Connect with us

Ibukota

Korban Kebakaran Tamansari Minta Bantuan Perlengkapan Sekolah

Published

on

Jakarta, Sentana – Korban kebakaran di RW 07 Kel.Maphar Kec.Tamansari Jakarta Barat kondisinya memprihatinkan terutama anak anak yang sekolah.

Mereka membutuhkan bantuan seragam dan perlengkapan sekolah, yang sudah ludes dilalap si jago merah.

“Anak anak saya hari ini tidak sekolah, karena seragam dan keperluan sekolah ludes terbakar. Bantuan baju seragam belum ada, semoga besok anak-anak saya sudah bisa sekolah seperti biasa,” kata Tuti, warga korban kebakaran yang mengungsi di posko utama di RPTRA Matahari, Senin (7/10)

Menurut Tuti  dirinya sekeluarga selamat dari amukan si jago merah saat terjadi kebakaran besar  pada Minggu (6/10).

Dalam peristiwa kebakaran tersebut 850 jiwa di RW 07 Kelurahan Maphar dan 50 jiwa di RW 05 Kelurahan Tamansari, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat kehilangan tempat tinggal.

Camat Tamansari, Risan H. Mustar didampingi Sekcam Tamansari, Pangestu Aji menjelaskan pihaknya masih terus mendata warga korban kebakaran di dua kelurahan yakni Kelurahan Tamansari dan yang terbanyak menimpa di Kelurahan Maphar.

Sedangkan bantuan dari Sudin Sosial Jakbar dan Dinas Sosial DKI Jakarta berupa makanan siap saji, terpal dari Koramil dan BPBD DKI.

“Sejak kemarin bantuan sudah berdatangan dan kami masih intens mendata untuk memenuhi kebutuhan warga terdampak kebakaran,” kata Risan.

Lurah Maphar, Iif Satria menjelaskan musibah kebakaran melanda warganya di 4 RT di RW 07 dan menyebar di empat lokasi pengungsian mulai RPTRA Matahari, di Jln Kebun Jeruk 13, Jln Rata dan di Masjid Al Imamah.

Sebagai posko utama di RPTRA Matahari juga tersedia dapur umum, posko medis dan posko layanan.

“Kami bersama petugas Suku Dinas Pendidikan dan Suku Dinas Sosial Jakbar mendata pelajar yang menjadi korban kebakaran.

Data sementara 28 murid SD, 12 pelajar SMP dan 6 siswa SMA. Serta 44 balita dan 39 lansia. Jumlahnya diperkirakan terus bertambah,”

– Iif Satria, Lurah Maphar

Terpisah, Lurah Tamansari, Yusuf mengatakan pihaknya menyediakan lokasi pengungsian untuk 46 jiwa warga korban kebakaran di RW 05 Kelurahan Tamansari, tapi tidak ada warga yang mengungsi.

“Warga terdampak kebakaran di RW 05 Kelurahan Tamansari memilih mengungsi ke kerabat terdekat,”  kata Yusuf.

Meski begitu pihak bersama petugas Sudin Dukcapil, Sudin Pendidikan dan Sudin Sosial Jakbar juga mendata warga korban kebakaran untuk berbagai pelayanan termasuk layanan dokumen dukcapil hingga ijazah(JH)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibukota

Pj. Gubernur Heru Bangga Hasil Kreativitas SMK Jakarta Dipamerkan di Vokasi Fest 2024

Published

on

By

JAKARTA, HARIANSENTANA.COM — Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri acara Hervesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI)/Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) dan Vokasi Fest 2024 di Lapangan Banteng, Kecamatan Sawah Besar Kota Administrasi Jakarta Pusat, pada Sabtu (20/7/2024).

Didampingi Sigit Wijatmoko Plt.Kadis Ominfitik Pemprov DKI Jakarta, Heru mengungkapkan kebanggaannya saat melihat hasil kreativitas pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jakarta yang dipamerkan dalam acara tersebut.

“Tadi kita lihat hasil karya anak-anak SMK di DKI Jakarta, antara lain fashion show. Jadi kita lihat cukup baik desainnya dan ini terus kita promosikan anak-anak bangsa yang punya kreativitas luar biasa,” kata Pj. Gubernur Heru.

Pj. Gubernur Heru menilai kegiatan seperti ini dapat mendukung penguatan produksi produk dalam negeri yang merupakan salah satu tujuan gerakan nasional BBI/BBWI.

“Kegiatan ini diadakan untuk mendukung kegiatan lokal yang juga turut membangun negeri. Serta menggaungkan gerakan BBI/BBWI sekaligus Vokasi Fest 2025. Ini salah satu kegiatan supaya hasil produk dan inspirasi anak-anak SMK bisa tersalurkan dengan baik,” ujar Pj. Gubernur Heru.

Dalam acara yang sama, Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI Nadiem Makarim mengatakan, pendidikan vokasi baik di jenjang SMK maupun perguruan tinggi adalah salah satu platform inovasi produk buatan Indonesia. Banyak sekali produk hasil kreativitas peserta didik dan mahasiswa vokasi yang kini dimanfaatkan secara luas baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, pariwisata Indonesia juga terus didukung dengan peningkatan kualitas sektor hospitality dalam pendidikan vokasi.

“Dalam hal ini, kami Kemdikbudristek melakukan berbagai terobosan untuk menguatkan ekosistem inovasi dalam pendidikan vokasi. Saat ini, kami mencatat sudah lebih dari 1.800 SMK yang merupakan pelaksana program ‘SMK Pusat Keunggulan’ di seluruh Indonesia, yang memberikan manfaat kepada lebih dari 1,7 juta murid SMK,” kata Nadiem.

Salah satu manfaat program tersebut adalah memberikan kesempatan yang lebih luas untuk melakukan praktik kerja lapangan di berbagai perusahaan kelas dunia dan materi pembelajaran yang lebih relevan dengan implementasi Kurikulum Merdeka. Di tingkat pendidikan tinggi, mahasiswa vokasi juga mendapatkan kemerdekaan yang lebih luas untuk belajar di luar kampus melalui program Kampus Merdeka, seperti program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) yang memfasilitasi pertukaran pelajar di perguruan tinggi top dunia atau magang di perusahaan internasional.

Beberapa hasil dari terobosan tersebut bisa dilihat dalam kegiatan Harvesting BBI/BBWI yang dikolaborasikan Vokasi Fest 2024. Untuk itu, Kemdikbudristek menyambut baik sinergi tersebut dan mengharapkan kerja sama yang lebih erat pada masa mendatang.

“Dengan menggunakan pendidikan vokasi, kita turut menumbuhkan rasa bangga atas produk buatan Indonesia dan berwisata di Indonesia. Mari terus melanjutkan gerakan nasional BBI/BBWI dan gerakan memajukan pendidikan Indonesia. Vokasi kuat menguatkan Indonesia,” tutup Nadiem.(Sutarno)

Continue Reading

Ibukota

Sidik Dahlan Ketua Dewan Kota Jakarta Utara Apresiasi Heru PJ Gubernur Jakarta.

Published

on

By

Jakarta, Hariansentana.com — Ketua Dewan Kota Jakarta utara M Sidik Dahlan mengapresiasi Program PJ Gubernur DKI Heru Budi Hartono terkait pemberian akte dan KIA untuk anak terlantar di DKI Jakarta. Ini sebuah Upaya pehatian dan kepedulian pak Heru Budi Hartono PJ Gubernur DKI Jakarta terhadap anak-anak yang terlantar. Jumat (19/7/2024) sore di sekretariat Dewan Kota kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara.

Di DKI Jakarta khususnya Jakarta Utara Ujar Sidik berbagai kebijakan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mulai dirasakan meski belum genap memimpin Jakarta selama dua tahun. Tidak hanya penataan infrastruktur, tetapi kebijakan anggaran yang berdampak pada pengentasan kemiskinan juga berkontribusi bagi perekonomian masyarakat.

Penanggulangan banjir seperti pompa-pompa, yang ada di wilayah Jakarta utara di perbaiki bila adanya genangan saat terjadi hujan bisa lebih cepat surut.
“Untuk mengatasi banjir, masyarakat juga memiliki peran untuk berperilaku tertib dengan tidak membuang sampah sembarang. Kita masih sering kali melihat sampah-sampah terhanyut di saluran mikro maupun makro,” terangnya.

Tidak kalah penting, imbuh Sidik, Pj Gubernur DKI juga sangat menaruh perhatian dalam upaya mengatasi genangan di kawasan pesisir utara Jakarta yang disebabkan rob.

“Pak Heru sudah menegaskan bahwa pembangunan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) harus dilanjutkan dan dituntaskan. Sebab, saat ini permukaan tanah di pesisir utara Jakarta sudah lebih rendah dari tinggi muka air laut,” bebernya. (Sutarno)

Continue Reading

Ibukota

Dandim 0502/JU Bersama Kapolres Metro Jakut Resmikan Kantor RT dan Ngopi Bareng di Pos Kamling Kelapa Gading

Published

on

By

Jakarta, Hariansentana.com – Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan bersama Dandim 0502/JU Kolonel Kav. Tofan Tri Anggoro ngopi bareng warga di RT 01/ RW 06, kelurahan Kelapa Gading Barat, kecamatan Kelapa Gading Kota administrasi jakarta utara, Kamis (18/7/2024) malam.

Kegiatan malam Ini bertajuk ‘Ngopi Kamtibmas’ menyasar pos Kamling di wilayah Jakarta Utara dengan melibatkan Forkopimko.

“Malam ini kami hadir di tengah-tengah warga Kelapa Gading Barat, ngumpul sambil ngopi bareng,” kata Gidion di lokasi.

Sebelum memulai perbincangan dengan pengurus RT 01 dan warga, Gidion menyempatkan diri menjadi barista dadakan.

“Ijinkan saya menyiapkan menyeduhkan kopi untuk bapak dan ibu yang hadir,” kata Gidion.

Ketika hadir di lokasi, Gidion memuji semangat pengurus warga RT 01/RW 06 Kelapa Gading Barat tersebut.

“Terimakasih atas sambutannya, hangatnya kekeluargaan begitu terasa di sini, tentu kami mendapatkan pelajaran luar biasa dari warga si sini,” tukasnya.

Gidion juga berpesan untuk mewaspadai penipuan belanja secara daring oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Waspadai jika belanja secara daring atau online, ibu-ibu nih yang paling suka belanja keperluan rumah tangga. Untuk bapaknya nih hati-hati jika ingin membeli mobil, biasanya penipu ini meyakinkan bapak dengan berpura-pura menjadi pihak ketiga padahal motivasinya untuk mencari keuntungan lewat transaksi fiktif,” bebernya.

Sementara itu, Dandim 0502/JU Kolonel Kav. Tofan Tri Anggoro mengatakan kekompakan di RT 01 tersebut sudah terdengar hingga ke telinga mantan Dandim Kabupaten Bekasi tersebut.

“Kekompakan dan kebersamaan warga di sini sudah terdengar dari anggota Babinsa, begitu peka akak persoalan sosial dari skala kecil apalagi besar,” ucapnya.

Di akhir kegiatan, Gidion bersama Tofan diberikan kesediaan untuk meresmikan gedung kantor RT01/RW 06.kelurahan Kelapa Gading Barat.(Sutarno)

Continue Reading
Advertisement

Trending