Connect with us

Bodetabek

Kapendam Jaya : Sasaran Fisik Program TMMD Ke-112 Perbaiki RTLH Milik Nenek Halimah (75)

Published

on

Depok, Hariansentana.com – Sejak kehadiran Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 112 di wilayah Kodim 0508/ Depok telah tampak banyak perubahan terutama di lokasi sasaran fisik.

Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS mengatakan sasaran fisik pada program TMMD Ke 112 bukan hanya melaksanakan perbaikan jalan tetapi ada beberapa sasaran pekerjaan fisik lainnya yang membawa kebahagiaan bagi masyarakat di lokasi TMMD, diantaranya memperbaiki Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Nenek Halimah (75 tahun) bertempat di kawasan RT01/05, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok.

Rumahnya diperbaiki melalui program TMMD ke 112 Tahun 2021, dimana sangat terlihat rumah yang sebelumnya mengalami kerusakan, kini diperbaiki sehingga saat ini tampak menjadi layak huni, kata Kapendam Jaya saat ditemui di kantornya Mapendam Jaya Cililitan-Jaktim, Selasa (21/9/2021)

Ketika ditemui wanita lanjut usia (Lansia) yang kemudian diketahui bernama Halimah, sedang hendak mengajak kaki berangkat mengaji di sekitar perkampungan Kampung Pulo, Kelurahan Pengasinan. Nenek
Halimah ditemani anaknya Alil Murtamat (45 tahun) mengungkapkan merasa sangat bahagia bercampur haru, dimana rumahnya lberukuran 3,5 meter persegi x 12 meter persegi yang sudah tidak layak huni, kini diperbaiki melalui program TMMD Ke-112, ungkap Nenek Halimah

“Saya bersyukur dan terimakasih,” ujar Halimah dengan suara parau. Namun, putranya Alil menambahkan atas nama keluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu pembangunan rumah orang tuanya, baik itu dari TNI melalui program TMMD, termasuk pemerintah Kota Depok.
“Alhamdulillah keluarga saya bersyukur atas perbaikan rumah orangtua, semoga yang mengerjakan rumah sukses, sehat, berkah,” ucapnya.

Di lokasi perbaikan RTLH, Pasiter Kodim 0508/ Depok Mayor Inf Ibrahim mengatakan, pengerjaan rumah Nenek Halimah dikerjakan saat pra TMMD, sehingga pembangunannya mendekati rampung, jelas Pasiter.( Red).

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bodetabek

PWI Kabupaten Bogor Sembelih Dua Ekor Sapi dan Enam Ekor Kambing saat Idul Adha 1445 H

Published

on

By

Bogor, Hariansentana.com –– Saat perayaan Idul Adha 1445 Hijriah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan qurban dengan menyembelih dua ekor sapi dan enam ekor kambing.

Penyembelihan hewan qurban berlangsung di kantor PWI Kabupaten Bogor pada Selasa (28/6).

Ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Subagiyo, menyampaikan kegiatan qurban ini merupakan bentuk kepedulian dan kebersamaan PWI dengan masyarakat sekitar.

“Qurban ini merupakan salah satu bentuk ibadah dan wujud rasa syukur kita. Selain itu, kami ingin berbagi kebahagiaan kepada anggota dan masyarakat sekitar,” papar H. Subagiyo.

Lebih lanjut H. Subagiyo juga mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari program sosial PWI yang rutin dilakukan setiap tahun.

“Kami berharap, dengan kegiatan ini, silaturahmi antara wartawan dan masyarakat semakin erat, dan kami bisa terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat,” jelas nya.

Penyembelihan hewan qurban dilakukan oleh Ustadz AY Sogir yang juga anggota DPRD Kabupaten Bogor terpilih.

Hakikat berkurban dalam Islam, jelas Ustadz AY Sogir memiliki beberapa makna serta tujuan yang mendalam, baik dari sisi spiritual maupun sosial.

Beberapa aspek penting dari hakikat qurban adalah kepatuhan dan ketaatan kepada Allah SWT.

“Qurban adalah bentuk ibadah yang menunjukkan kepatuhan dan ketaatan seorang muslim kepada perintah Allah SWT. Ini mengingatkan umat Islam pada kisah Nabi Ibrahim AS yang rela mengorbankan putranya, Ismail AS, atas perintah Allah sebelum digantikan dengan domba,” ujarnya.

Qurban juga mengajarkan tentang pentingnya pengorbanan dan keikhlasan. Muslim yang berqurban mengorbankan sebagian dari hartanya sebagai bentuk kesyukuran dan keikhlasan kepada Allah SWT.

Salah satu tujuan utama qurban adalah untuk membangun kebersamaan dan solidaritas sosial.

“Melalui qurban, umat Islam diajak untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Rasa syukur ini diwujudkan dengan berbagi rezeki dengan sesama, terutama kepada fakir miskin,” tutur Ustadz AY Sogir.

Qurban merupakan salah satu bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT (taqarrub). Melalui ibadah ini, seorang muslim berusaha untuk mendekatkan diri kepada Tuhannya dengan menjalankan perintah-Nya dan mengingat kebesaran-Nya.

Qurban juga mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan seperti kasih sayang, empati, dan perhatian terhadap sesama manusia.

“Dengan berqurban, umat Islam diajak untuk selalu peduli dan membantu orang-orang di sekitarnya yang membutuhkan,” pungkasnya.

Secara keseluruhan, qurban bukan sekedar penyembelihan hewan, tetapi juga sebuah ibadah yang sarat dengan makna spiritual dan sosial, yang bertujuan untuk memperkuat hubungan manusia dengan Allah SWT dan sesama manusia.

Dengan adanya kegiatan ini, PWI Kabupaten Bogor tidak hanya menjalankan ibadah kurban, tetapi juga memperkuat hubungan dengan masyarakat serta menunjukkan peran aktif dalam kegiatan sosial di wilayahnya…..Tabrani / dedi f

Continue Reading

Bodetabek

Tirta Kahuripan Serahkan 79 Hewan Kurban

Published

on

By

Bogor, Hariansentana.com — Salah satu bentuk dari aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) dari Perumda Air Minum Tirta Kahuripan kepada masyarakat Kabupaten Bogor adalah menyalurkan bantuan hewan kurban di momen Idul Adha 1445 H. Pada hari Kamis (13/06), telah dilaksanakan pembagian bantuan hewan kurban secara simbolis kepada 5 (lima) masjid disekitar kantor pusat Perumda Air Minum Tirta Kahuripan dan Cabang Pelayanan Cibinong, sedangkan sisanya akan didistribusikan langsung ke masjid-masjid yang berada di sekitar instalasi milik Perumda Air Minum Tirta Kahuripan.

Plt. Direktur Operasional, menyampaikan rasa syukurnya karena dari tahun ke tahun Perumda Air Minum Tirta Kahuripan dapat terus berbagi manfaat kepada masyarakat Kabupaten Bogor yang membutuhkan dan sekaligus bersinergi dengan program Pemerintah Kabupaten Bogor yakni menurunkan angka stunting dengan pemenuhan gizi melalui asupan protein.


“Alhamdulillah di Idul Adha 1445 H ini Perumda Air Minum Tirta Kahuripan dapat menyalurkan bantuan sebanyak 79 hewan kurban dengan rincian 70 ekor kambing dan 9 ekor sapi yang akan didistribusikan langsung mulai tanggal 13 sampai dengan tanggal 15 juni 2024, semoga di tahun yang akan datang jumlah bantuan hewan kurban akan terus bertambah sehingga semakin banyak masyarakat yang akan mendapatkan manfaatnya.” ucap A. Wildan.


Plt. Direktur Operasional dalam sambutannya mengajak kepada panitia kurban untuk tidak membuang limbah kurban ke sungai, karena akan menggangu proses produksi di Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang berakibat terganggunya pendistribusian air bersih kepada pelanggan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan.


Ada berbagai cara pengelolaan limbah kurban yang aman terhadap lingkungan salah satunya dengan bekerja sama dengan Rumah Potong Hewan (RPH) yang telah memiliki instalasi pengolahan limbah, Pengolahan limbah kurban menjadi kompos atau pakan ikan/ternak dan yang paling mudah adalah menimbun limbah kurban kedalam tanah.
“Dengan demikian, pelaksanaan kurban dalam menyambut Idul Adha mendapatkan nilai ibadah tanpa mengganggu kelestarian lingkungan khususnya sungai sebagai sumber air.”papar nya….( Tabrani / Dedy F )

Continue Reading

Bodetabek

PWI Kabupaten Bogor, Kembali Melaksanakan Kunjungannya ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Setempat.

Published

on

By

Bogor, Hariansentana.com — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor, kembali melaksanakan kunjungannya ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, di Jalan Raya Tegar Beriman, Selasa (04/6/2024).

Dalam kunjungan itu, dimana organisasi keprofesian kewartawanan tertua di Indonesia ini dimaksudkan untuk melakukan audiensi serta membangun sinergitas dan membangun kerjasama yang baik dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024 yang Jujur dan Adil (Jurdil).

Mewakili ketua PWI Kabupaten Bogor, Dedy Firdaus mengatakan, jika kehadirannya bersama wakil ketua Il (Waket) II bidang Kesejahteraan PWI Kabupaten Bogor dan beberapa pengurus lainnya, yang pertama-tama adalah perintah atas arahan ketua pimpinan organisasi yang dinaungi nya itu guna membangun sinergitas baik dengan jajaran KPU Kabupaten Bogor.

“Kehadiran saya bersama wakil ketua II PWI Kabupaten Bogor yakni Saiful Kurnia dan ketiga pengurus lainnya, sebagai perintah untuk mewakili ketua PWI Kabupaten Bogor dalam melakukan audiensi yang dilayangkan PWI belum lama ini,” ujar Dedy Firdaus yang merupakan waket I bidang Organisasi Keprofesian Kewartawan (OKK).

Ia menjelaskan, tujuannya sendiri yang utama adalah silaturahmi, kedua agar organisasi PWI bisa bersinergi sama KPU Kabupaten Bogor untuk lebih baik lagi kedepannya.

Lebih lanjut Dedy menambahkan , ada hal-hal yang positif bisa di bangun antara dua lembaga besar tersebut.

“Umumnya begitu saja, untuk membangun sinergitas yang baik antara PWI Kabupaten dan KPU tentunya,” papar nya.

Dedy berharap, dengan adanya audiensi yang telah dilakukan tersebut, antara PWI dengan KPU Kabupaten Bogor bisa menghasilkan terbangunnya jalinan komunikasi yang baik dengan organisasi yang diakui pemerintah.

“Dan juga, biar PWI sendiri bisa membangun sinergitas dalam mensukseskan Pilkada 2024 yang jujur dan adil (Jurdil). Misalnya, kita bersama KPU ada yang bisa dikerjasamakan dalam hal sosialisasi pemberitaan yang positif dan membangun .” Jelas Dedy.

Masih ditempat sama, Ketua KPU Kabupaten Bogor, Muhammad Adi Kurnia mengaku sangat menyambut baik atas ajakan audiensi yang dilakukan oleh jajaran PWI Kabupaten Bogor, pada hari ini.

“Saya sangat mengapresiasi terkait audiensi yang sudah dilaksanakan PWI ke lembaga kami yakni KPU Kabupaten Bogor. Insha Allah dengan audiensi pada hari ini, KPU Kabupaten Bogor bisa membangun bersinergi dengan teman-teman wartawan yang tergabung dalam PWI Kabupaten Bogor, serta demi mensukseskan Pemilukada 2024 melalui sosialisasi pemberitaan oleh rekan-rekan PWI itu sendiri,” terang Adi Kurnia yang didampingi Komisioner KPU divisi SDM, Aprian Wahyudi dan pejabat fungsional KPU Kabupaten Bogor, Septian Dwi Haryanto…..( Tabrani / Dedy F )

Continue Reading
Advertisement

Trending