Connect with us

Pendidikan

Kabadiklat Kemhan Membuka Diklat Pelatihan Teknis Alih dari Golongan II ke Golongan III bagi PNS Kemhan & TNI TA. 2023

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com  – Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Tandyo Budi R., S.Sos membuka Pendidikan dan Pelatihan Teknis Alih dari Golongan II ke Golongan III bagi PNS Kemhan & TNI TA. 2023 di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, Jalan Salemba Jakarta. Selasa (24/1/2023).

Penyelenggaraan Diklat Teknis Alih Golongan dari Golongan II ke Golongan III bagi PNS ini merupakan upaya yang dilakukan Kemhan untuk mewujudkan kualitas pegawai yang memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai tuntutan jabatan Golongan III serta didukung oleh sikap perilaku dan kepribadian yang tangguh, disiplin dan pantang menyerah.

Penekanan Kabadiklat kepada peserta agar setelah mengikuti Diklat Alih Golongan ini, tidak hanya terjadi perubahan secara administratif beralih dari Golongan II ke Golongan III, akan tetapi adanya perubahan yang mendasar dari sikap dan perilaku serta meningkatnya kinerja saudara dalam jabatan masing2 serta dapat segera beradaptasi dengan perkembangan kemajuan teknologi informasi. Setidaknya materi dan tugas perorangan selama mengikuti Diklat ini dapat menjadi modal pengembangan kemampuan/ketrampilan dalam menyelesaikan tugas2 kedinasan sesuai jabatan Golongan III.

Diklat Teknis Alih Golongan dari Golongan kali ini dilaksanakan selama 8 minggu terhitung mulai tanggal 24 Januari s.d. 20 Maret 2023, diikuti oleh 30 personel PNS yang terdiri dari 9 personel asal satker Kemhan, dan 1 personel yang berasal dari Mabes TNI, 9 personel dari TNI AD dan 8 personel dari TNI AL dan 3 personel dari TNI AU.

Metode Pendidikan dilaksanakan dengan menggunakan metode tatap muka (klasikal) dengan pemberi materi pelajaran berasal dari Widyaiswara Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan serta fasilitator dari Biro Kepegawaian Kemhan.

Selama melaksanakan Pendidikan seluruh peserta menggunakan akomodasi asrama Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan. Kegiatan Operasional Diklat dikendalikan oleh Kepala Bidang Operasi Pendidikan dan Pelatihan (Kabid Opsdiklat) Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, sedangkan bimbingan dan pengasuhan oleh Kepala Kursus beserta Pembina yang ditunjuk oleh Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan.

Turut hadir pada pembukaan Diklat Teknis Alih Golongan dari Golongan II ke Golongan III bagi PNS Kemhan TA. 2023 tersebut, Kapusdiklat Jemenhan, Kapusdiklat Bahasa, Kapusdiklat Belanegara, Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, Kabag Adabangpeg Biro Kepegawaian Kemhan, perwakilan Eselon III dilingkungan Badiklat Kemhan, Staf Waaspers Panglima TNI dan Staf Waaspers Kasad, Staf Waaspers Kasal dan Staf Waaspers Kasau serta para Widyaiswara Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan. (***)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pendidikan

Ses Badiklat Kemhan Membuka Latsar CPNS Kemenko Marves dan BMKG Golongan III dan Golongan II TA. 2023

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – Ses Badiklat Kemhan Marsma TNI Asfan Jauhari S.A.P, M. Si. mewakili Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Tandyo Budi R., S.Sos., bersama Sesmenko Marves Bp. Ayodhia G L Kalake, membuka Latsar CPNS Kemenko Marves dan BMKG Golongan III dan Golongan II TA. 2023 di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Salemba Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Melalui Pelatihan Dasar ini diharapkan menghasilkan PNS Kemenko Marves dan BMKG yang profesional dan berkarakter berlandaskan nilai-nilai dasar (core values) ASN dalam melaksanakan tugas dan jabatannya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa.

Latsar diharapkan akan mampu menerapkan core values ASN yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK) guna mendukung employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa”.

Sebagaimana disampaikan Kabadiklat Kemhan pada sambutanya, bahwa baik Kemhan, Kemenko Marves maupun BMKG sepakat bahwa pelaksanaan Latsar CPNS ini merupakan momentum penting dalam rangka meletakkan karakter dasar bagi pegawai yang akan memulai karier dan kedinasan, agar nantinya para CPNS dapat mengemban dan melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan penuh integritas.

Latsar merupakan pendidikan dan pelatihan dalam Masa Prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi, nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang, sebagaimana diatur dalam Peraturan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar CPNS.

Pelatihan ini merupakan pelatihan yang wajib bagi seluruh CPNS di seluruh Instansi Pemerintah sebagai prasyarat untuk diangkat menjadi PNS, dan hanya diberikan kesempatan sekali selama menjadi CPNS. Untuk itu diharapkan para peserta Latsar CPNS dapat mengikuti kegiatan Latsar ini dengan sungguh-sungguh agar tujuan Latsar membentuk pribadi-pribadi yang berkualitas dapat terwujud.

Latsar kali ini diikuti oleh 77 personel CPNS yang terdiri dari 74 personel Gol III asal satker Kemenko Marves, dan 2 personel BMKG, sementara untuk Gol II terdiri dari 3 personel yang berasal dari Kemenko Marves 2 personel dan 1 personel berasal dari BMKG.

Pelaksnaan Latsar CPNS dibagi dua gelombang dan diselenggarakan selama 74 hari kerja, terhitung mulai tanggal 27 Januari s.d. 16 Mei 2023. Adapun pelatihan dilaksanakan dengan metode Blended Learning yakni penggabungan pembelajaran secara online dengan memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi serta pembelajaran secara tatap muka atau klasikal yang diselenggarakan pada pekan akhir pelatihan selama 6 hari sebagaimana diatur dalam Keputusan Kepala LAN RI Nomor 13/K.1/PDP.07/2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Latsar CPNS.

Kegiatan pelatihan diawali dengan MOOC selama 16 hari kerja, dilanjutkan dengan distance learning selama 22 hari kerja, berikutnya dilaksanakan Habituasi/Aktualisasi selama 30 hari kerja dan diakhiri dengan Klasikal selama 6 hari kerja.

Akomodasi selama melaksanakan Pendidikan para peserta melaksanakan pembelajaran e-learning di kediaman atau satuan masing-masing, dan pada saat metode klasikan seluruh peserta diasramakan di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan di jalan Salemba I no.25 Jakarta.

Turut hadir pada pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar CPNS Kemenko Marves dan BMKG Angkatan XXXI adalah Sesmenko Marves, Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, Karoum dan Asisten Deputi IV dan VI Kemekomarves, Perwakilan BMKG, dan perwakilan Eselon III dilingkungan Badiklat Kemhan. (***)

Continue Reading

Pendidikan

Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim Membuka Pelatihan Keterampilan Untuk Warga Kampung Rawa Malang

Published

on

Jakarta,Hariansentana.com – Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim membuka pelatihan untuk warga Kampung Rawa Malang, Kamis (26/1). Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan ekonomi warga.

“Apa yang kita lakukan hari ini merupakan upaya memberikan solusi kepada warga Kampung Rawa Malang untuk tetap dapat meningkatkan status perekonomiannya tanpa melanggar norma dan perundang-undangan yang berlaku, ” kata Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim.

Ali menerangkan ada empat program pelatihan keterampilan yang dapat diikuti oleh warga Kampung Rawa Malang.

“Sesuai dengan minat masing masing. Pesertanya berdasarkan masukan tokoh masyarakat, Ketua RT dan RW. Ada pelatihan tata boga, tata busana, tata rias, dan service ac. Nantinya selain pelatihan, warga juga akan dibekali dengan peralatan yang bisa menjadi modal awal untuk berusaha. Tentunya kami (Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara) akan terus mendampingi warga dengan program peningkatan ekonomi seperti program kewirausahaan terpadu yang akan dilanjutkan oleh Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Jakarta Utara, ” ungkapnya.

Ali berpesan supaya peserta pelatihan memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.
“Jangan sia-siakan kesempatan baik ini. Gali terus ilmu dari para instruktur. Semoga apa yang kita lakukan saat ini dapat memberikan manfaat bagi diri, keluarga, dan lingkungan tempat kita tinggal di kemudian hari, ” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Andriansyah mengatakan ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dengan Baznas Bazis Jakarta Utara.
“Melaksanakan kegiatan pelatihan dengan menggunakan Mobile Training Unit (MTU). Ini merupakan kegiatan MTU yang pertama dan sudah langsung dilaunching oleh Pak Walikota hari ini. Insya Allah MTU ini bisa bermanfaat untuk masyarakat di Kota Administrasi Jakarta Utara, ” katanya.

Untuk diketahui, ada sebanyak 40 orang warga Kampung Rawa Malang yang mengikuti program peningkatan keterampilan tahap pertama ini. Hingga saat ini, Kecamatan Cilincing masih terus melakukan pendataan, menggali minat warga Kampung Rawa Malang untuk mengikuti program pelatihan lainnya.

Hadir bersama Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim dan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Andriansyah dalam kegiatan ini adalah Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekko Kota Administrasi Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman, Camat Cilincing, Anita Permatasari, dan para lurah se-Kecamatan Cilincing.

(sutarno)

Continue Reading

Pendidikan

Pushidrosal Selenggarakan Pelatihan Pengoperasian Magnetometer

Published

on

Jakarta,Hariansentana.com – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar pelatihan pengoperasian dan pengolahan data magnetometer Tahun 2023.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Komandan Satuan Pembinaan dan Latihan (Dansatbinlat) Kolonel Laut (P) Marwidji Harahap bertempat di ruang serba guna Orion, Jakarta Utara, Kamis (26/1/2022).

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan personel Pushidrosal tentang pengoperasian, pengambilan dan pengolahan data survei hidro-oseanografi dalam hal ini magnetometer untuk mendukung tugas Pushidrosal.

Diharapkan selesai mengikuti pelatihan ini para peserta memahami tentang konsep dasar survei dan pemetaan hidro-oseanografi dengan menggunakan alat magnetometer, selain itu terciptanya kemampuan dan kesiapan personel Pushidrosal yang terampil dan profesional dalam instalasi, pengambilan data dan pengolahan data magnetometer.

Latihan tersebut melibatkan 20 peserta dengan pelaksanaan selama 10 hari yang dimulai tanggal 26 Januari hingga 8 Februari 2023 dengan instruktur dari kalangan Pushidrosal dan dari luar.

Adapun materi yang diajarkan di dalam ruangan meliputi teori dasar kemagnetan, pengetahuan dasar peralatan magnetometer, simulasi dan pengenalan software, instalasi peralatan dan pengolahan data magnetometer serta praktik di lapangan bertempat di perairan Teluk Jakarta meliputi instalasi magnetometer, pendeteksian. Pengolahan data dan analisa data. (Red)

Continue Reading
Advertisement

Trending