Connect with us

Daerah

Masyarakat Parapat Buat Petisi Tolak Wisata Syariah

Published

on

Parapat, Sentana – Ribuan masyarakat Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, berkumpul di depan pasar Tigaraja Selasa (3/9) siang tadi. Mereka menandatangani petisi “Tanda Tangan Menolak Kawasan Danau Toba Menjadi Wisata Syariah” yang dibentangkan dalam bentuk spanduk sepanjang kurang lebih 10 meter.

Salah satu warga yang diminta keterangan oleh Sentana, Vera, mengatakan,”Hari ini kami warga Parapat berkumpul disini untuk menandatangani petisi bersama-sama. Kami menolak Danau Toba dijadikan kawasan wisata syariah,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Sumatera Utara Letjen TNI (Purn.) Edy Rahmayadi, awalnya melempar wacana bahwa ia akan mengembangkan konsep wisata halal di Kawasan Danau Toba.

Konsep ini meliputi penataan pemotongan hewan berkaki empat (babi), yang tujuannya menurut Edy, untuk mendukung kemajuan pariwisata Kawasan Danau Toba (KDT).

Hal ini menuai kontroversi dan memicu perlawanan dari warga setempat. Tidak hanya di Parapat, penolakan sebelumnya muncul dari Mahasiswa Pecinta Danau Toba.

Mereka menggelar aksi penolakan di kantor Badan Otorita Pelaksana Danau Toba (BPODT), Jalan Patimura Medan, Senin (2/9/2019) kemarin.

“Kita mau klarifikasi sebenarnya. Bagaimana komitmennya, apa Pak Gubernur buta dengan kawasan Danau Toba dan kondisi sosial dan budayanya? Sehingga mencanangkan wisata halal itu,” kata koordinator Aksi, Rico Nainggolan saat dikonfirmasi.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Curi HP dan Uang, Segera Tangkap Maling di RM Rimbang Raya

Published

on

By

Bandung Barat, HarianSentana.com – Seorang maling nekat masuk Rumah Makan (RM) Rimbang Raya Jl.Pajajaran RT. 001/003 Desa Pangauban Kec.Batujajar Kab. Bandung Barat Propinsi Jawa Barat, Selasa (22/6/2022) sekitar pukul 8.00 WiB.

Aksi maling tersebut terekam CCTV, sehingga semua gerak-geriknya terekam, sejak masuk RM, ambil HP dan uang, hingga melarikan diri dengan motornya.

Menurut pemilik RM, M Ari, dia sangat merasa kehilangan, uang dan HP. Tapi terutama HP-nya. “Di HP saya tersimpan nomor-nomor penting yang sangat saya perlukan,” katanya.

Ari melaporkan ke polisi, agar pelaku segera tertangkap. “Saya ini mau ke kantor polisi untuk membuat laporan, supaya pelaku segera ditangkap,” ungkapnya, Rabu (22/6/2022).(s)

Continue Reading

Daerah

Hanya Dibekukan, UKM Pers IAIN Ambon Tidak Ditutup

Published

on

By

Jakarta, HarianSentana.com – Rumor beredar di media sosial yang diendus oleh oknum crew Lintas serta simpatisannya bahwa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Lintas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon ditutup tidak benar.

“Yang benar itu, Kepengurusan UKM LPM Lintas dibekukan karena periodesasi kepengurusan 1 tahun telah berakhir terhitung sejak tanggal 16 Maret 2022 sesuai SK Kepengurusan,” kata Kuasa Hukum IAIN Ambon, Gajali Rahman, SH.I., M.H dalam keterangan persnya yang diterima di Jakarta, Sabtu (19/3/2022).

Gajali menegaskan, kebijakan yang diambil oleh Lembaga untuk membekukan UKM LPM Lintas sudah sesuai dengan koridor atau mekanisme pembentukan organisasi UKM di kampus. Di mana, setiap kepengurusan UKM yang telah dinyatakan berakhir sesuai SK, maka kepengurusannya dikembalikan kepada institut.

“Hal ini dilakukan, mengingat fasilitas yang digunakan oleh setiap UKM di kampus, termasuk oleh UKM LPM Lintas milik lembaga negara, dalam hal ini IAIN Ambon. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka kepengurusan tersebut dibekukan, sambil menunggu proses evaluasi dan pembentukan kepengurusan yang baru,” paparnya.

Anehnya, lanjut dia, pasca dilakukan pembekuan itu, oknum pada UKM LPM Lintas, malah mengendus kalau pimpinan IAIN Ambon telah menutup dan membubarkan LPM Lintas. Padahal, apa yang diendus ke media sosial tersebut tidaklah benar.

“Yang benar itu, bahwa UKM LPM Lintas diekukan karena periode kepengurusannya sudah berakhir. Saat ini, pimpinan telah memerintahkan pihak-pihak terkait untuk segera menyusun kepengurusan baru,” tukasnya.

Langkah ini, lanjut dia, diambil karena ditemukan adanya penyelahgunaan kebijakan oleh oknum-oknum di UKM LPM Lintas. Pasalnya, saat pertemuan kami dengan Pemimpin Redaksi Lintas, tanggal 16 Maret itu, dijanjikan Pemred untuk menghadirkan Direktur Lintas.

“Ternyata yang dihadirkan bukan Direktur sesuai rujukan SK Rektor, tapi orang lain. Padahal, belum ada pergantian SK dan sebagainya. Ini bagi lembaga merupakan pelanggaran, dan terpenting itu, bahwa masa kepengurusannya sudah selesai pada tanggal 16 Maret 2022 kemarin. Wajar kalau dibekukan,” tutup Gajali.(s)

Continue Reading

Daerah

Kodim 1616/Gianyar Laksanakan Vaksinasi Booster Serentak Di Kabupaten Gianyar

Published

on

Gianyar, Hariansentana.com – Kodim 1616/Gianyar melaksanakan vaksinasi dosis ketiga Booster serentak TNI di Makodim 1616/Gianyar Jalan Ngurah Rai No 8A Gianyar. Sabtu (05/03/2022).

Untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi dosis III (tiga) Booster program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah di Kabupaten Gianyar, Kodim 1616/Gianyar melaksanakan pelayanan vaksinasi berkerja sama dengan tim vaksinator dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar.

Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf Hendra Cipta, S.Sos., menjelaskan dengan adanya Instruksi dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah yang mana harus segera dilaksanakan percepatan vaksinasi booster di masing masing wilayah. “Kami berperan aktif memfasilitasi kegiatan vaksinasi booster tersebut sampai ke tingkat Desa ,” ujarnya.

“Kami juga sampaikan ke jajaran tingkat bawah agar Danramil dan para Babinsa di wilayah, selalu aktif menghimbau masyarakat yang ada di wilayah binaannya untuk ikut membantu pelaksanaan percepatan vaksinasi booster ini dan mengajak masyarakat yang belum vaksin untuk melaksanakan vaksinasi, selain dosis ketiga Booster juga disediakan untuk masyarakat yang belum vaksin ataupun vaksin kedua,” imbuhnya. (Bochari/yanto)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Copyright © 2019 HarianSentana.com. Theme by PT. Ciptamedia Kreasi.