Connect with us

Nasional

Lukai Hati Masyarakat Maluku, Wiranto Harus Minta Maaf

Published

on

Jakarta, HarianSentana.com

Ketua Karteker DPD KNPI Maluku, Abdussalam Hehanussa mengecam keras ucapan Menko Polhukam, Wiranto yang menyatakan bahwa warga Maluku yang masih berada di tempat-tempat pengungsian akibat gempa bumi 6,5 SR yang terjadi beberapa waktu lalu hanya menjadi beban negara atau pemerintah.

“Selaku tokoh dan pejabat negara, sangat tidak pantas pak Wiranto mencibir rakyat yang sedang ada dalam kesusahan. Atas dasar itu, selaku pimpinan pemuda KNPI Maluku, kami menuntut Pak Wiranto untuk mengklarifikasi ucapannya dan memohon maaf di media nasional selama 7 hari. Tuntutan kami ini agar segera dilaksanakan, karena kami tidak akan segan-segan melakukan perlawanan yang lebih besar,” kata Hehanussa kepada wartawan di Jakarta, Rabu (02/10).

Menurut dia, saat bencana tersebut terjadi, proses masyarakat menyelamatkan diri juga sangat tidak membebani negara. Selain itu, kata pria yang biasa disapa Alan itu, kekhawatiran masyarakat hingga harus menyelamatkan diri ke lokasi-lokasi yang lebih tinggi tidak lepas dari ketidakprofesionalan BMKG dalam tugas dan fungsinya mengawasi soal info-info bencana yang berdampak bias. “Akibatnya masyarakat lebih banyak mendapatkan info-info liar. Jadi jangan salahkan jika mereka harus mengungsi berhari-hari di tempat yang dianggap lebih aman,” kata salah satu Wakil Ketua Umum DPP KNPI ini.

Lebih jauh ia mengatakan, menggungsi karena gempa di Ambon justru menghadirkan hikmah tersendiri. Karena dengan adanya gempa tersebut telah terbangun kohesi sosial khususnya bagi orang-orang beda agama yang pernah berkonflik di masa lalu. “Di pengungsian, mereka saling bantu dan tolong menolong penuh haru, penuh kasih dan cinta. Menurut saya, pak Wiranto telah menciderai pengalaman sosial dan batin orang-orang Maluku,” tukasnya.

Kader Partai Golkar ini menilai, pernyataan Wiranto tersebut justru membuat masyarakat resah. Alan bahkan menilai purnawirawan Jenderal bintang empat ini telah gagal menjaga stabilitas keamanan negara, sehingga tidak layak lagi menjadi pejabat negara pada periode 2019-2024. “Selain karena usia yang sudah uzur, beliau memang sudah tidak layak lagi menjadi pemimpin di negeri ini,” tutup putera Negeri Hualoy ini.

Sebelumnya anggota Fraksi PKS DPR RI, Saadiah Uliputty menegaskan, bahwa pernyataan Wiranto beberapa waktu lalu itu telah melukai dan membuat tersinggung masyarakat Maluku. “Hari ini masyarakat Maluku sangat tersinggung dan marah dengan pernyataan pak Wiranto tersebut. Pernyataannya itu sangat melukai hati kami. Seharusnya sebagai seorang pejabat negara, beliau tidak boleh menyampaikan hal seperti itu di saat masyarakat sedang berduka,” katanya seperti dikutip dari sebuah video yang sedang viral hari ini.

Saadiah menegaskan, bahwa masyarakat Maluku bukan warga kelas dua di negeri ini karena Maluku merupakan bagian dari wilayah Indonesia yang juga ikut memproklamirkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Kami juga ikut membayar pajak seperti rakyat Indoensia lainnya, tapi hari ini kami merasa dianaktirikan pemerintah dengan adanya pernyataan pak Wiranto itu,” tukasnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, ada banyak janji pemerintah pusat untuk Maluku yang hingga saat ini belum direalisasikan, diantaranya janji untuk menjadikan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN). “Masyarakat Maluku saat ini terus bertanya-tanya kenapa janji pemerintah pusat terutama terkait LIN hingga sekarang belum direalisasikan,” ketusnya.

Ia juga menyesalkan soal belum adanya putera Maluku yang dipercaya Pemerintah masuk dalam kabinet. “Dari kabinet ke kabinet, belum pernah ada putera Maluku yang dipercaya sebagai Menteri. Kenapa kami selalu dinomor duakan? Saya kembali tegaskan bahwa Maluku bukan warga kelas dua di negeri ini. Maluku ikut memproklamirkan NKRI, pemuda-pemuda Maluku juga ikut menghadiri Sumpah Pemuda. Ini fakta sejarah, jadi jangan dilupkan,” pungkas anggota DPR asal Dapil Maluku ini.

Penulis: Syarief Lussy

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Kodam XVII/Cenderawasih Turut Ambil Bagian Dalam Apel Pengamanan PON XX 2021

Published

on

Jayapura, Hariansentana.com –  Prajurit Kodam XVII/Cenderawasih mengikuti apel gelar pasukan pengamanan PON XX 2021 yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Rully Nere Lanud Silas Papare, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (19/9/2021).

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi yang mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A

Dalam sambutan Kapolda Papua yang dibacakan oleh Dirpam Obvit Baharkam Polri Brigjen Pol Suhendri disampaikan bahwa apel gelar pasukan Operasi Deraku Cartenz 2021 ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan penyelenggaraan pengamanan PON XX, terutama terkait kelengkapan peralatan, sarana prasarana dan kesiapan masing-masing institusi yang terlibat, sebelum melaksanakan tugas di lapangan.

“Melalui apel pengecekan ini diharapkan rencana operasi yang telah disiapkan dengan matang dan cepat, dapat dilaksanakan secara baik dan mampu menjaga sinergitas seluruh stakeholder sebagai penyelenggara Operasi Deraku Cartenz 2021 dalam rangka pengamanan PON XX tahun 2021sehingga dapat berjalan sukses. Kita berharap para atlet dan masyarakat mengikuti jalannya pertandingan secara aman, tertib, nyaman dan penuh khidmat,” kata Brigjen Pol Suhendri.

Selanjutnya Brigjen Pol Suhendri mengingatkan bahwa untuk menjamin keamanan dan keselamatan para atlet, kontingen dan official, Polri dibantu instansi lainnya dalam menyelenggarakan operasi kepolisian kewilayahan, yaitu “Operasi Deraku Cartenz 2021” selama 30 hari mulai tanggal 17 September sampai dengan 18 Oktober 2021 yang diselenggarakan di empat Kabupaten/Kota klaster PON XX.

“Dalam menghadapi tugas mulia ini saya harapkan agar para aparat dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan kontingen, tampilkan sikap humanis, hindari sikap arogansi dan kesewenang-wenangan,” tutup Dirpam Obvit Baharkam Polri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan, M.Han, Danlanud Silas Papare Marsma TNI Dr. Budhi Achmadi, M.Sc. dan pejabat TNI-Polri lainnya.

(Red/Pendam XVII/Cenderawasih)

Continue Reading

Nasional

Satgas TNI Yonif 751/VJS Hadiri Acara Bakar Batu di Mamberamo Raya Papua

Published

on

Papua, Hariansentana com –  Acara  bakar batu  adalah  suatu  kegiatan yang sering  dilaksanakan oleh masyarakat di wilayah Papua terlebih daerah pegunungan,  seperti yang dilaksanakan oleh masyarakat Kasonaweja dalam rangka menyambut Bupati Mamberamo Raya yang terpilih.

Dalam kegiatan tersebut, panitia acara mengundang personel Satgas TNI Yonif RK 751/VJS untuk menghadiri acara bakar batu di Kampung Kasonaweja, Distrik Mamberamo Tengah, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, Sabtu (18/09/2021).

Dipimpin Letda  Inf Nurkholis selaku Danpos Kasonaweja beserta 8 personel memenuhi undangan dari panitia penyambutan Bupati Mamberamo Raya terpilih  Bapak  Dr. (HC) John Tabo, S.E dan Bapak Wakil Bupati Ever Mudumi, S.Sos.

Penyambutan dengan melaksanakan acara bakar batu ini merupakan salah satu bagian dari proses adat masyarakat setempat untuk menunjukkan luapan kegembiraan dengan bersama-sama menikmati hewan yang sudah dibakar dengan menggunakan sarana panasnya batu yang sudah dibakar.

Danpos Kasonaweja Letda Inf Nurkolis mengatakan bahwa kegiatan bakar batu ini adalah adat. “Kami dari pos sering mendapatkan undangan acara bakar batu seperti ini,  acara  ini sering dilakulan oleh masyarakat, baik yang sedang mengalami kedukaan maupun yang sedang berbahagia,” ungkapnya.

Sementara di tempat terpisah, Dansatgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS mengatakan bahwa kegiatan ini adalah ungkapan kebahagiaan masyarakat. “Undangan acara penyambutan Bupati terpilih tersebut sudah disampaikan ke saya, dan  saya mengijinkan Danpos beserta sebagian personel pos untuk hadir tanpa mengesampingkan faktor keamanan, mengingat wilayah dimana kami bertugas merupakan daerah rahwan,” ujarnya. (Red)

Continue Reading

Nasional

TNI AL Vaksin Warga Binaan Lapas Kelas I Labuhan Deli Belawan

Published

on

Belawan, Hariansentana.com – Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan dan Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini Kanwil KUMHAM Sumut yang membawahi Lembaga Pemasyarakatan Sumatera Utara menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 dosis ke-1 kepada warga binaan Lapas Kelas I Labuhan Deli Belawan di Gedung kunjungan Lapas Kelas I Labuhan Deli Belawan, Jumat (17/9).
Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Belawan Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono yang didampingi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Labuhan Deli Belawan Bapak Nimrot Sihotang Amd.IP.SH.,MH meninjau langsung kegiatan vaksinasi di dalam Gedung kunjungan Lapas Kelas I Labuhan Deli Belawan tersebut. Komandan Lantamal I juga menyempatkan diri menyapa dan memberi semangat kepada para Warga Binaan.

Pada kesempatan tersebut, Danlantamal I menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di Lapas Kelas I Labuhan Deli adalah bentuk permintaan dari lapas untuk kerjasama dan peduli terhadap kebutuhan vaksin warga binaan yang berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Labuhan Deli dengan TNI AL dalam hal ini Lantamal I.

Danlantamal l juga bahwa vaksinasi yang digelar ini merupakan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. dalam mendukung kebijakan pemerintah Vaksinasi Nasional.

Kalapas Kelas I Labuhan Deli Bapak Nimrot menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI AL Lantamal I atas Responsif terhadap kebutuhan Vaksin warga Binaan Lapas Kelas I Labuhan Deli dapat terlaksana hari ini.

Sementara itu Panglima Koarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P. dalam berbagai kesempatan, dihadapan awak media menyampaikan bahwa TNI Angkatan Laut akan terus menggelar vaksinasi covid-19 sampai benar-benar target pemerintah terpenuhi atau seluruh warga Negara Indonesia telah menerima Vaksinasi. Sedangkan untuk pelaksanaannya, akan terus dilakukan selagi stok vaksin masih ada.

(Red/Dispen Koarmada I)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Copyright © 2019 HarianSentana.com. Theme by PT. Ciptamedia Kreasi.