Connect with us

Daerah

Masyarakat Parapat Buat Petisi Tolak Wisata Syariah

Published

on

Parapat, Sentana – Ribuan masyarakat Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, berkumpul di depan pasar Tigaraja Selasa (3/9) siang tadi. Mereka menandatangani petisi “Tanda Tangan Menolak Kawasan Danau Toba Menjadi Wisata Syariah” yang dibentangkan dalam bentuk spanduk sepanjang kurang lebih 10 meter.

Salah satu warga yang diminta keterangan oleh Sentana, Vera, mengatakan,”Hari ini kami warga Parapat berkumpul disini untuk menandatangani petisi bersama-sama. Kami menolak Danau Toba dijadikan kawasan wisata syariah,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Sumatera Utara Letjen TNI (Purn.) Edy Rahmayadi, awalnya melempar wacana bahwa ia akan mengembangkan konsep wisata halal di Kawasan Danau Toba.

Konsep ini meliputi penataan pemotongan hewan berkaki empat (babi), yang tujuannya menurut Edy, untuk mendukung kemajuan pariwisata Kawasan Danau Toba (KDT).

Hal ini menuai kontroversi dan memicu perlawanan dari warga setempat. Tidak hanya di Parapat, penolakan sebelumnya muncul dari Mahasiswa Pecinta Danau Toba.

Mereka menggelar aksi penolakan di kantor Badan Otorita Pelaksana Danau Toba (BPODT), Jalan Patimura Medan, Senin (2/9/2019) kemarin.

“Kita mau klarifikasi sebenarnya. Bagaimana komitmennya, apa Pak Gubernur buta dengan kawasan Danau Toba dan kondisi sosial dan budayanya? Sehingga mencanangkan wisata halal itu,” kata koordinator Aksi, Rico Nainggolan saat dikonfirmasi.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Satgas Yonif RK 751/VJS Bersama Masyarakat Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Published

on

Jayawijaya, Hariansentana – Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS bersama masyarakat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H / 2021 M dengan tema “Meneladani Akhlak dan Meningkatkan Cinta Kepada Rasulullah SAW, bertempat di Masjid Al-Istiqomah, Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Selasa (19/10/2021).

Kegiatan melibatkan banyak masyarakat ini tentunya sudah diantisipati oleh personel Satgas Yonif 751 dengan melaksanakan protokol kesehatan kepada masyarakat yang akan masuk ke dalam masjid.

Sebelum  peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dimulai, Pasiter Satgas Yonif 751 Letda Inf A. Sirait bersama 3 personel melakukan pengawasan dipintu masuk sekaligus membagikan masker kesehatan dan menyemprotkan hand sanitizer kepada masyarakat yang masuk ke lokasi masjid.

“Kami sudah mendapat informasi bahwa masyarakat yang hadir akan lumayan banyak, sehingga kami diperintahkan oleh Dansatgas untuk tetap menerapkan protokol kesehatan agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Ustadz Arifin Asso dalam ceramahnya saat pelaksanaan acara perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW  menyampaikan bahwa mengingat  Maulid Nabi merupakan ikhtiar untuk lebih mencintai Rasulullah.

“Kelahiran Nabi Muhammad SAW bukan saja ditunggu oleh manusia melainkan seluruh makhluk hidup telah menantikan kehadiran Nabi Muhammad SAW karena beliaulah yang akan membawa kehidupan manusia dari alam yang gelap gulita ke alam yang terang benderang dan dengan maulid ini kita bisa lebih mengenal, mencintai dan menteladani akhlak beliau,” terang pak ustadz.

Sementara di sela-sela acara maulid yang hikmat dan penuh dengan kebahagiaan, Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi, S.I.P selaku Dansatgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS memberikan keterangan bahwa acara peringatan Maulid Nabi ini cukup meriah.  “Saya tidak menyangka kalau acara ini banyak dihadiri oleh masyarakat Walesi yang ternyata banyak yang menganut agama Islam,” ucapnya.

“Kegiatan ini begitu hikmat, namun terlihat sangat meriah karena setelah acara ceramah dan doa penutup, banyak acara tambahan yang dapat menghibur para tamu yang hadir,” ujar Dansatgas.  (Red)

Continue Reading

Daerah

Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan dan Tradisi Korps Pejabat Kodam

Published

on

Jayapura, Hariansentana.com –  Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A secara langsung memimpin Upacara Serah Terima Jabatan dan Tradisi Korps Pejabat Kodam XVII/Cenderawasih di Aula Tonny A Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Selasa (19/10/2021).

Dalam sambutannya, Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan selamat datang kepada seluruh pejabat baru yang secara resmi telah menjadi bagian dari keluarga besar Kodam XVII/Cenderawasih Ksatria Pelindung Rakyat.

“Saya berharap agar dedikasi dan pengabdian yang sudah ditunjukkan di satuan lama dapat terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan lagi di Kodam XVII/Cenderawasih, sehingga saudara dapat memberi warna dan suasana baru di satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih,” jelas Pangdam.

Pangdam XVII/Cenderawasih juga menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan yang tulus kepada para pejabat lama atas ketekunan dan semangat pengabdian selama bertugas di Kodam XVII/Cenderawasih dan semoga pengalaman tersebut dapat dijadikan bekal untuk mengemban tugas dan tanggungjawab berikutnya serta diiringi doa semoga sukses di tempat penugasan yang baru.

Demikian pula, Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada para pejabat baru beserta istri.

“Jabatan yang telah dipercayakan ini adalah sebuah amanah yang harus dijalankan dengan sebaik mungkin dan dipertanggungjawabkan bukan hanya kepada Pimpinan, tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selanjutnya buatlah langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam mendukung pencapaian tugas pokok Kodam XVII/Cenderawasih,” tutup Pangdam.

Adapun pejabat yang melaksanakan serah terima jabatan antara lain : Danrem 173/PVB dari Brigjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M. kepada Brigjen TNI Taufan Gestoro, Asops Kasdam XVII/Cenderawasih dari Kolonel Inf Surya Wibawa Suparman kepada Kolonel Inf Verianto Napitupulu, S.I.P., Aster Kasdam XVII/Cenderawasih dari Kolonel Inf Teddy Arifiyanto Setimiharja, S.I.P. kepada Kolonel Inf Yarnedi Mulyadi, S.I.P., M.H., dan Kazidam XVII/Cenderawasih dari Kolonel Czi Arief Novianto, S.E. kepada Letkol Czi Sri Haryoko.

Setelah pelaksanaan Upacara Serah Terima Jabatan dan Tradisi Korps dilanjutkan dengan acara ramah tamah di Lobi Makodam XVII/Cenderawasih. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung hikmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Irdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Wachid Apriliyanto, Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Heru Setyo Paripurnawan, Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan dan Pejabat Kodam XVII/Cenderawasih serta Ketua Umum Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih Ny. Natalia Yogo Triyono dan Pengurus. (Red)

Continue Reading

Daerah

Laksanakan Kerja Bakti, Satgas Yonif RK 751/VJS  Jadi Promotor Dalam Pembangunan Kantor Klasis

Published

on

Yahukimo, Hariansentana.com – Bersama masyarakat dan Jemaat GKI Oraetlabora Kurima, Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS membangun Kantor Klasis Baliem Selatan di Kabupaten Yahukimo, Distrik Kurima, Papua.

Dipimpin langsung  Letda Inf Yulianus Gebze  bersama 10 personel pos dibantu dengan masyarakat dan jemaat GKI bersama-sama mendirikan bangunan permanen yang nantinya akan di jadikan Kantor Klasis Baliem Selatan wilayah Yahukimo, Sabtu (16/10/2021).

Bapak  Simon Wenda (39 th) yang ikut bersama personel Satgas melaksanakan karya bakti menyampaikan rasa bangganya kepada personel Satgas yang mau ikut bekerja untuk membangun Kantor Klasis tersebut.

“Kami sangat berterima kasih dan merasa bangga atas bantuan tenaga yang telah diberikan bapak-bapak tentara kepada pembangunan Kantor Klasis, kantor ini akan selesai dengan cepat atas bantuan bapak-bapak dari pos 751” ujarnya.

“Maka dari itu kami berharap banyak kepada bapak-bapak personel pos yang ada di Kurima ini untuk selalu hadir dalam kegiatan pembangunan ini,” tambah bapak Simon Wenda.

Di sela-sela kegiatan karya bakti,  Letda Inf Yulianus Gebze menyampaikan kepada masyarakat yang ikut serta dalam karya bakti bahwa personil pos Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS yang saat ini bertugas di wilayah Kurima akan selalu siap untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Kami personel Satgas Yonif RK 751/VJS  di Distrik Kurima ini memang ditugaskan untuk membantu program pembangunan yang direncanakan oleh bapak-bapak dan kami dari pos  siap kapan saja untuk dimintai bantuannya,  kami akan terus ikut membantu pembangunan Kantor Klasis ini agar cepat selesai dan bisa segera difungsikan,” ujar Danpos.

Di tempat terpisah, Dansatgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi S.I.P saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan personel Satgas yang ikut bergabung dalam pembangunan Kantor Klasis di Distrik Kurima. “Letnan Gebze selaku Danpos Satgas yang ada di Kurima sebelumnya sudah melaporkan ke saya bahwa akan mengerahkan personil pos untuk membantu pembangunan Kantor Klasis,” ungkapnya.

“Saya mengijinkan dan mendukung rencana tersebut serta berpesan agar  memperhatikan faktor keamanan dan tetap menerapkan protokol kesehatan karena sampai saat ini kita tetap harus waspada terhadap penyebaran Virus dari Covid 19 yang sampai sekarang masih ada,” ujar Dansatgas. (Red)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Copyright © 2019 HarianSentana.com. Theme by PT. Ciptamedia Kreasi.