Connect with us

Nasional

Jadi Program Reguler, PWI Pusat Gelar Safari Jurnalistik

Published

on

Bogor, HarianSentana.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerjasama dengan PT Astra Intenational menggelar Safari Jurnalistik Perdana 2020 di Lantai 4 Sekertariat PWI Pusat Gedung Dewan Pers, diikuti oleh lebih dari 300 orang peserta dari penjuru pelosok Nusantara secara daring, Rabu (13/10/2020).

Direktur Safari Jurnalistik PWI Pusat, Ahmed Kurnia Soeria Widjaja mengatakan, Safari Jurnalistik ini merupakan program reguler PWI Pusat bagi anggotanya dan untuk kali ini pelaksanaanya agak berbeda karena dilakukan di masa pandemi.

“Safari Jurnalistik ini merupakan program reguler yang difokuskan pada pengenalan perkembangan jurnalistik, baik regulasi maupun teknologi. Dan ini dilakukan di saat pandemi jadi kita lakukan secara daring dan untuk tahap perdana ini diikuti 300 peserta,” jelas Ahmed .

Dalam Safari Jurnalistik yang digelar kali ini PWI Pusat menghadirkan Dahlan Iskan Mantan Menteri BUMN yang mengangkat topik “Model Bisnis Media dan Masa Depan Profesi Wartawan”. “Saat ini jurnalistik berkembang sangat pesat, seiring berkembangnya teknologi dan juga dengan kehadiran platform lain yang semakin banyak sehingga mau tidak mau kita harus tampil kreatif dan inofatif,” jelas Dahlan Iskan dalam paparannya.

Tentunya, kata dia, salah satu kunci untuk tetap bertahan adalah dengan mengikuti kemajuan dunia digital. Menurut Dahlan, hal yang terpenting dalam menghadapi revolusi digital saat ini adalah melakukan yang harus dilakukan, tanpa adanya keraguan atau ketakutan akan kegagalan.

“Keberanian dalam melakukan apa yang harus dilakukan tentunya adalah kunci utama dalam melakukan suatu perubahan demi menghadapi revolusi digital yang kapan saja bisa membuat industri media hancur,” tukasnya.


Saat ini, kata dia, pelaku industri media massa harus melakukan digitalisasi yang berani, namun tidak melanggar kode etik dan kaidah-kaidah jurnalistik yang sudah ditetapkan. “Namun hal ini tetap tidak menjamin akan masa depan media karena sangat sulit untuk diramalkan apalagi saat ini ditengah Pandemi yang melanda bangsa kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari menyampaikan, kegiatan Safari Jurnalistik perdana 2020 ini, merupakan agenda rutin PWI untuk menambah wawasan wartawan mengenai jurnalistik, juga mengenai kode etik serta pers di era konvergensi media.

Dia berpesan, agar para jurnalis terus menjaga profesionalisme dalam bekerja, apalagi tahun ini diperhadapkan dengan tahun politik ini.

Menurutnya, apa yang didapatkan di kuliah Safari Jurnalistik ini, penting untuk menjadi pegangan bagi jurnalis dalam menyajikan berita ke masyarakat itu harus berpijak pada ada kesadaran, baik hukum, undang-undang pers dan kode etik.

“Jadi tingkatkan juga pengetahuan dan keterampilan, jurnalistik dalam program Sekolah Jurnalistik,hal ini juga menuntut agar Wartawan Inodonesia lebih profesional, berwawasan dan beretika,” kata Bang Atal sapaan Ketum PWI Pusat ini.

Sementara itu Head of Corporate Communication PT Astra International Boy Kelana Soebroto menyambut baik kerja sama dengan Sekolah Jurnalis PWI. “PWI merupakan pemangku kepentingan yg strategis bagi PT Astra Internasional. Dukungan kami ini merupakan bentuk komitmen PT Astra Internasional untuk ikut meningkatkan wawasan dan profesionalisme wartawan Indonesia,” ujarnya.

Dalam kuliah safari Jurnalistik Perdana ini di hadiri juga oleh Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi,Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat Nurjaman Mochtar ,Wabendum PWI Pusat Dar Edi Yoga serta Pengurus PWI Pusat lainnya.
Penulis: Dedy Firdaus/Roni

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Polhukam

Danrem Merauke Ajak Masyarakat Papua Sambut Bulan Penuh Kasih Melalui Lomba Paduan Suara

Published

on

Merauke, Hariansentana.com – Komandan Korem (Danrem) 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko mengatakan bahwa dalam rangka menyambut Hari Raya Natal tahun 2020, akan dilaksanakan sebuah event yang positif, dengan melibatkan seluruh kalangan masyarakat luas, khususnya masyarakat Papua.

Untuk itu, Danrem Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko mengajak masyarakat Papua untuk menyambut  bulan penuh damai dan kasih pada bulan Desember tahun 2020 ini melalui lomba Paduan Suara, Senin (01/12/2020).

Lomba Paduan Suara tersebut bertemakan “Lagu Mars Babinsa”. Pendaftaran gratis dan bagi para pemenang akan mendapatkan sejumlah hadiah berupa uang dan tropy. Juara I akan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah), Juara II sebesar  Rp. 7.500.000,- (tujuh juta lima ratus ribu rupiah), dan Juara III sebesar  Rp.5.000.000,- (lima juta rupiah).

Persyaratan peserta lomba Paduan Suara bisa diikuti oleh kalangan masyarakat umum. Variasi dan  kreasi lagu Mars Babinsa  tersebut bebas, namun tidak menyinggung atau bernuansa SARA, politik dan pornografi. Para peserta tetap mematuhi protokol Covid-19 dan menjaga jarak saat bernyanyi.

Lagu dalam bentuk video klip durasi 2-4 menit bisa menggunakan HP (Full HD), untuk kostum yang digunakan peserta  bebas, bisa menggunakan kostum khusus, seragam atau pakaian adat.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 hingga tanggal 14 Desember 2020. Pengiriman klip video melalui WA hingga tanggal 18 Desember 2020. Untuk contoh lagu dapat dilihat pada : https//youtube/3bwqo6weNM.

Untuk pendaftaran dapat dilakukan melalui HP, sehingga para peserta  tidak perlu mendatangi Kodim, namun melalui nomor HP para Pasiter Kodim sesuai wilayah alamat peserta.

Untuk wilayah Kodim 1707 Merauke, wilayah Kab. Asmat dan wilayah Kab. Mappi melalui Pasiter Kodim Merauke Kapten Inf Herman Purba, nomor HP (081394037396). Wilayah Kodim 1710 Mimika  melalui Pasiter  Kapten Inf Ahmad Zaini,  nomor HP (081240547733) dan Wilayah Kodim 1711 Boven Digoel melalu Pasiter Kapten Inf Warsito, nomor HP (081247719001). Para pemenang lomba Paduan Suara akan diumumkan pada tanggal 23 Desember 2020.

Continue Reading

Polhukam

Satgas Pengamanan Perbatasan Yonif 642/Kapuas Kembali Amankan Pelaku Penyelundupan Narkoba

Published

on

Kalbar, Hariansentana.com – Satgas Pengamanan Perbatasan Yonif 642/Kapuas kembali berhasil menangkap terduga pelaku pembawa tiga paket Narkoba di wilayah Pos Balaikarangan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas, Letkol Inf Alim Mustofa menjelaskan bahwa pada hari Senin, tanggal 30 November 2020, sekitar pukul 03.00 dini hari, Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas Pos Balaikarangan berhasil menangkap terduga pelaku pembawa tiga paket Narkoba Golongan I jenis Sabu-Sabu seberat 3,075 Kg atas nama NM (24 th) asal Sanggau saat melaksanakan kegiatan ambush yang dipimpin oleh Danpos Lettu Inf Sigit bersama 10 orang anggota di kebun sawit sekitar wilayah Pos Balaikarangan, Entikong, Kab. Sanggau.

“Dari hasil penyelidikan dan pendalaman oleh Tim Gabungan Satgas Pamtas dengan Satgas Intelijen yang berada di perbatasan, diperoleh bahwa pelaku akan membawa barang tersebut ke Pontianak dengan imbalan 30 juta rupiah,” ujarnya.

Dansatgas mengatakan bahwa keberhasilan penangkapan ini merupakan hasil dari Sinergitas Kerjasama dan Tukar Informasi antara Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas dengan Satgas Intelijen yang berada di wilayah perbatasan, serta seluruh Komponen Pilar Entikong (Kacabjari, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi dan Kepolisian wilayah Entikong dan Sekayam).

Selanjutnya untuk penyelidikan dan pendalaman lebih lanjut, kasus ini akan dilimpahkan ke Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sanggau.

Continue Reading

Polhukam

TNI Berangkatkan Pasukan Khusus  ke Poso

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – TNI berangkatkan pasukan khusus untuk memburu kelompok Teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) menggunakan Pesawat TNI AU dari Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (1/12/2020).

Seperti yang dijelaskan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. saat Konferensi Pers bersama Menkopolhukkam kemarin (30/11/2020) bahwa pengiriman pasukan ini dalam rangka membantu Polri untuk memperkuat pasukan yang sudah ada sebelumnya di Poso. Dukungan-dukungan untuk operasi sudah dikirim secara bertahap.

TNI akan menindak tegas atas pelaku pembunuhan warga sipil di Desa Lemban Tongoa Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi pada Jumat 27 November 2020 yang lalu oleh MIT. Sehingga apa yang diharapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia bahwa kelompok MIT harus ditumpas. “TNI akan menindak tegas atas pelaku pembunuhan yang dilakukan oleh MIT,” tegas Panglima TNI.

Panglima TNI mengharapkan doa seluruh bangsa Indonesia agar operasi ini bisa berjalan dengan lancar. “Dengan dukungan operasi tersebut saya yakin kelompok MIT yang melakukan kejahatan atas penduduk yang tidak berdosa segera tertangkap,” harap Panglima TNI.

Continue Reading
Advertisement

Trending

Copyright © 2019 HarianSentana.com. Theme by PT. Ciptamedia Kreasi.