Connect with us

Nasional

Lukai Hati Masyarakat Maluku, Wiranto Harus Minta Maaf

Published

on

Jakarta, HarianSentana.com

Ketua Karteker DPD KNPI Maluku, Abdussalam Hehanussa mengecam keras ucapan Menko Polhukam, Wiranto yang menyatakan bahwa warga Maluku yang masih berada di tempat-tempat pengungsian akibat gempa bumi 6,5 SR yang terjadi beberapa waktu lalu hanya menjadi beban negara atau pemerintah.

“Selaku tokoh dan pejabat negara, sangat tidak pantas pak Wiranto mencibir rakyat yang sedang ada dalam kesusahan. Atas dasar itu, selaku pimpinan pemuda KNPI Maluku, kami menuntut Pak Wiranto untuk mengklarifikasi ucapannya dan memohon maaf di media nasional selama 7 hari. Tuntutan kami ini agar segera dilaksanakan, karena kami tidak akan segan-segan melakukan perlawanan yang lebih besar,” kata Hehanussa kepada wartawan di Jakarta, Rabu (02/10).

Menurut dia, saat bencana tersebut terjadi, proses masyarakat menyelamatkan diri juga sangat tidak membebani negara. Selain itu, kata pria yang biasa disapa Alan itu, kekhawatiran masyarakat hingga harus menyelamatkan diri ke lokasi-lokasi yang lebih tinggi tidak lepas dari ketidakprofesionalan BMKG dalam tugas dan fungsinya mengawasi soal info-info bencana yang berdampak bias. “Akibatnya masyarakat lebih banyak mendapatkan info-info liar. Jadi jangan salahkan jika mereka harus mengungsi berhari-hari di tempat yang dianggap lebih aman,” kata salah satu Wakil Ketua Umum DPP KNPI ini.

Lebih jauh ia mengatakan, menggungsi karena gempa di Ambon justru menghadirkan hikmah tersendiri. Karena dengan adanya gempa tersebut telah terbangun kohesi sosial khususnya bagi orang-orang beda agama yang pernah berkonflik di masa lalu. “Di pengungsian, mereka saling bantu dan tolong menolong penuh haru, penuh kasih dan cinta. Menurut saya, pak Wiranto telah menciderai pengalaman sosial dan batin orang-orang Maluku,” tukasnya.

Kader Partai Golkar ini menilai, pernyataan Wiranto tersebut justru membuat masyarakat resah. Alan bahkan menilai purnawirawan Jenderal bintang empat ini telah gagal menjaga stabilitas keamanan negara, sehingga tidak layak lagi menjadi pejabat negara pada periode 2019-2024. “Selain karena usia yang sudah uzur, beliau memang sudah tidak layak lagi menjadi pemimpin di negeri ini,” tutup putera Negeri Hualoy ini.

Sebelumnya anggota Fraksi PKS DPR RI, Saadiah Uliputty menegaskan, bahwa pernyataan Wiranto beberapa waktu lalu itu telah melukai dan membuat tersinggung masyarakat Maluku. “Hari ini masyarakat Maluku sangat tersinggung dan marah dengan pernyataan pak Wiranto tersebut. Pernyataannya itu sangat melukai hati kami. Seharusnya sebagai seorang pejabat negara, beliau tidak boleh menyampaikan hal seperti itu di saat masyarakat sedang berduka,” katanya seperti dikutip dari sebuah video yang sedang viral hari ini.

Saadiah menegaskan, bahwa masyarakat Maluku bukan warga kelas dua di negeri ini karena Maluku merupakan bagian dari wilayah Indonesia yang juga ikut memproklamirkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Kami juga ikut membayar pajak seperti rakyat Indoensia lainnya, tapi hari ini kami merasa dianaktirikan pemerintah dengan adanya pernyataan pak Wiranto itu,” tukasnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, ada banyak janji pemerintah pusat untuk Maluku yang hingga saat ini belum direalisasikan, diantaranya janji untuk menjadikan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN). “Masyarakat Maluku saat ini terus bertanya-tanya kenapa janji pemerintah pusat terutama terkait LIN hingga sekarang belum direalisasikan,” ketusnya.

Ia juga menyesalkan soal belum adanya putera Maluku yang dipercaya Pemerintah masuk dalam kabinet. “Dari kabinet ke kabinet, belum pernah ada putera Maluku yang dipercaya sebagai Menteri. Kenapa kami selalu dinomor duakan? Saya kembali tegaskan bahwa Maluku bukan warga kelas dua di negeri ini. Maluku ikut memproklamirkan NKRI, pemuda-pemuda Maluku juga ikut menghadiri Sumpah Pemuda. Ini fakta sejarah, jadi jangan dilupkan,” pungkas anggota DPR asal Dapil Maluku ini.

Penulis: Syarief Lussy

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bodetabek

Koperasi WKM PWI Kab.Bogor Gelar Bukber dan Bagi-bagi Takjil Gratis

Published

on

By

Bogor, HarianSentana.com – Koperasi Warta Karya Mandiri (KWKM) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor menggelar buka puasa bersama (Bukber) dan bagi-bagi takjil gratis kepada pengendara yang melintas di Jalan Bersih, Nomor 1 Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, percis di seberang sekretariat PWI Kabupaten Bogor, Selasa (11/5/21).

Ketua Koperasi WKM PWI Kabupaten Bogor, Effendi Tobing mengatakan bagi-bagi takjil tersebut merupakan niatan yang direncanakan sejak awal bulan ramadhan. “Alhamdulillah, akhirnya kita (KWKM, red) bisa berbagi kepada sesama khususnya masyarakat yang menjalankan ibadah puasa yang melintas di depan sekretariat PWI Kabupaten Bogor. Apa yang kita berikan ini semoga bermanfaat,” ucapnya.

Tobing Birong sapaan akrabnya itu, mengaku ingin agar terus dapat berbagi di ramadhan berikutnya. “Ditengah pandemi Covid-19 yang belum melandai ini kita masih bisa berbagi, itu sesuatu yang luar biasa. Ramadhan tahun depan dan selanjutnya semoga KWKM bisa berbagi dengan lebih dari ramadhan sekarang,” harapnya.

Begitu juga saat buka puasa bersama dengan pengurus dan anggota Koperasi WKM, Tobing mengatakan setelah idul fitri akan mengadakan Rapat anggota tahunan (RAT).

“Setelah lebaran nanti kita Koperasi WKM akan mengadakan RAT. Nanti akan kita bahas banyak hal demi kemajuan koperasi kita. Mari kita semua kompak dan selalu bersama,” pungkasnya.

Terpisah, ketua PWI Kabupaten Bogor H. Subagiyo mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Koperasi warta karya mandiri. Dirinya sangat yakin apa yang diberikan kepada masyarakat berupa takjil ini bermanfaat.

“Saya mengapresiasi kegiatan bagi-bagi takjil gratis yang dilakukan oleh Koperasi WKM ini. Doa saya, semoga kedepan semakin maju dan berhasil apa yang direncanakan demi kesejahteraan anggotanya,” ucapnya.

“Begitu juga acara bukber dengan para pengurus dan anggota koperasi WKM, semoga semakin mempererat tali persaudaraan, selalu bersama dan kompak,” ujarnya mengakhiri.

Penulis: Dedy Firdaus

Continue Reading

Polhukam

Panglima TNI Terima Laporan Kenaikan Pangkat 56 Perwira Tinggi

Published

on

Jakarta, Hariansentana.com – Sebanyak 56 Perwira Tinggi TNI menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula. Kenaikan pangkat ini berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1070/V/2021, tanggal 10 Mei 2021. Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 56 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 33 Pati TNI AD,14 Pati TNI AL dan 9 Pati TNI AU, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (11/5/2021).

Adapun 56 Pati TNI yang naik pangkat terdiri dari 33 Pati TNI AD yaitu Letjen TNI Tiopan Aritonang, S.I.P. (Dankodiklat TNI),  Mayjen TNI Basuki Nugroho (Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI), Mayjen TNI Rukman Ahmad, S.I.P., M.S.S. (Staf Ahli Bid. SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam), Mayjen TNI Sunarto Setia Budi, S.I.P. (Pa Sahli Tk. III Bid. Jahpers Panglima TNI), Mayjen TNI R. Agus Abdurrauf, S.I.P., M.Tr.(Han) (TA Pengkaji Bid. Kepemimpinan Nasional Lemhannas), Mayjen TNI Prantara Santosa, S.Sos., M.Si., M.Tr.(Han) (Kapuspen TNI), Mayjen TNI Dwi Mastono, S.E., M.M. (Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjamin Mutu (LP3M) Unhan),  Mayjen TNI Fajar Setyawan, S.I.P. (TA Pengkaji Bid. Padnas Lemhannas), Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han. (Deputi Bid. Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam), Mayjen TNI Dr. dr. Catur Suzantra Sutisna, Sp.B., Sp.BA. (Kakommed RSPAD Gatot Soebroto), Mayjen TNI dr. Purwo Setyanto, Sp.B., M.A.R.S. (Kapoksahli Ka RSPAD  Gatot Soebroto),  Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar, S.I.P. (Kas Kogabwilhan I),  Brigjen TNI Yovensius Rosarindarta (Kapoksahli Pangdam Jaya), Brigjen TNI Darmanto (Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Siber), Brigjen TNI Sudi Prihatin, S.Sos. (Irter Itum Itjenad),  Brigjen TNI Pribadi Jatmiko (Kapoksahli Pangdam IX/Udy).

Brigjen TNI Wasono, S.Sos., M.Hum. (Widyaiswara Bid. Min Akmil),  Brigjen TNI Achmad Adipati Karnawidjaja, PSCJ., M.M. (Kepala Biro SDM pada Sekretariat Utama BIN), Brigjen TNI Dwi Surjatmodjo, S.H. (Kabinda Sulawesi Selatan pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN), Brigjen TNI Ario Prawiseso (Kepala Biro Logistik pada Sekretariat Utama BIN),  Brigjen TNI Armansyah, S.H. (Kabinda Sumatera Selatan pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN), Brigjen TNI Dwi Endrosasongko, S.Sos. (Dirjianbang Seskoad), Brigjen TNI Triwahyu Mutaqin Akbar, S.Sos. (Kapusjarah TNI), Brigjen TNI Mushadi (Pa. Sahli Tk. II LH Sahli Bid. Wassus dan LH Panglima TNI), Brigjen TNI Agustinus Purboyo, S.I.P., M.Tr.(Han) (Dirdok Kodiklatad), Brigjen TNI Vincentius Satiawan Bayu Sasetiyo, S.I.P., M.Si.(Han) (Kabinda Papua Barat pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN), Brigjen TNI Made Aryawan Winaya (Ir Pushubad), Brigjen TNI Akhmad Zainul Arifin, S.T. (Direktur Telematika pada Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN), Brigjen TNI dr. Moch Hasyim, Sp.An., K.I.C. (Dirum Puskesad), Brigjen TNI Dr. dr. Dian Andriani R.D., Sp.KK., M.Biomed., M.A.R.S., FINSDV. (Komite Etik Perumahsakitan RSPAD Gatot Soebroto), Brigjen TNI Eep Subana, S.E., M.M. (Pa Sahli Tk. II Kamteror Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI), Brigjen TNI Gatot Murdiyantoro, S.E. (Ir I Itjen Kemhan) dan Brigjen TNI Teguh Bangun Martoto, S.Sos., M.H. (Dirajenad).

14 Pati TNI AL yaitu Laksda TNI Catur Sudarsono, S.AP., M.M., M.Si.(Han)  (Pa. Sahli Tk. III Bid. Banusia Sahli Panglima TNI), Laksda TNI Suratno, S.H., M.H. (TA Pengkaji Bid. Wawasan Nusantara Lemhannas), Laksda TNI Budi Kalimantoro (TA Pengajar Bid. Geopol dan Wawasan Nusantara Lemhannas), Laksda TNI Bambang Irwanto, M.Tr.(Han)., CHRMP. (Staf Ahli Bid. Keamanan Kemhan),  Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr.(Han). (Gubernur AAL), Laksma TNI Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si. (Dankodikopsla Kodiklatal), Laksma TNI Bambang Irawan, S.E., M.Tr.Opsla. (Direktur Kerjasama Bakamla), Laksma TNI Edi Krisna Murti (Danlatamal XIII/Trk Koarmada II),  Laksma TNI Supriatno, M.Tr.(Han) (Kepala Biro Sarana dan Prasarana pada Settama Bakamla), Laksma TNI Sumardi, S.E., M.M., M.Si.(Han) (Kapok Sahli Koarmada I), Brigjen TNI (Mar) Imam Sopingi, M.M. (Kabinda Maluku Utara pada Deputi Bidang Intelijen dalam Negeri BIN), Brigjen TNI (Mar) Nana Rukmana, S.E. (TA Pengkaji Madya Bid. Politik Lemhannas), Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono (Karo Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Setmilpres Kemensetneg) dan Brigjen TNI (Mar) Suwandi, S.A.P., M.M. (Aspotwil Kaskogabwilhan II).

9 Pati TNI AU yaitu Marsda TNI Trusta Yuniarta (Pa Sahli Tk. III Bid. Ekkudag Panglima TNI), Marsda TNI R. Agung Handoko, S.H., M.M., M.H. (Orjen TNI Babinkum TNI), Marsma TNI M. Veronica Tig, S.E., M.M. (Kapoksahli Kodiklatau), Marsma TNI Bayu G. H. Kusuma (Dirum Kodiklatau), Marsma TNI Yostariza, S.E. (Karo Pengamanan Setmilpres Kemensetneg), Marsma TNI Djoko Hadipurwanto, S.E., M.M. (Dirum Sesko TNI), Marsma TNI Danang Sulistiyanto (Danpuspomau) Marsma TNI Saefullah, S.E., M.Sc. (TA Pengkaji Madya Bidang Wawasan Nusantara Lemhannas) dan Marsma TNI Soegeng Ryady, S.T. (Askomlek Kaskogabwilhan I).

Turut hadir dalam acara tersebut, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.M., Kasum TNI Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si., Irjen TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr.(Han), para Asisten Panglima TNI dan Angkatan serta Pejabat Utama Mabes TNI.

Continue Reading

Nasional

Perumda Air Minum Tirta Kahuripan siap Melayani Pelanggan selama Libur Lebaran 1442 H

Published

on

Bogor, Hariansentana.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H,Perumda Air Minum Tirta Kahuripan di tengah Pandemi yang berkepanjangan ini tetap mengutamakan memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan baik secara kwalitas, kwantitas dan kontinuitas ( 3 K ).

Berbagai upaya Pemerintah dalam menekan angka penyebaran Covid ,19 diantara nya dengan melakukan Vaksin secara bertahap hingga pelarangan Mudik Lebaran tahun ini sesuai dengan surat edaran Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara No .08 Tahun 2021 tentang pembatasan kegiatan bepergian keluar daerah atau Mudik serta cuti bagipegawai Aparatur Sipil Negara dalam masa pandemi Covid ,19.

Untuk menekan penyebaran Covid,19 Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah melakukan Vaksinasi Covid ,19 secara bertahap kepada seluruh pegawai agar pelanggan merasa aman ,pegawaipun di bekali masker dan vitamin serta melaksanakan protokol kesehatan.

Untuk mengantisipasi ada nya kemungkinan terjadi ganguan pengaliran Air bersih, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan mengerahkan sebanyak 155 petugas dari bagian tehnik dan non tehnik untuk tetap siaga 24 jam selama liburan Idul Fitri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ( Prokes ) , guna menunjang kegiatan pelayanan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan selalu siaga dalam penyedian stock pompa,bahan baku,bahan kimia serta perpipaan yang cukup, selain itu jika terjadi ganguan pengaliaran Air bersih Kami telah mempersiapkan bantuan air bersih yang siap di distribusi kan secara gratis melalui 6 unit mobil tangki berkapasitas 4.000 m3 dan 5.000 m3 ke wilayah pelayanan yang tergangu pengaliran air nya

Pada bulan Ramadhan ini Perum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor menunjukan kepedulian nya dengan meberikan santunan yayasan yatim piatuserta 1000 paket bantuan hari raya kepada lingkungan kantor pusat serta
kantor cabang pelayanan dan instalasi,juga pembagian takjil yang di lansanakan setiap hari jum’at sore.

Dalam kesempatan ini juga,Direksi beserta seluruh pegawai Perumda Air MinumTirta Kahuripan Kabupaten Bogor mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Taqobalallahu minna wa minkum, Shiyamana Wa Shiyamakum. Semoga pandemi ini Covid,19 ini cepat berlalu ujar Direktur Utama Hasanudin Tahir.

Penulis :RON / SUBUR

Continue Reading
Advertisement

Trending

Copyright © 2019 HarianSentana.com. Theme by PT. Ciptamedia Kreasi.