Connect with us

Gayahidup

Muffest 2020, PT Daliatex Kembali Berkolaborasi dengan Barli Asmara dan KAMI

Published

on

Peragaan fashion karya Barli Asmara yang di dukung Daliatex dalam Muffest 2020 Jakarta.

Jakarta, Hariansentana

Daliatex Kusuma kembali berkolaborasi dengan para designer kondang yakni Bali asmara dan KAMI, dalam gelaran Muslim Fashion Festival 2020 (Muffest).

Baik Barly maupun KAMI mendaulat Daliatex, untuk kembali memproduksi kain-kain yang ditampilkan oleh Barli dan KAMI pada event Muffest 2020. Menurut marketing executive PT Daliatex Kusuma, Devina Unjoto sebagai pabrik kain yang selalu ingin memajukan karya anak-anak bangsa, PT Daliatex Kusuma berusaha untuk memberikan ruang diskusi kepada para designer, untuk menyampaikan apa yang mereka inginkan.

“Dibantu dengan team development yang unggul, diharapkan kami dapat merealisasikan apa yang diinginkan oleh para designer dan karya kami dapat diterima dengan baik oleh orang banyak,” ujar Devina Unjoto dalam acara Muffest di Jakarta Convention Center, Sabtu (22/2/2020).

Daliatex Kusuma, pabrik tekstil yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun dan dikenal sebagai pabrik kain yang unggul dalam kualitas dan kemampuannya, menciptakan kain-kain baru yang berbeda dan fashionable. Technology yang digunakan pun terus berkembang dan terdepan. Salah satu produk unggulannya adalah Ultrafine, bahan untuk hijab yang sudah diteruji nyaman dan modis.

“Kolaborasi-kolaborasi seperti ini akan terus kami lakukan sebagai bentuk dukungan kami kepada designer-designer dan brand-brand Indonesia. Kami sangat bangga dan senang melihat perkembangan yang terjadi saat ini, kami harapkan brand-brand ini dapat terus berkembang hingga ke mancanegara,” ujar Devina Unjoto.

Designer Barli Asmara mengakui, sangat mempercayakan prodak-prodak bahan yang di gunakan dalam fashion kepada Daliatex. “Kalau soal kain, aku selalu percayakan pada Daliatex, kualitasnya dan kerjasamanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Aku dengan Daliatex itu sudah seperti keluarga,” ujar Barli.

Dalam catwalk Muslim Fashion Festival 2020 Barli Asmara menampilkan koleksi bertajuk Neelakurinji. Koleksi ini merupakan ekspansi dari karya Barli yang pernah ditampilkan di ajang Jakarta Fashion Week 2019 bertajuk Dehaliya 1 dan 2.

“Dalam menghadirkan Neelakurinji, aku terinspirasi dari bunga langka yang tumbuh di India. Yang aku tuangkannya dalam sketsa modest wear terbarunya. Neelakurinji ini adalah kumpulan 12 bunga yang hidup di India dan hanya tumbuh 12 tahun sekali,” ujar Barly.

Designer selanjutnya KAMI yang mempersembahkan koleksi bernama Cadiya. Cadiya diambil dari kata Arkadia dan memiliki makna orang yang sederhana dan bahagia.

“KAMI memadukan warna terracota, salmon, dan beige dengan sage, navy dan torquise. Tampilan koleksi Cadiya terdiri dari 14 look yang kombinasi dari atasan, bawahan, luaran serta dress dengan menggunakan bahan prodak Daliatex tampilan semakin modis,” pungkasnya.

Editor: Pangihutan S

 

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

RS. EMC Cikarang Telah Berhasil Melakukan Pemasangan Ring dan Operasi Bypass Jantung Koroner (CABG) di Kab. Purwabeka Pada 12 Pasien

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com –– Penyakit jantung menjadi penyebab utama kematian di Indonesia. Setidaknya, satu dari empat kematian orang di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung.

Guna mengurangi tingkat kematian akibat penyakit ini, RS. EMC Cikarang (grup EMC Healthcare) telah berhasil melakukan Pemasangan Ring dan Operasi Bypass Jantung Koroner (CABG) di Kab. Purwabeka pada 12 pasien.

“Penyakit jantung ditandai dengan penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan plak di dinding arteri, sehingga menyebabkan penyumbatan pada arteri. Diperlukan penanganan yang cepat bagi penderita serangan jantung.

Demikian hal tersebut dipaparkan oleh dr. Kabul Priyantoro, Sp.JP (K), FIHA dalam Media Gathering mengenai pelayanan peripurna: pemerataan layanan kesehatan jantung dan pembuluh darah Purwabeka di Jakarta Selasa (19/9/2023).

Dikatakannya jantung merupakan organ tubuh yang paling vital. Untuk menjaga kesehatan jantung diperlukan pola hidup yang sehat. Selain dengan berolahraga teratur, kita juga harus jauhi makanan pemicu dan atur pola makan yang sehat supaya terhindar dari penyakit jantung,^ katanya.

Saat ini lanjutnya di Indonesia seiring dengan adanya layanan jaminan kesehatan nasional (JKN) dan asuransi kesehatan lainnya, tindakan pemasangan ring jantung gawat darurat atau Intervensi koroner perkutan primer (IKPP), sudah merupakan hal yang lazim ditemui di lapangan. Di RS EMC sendiri, telah tersedia pelayanan intervensi koroner perkutan (Ring Jantung).

Intervensi koroner perkutan primer (IKPP) atau ring jantung merupakan pilihan utama terapi revaskularisasi mekanik dalam menangani pasien infark miokard akut dengan elevasi segmen ST (IMA-EST) atau serangan jantung.

Tujuan tatalaksana pada kasus ini yaitu mengembalikan aliran darah koroner secara cepat sehingga aliran darah ke distal dapat kembali normal dengan cara reperfusi mekanik berupa intervensi koroner perkutan primer (IKPP) atau dengan farmako reperfusi yaitu fibrinolitik.

Sementara dr. Marolop Pardede, Sp.BTKV, Subsp.VE (K), MH melakukan prosedur operasi CABG. Operasi bedah jantung terbuka yang dilakukan di ruangan yang sudah dilengkapi alat canggih heart and lung machine.

Prosedur CABG adalah pembuatan jalur baru atau bypass di sekitar coronary artery yang tersumbat akibat tumpukan lemak,Jalur baru yang sudah tersambung ini akan membuat aliran darah menuju organ jantung menjadi lancar. Kondisi ini akan membuat sel jantung cukup mendapatkan nutrisi dan oksigen.

Coronary Artery Bypass Grafting (CABG) atau yang biasa dikenal dengan operasi bypass jantung merupakan salah satu prosedur operasi yang diperuntukkan untuk pengidap penyakit jantung koroner.

Tujuan dari dilaksanakannya prosedur ini adalah untuk membuat sebuah saluran baru melewati pembuluh darah yang tersumbat akibat adanya penyempitan arteri yang mengalami penyumbatan akibat adanya penumpukan plak atau lemak pada arteri.

Adapun penumpukan plak atau lemak tersebut sendiri dapat menyebabkan pecahnya arteri serta membentuk gumpalan darah yang dapat berujung pada kurangnya oksigen pada jantung dan menyebabkan jantung berhenti berfungsi sehingga memicu serangan jantung.

Secara umum, operasi bypass jantung tidak menjadi pilihan pertama dalam mengatasi penyakit jantung koroner karena meskipun dapat menurunkan risiko serangan jantung, operasi ini memiliki risiko yang cukup tinggi.

Pembuatan jalur alternatif tersebut dapat dilakukan operasi menggunakan mesin pintas jantung paru, ada juga teknik tanpa menggunakan mesin pintas jantung paru, jantung di operasi dalam keadaan berdenyut. Pada teknik ini terdapat beberapa keuntungan dibandingkan teknik dengan menggunakan mesin pintas jantung paru, kemudian pembuluh darah dari kaki (vena saphena), dada (arteri mamaria interna), atau lengan (arteri radialis).

Pembuluh darah tersebut kemudian akan diangkat dan dokter membuat sayatan pada tulang dada agar bisa mencapai jantung. Lalu, jantung akan dihentikan dari memompa untuk beberapa saat agar dokter dapat memasangkan pembuluh darah cangkokkan.

Selama prosedur berlangsung, fungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh jantung digantikan oleh mesin bypass jantung-paru agar organ-organ lain tetap menerima oksigen selama aliran darah ke jantung diperbaiki.

Setelah aliran darah ke jantung sudah diperbaiki dan dicangkok, jantung pasien akan diberi kejutan listrik dengan kekuatan terkontrol agar kembali memompa,” pungkasnya.

Continue Reading

Gayahidup

Rayakan 50 th Hubungan Diplomasi Indonesia dan Korea, YKDK JANG,
Dong-kwang Selenggarakan Hanbok Wave

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com — Dalam rangka merayakan 50 tahun hubungan diplomasi antara Indonesia dan Korea. Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata dan penyelenggara Yayasan Kerajinan dan Desain Korea
Selatan (Presiden Yayasan Kerajinan dan Desain Korea (YKDK) JANG,
Dong-kwang selenggarakan Peragaan Busana Hanbok ( Hanbok Wave), bertajuk ‘Masa Depan Kuno’ di K-Brand Pusat Promosi Luar Negeri (KOREA 360) yang terletak di Lotte Avenue Jakarta, Kamis (8/9/2023).

Peragaan busana yang menyajikan 600 tahun sejarah transformasi Hanbok mulai dari masa akhir Dinasti Koryo hingga kepada masa Dinasti Chosun serta masa modern dan saat ini, menarik perhatian dan mendapat sambutan hangat pengunjung setempat.

Peragaan busana diawali dengan ditampilkannya busana Hanbok dari akhir Dinasti Koryo hingga Dinasti Chosun dan zaman modern secara berurutan, seeta memperkenalkan perubahan bentuk busana wanita dari Dinasti Koryo dan transformasi Jogori (kemeja) mulai dari zaman Dinasti Chosun sampai zaman modern, serta pakaian pernikahan dan pakaian yang dikenakan di luar rumah dari akhir Dinasti Joseon.

10 koleksi Hanbok tradisional yang mewarnai panggung mengundang
kekaguman dari para penontonnya.
Selanjutnya, ditampilkanlah Hanbok Modern dengan sensibilitas modern,
yang merupakan tafsiran ulang berdasarkan tradisi.

Proyek “Hanbok Wave” yang diselenggarakan oleh YKDK menyuguhkan 12 koleksi busana Hanbok yang didesain dan dikembangkan oleh Usaha Kecil dan Menengah(UMKM) Korea.

Peragaan busana yang memperkenalkan Hanbok dari yang bergaya sederhana hingga mewah ini berlangsung dengan sukses. Terdapat 9 perusahaan Hanbok yang turut berpartisipasi, antara lain: Giroe, Live Damyeon, Lisle ,Morinori,
Chai Kim, Hapli, Hanbok Studio Hyeon, Hyemi by Saimdang, Hyeyu
m Hanbok.

Hanbok Wave merupakan Proyek yang diselenggarakan oleh YKDK bekerjasama dengan Seniman
Kebudayaan Korean Wave dalam rangka pengembangan desain UMKM bidang Hanbok.

Presiden YKDK, JANG, Dong-kwang mengatakan, “Kami sangat
berbahagia dapat melangsungkan Peragaan Busana Hanbok di Jakarta, yakni pusatnya Korean Wave dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan diplomasi Indonesia-Korea”.

“Kami akan terus memimpin
dalam memperkenalkan Hanbok sebagai lambang Korean Wave ke seluruh dunia demi perluasan promosi budaya Korean Wave,” tambahnya.

Sementara itu, sebagai bagian dari proyek “Hanbok Wave”, YKDK
berencana untuk memperkenalkan Hanbok desain baru untuk pertama
kalinya melalui papan pajangan elektronik di Times Square, New York, AS, pada bulan Desember 2023.

Selain itu, peragaan busana Hanbok “Hanbok Wave” telah digelar di London, Inggris dan Milan, Italia, dan mendapat tanggapan positif di
Jakarta, Indonesia, sehingga perhatian akan tertuju pada dimana peragaan busana Hanbok akan diselenggarakan tahun depan.(***)

Continue Reading

Kesehatan

Teknologi Modern FiLAC Bagi Penyintas Fistula Ani Hadir di RS EMC Pulomas

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – Fistula ani adalah terbentuknya saluran abnormal di antara ujung usus besar dan kulit pada area anus atau dubur.

Abses di dekat anus dapat terus berkembang bila tidak diatasi. Lama-kelamaan, nanah dalam abses tersebut akan berusaha mencari jalan keluar dari tubuh dan membentuk saluran di bawah kulit sampai ke anus.

Dokter akan memeriksa tanda iritasi pada anus dan area sekitarnya, serta melihat apakah ada lubang kecil di dekat bukaan anus yang mengeluarkan nanah ketika ditekan. Selain itu dilakukan pemeriksaan colok dubur untuk memastikan adanya fistula ani.

Permasalahannya sekarang jika sudah terjangkit penyakit fistula ani ini apakah sudah tidak ada jalan keluar? selain harus dioperasi.

Dokter ahli spesialis bedah terkemuka dr. Tony Sukentro, Sp.B dari RS EMC Pulomas, Jakarta Timur mengatakan “Saat ini sudah ada teknologi baru dari Jerman Fistula Ani Laser Closure (FiLAC) berupa Laser dan fiber nya yang lentur yang mampu mencari rongga-rongga fistula Ani yang sulit,” dalam diskusi kesehatan kepada awak media di Jakarta, Jumat, 25 Agustus 2023.

Pada FiLAC ini juga luka yang dibuatnya kecil sehingga penyembuhannya lebih cepat dibanding yang disobek, akibatnya perawatan lebih mudah tidak mengerikan dan recovery lebih cepat dibandingkan yang konvensional.

Fistula Ani bukan lagi menjadi tantangan dengan keefektifan FiLAC dibandingakan dengan Teknik lain diantaranya:

Minimally Invasive dengan metode FiLAC yang dapat mengurangi kerusakan jaringan sehat di fistula, serta meminimalkan rasa sakit dan waktu pemulihan.

Mengurangi pemotongan kulit penggunaan metode FiLAC dapat menghindari pemotongan kulit tambahan. Sehingga waktu sembuh pasien menjadi lebih cepat.

Namun seperti halnya setiap prosedur medis, FiLAC juga memiliki potensi resiko dan efek samping dan hasilnya dapat bervariasi. Efektivitas FiLAC dibandingkan dengan teknik lain serperti operasi flap, teknik seton, atau pendekatan lain akan tergantung pada penilaian medis yang komprehensif terhadap kasus pasien tertentu.

Direktur RS EMC Pulomas, Jakarta dr. Julia Sutandar dalam sambutannya mengatakan “Penting untuk berkonsultasi dengan dokter ahli bedah yang berpengalaman untuk menilai opsi pengobatan yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.”

“Berpengalaman sejak 1972 kami melayani kesehatan bagi masyarakat luas dengan teknologi terbaru dan modern, memberikan kontribusi besar dalam pengembangan bidang bedah di Indonesia.” pungkasnya.(***)

Continue Reading
Advertisement

Trending