabat Utama Makoops Udara I, Para Pejabat Utama Lanud ATS, Jajaran Satuan TNI AU wilayah Bogor, Para Pejabat TNI-Polri wilayah Bogor, Jajaran Forkopimda Kota dan Kabupaten Bogor, Para Mitra Kerja Lanud ATS, Ketua PPAU Bogor dan Ketua P3AU Bogor beserta para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanud ATS.

Continue Reading

Polhukam

Danpushidrosal Tekankan Prajurit KRI Dewa Kembar-932 Pertahankan Kondisi Teknis Kapal agar selalu siap dukung Opssurta Hidros

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Budi Purwanto menekankan kepada seluruh prajurit pengawak KRI Dewa Kembar-932 agar mempertahankan kebersihan dan kondisi teknis kapal agar siap mendukung tugas-tugas Pushidrosal, utamanya dalam kegiatan Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-oseanografi (Opssurta Hidros).

Demikian disampaikan Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Budi Purwanto saat mengadakan kunjungan ke KRI Dewa Kembar-932 saat bersandar di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (18/4/2024).

Kunjungan yang didampingi Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Rony saleh, Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobarudin, Aslog Danpushidrosal Kolonel Laut (T) Sidyk Wahono, Dansatsurvei Kolonel Laut (P) Hendi Suhendi, Kadisharkap Pushidrosal Kolonel Laut (T) Cok Bagus Alit dan Kadisveranautikas Kolonel laut (E) Trijoko tersebut di terima langsung oleh Komandan KRI Dewa kembar-932 Letkol Laut (P) Mustika Ari Wibowo.

Dalam kunjungannya Komandan KRI Dewa Kembar memaparkan kepada Danpushidrosal beserta pejabat Pushidrosal yang mendampingi tentang pelaksanaan tugasnya dalam melaksanakan operasi survei dan pemetaan hidro-oseanografi (Opsurta Hidros) yang sedang dilaksanakan KRI Dewa Kembar-932 saat ini guna menjamin keselamatan pelayaran di perairan Indonesia.

Diakhir kunjungannya, Danpushidrosal beserta pejabat Pushidrosal mengecek secara langsung KRI Dewa Kembar-932 yang tengah melaksanakan Opssurta Hidros setelah selesai dalam masa pemeliharaan perbaikan tingkat depo diantaranya perbaikan pemeliharaan sistem bangun kapal, dan sistem pendorong kapal.

Continue Reading

Polhukam

Peringati HUT Ke-78 TNI AU, Koops Udara I Gelar Upacara Ziarah Rombongan di Taman Makam Tokoh Bangsa Karet Bivak.

Published

on

Jakarta,Hariansentana.com — Dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI Angkatan Udara 9 April 1946 – 9 April 2024, Komando Operasi Udara I sebagai penyelenggara menggelar Upacara Ziarah Rombongan di Taman Makam Tokoh Bangsa, Karet Bivak, Kec. Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang dipimpin oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AU (Dankodiklatau), Marsdya TNI Dr. Arif Mustofa, M.M. (Rabu, 17-4-2024).

Upacara ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, dilanjutkan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga oleh Pangkoops Udara I di Tugu Taman Makam Pahlawan. Kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga oleh pimpinan ziarah, didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Gabungan Kodiklatau Ny. Shirley Arif Mustofa yang ziarah ke pusara para Pahlawan, diikuti oleh para pejabat dan anggota peserta ziarah lainnya.

Ziarah yang dilaksanakan tersebut, selain sebagai bagian dari perayaan HUT ke-78 TNI AU yang mengangkat tema “TNI AU yang disegani di kawasan siaga senantiasa mengamankan kedaulatan wilayah udara nasional untuk Indonesia maju”, namun lebih dari pada itu adalah untuk mengenang kembali jasa-jasa para Pahlawan khususnya prajurit TNI AU yang telah gugur karena tugas negara, sekaligus mendoakan arwah para Pahlawan yang telah gugur bagi kepentingan negara Indonesia.

Turut hadir dalam pelaksanaan ziarah yang telah berjalan dengan khidmat dan lancar ini Pangkoops Udara I Marsda TNI Mohammad Nurdin beserta Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Koopsud I Ny. Erin Nurdin, Kapoksahli dan Para Asisten Koopsudnas, Irkodiklatau, Kapoksahli dan Para Pejabat Utama Kodiklatau, Kaskoops Udara I, Irkoops Udara I, Dansekkau, Dankosek IKN, Para Pejabat Utama Makoops Udara I, Perwakilan Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan PNS Koopsud I serta Para Anak, Menantu dan Cucu dari Bapak TNI Angkatan Udara Marsekal TNI (Purn). Rd. Soerjadi Soerjadarma.

Continue Reading
Advertisement

Trending