Connect with us

Polhukam

Penyiram Air Keras ke Novel Baswedan Akhirnya Ditangkap

Published

on

Jakarta, HarianSentana.com – Tim Bareskrim Polri akhirnya menangkap terduga pelaku penyiraman air keras ke penyidik senior KPK Novel Baswedan setelah lama sekali menjadi polemik yang sulit terpecahkan.
“Ya sudah diamankan,” kata Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Jumat (27/12/2019).
Novel Baswedan diteror dengan cara disiram air keras pada 11 April 2017 setelah menunaikan salat Subuh di Masjid Al-Ihsan, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Penanganan kasus ini memakan waktu cukup lama.
Sementara Brigjen Pol Argo Yuwono Karopenmas Divisi Humas Polri mengatakan pemeriksaan masih dilanjutkan terhadap kedua tersangka penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan sehingga belum ada informasi lebih lanjut mengenai motif para pelaku.
“Tadi siang dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka dan pendampingan hukum dari divisi hukum dari Mabes Polri dan kemudian ini pemeriksaan awal sehingga saat ini belum kita sampaikan dan dalam pemeriksaan. Masih dalam pemeriksaan nanti baru disampaikan,” kata Argo.
Selain melakukan interogasi terhadap motif pelaku, Argo menyampaikan penyidik juga masih mendalami pangkat kedua tersangka yang berstatus anggota Polri aktif itu.
RB dan RM ditangkap oleh tim teknis Bareskrim Polri dan Kakor Brimob di daerah Cimanggis, Depok, Jawa Barat pada Kamis malam.
Keduanya ditetapkan sebagai tersangka sejak Jumat siang (27/12/2019) dan diberikan pendampingan dari divisi hukum Polri untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.
Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo memberikan waktu kepada Kapolri Jenderal Pol Idham Azis yang baru saja dilantik untuk menyelesaikan kasus penyerangan terhadap penyidik KPK Novel Baswedan hingga Desember 2019.
Pada 17 Juli 2019, Tim Pencari Fakta (TPF) kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan merekomendasikan Kapolri sebelumnya, Jenderal Pol Tito Karnavian, untuk melakukan pendalaman terhadap keberadaan tiga orang yang diduga terkait kasus tersebut dengan membentuk tim teknis dengan kemampuan spesifik.
Lalu pada 19 Juli 2019, Presiden memberikan waktu 3 bulan kepada Tito untuk menyelesaikan kasus tersebut. Namun hingga kini, “dalang” maupun pelaku dalam kasus tersebut belum terungkap.
Sementara Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry mengapresiasi Polri yang telah menangkap dua terduga pelaku penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan.
“Penangkapan terhadap dua terduga pelaku penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan oleh oleh Polri patut diapresiasi. Mengingat penuntasan kasus teror terhadap penyidik KPK tersebut sudah lama ditunggu-tunggu oleh rakyat Indonesia,” kata Herman dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.
Dia mengapresiasi kinerja Polri di bawah pimpinan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis dan Kabareskrim Polri Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo karena setelah beberapa bulan menjabat, janji untuk menuntaskan kasus Novel tersebut dapat direalisasikan.
Menurut dia, keberhasilan Polri menangkap kedua terduga pelaku penyerangan tersebut segaris dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang sebelumnya telah menyampaikan kepada Kapolri untuk menyelesaikan kasus ini secepat-cepatnya.
“Terkait dengan penangkapan kedua anggota Polri aktif itu, saya akan mengusulkan kepada rekan-rekan di Komisi III DPR RI untuk menggelar rapat dengan Kapolri pada masa sidang berikutnya,” ujarnya.
Hal itu menurut dia untuk menggali informasi lengkap dan menyeluruh dari Kepolisian serta mengawal agar penyelidikan kasus ini dilakukan setuntas-tuntasnya.
Dia berharap koordinasi aparat penegak hukum dalam pemberantasan korupsi tidak terganggu, meskipun profil terduga pelaku penyerangan Novel Baswedan yang merupakan anggota Polri aktif. “Polri dan KPK harus tetap solid bergerak memberantas korupsi,” katanya.
Herman mengatakan, Komisi III DPR menyerahkan sepenuhnya proses penegakan hukum terhadap kasus Novel tersebut kepada aparat Kepolisian agar bertindak secara profesional.(sl)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Polhukam

Pushidrosal Gelar Latopssurta Hidros TA 2024.

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menggelar Latihan Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-seanografi (Latopssurta Hidros) TA 2024.

Latihan tersebut dibuka oleh Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) selaku Direktur Latihan (Dirlat) bertempat di Ruang Serba Guna Mako Pushidrosal, Ancol Timur Jakarta Utara, Senin (26/02/2024).

Hadir Dalam kegiatan tersebut Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Rony Saleh, para Pejabat Utama, Kasatker serta peserta latihan.

Dalam amanatnya, Danpushidrosal antara lain menyampaikan bahwa dinamika perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan implementasinya dalam bidang hidrografi telah berkembang dengan sangat pesat dan dinamis yang berdampak pada tuntutan kemampuan personel KRI, Unit Survei dan pengawak Pushidrosal. Selaras dengan hal itu, untuk melatih dan meningkatkan kemampuan, pemahaman dan penguasaan dalam PPKM setingkat Kogasgab, serta mempertahankan dan meningkatkan kesiapan operasional unsur KRI, KAL dan Unit Survei Pushidrosal dalam mendukung Operasi Militer Perang (OMP), maka Pushidrosal menyelenggarakan Latopssurta Hidros.

“Latihan ini merupakan tolok ukur penilaian kompetensi pelaksanaan tugas sesuai dengan peran, kewenangan dan fungsi Satker pelaksana maupun pendukung di jajaran Pushidrosal dalam proses penyelenggaraan surta hidros” kata Danpushidrosal.

Danpushidrosal menambahkan, latihan yang akan dikembangkan dalam Latopssurta hidros TA 2024 ini meliputi proses pengambilan keputusan dalam perencanaan operasi surta hidros dalam rangka Satgasduk Survei dan Pemetaan, akuisisi dan pengolahan data hidrografi, geofisika, oseanografi, meteorology, dan geografi maritim, serta penyajian informasi lingkungan medan tempur dalam format peta militer kertas, Additional Military layer (AML) dan analisa lingkungan medan tempur untuk kepentingan OMP.

Di Akhir amanatnya, orang nomor satu di jajaran Pushidrosal tersebut berpesan kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan waktu latihan dengan baik.

“Berlatihlah dengan bersungguh-sungguh, pahami mekanisme dan laksanakan sesuai prosedur, jaga keselamatan personel dan materiil agar semua dapat berjalan aman, lancar dan Zero accident” Pungkasnya.

Latopssurta Hidros TA 2024 dilaksanakan selama 14 hari dengan jumlah peserta 174 orang. Latihan bertema “Satgas BHARATA-24 melaksanakan Operasi Survei Pemetaan Hidro-Oseanografi di Perairan Kepulauan Seribu dan Teluk Jakarta guna mendukung tugas TNI Angkatan Laut dalam OMP” ini dibagi menjadi dua, yaitu Geladi Posko dan Geladi Lapangan. Geladi Posko bertempat di Mako Pushidrosal, sedangkan Geladi Lapangan mengambil lokasi di perairan Kepulauan Seribu dan Teluk Jakarta dengan melibatkan KRI Dewa Kembar-932, Unit Survei, KAL Vega, serta KAL Kobra dari Lantamal III Jakarta.(Red)

Continue Reading

Polhukam

Munas MPI : Gubernur AAU Terpilih Sebagai Ketua Umum Masa Bakti 2024 — 2028

Published

on

Yogyakarta, Hariansentana.com — Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsekal Muda TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., MDS., terpilih sebagai Ketua Umum Modern Pentathlon Indonesia (MPI) masa bakti 2024-2028 pada kegiatan Kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Royal Ambarukmo, Sabtu (24/2/2024).

Terpilihnya Gubernur AAU sebagai Ketua Umum MPI hasil dari pemilihan seluruh pengurus provinsi (Pengprov) MPI yang hadir di acara Munas MPI.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur AAU menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan untuk mempimpin organisasi Modern Pentathlon Indonesia.

“Ini merupakan amanah untuk menjalankan roda organisasi dan saya mohon bantuan dan dukungannya agar MPI dapat meraih prestasi lebih baik lagi baik di tingkat nasional maupun internasional”, tegas Marsma TNI Purwoko Aji.

Kegiatan Munas MPI dihadiri langsung oleh Staf Ahli Bidang Inovasi Kemenpora RI Bapak Dr. Drs. Yohan, M.Si., Wakil Ketua Umum II KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Eko Budi Supriyanto, Komite Eksekutif KOI Bapak Zainal Arifin, Pejabat Ketua Umum PP. MPI 2024 Bapak Hifni Hasan, S.H., Ketua Organizing Komitte Bapak Antoni Maruli Purba, Wakil Ketua Umum MPI Bapak Brigjen TNI (Purn) Siswanto, Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Hendro Arief H, S.Sos., M.Han., dan perwakilan Pengprov MPI. (penaau-2024)

Continue Reading

Polhukam

Bossman Bantah Tuduhan Penggerebekan: Penyebar Fitnah Telah Penjarakan

Published

on

By

Sidang hari pertama, Hanif Wicaksono orang yang memfitnah Bossman.

Hariansentana.com, Februari 2024 — Beredarnya di media sosial atas berita penggerebekan dibantah oleh Bossman Mardigu dan mengatakan bahwa Hanif Wicaksono telah menjalani penahanan.

Bossman menjelaskan bahwa foto yang disebarkan bukanlah ditempat yang dituduhkan. Bossman menegaskan bahwa berita yang disebar merupakan fitnahan yang ditujukan kepadanya, bahkan Bossman tidak berada di tempat seperti berita yang tersebar di media sosial hasil fitnahannya

Selain itu Bossman juga menjelaskan bahwa fitnah itu dirangkai lalu dikirimkan ke media sosial untuk di sebar.

Bossman juga menyampaikan foto dari pihak yang menyebar fitnah terhadapnya yang disebutkan bernama Hanif Wicaksono.
“Sidang hari pertama, inilah Hanif Wicaksono orang yang memfitnah Bossman seakan adanya penggerebekan dengan merekayasa guntingan informasi yang disebarkan ke media sosial,” ucapnya.

Bossman menjelaskan jika saat ini Hanif posisinya ditahan pihak berwajib.Tampak dalam foto saat dia hadir dalam sidang pertama Rabu pada tanggal 7 Februari 2024 yang kemudian ditunda ke hari senin tanggal 19 Februari 2024.

“Terlampir juga foto dari hape yang merupakan alat bukti bahwa Bossman tidak berada di tempat seperti berita yang tersebar di media sosial hasil fitnahannya,” tambah Bossman.

Foto itu yang bertuliskan ‘barusan orang nya jalan pulang’ di hapus dalam informasi yang di sebar oleh Hanif sehingga memberikan kesan keberadaan Bossman di lokasi.

Boosman dalam pesan itu juga mengatakan bahwa foto yang disebarkan bukalah penggerebekan, namun saat itu dirinya tengah melakukan diskusi diluar ruangan.
“Adapun foto yang berdebar seakan Bossman digrebek padahal sedang berdiskusi di luar ruangan adalah bukan di masa yang sama dengan yang diberitakan,” tulis Bossman. 

“Semuanya fitnah itu dirangkai lalu dikirimkan ke media sosial untuk di sebar,” tegasnya.

Continue Reading
Advertisement

Trending