Connect with us

Ekonomi

Soal Polemik Avtur, FSPPB Dukung Pernyataan Menteri Erick

Published

on

Jakarta, HarianSentana.com – Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) sepakat dan mendukung pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir terkait bisnis bahan bakar Avtur yang mengatakan bahwa BUMN tidak alergi bersaing dengan swasta, jika mereka juga bisa memproduksi sendiri Avtur di dalam Negeri.
“Yang tidak boleh itu kalau mereka cuma minta lisensi impor, karena akhirnya nanti kami yang di BUMN atau di kementrian yang ditugaskan menekan impor migas, tapi pihak lain malah impor terus akhirnya kami yang disalahkan lagi,” kata Presiden FSPPB, Arie Gumilar menirukan ucapan Erick Thohir di Jakarta, Senin (09/12).
Menurut Arie, keterlibatan swasta di dalam bisnis Avtur harus komprehensif dimukai dari hulu hingga hilir. “Jangan hanya shortcut, sekedar hanya mencari keuntungan tapi akhirnya kembali merugikan secara keseluruhan konsep yang sedang dibangun oleh Bapak Presiden,” tambah Arie.
Lebih jauh pihaknya juga mensinyalir adanya pihak-pihak tertentu (mafia migas-red) yang berencana memanfaatkan situasi ini demi kepentingan pribadi maupun golongannya dan untuk mengkerdilkan peran Pertamina dalam melayani distribusi energi di seluruh Bandara seantero Negeri.
Pada akhirnya,
“Kita berharap, dengan segala situasi dan kondisi yang dialami saat ini, kita harapkan ke depan Pertamina menjadi lebih tangguh, kuat dan dicintai oleh seluruh rakyat Indonesia. Semoga Allah SWT meridhai perjuangan ini,” tukasnya.
Terkait pernyataan Menteri Kordinator Kemaritiman dan Investigasi serta Menteri Perhubungan tetkait harga Avtur menurutnya tidak berdasar data, karena hanya menggunakan tolak ukur harga jual negeri tetangga dan mengambinghitamkan tingginya harga avtur Pertamina.
“Mestinya beliau-beliau ini memperhatikan formula yang dikeluarkan oleh Kementrian ESDM (Kepmen ESDM No. 17/K/10/MEM/2019 tanggal 1 Februari 2019) sebelum menuding tingginya harga tersebut karena monopoli Pertamina,” kata Arie.
Berdasarkan sumber yang dimiliki FSPPB, lanjut dia, harga Avtur di Bandara CGK masih lebih murah dibandingkan dengan bandara-bandara di luar negeri. “Dengan demikian, pernyataan Menteri Kordinator Kemaritiman dan Investigasi serta Menteri Perhubungan masih perlu diklarifikasi lebih lanjut,” ujarnya.
Untuk itu, pihaknya meminta Menteri Kordinator Kemaritiman dan Investigasi dan Menteri Perhubungan untuk bisa melaksanakan amanat konstitusi Pasal 33 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan, “Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara” dengan mengutamakan keberlangsungan daya hidup dan kesehatan bisnis Pertamina sebagai badan usaha 100% milik negara yang menyokong pilar energi dan perekonomian di Indonesia,” paparnya.
Hal ini, kata dia, sesuai nawacita dan janji Presiden Joko Widodo yang akan membesarkan Pertamina selayaknya pemerintah negeri tetangga membesarkan perusahaan migasnya. “Kami mendukung penuh program Pemerintah dalam mengurangi defisit migas dan menekan impor migas,” pungkasnya.(sl)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Delegasi G20 Studi Banding ke Kampung Samtama

Published

on

By

Jakarta, HarianSentana.com – Desa Wisata Kampung Samtama, salah satu wilayah binaan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, yang terletak di kawasan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, menerima kunjungan studi banding dari Delegasi G20 yang tengah mengikuti Workshop Peningkatan Kapasitas untuk Kota-Kota di Asia Tenggara dengan tajuk, “Inisiatif-Praktik Hijau dan Rendah Karbon untuk Ketahanan Iklim”.

Workshop ini diselenggarakan oleh United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kunjungan ke Samtama dilakukan dalam rangka studi banding praktik hijau dan rendah karbon, khususnya di lingkungan rumah tangga padat penduduk.

Local Hero Desa Wisata Kampung Samtama, Adian Sudiana menyambut hangat peserta kunjungan dengan memperlihatkan berbagai kegiatan masyarakat di Kampung Samtama. Para Delegasi yang berasal dari negara-negara Asia Pasifik diajak berkeliling kampung untuk melihat langsung berbagai aksi nyata masyarakat dalam rangka mewujudkan lingkungan hijau rendah karbon.

“Diantaranya melihat proses pengolahan sampah, kegiatan urban farming dengan metode hidroponik, melihat budidaya magot, mitigasi perubahan iklim dengan penerapan gang hijau, serta melihat olahan pasca panen, seperti souvenir daur ulang, mencicipi minuman cincau sampai menikmati mie sehat dari sayuran hijau,” kata General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Menurut Doddy, PLN melihat potensi yang luar biasa dari kemauan dan keinginan masyarakat Samtama untuk sebuah gerakan sadar lingkungan, bebas dari sampah, serta penghijauan. Oleh karena itu PLN dukung penuh program Kampung Samtama.

“Kami sebagai perusahaan pemerintah yang bergerak di bidang kelistrikan tidak hanya menjalankan bisnis dengan profit oriented, tapi kami juga menjalankan bisnis berkelanjutan dengan berorientasi pada lingkungan. Oleh karena itu kami mendukung penuh program Kampung Samtama dan banyak program lingkungan lainnya,” papar Doddy.

Lebih jauh ia mengatakan, Jakarta sebagai salah satu kota di Kawasan Asia Tenggara memiliki target menjadi kota berketahanan iklim pada tahun 2030. Menjadi kota berketahanan iklim berarti Jakarta tidak hanya berkomitmen untuk menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca hingga 30% dan secara ambisius hingga 50%, serta net zero emission pada tahun 2050.

“Tetapi Jakarta juga kota yang dicita-citakan memiliki sistem perkotaan yang tangguh menghadapi guncangan dan tekanan, mempersiapkan penduduk kota untuk melakukan mitigasi dan beradaptasi dengan lingkungan yang berubah karena dampak perubahan iklim,” jelasnya.

“Semoga kolaborasi antara PLN dan Kampung Samtama ini dapat membantu mewujudkan Kota Jakarta menuju kota berketahanan iklim thun 2030 dan Indonesia net zero emission 2050,” pungkasnya.

Sementara salah satu delegasi dari Filipina, Rhenandiwas mengakui bahwa kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di Kampung Samtama ini sangat menginspirasi dan patut ditiru oleh daerah lain di Indonesia, bahkan juga di negara kami.

“Kegiatan ini sangat sulit dilakukan, apalagi di kota besar seperti Jakarta karena kegiatan di Kampung Samtama ini membutuhkan keterlibatan dan partisipasi seluruh warga yang tinggal di daerah ini” lanjut Rhenandiwas.()

Continue Reading

Ekonomi

Percepatan Layanan, PLN Penuhi Kebutuhan Listrik RS dr. Sutoyo

Published

on

By

Jakarta, HarianSentana.com – Sejak awal pandemi Covid-19, RS dr. Suyoto yang berada di bawah Pusat Rehabilitasi Kemhan di Bintaro telah menjadi RS rujukan bagi pasien Covid-19, baik pegawai Kemhan, personel TNI dan keluarganya serta masyarakat umum, dengan persentase pasien masyarakat umum sekitar 80 persen.

RS dr. Suyoto memiliki kapasitas sekitar 236 tempat tidur, namun saat ini dihadapkan kepada jumlah pasien khususnya pasien Covid-19 yang meningkat tajam, sehingga dibutuhkan sarana dan prasarana serta tenaga medis yang memadai.

“Saat ini RS dr Suyoto telah menambah dua tenda di depan IGD Suyoto yang menampung 28 tempat tidur dan 40 tempat tidur lainnya di asrama dengan masing-masing dilengkapi fasilitas oksigen sentral,” kata Angga selaku PIC proyek pasang baru tersebut.

Menurutnya, untuk mendukung sarana dan prasarana tersebut, proyek RS dr. Suyoto mebutuhkan daya listrik yang cukup besar yakni sebesar 131.000 VA, dan butuh kerjasama antara PLN UP3 Bintaro dengan RS dr. Suyoto guna mendukung pemenuhan kebutuhan listrik tersebut.

Tak butuh waktu lama, proyek RS dr. Suyoto yang berada di Jl. Rc Veteran No. 178, RT 09/03, Bintaro, Pesanggrahan langsung menyala setelah 2 hari sebelumnya dilakukan pembayaran.

“Alhamdulillah tidak perlu menunggu lama, setelah melakukan pembayaran di PLN untuk pasang baru proyek RS ini, kami sangat terbantu karena memang sedang percepatan pembangunan,” kata Angga.

Untuk pelayanan kelistrikan, pelanggan bisa langsung download dan menggunakan aplikasi PLN Mobile atau bisa menghubungi Call Center PLN 123.()

Continue Reading

Ekonomi

Dirut PLN Terpilih Sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional

Published

on

By

Jakarta, HarianSentana.com – Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo didapuk sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional karena perannya memimpin transformasi PLN dan menopang pemulihan ekonomi Indonesia pasca-pandemi Covid-19.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memaparkan bahwa Indonesia tengah menghadapi ancaman krisis finansial dan iklim. Dalam menghadapi tantangan itu ada beberapa langkah besar yang akan dijalankan pemerintah termasuk menjaga produktivitas pangan, mengurangi impor, hingga memproduksi energi bersih.

“Kita akan terus mengembangkan energi bersih dan ekonomi hijau. Hilirisasi industri harus kita percepat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, pembukaan lapangan kerja, dan peningkatan ekspor,” ujar Jokowi dalam sambutannya di acara Rakyat Merdeka Award 2022.

Jokowi optimistis dengan sinergi semua elemen bangsa, Indonesia mampu menjaga stabilitas pangan. Salah satunya dengan mendukung UMKM untuk naik kelas serta mendorong digitalisasi di sektor perekonomian.

“Selamat kepada semua pemenang Rakyat Merdeka Award. Semoga kerja keras dan dedikasi semua menjadi inspirasi masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia,” tutur Jokowi.

Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara menjelaskan anugerah ini adalah bentuk apresiasi kepada sejumlah tokoh yang berjibaku menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat Covid-19.

Usaha dan inovasi beberapa tokoh bersama masyarakat terbukti berkontribusi dalam menjaga perekonomian nasional, termasuk yang dilakukan Darmawan Prasodjo yang dinilai sukses melakukan tranformasi digital kelistrikan nasional.

Selama Darmawan memimpin, tingkat kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan PLN kepada pelanggan juga sangat memuaskan. Hal ini juga tergambar dari survei yang digelar Rakyat Merdeka.

“Dengan kerja keras dan kreativitas, di masa pandemi PLN malah pendapatannya naik signifikan. Ini berkat kerja keras. Di tengah pandemi banyak kerja keras dari semua pahlawan ini sehingga kita semua untuk bisa berhasil keluar dari Covid-19,” kata Kiki.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyambut baik penghargaan sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional. Ia mengatakan bahwa PLN tengah melakukan transformasi demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Melalui aplikasi PLN Mobile perusahaannya membangun ekosistem pelayanan terintegrasi yang menyambungkan pelanggan, petugas di lapangan, dan kantor PLN.

“Dalam transformasi ini ada program digitalisasi. Sehingga proses pelayanan listrik di PLN menjadi cepat dan prosesnya termonitor secara _real time_. Ini adalah perubahan cara pikir, cara kerja, dan proses bisnis,” ujar Darmawan.

Sebelumnya PLN juga mendapat sertifikat INDI 4.0 dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) di mana PLN menjadi salah satu penerima sertifikat dengan poin tertinggi. Dengan skor 3.5, yang  didapat oleh PLN, ini menandakan PLN dalam posisi siap dalam menghadapi era industri 4.0.

“Target 3.5 ini sebenarnya dicanangkan oleh Kementerian BUMN untuk tahun 2024. Tapi kami berhasil mencapainya tahun ini. Hal ini karena kami melakukan digitalisasi secara _end to end_. Mulai dari energi primer, pembangkit, transmisi, distribusi, retail, sampai _beyond kWh_,” jelas Darmawan.

“Terima kasih atas penghargaan yang luar biasa ini. Kami tidak mengira akan mendapatkan penghargaan seperti ini. Di balik transformasi Digital PLN ada perjuangan dari seluruh tim PLN. Kami berkomitmen terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan dan terus bersinergi untuk Indonesia tumbuh yang lebih kuat,” pungkas Darmawan.()

Continue Reading
Advertisement

Trending