Connect with us

Nasional

Bakamla RI Jelaskan situasi Laut Natuna Utara saat ini

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com –  Kepala Bagian Humas dan Protokol Bakamla RI, Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla mengatakan, di Laut Natuna Utara memang banyak kapal asing karena wilayah tersebut merupakan pintu masuk dari dan keluar lalu lintas kapal yang melalui Selat Sunda dan Selat Malaka. Hal ini disampaikan dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (18/9/2021).

Dalam kesempatan itu, Wisnu juga menjelaskan kata “ribuan” yang disampaikan oleh Sestama Bakamla Laksda TNI S. Irawan bermakna umum, tidak dalam waktu yang berdekatan dan juga mencakup laut china selatan. “Laut Natuna Utara kan berbatasan langsung dengan Laut China Selatan” tegas Wisnu.

Wisnu juga mengungkapkan bahwa Bakamla telah mengajukan rekomendasi kebijakan dan strategi menghadapi situasi di perbatasan termasuk di Laut China Selatan ke Kemenkopolhukam. Dalam rekomendasi Bakamla, untuk menghadapi situasi di wilayah perbatasan, diperlukan tidak saja kehadiran aparat, tetapi juga pelaku ekonomi termasuk nelayan dan kegiatan eksplorasi ESDM serta penelitian.

Saat ini Bakamla tengah menyusun rencana aksi terkait rekomendasi kebijakan tersebut, salah satunya adalah mendorong konsep pembentukan Nelayan Nasional Indonesia yang bertujuan mendorong kehadiran pelaku ekonomi sekaligus mendukung kegiatan monitoring di wilayah penangkapan ikan di LNU.

Terpisah, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. menegaskan bahwa situasi di LNU tetap aman terkendali, saat ini nelayan tidak perlu khawatir serta dapat tetap beraktivitas sebagaimana biasanya, hal ini disampaikan kepada salah satu TV Swasta Nasional, Jumat (17/9/2021).

Polhukam

Danrem 174 Merauke Dampingi Kunker Panglima TNI dan Kapolri di Kabupaten Mimika

Published

on

Merauke, Hariansentana com –  Komandan Korem (Danrem) 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko beserta petinggi TNI-Polri Papua dan Papua Barat mendampingi kegiatan kunjungan kerja Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si saat tiba di Hanggar Airfast, Bandara Mozes Kilangin, Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika, Jumat (22/10/2021).

Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri di Kabupaten Mimika menggunakan pesawat TNI AU Boeing 737-400/A-7306 dari Baseops Lanud Sultan Hasanuddin Makassar.

Panglima TNI dan Kapolri disambut oleh pimpinan TNI-Polri Papua dan Papua Barat diantaranya Pangkogabwilhan III Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr., Pangkoarmada III Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, S.I.K, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing, Pangkoopsau III Marsda TNI Samsul Rizal. S.I.P., M.Tr (Han), Danrem 174/ATW Brigjen TNI Bangun Nawoko, Pangkoopsgab Pinang Sirih Brigjen TNI Susilo dan Danlantamal XI Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso.

Kunjungan kerja Panglima TNI dan Kapolri kali ini adalah dalam rangka memberikan pengarahan kepada prajurit TNI-Polri se-Garnizun Mimika, bertempat di lapangan Brigif Raider 20/IJK/3 Kostrad, jalan Poros Timika-Poumako, Kabupaten Mimika, Papua.

Panglima TNI dan Kapolri  dalam pengarahannya memberikan apresiasi kepada personel TNI-Polri dan seluruh satgas TNI-Polri yang bertugas atas suksesnya pengamanan PON  XX Papua, sehingga dapat berlangsung dengan aman dan lancar serta mampu meminimalisir  penyebaran Covid-19 dengan cara tetap mematuhi protokol kesehatan dan melaksanakan program vaksinasi, semua ini tidak terlepas dari soliditas TNI-Polri.

Prajurit TNI-Polri adalah dua institusi yang sangat strategis milik seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah. “TNI-Polri mempunyai tugas mulia yang berada di pundak kalian semua seperti penugasan-penugasan di wilayah pulau terpencil dan terluar, dikampung dan didesa-desa, menghadapi teroris sampai dengan kegiatan vaksinasi dan merawat masyarakat yang terpapar Covid-19, itu semua bertujuan untuk  kepentingan masyarakat dan demi NKRI,” kata Panglima TNI.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa baru saja kita melaksanakan perhelatan akbar PON XX Papua tahun 2021 dan dapat dilaksanakan dengan tertib, aman dan sukses. Itu semua menunjukkan soliditas  bahwa kalian telah melaksanakan profesionalisme dengan baik, dunia melihat bahwa dalam pelaksanaan PON XX Papua aman.

“Saya  mengucapkan banyak terimakasih atas dedikasi, pengorbanan tanpa menyerah kepada seluruh prajurit TNI-Polri serta ucapan terimakasih juga saya sampaikan kepada keluarga yang ada di rumah atas dukungan moril dan doa, sehingga tugas dapat dilaksanakan dengan baik,” ungkap Panglima TNI.

“Saya mengingatkan kepada kita semua agar tidak melupakan persatuan dan kesatuan karena persatuan dan kesatuan adalah kunci dan modal utama untuk menjaga sebuah keutuhan negara,” pungkasnya. (Red)

Continue Reading

Polhukam

Pangdam XVII/Cenderawasih Dampingi Kunjungan Kerja Panglima TNI dan Kapolri di Mimika

Published

on

Jayapura, Hariansentana.com – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A mendampingi kunjungan kerja Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Jumat (22/10/2021).

Setibanya di Bandara Mozes Kilangin Timika, Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan langsung menuju Mako Brigif-20/IJK/3 Kostrad Jalan Mapuru Jaya KM.14 Kabupaten Mimika dan dilanjutkan dengan acara penanaman pohon.

Panglima TNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa TNI dan Polri adalah institusi strategis milik rakyat Indonesia. Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia telah mempercayakan seluruh tugas berada pada pundak seluruh prajurit TNI Polri.

Selanjutnya Panglima TNI menambahkan bahwa tugas TNI dan Polri sangat kompleks mulai dari penugasan di daerah terpencil, pedalaman, perbatasan, menghadapi terorisme, merawat masyarakat terpapar Covid-19, melaksanakan vaksinasi,  mengajar masyarakat dan anak-anak di perbatasan. Itu semua berada di pundak prajurit TNI Polri.

Lebih lanjut Marsekal TNI Hadi menyampaikan bahwa perhelatan akbar PON XX Papua telah dapat terlaksana dengan tertib, aman dan sukses. Itu semua menunjukkan bahwa Prajurit TNI Polri telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Dunia dapat melihat bahwa dalam pelaksanaan PON XX, Papua aman dan telah melaksanakan pembangunan dengan pesat dan setara dengan wilayah lain di Indonesia bagian barat. (Red)

Continue Reading

Polhukam

Perkuat Pertahanan Udara, Kasau Resmikan 4 Satuan Di Natuna

Published

on

Ranai, Hariansentana.com – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. meresmikan empat satuan baru di Ranai, Kabupaten Natuna, guna memperkuat pertahanan wilayah udara Indonesia, Jumat (22/10/2021).

Empat satuan TNI AU yang diresmikan pengoperasiannya tersebut adalah, Skadron Udara 52, Detasemen Pertahanan Udara 475, 476 dan 477 Paskhas.

Peresmian ini ditandai dengan pembukaan selubung papan nama satuan, penandatanganan prasasti serta peninjauan fasilitas perkantoran Skadron Udara 52 dan Denhanud 477 Paskhas.

Pada kesempatan tersebut Kasau menjelaskan, Peresmian empat satuan secara serentak ini, merupakan bagian dari upaya pembangunan kekuatan TNI Angkatan Udara, khususnya dalam hal pengembangan dan validasi organisasi, agar terwujud satuan dan sistem kerja yang semakin efektif dan efisien, dalam memastikan terlindunginya kedaulatan negara di udara.

Selain itu, satuan yang diresmikan pada hari ini, berperan untuk turut membantu memperkuat jajaran TNI dan TNI Angkatan Udara di wilayah sekitar, untuk mengamati dan melindungi ruang udara, dari berbagai ancaman dan serangan, khususnya dari udara.

“Empat satuan ini adalah bukti komitmen kita dalam mewujudkan Angkatan Udara yang disegani di kawasan. Komitmen ini akan terus kita tingkatkan secara bertahap dan berkelanjutan ,” ujar Kasau

Kasau juga mengatakan, pengoperasian satuan yang akan mengawaki alutsista modern ini, membutuhkan pemimpin yang berkarakter tangguh dan teliti dalam mengambil setiap keputusan. Selain itu juga dibutuhkan kecerdasan dalam bersikap dan memiliki ketahanan mental yang kuat dalam menghadapi berbagai situasi.

“Jagalah kepercayaan dan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Utamakan keselamatan dalam setiap tugas, serta rawatlah berbagai sarana prasarana yang ada, khususnya alutsista, dengan penuh kehormatan dan rasa tanggung jawab,” pesan Kasau.

Lebih lanjut Kasau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga Natuna, khususnya Ranai, yang telah menerima kehadiran satuan baru beserta anggota dan keluarganya.

“Semoga dengan kehadiran kami di tempat ini, akan semakin mewujudkan rasa aman, sehingga dapat menambah manfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” harap Kasau.

Pembentukan Skadron Udara 52 Lanud Raden Sadjad ini berdasarkan Perkasau 56 tahun 2021 tanggal 15 Oktober 2021. Sementara pembentukan Denhanud 475, 476, dan 477 Paskhas berdasarkan Peraturan Panglima TNI Nomor 25 Tahun 2019 serta Peraturan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor 30 Tahun 2019.

Seiring peresmian, Kasau juga melantik Letkol Pnb Dion Aridito, S.T., sebagai Komandan Skadron Udara 52 dan Letkol Pas Tatag Wicaksono, M.Han sebagai Komandan Denhanud 475 Paskhas. Sementara Komandan Denhanud 476 Paskhas adalah Letkol Pas Habib Yuwono Prasetya, serta Letkol Pas Frian Alfa Risdar SM. M.I.Pol sebagai Komandan Denhanud 477 Paskhas.

Pelantikan komandan satuan ini, diawali dengan pengambilan sumpah jabatan, penyematan tanda jabatan, dan diakhiri penandatanganan pakta integritas serta berita acara penyerahan jabatan.

Turut hadir dalam kegiatan Gubernur Provinsi Riau, Pangkogabwilhan I, para pejabat jajaran Kemhan, Mabes TNI, Mabesau, Bupati Natuna, dan para pejabat jajaran Forkompinda Provinsi Kepulauan Riau serta Pejabat Bakamla RI.(Red)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Copyright © 2019 HarianSentana.com. Theme by PT. Ciptamedia Kreasi.