Connect with us

Nasional

Lukai Hati Masyarakat Maluku, Wiranto Harus Minta Maaf

Published

on

Jakarta, HarianSentana.com

Ketua Karteker DPD KNPI Maluku, Abdussalam Hehanussa mengecam keras ucapan Menko Polhukam, Wiranto yang menyatakan bahwa warga Maluku yang masih berada di tempat-tempat pengungsian akibat gempa bumi 6,5 SR yang terjadi beberapa waktu lalu hanya menjadi beban negara atau pemerintah.

“Selaku tokoh dan pejabat negara, sangat tidak pantas pak Wiranto mencibir rakyat yang sedang ada dalam kesusahan. Atas dasar itu, selaku pimpinan pemuda KNPI Maluku, kami menuntut Pak Wiranto untuk mengklarifikasi ucapannya dan memohon maaf di media nasional selama 7 hari. Tuntutan kami ini agar segera dilaksanakan, karena kami tidak akan segan-segan melakukan perlawanan yang lebih besar,” kata Hehanussa kepada wartawan di Jakarta, Rabu (02/10).

Menurut dia, saat bencana tersebut terjadi, proses masyarakat menyelamatkan diri juga sangat tidak membebani negara. Selain itu, kata pria yang biasa disapa Alan itu, kekhawatiran masyarakat hingga harus menyelamatkan diri ke lokasi-lokasi yang lebih tinggi tidak lepas dari ketidakprofesionalan BMKG dalam tugas dan fungsinya mengawasi soal info-info bencana yang berdampak bias. “Akibatnya masyarakat lebih banyak mendapatkan info-info liar. Jadi jangan salahkan jika mereka harus mengungsi berhari-hari di tempat yang dianggap lebih aman,” kata salah satu Wakil Ketua Umum DPP KNPI ini.

Lebih jauh ia mengatakan, menggungsi karena gempa di Ambon justru menghadirkan hikmah tersendiri. Karena dengan adanya gempa tersebut telah terbangun kohesi sosial khususnya bagi orang-orang beda agama yang pernah berkonflik di masa lalu. “Di pengungsian, mereka saling bantu dan tolong menolong penuh haru, penuh kasih dan cinta. Menurut saya, pak Wiranto telah menciderai pengalaman sosial dan batin orang-orang Maluku,” tukasnya.

Kader Partai Golkar ini menilai, pernyataan Wiranto tersebut justru membuat masyarakat resah. Alan bahkan menilai purnawirawan Jenderal bintang empat ini telah gagal menjaga stabilitas keamanan negara, sehingga tidak layak lagi menjadi pejabat negara pada periode 2019-2024. “Selain karena usia yang sudah uzur, beliau memang sudah tidak layak lagi menjadi pemimpin di negeri ini,” tutup putera Negeri Hualoy ini.

Sebelumnya anggota Fraksi PKS DPR RI, Saadiah Uliputty menegaskan, bahwa pernyataan Wiranto beberapa waktu lalu itu telah melukai dan membuat tersinggung masyarakat Maluku. “Hari ini masyarakat Maluku sangat tersinggung dan marah dengan pernyataan pak Wiranto tersebut. Pernyataannya itu sangat melukai hati kami. Seharusnya sebagai seorang pejabat negara, beliau tidak boleh menyampaikan hal seperti itu di saat masyarakat sedang berduka,” katanya seperti dikutip dari sebuah video yang sedang viral hari ini.

Saadiah menegaskan, bahwa masyarakat Maluku bukan warga kelas dua di negeri ini karena Maluku merupakan bagian dari wilayah Indonesia yang juga ikut memproklamirkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Kami juga ikut membayar pajak seperti rakyat Indoensia lainnya, tapi hari ini kami merasa dianaktirikan pemerintah dengan adanya pernyataan pak Wiranto itu,” tukasnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, ada banyak janji pemerintah pusat untuk Maluku yang hingga saat ini belum direalisasikan, diantaranya janji untuk menjadikan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN). “Masyarakat Maluku saat ini terus bertanya-tanya kenapa janji pemerintah pusat terutama terkait LIN hingga sekarang belum direalisasikan,” ketusnya.

Ia juga menyesalkan soal belum adanya putera Maluku yang dipercaya Pemerintah masuk dalam kabinet. “Dari kabinet ke kabinet, belum pernah ada putera Maluku yang dipercaya sebagai Menteri. Kenapa kami selalu dinomor duakan? Saya kembali tegaskan bahwa Maluku bukan warga kelas dua di negeri ini. Maluku ikut memproklamirkan NKRI, pemuda-pemuda Maluku juga ikut menghadiri Sumpah Pemuda. Ini fakta sejarah, jadi jangan dilupkan,” pungkas anggota DPR asal Dapil Maluku ini.

Penulis: Syarief Lussy

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibukota

Ketua Bhayangkari Polres Metro Jakarta Utara Sofi Wibowo Giat Baksos HUT Polri Ke – 76

Published

on

Jakarta,Hariansentana.com – Ketua Bhayangkari Polres Metro Jakarta Utara Sofi Wibowo laksanakan kegiatan bhakti sosial dalam rangka HUT Polri Ke – 76 di Panti Asuhan Yatim Piatu Yayasan Bina Sosial bertempat di Kampung Bering RT. 08 RW. 019 Kelurahan Tugu Utara Kecamatan Koja kota adminitrasi Jakarta Utara, Jumat (24/6).

Kegiatan bakti sosial dihadiri jajaran personil Polres Metro Jakarta Utara diantaranya Waka Polres Metro Jakarta Utara AKBP Erlin Tang Jaya,S.Ik, Plt.Humas Iptu.Widi,Kabag Sumda Polres Metro Jakarta Utara Kompol Rosdiana, Kasi Was Polres Metro Jakarta Utara Kompol Sukohadi, Kapolsek Koja Kompol Mulyana, SH, Ketua Bhayangkari Polsek Koja Nurty Mulyana, Wakil Ketua Bhayangkara Polsek Penjaringan Hanna Arnold, Waka Polsek Koja AKP Nanang S Irianto, SE, Kanit Binmas Polsek Koja Iptu Slamet Rajiman, Kanit Patroli Polsek Koja IPDA Bambang Kasiyadi, Kanit Intelkam Polsek Koja IPDA Siswanto serta jajaran lainnya yang hadir pada kegiatan tersebut serta warga Kampung Beting.

Adapun bantuan sembako berupa 2 Karung beras, 10 Kardus Mie instan, 10 paket sembako, 70 paket makanan Mc Donald, 70 paket makanan ringan.

Kedatangan Ketua Bhayangkari Polres Metro Jakarta Utara Sofi Wibowo disambut Tim Hadroh Panti Asuhan Yatim Piatu Yayasan Bina Sosial H.Andi Matupuang. Dalam kesempatan itu Ketua Bhayangkari Sofi Wibowo didampingi pengurus Panti Asuhan melakukan pengecekan ruang tidur, ruang belajar, dan musholla yang ada di lingkungan panti asuhan yatim piatu yayasan bina sosial serta melakukan interaksi dengan perwakilan anak yatim untuk membacakan surat – surat pendek Juz Amah.

(Sutarno).

Continue Reading

Daerah

Curi HP dan Uang, Segera Tangkap Maling di RM Rimbang Raya

Published

on

By

Bandung Barat, HarianSentana.com – Seorang maling nekat masuk Rumah Makan (RM) Rimbang Raya Jl.Pajajaran RT. 001/003 Desa Pangauban Kec.Batujajar Kab. Bandung Barat Propinsi Jawa Barat, Selasa (22/6/2022) sekitar pukul 8.00 WiB.

Aksi maling tersebut terekam CCTV, sehingga semua gerak-geriknya terekam, sejak masuk RM, ambil HP dan uang, hingga melarikan diri dengan motornya.

Menurut pemilik RM, M Ari, dia sangat merasa kehilangan, uang dan HP. Tapi terutama HP-nya. “Di HP saya tersimpan nomor-nomor penting yang sangat saya perlukan,” katanya.

Ari melaporkan ke polisi, agar pelaku segera tertangkap. “Saya ini mau ke kantor polisi untuk membuat laporan, supaya pelaku segera ditangkap,” ungkapnya, Rabu (22/6/2022).(s)

Continue Reading

Ibukota

Wagub Provinsi DKI Jakarta Ajak Muda-Mudi Jakarta Membangkitkan Ekonomi Kota Jakarta

Published

on

Jakarta,Hariansentana.com – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menghadiri malam muda-mudi di Jakarta Fair, Selasa (21/6). Pada kesempatan ini generasi muda Jakarta diajak untuk berkumpul di Pekan Raya Jakarta (PRJ) dalam rangka membangun soliditas, cerita, kebersamaan, persaudaraan, dan membangkitkan ekonomi Kota Jakarta.

“Saya percaya kota Jakarta bersama warganya akan terus bergerak lebih maju, terus berbenah menuju kota Jakarta yang lebih baik lagi kedepannya, sesuai dengan visi Provinsi DKI Jakarta mewujudkan Jakarta kota maju, lestari, dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban keadilan dan kesejahteraan bagi kita semua,” kata Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Ariza menambahkan pada tahun ini Jakarta kembali mengadakan serangkaian acara ulang tahun yang dimulai sejak 24 Mei hingga 25 Juni 2022.
“Dengan menggunakan tagline Jakarta Hajatan. Itu semua untuk menggambarkan makna perayaan atas sebuah pencapaian, dimana seluruh pencapaian kota ini merupakan hasil kolaborasi setiap elemen masyarakatnya. Hajatan juga erat kaitannya dengan kemeriahan dan pesta, berdasar pemikiran tersebut kami berharap dapat mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat aktif dan juga merayakan bersama setiap usaha kerja keras dan karya yang telah tercipta di Kota Jakarta,” ungkapnya.

Ariza mengatakan pada Jakarta hajatan tahun ini, kami (Pemerintah Provinsi DKI Jakarta) mengusung tema kolaborasi, akselerasi dan elevasi yang menjadi pesan optimisme sekaligus bukti bagi seluruh elemen kota dan dunia.
“Dengan upaya-upaya yang telah, sedang, dan akan dilakukan ke depan untuk menghadapi segala tantangan menuju Jakarta sebagai kota global di masa depan. Dengan konsep kolaborasi, kami (Pemerintah Provinsi DKI Jakarta) tidak sekedar memberikan ruang, tetapi juga secara proaktif mengajak warga, komunitas, khususnya kaum milenial, dan elemen masyarakat Jakarta lainnya melibatkan diri menjadi co-kreator dalam berbagai inisiatif pembangunan Kota Jakarta secara bersama. Bahkan kehadiran ibu-bapak dan seluruh masyarakat yang hadir pada acara Jakarta Fair merupakan bentuk kontribusi positif untuk memajukan ekonomi Indonesia khususnya ekonomi di Kota Jakarta.

Ariza juga mengajak masyarakat Jakarta untuk memeriahkan dan meramaikan Jakarta Fair tahun 2022.
“Saya mengajak setiap warga Jakarta bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk turut berperan, berpartisipasi, berkolaborasi, dan berkontribusi dalam memajukan kota Jakarta yang lebih baik dan lebih maju lagi ke depan dengan membeli produk-produk lokal di Jakarta Fair, sebagai bentuk kecintaan dan kebanggaan kita akan produk-produk Indonesia,” tuturnya.

Ikut hadir bersama Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dalam malam muda-mudi di Jakarta Fair adalah Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Juaini dan Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Abdul Khalit.

(Sutarno)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Copyright © 2019 HarianSentana.com. Theme by PT. Ciptamedia Kreasi.